Simak Penjelasan Haji Berangkat Langsung Berikut Ini

Simak Penjelasan Haji Berangkat Langsung Berikut Ini

Simak Penjelasan Haji Berangkat Langsung Berikut Ini

Simak Penjelasan Haji Berangkat Langsung Berikut Ini
Simak Penjelasan Haji Berangkat Langsung Berikut Ini

Keluarga Haji pasti sering mendengar program haji berangkat langsung. Apakah benar bisa berangkat langsung begitu mendaftar ? Simak penjelasan berikut ini.

Rukun Islam yang ke lima yaitu Ibadah Haji. Ibadah ini menjadi impian bagi seluruh umat umat muslim di seluruh penjuru dunia. Namun, Ibadah ini dikerjakan dengan syarat bilamana mampu – secara finansial.Dan, ikhlas semata-mata karena Allah. Sesuai janjiNya, siapa yang menunaikan ibadah haji hanya semata-mata karena Aku (Allah), maka Aku akan membalas dg amalan kebaikan yg besar dan Akan Aku hapus dosa-dosa hamba yang menunaikan ibadah haji. Selama ini, ketika mendengar kata Haji, tak jarang dibenak kita adalah Haji yang diselenggarakan oleh Kementrian Agama (Kemenag) yang masyhur kita tahu adalah Haji Reguler dan Haji ONH Plus. Ternyata, ada beberapa jenis haji yg mungkin belum kita ketahui, dan jenis ini pun resmi. Haji Plus

Proses keberangkatan ibadah haji di Indonesia dengan antrian panjang, merubah pola pikir umat Islam untuk mencari alternatif agar mereka bisa segera menunaikan ibadah haji tanpa menunggu antrian. Bahkan, bisa langsung berangkat. Apakah bisa atau ada jasa layanan ibadah haji yang seperti itu? Faktanya ada!   Satu diantaranya yakni program haji langsung berangkat. Istilah lain dari haji  langsung berangkat adalah Haji Furoda. Haji Furoda merupakan ibadah haji yang dilaksanakan secara mandiri. Artinya, diselenggarakan oleh biro perjalanan atau travel agen,  tanpa melalui quota yang dibatasi pemerintah.

Haji Berangkat Langsung ini menjadi satu solusi, disaat quota Haji Reguler dibatasi pemerintah sehingga membuat masa tunggunya sangat lama.  Apakah dengan mendaftar Haji Furoda  bisa berangkat langsung esok harinya ? Tentu saja tidak. Karena Haji Furoda ini menggunakan visa undangan Pemerintah Arab Saudi  atau disebut visa Mujamalah. Sehingga membutuhkan waktu persetujuan dari Pemerintah Arab Saudi untuk menerima kedatangan Keluarga Haji.

Baca Artikel Lainnya :  Biaya Paket Haji Plus dengan Visa Furoda

Dalam UU nomor 8  tahun 2019 pasal 18 telah memberikan landasan hukum dalam haji yang menggunakan visa Mujamalah. Yang sebelumnya seperti “ada dan tiada”, namun saat ini telah diformalkan.  Biro perjalanan atau travel agen biasanya menjanjikan masa tunggu Haji Furoda ini maksimal satu tahun.  Karena menggunakan visa Mujamalah, tentu saja Biaya Haji yang harus dikeluarkan Keluarga Haji berlipat-lipat lebih tinggi dibandingkan program haji lainnya. Jika visa Haji Reguler yang diselenggarakan Kemenag diberikan gratis. Maka visa Haji Furoda berbayar tinggi karena non quota. Sehingga, Haji Berangkat Langsung disebut juga Haji Non Quota. Biaya Haji Langsung Berangkat ini sangat mahal. Bisa mencapai ratusan juta. Ini merupakan biaya yang ditebus agar mendapatkan fasilitas dan akomodasi ekseklusif.  Dan yang pasti, tidak ada antrean panjang dan menunggu sampai puluhan tahun. 

Biaya Haji Furoda untuk tahun 2022 ini sekitar USD 19.500 untuk dua anggota Keluarga Haji. Dengan durasi pelaksanaan ibadah haji selama 19 sampai 21 hari. Fasilitas dan akomodasi kelas ekseklusif bisa dinikmati Keluarga Haji dengan biaya lebih tinggi tersebut. Seperti akomodasi hotel bintang lima selama berada di Mekkah, Madinah dan transit di Aziziah. Tenda standart maktab visa Haji Furodah. Dan Catering makan tiga kali sehari dengan menu Indonesia. Namun biaya tersebut tidak termasuk biaya untuk medical check up, kurban dan kelebihan bagasi. Haji Berangkat Langsung atau Haji Furoda, bisa menjadi pilihan bagi Keluarga Haji yang ingin cepat berangkat tanpa menunggu antrean yang panjang dan lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *