Simak! Daftar Tunggu Haji Plus

Simak! Daftar Tunggu Haji Plus

Simak! Daftar Tunggu Haji Plus

Biaya Haji Mujalamah
Biaya Haji Mujalamah

Untuk bisa pergi ke Tanah Suci dalam rangka menjalankan ibadah haji, Keluarga Haji sebenarnya tidak selalu harus mengantre hingga belasan atau bahkan puluhan tahun.  Perlu diketahui, bahwa di Indonesia, tersedia juga paket Haji Plus yang siap menawarkan waktu tunggu keberangkatan haji lebih singkat daripada paket Haji Reguler Di mana, ketika mendaftar Paket Haji Plus, Keluarga Haji kemungkinan dapat diberangkatkan ke Tanah Suci hanya selisih 6-8 tahun dari tahun mendaftar.

Simak! Daftar tunggu Haji Plus

Haji Plus adalah program ibadah haji yang diselenggarakan oleh pihak swasta atau penyelenggara ibadah Haji Khusus (PIHK), tapi tetap berada dalam pengawasan Kementrian Agama (Kemenag) Republik Indonesia (RI).  Hal ini berbeda dengan Haji Reguler atau Haji Biasa yang penyelenggaraannya langsung ditangani oleh Pemerintah. Masa tunggu Haji Plus berbeda dengan masa tunggu Haji Reguler. Masa tunggu keberangkatan ibadah haji dengan program Haji Plus akan jauh lebih singkat dibandingkan dengan program Haji Reguler. Masa tunggu Haji Plus ini hanya sekitar 6 – 8 tahun.

Jadi, apabila mendaftar paket Haji Plus pada tahun ini, Keluarga Haji dimungkinkan akan bisa diberangkatkan ke Tanah Suci pada 2027-2029. Tentu berbeda cerita jika Keluarga Haji mendaftar progam Haji Reguler.  Masa tunggu Haji Reguler di Indonesai rata-rata masih lebih dari 15 tahun. Ada beberapa provinsi di Tanah Air bahkan memiliki masa tunggu keberangkatan haji di atas 30 tahun. Untuk memastikan waktu keberangkatan ke Tanah Suci setelah mendaftar program Haji Plus, Keluarga Haji bisa juga mengecek sendiri lewat situs web yang disediakan Kemenag atau aplikasi. Alamat situs yang bisa digunakan untuk cek jadwal keberangkatan haji, yakni https://haji.kemenag.go.id/v4/

Baca Artikel Lainnya :  Biaya Haji Plus

Sedangkan, aplikasi yang bisa dipakai untuk cek jadwal keberangkatan haji bernama “Haji Pintar”. Aplikasi ini bisa diperoleh dengan menunduh dan menginstal lewat Play Store di HP dengan sistem operasi Android. Namun, sebelum itu, perlu dipahami, bahwa perbedaan masa tunggu keberangkatan antara Haji Plus dan Haji Reguler ini berpengaruh pada besaran biaya yang harus disiapkan Keluarga Haji.  Estimasi biaya Haji Plus lebih kurang kini mencapai 12.000 dollar AS per jamaah atau jika dirupiahkan menjadi sekitar Rp170 juta per jamaah.  Nominal biaya Haji Plus ini kira-kira adalah 3-5 kali lipat dari biaya Haji Reguler yang berkisar hanya mencapai Rp35 juta per jamaah. Tapi, dengan nominal itu, Paket Haji Plus jelas memiliki nilai “plus-plus” tersendiri yang tidak bisa didapat dari Paket Haji Reguler.

Cara mendaftar Haji Plus

Keluarga Haji yang berminat berangkat haji dengan memilih paket Haji Plus bisa mendaftar lewat pihak swasta seperti biro travel PIHK. Ketika hendak mendaftar, Keluarga Haji harus berada dalam kondisi sehat baik jasmani maupun rohani. Secara garis besar, berikut ini adalah langkah mendaftar Haji Plus yang penting diperhatikan:

  1. Mengisi formulir pendaftaran yang disediakan oleh travel penyelenggara Haji Plus
  2. Siapkan passport asli yang masih berlaku minimal 6 bulan dan tertulis minimal 3 suku kata
  3. Siapkan fotokopi KTP, Kartu Keluarga (KK), akta kelahiran, ijazah
  4. Siapkan fotokopi buku nikah jika yang berangkat suami-istri
  5. Siapkan pas foto berwarna dan hitam putih
  6. Membayar uang muka atau DP minimal 5.000 dollar AS untuk mendapatkan nomor porsi. Setoran awal untuk mendaftar ditransfer ke rekening biro travel sesuai dengan biaya Haji Plus yang ditetapkan. Pihak dari travel yang akan menyetor dana tersebut ke Kemenag untuk mendapatkan Nomor Porsi antrean Haji Plus
  7. Setelah mendapatkan Nomor Porsi, calon jamaah haji menyerahkan semua berkas yang dibutuhkan kepada biro travel
  8. Pelunasan sisa harga paket Haji Plus setelah keluarnya Kepres tentang biaya penyelenggaraan haji tahun yang bersangkutan. Untuk waktu pelunasan, biasanya calon jamaah haji akan diberikan waktu sekitar 4-6 bulan
Baca Artikel Lainnya :  Haji Plus Berapa ya Tahun Ini? Berikut Penjelasannya

Jika artikel Simak! Daftar Tunggu Haji Plus ini kiranya dinilai bermanfaat, diharapkan bagi Keluarga Haji untuk bisa membagikannya kepada sanak saudara atau kerabat yang mungkin membutuhkan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *