Simak, Berikut Perbedaan Haji Plus, Haji Furoda dan Haji Reguler

Simak, Berikut Perbedaan Haji Plus, Haji Furoda dan Haji Reguler

Simak, Berikut Perbedaan Haji Plus, Haji Furoda dan Haji Reguler

Simak, Berikut Perbedaan Haji Plus, Haji Furoda dan Haji Reguler
Simak, Berikut Perbedaan Haji Plus, Haji Furoda dan Haji Reguler

Keluarga Haji, ada tiga program haji yang bisa anda pilih. Yakni Haji Reguler, Haji Plus dan Haji Furoda.  Perbedaan ketiga program haji ini, terletak dari pembiayaannya dan pelaksanaannya. Karena semakin tinggi Biaya Haji yang Keluarga Haji keluarkan, maka semakin bagus fasilitas dan akomodasi yang diberikan pihak penyelenggara. 

Simak perbedaan antara Haji Reguler, Haji Plus dan Haji Furoda berikut ini

Haji Reguler adalah ibadah haji yang penyelenggaranya dilakukan oleh Pemerintah Indonesia melalui Kementrian Agama ( Kemenag). Kuota Haji Reguler ini dibatasi tiap tahunnya. Sehingga tidak mengherankan, jika Keluarga Haji Reguler harus menunggu waktu pemberangkatan yang cukup lama.  Biaya Haji Reguler dipatok Rp 25 juta per orang. Dengan biaya yang jauh lebih rendah ini, maka fasilitas dan akomodasi yang didapatkan Keluarga Haji tentu saja menyesuaikan. 

Untuk Visa Haji Reguler, diberikan oleh Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama. Cara mendapatkannya adalah dengan mendaftarkan diri ke bank yang ditunjuk pemerintah. Keluarga Haji kemudian membayar Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH). Setelah melakukan pembayaran BPIH, Keluarga Haji akan mendapatkan nomor proxy haji. Sedangkan Haji Plus tentu saja Biaya Haji yang dipersiapkan Keluarga Haji lebih tinggi dibandingkan Haji Reguler. Perbedaan pelaksanaan Haji Plus ini terkait dengan fasilitas dan akomodasi yang lebih nyaman untuk menunjang kelancaran ibadah haji. Waktu tunggu pemberangkatanpun relative lebih singkat jika dibandingkan dengan Haji Reguler. Penyelenggaran Haji Plus adalah pihak swasta, seperti biro perjalanan atau travel agen. 

Biaya Haji Plus dibandrol dengan harga 12000 USD. Biasanya, pihak biro perjalanan atau travel agen menawarkan waktu tunggu keberangkatan antara 5 sampai 7 tahun. 

Baca Artikel Lainnya :  Harga Haji Furoda dan Haji Plus 2022

Visa Haji Plus, diurus langsung oleh biro perjalanan atau travel agen secara gratis. Sehingga Keluarga Haji tidak perlu repot-repot mengurus sendiri. Masa terbit visa Haji Plus juga lebih cepat. Kuota untuk visa Haji Plus ini hanya sebanyak 8 persen dari Haji Reguler. Jumlahnya sekitar 19.000 orang. Sehingga kerapkali diperebutkan oleh Keluarga Haji yang ingin segera berangkat ke tanah suci dan mampu menyediakan dana lebih tinggi. 

Program haji ketiga adalah Haji Furoda. Program haji ini paling mahal dibandingkan dua jenis program haji lainnya. Karena Biaya Haji yang dipatok bagi Haji Furoda sebesar 18.000 USD. Karena Biaya Haji paling mahal, tentu saja fasilitas dan akomodasinya juga ekseklusif. Penyelenggara Haji Furoda ini juga travel agen atau biro perjalanan. Semua urusan dokumentasi perjalanan, akan diurus oleh travel agen dan tidak menunggu lama. 

Namun visa Haji Furoda tidak gratis. Harus membayar mahal. Karena Visa Haji Furoda merupakan visa kuota Haji Resmi dari Kerajaan Arab Saudi. Visa ini diluar kerjasama dengan Pemerintah Indonesia, untuk penyelenggaraan ibadah haji perorangan yang lebih cepat. Terbitnya visa Haji Furoda paling lambat 7-10 hari sebelum wukuf haji. Terkadang malah lebih cepat dari waktu itu. Dan di program Haji Furoda, Keluarga Haji bisa langsung berangkat, tanpa ada masa tunggu.  Haji Plus dan Haji Furoda adalah pilihan yang tepat bagi Keluarga Haji yang ingin berangkat cepat, karena kesibukan lain dan tanpa waktu tunggu yang lama. travel haji plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *