Simak, Berikut Informasi Badal Haji dan Badal Umroh Mulai dari Syarat Hukum Sampai Biaya dan Paketnya

Simak, Berikut Informasi Badal Haji dan Badal Umroh Mulai dari Syarat Hukum Sampai Biaya dan Paketnya

Simak, Berikut Informasi Badal Haji dan Badal Umroh Mulai dari Syarat Hukum Sampai Biaya dan Paketnya

, HajiPlus.id menjadi partner Haji Plus dan Furoda untuk Mitra Muslim yang akan melaksanakan Ibadah Haji Plus dan Furoda
, HajiPlus.id menjadi partner Haji Plus dan Furoda untuk Mitra Muslim yang akan melaksanakan Ibadah Haji Plus dan Furoda

Simak, berikut informasi badal haji dan badal umroh mulai dari syarat hukum sampai biaya dan paketnya. Sebelum itu, Mitra Muslim perlu memahami apa itu badal haji dan umroh. Badal memiliki arti mengganti

Sedangkan badal haji dan umroh merupakan suatu bentuk ibadah yang dilaksanakan oleh seseorang diwakilkan oleh orang lain. Jadi, ibadah tersebut diniatkan untuk menggantikan orang lain. Namun, ibadah menggunakan metode ini tidak bisa sembarangan dilakukan.

Ada persyaratan yang harus terpenuhi sehingga ibadah haji maupun umroh seseorang boleh digantikan. Apa sajakah? Lalu bagaimana mengenai hukumnya? Untuk menjawab pertanyaan ini,simak pembahasan berikut.

Hukum Melaksanakan Ibadah Badal Haji dan Badal Umroh

Untuk Mitra Muslim, simak, berikut informasi badal haji dan umroh mulai dari syarat hukum sampai biaya dan paketnya. Sebagai penyempurna rukun Islam ke-5, ibadah haji begitu diidamkan oleh para umat muslim.

Namun, tidak semua bisa melaksanakannya karena berbagai macam alasan. Mulai dari terkendala biaya, hingga terkendala kondisi yang membuatnya tidak mampu jika harus berangkat menunaikannya.

Untuk mengatasi kondisi yang terkendala, Mitra Muslim bisa melakukan ibadah ini dengan cara badal haji dan badal umroh. Kondisi yang dimaksud karena udzur baik itu jasmani maupun rohani atau sudah meninggal dunia.

Mengenai masalah hukum, secara umum ahli fiqih memperbolehkan. Jadi, ibadah ini baik itu haji maupun umroh boleh digantikan atau diwakilkan oleh orang lain dengan syarat tertentu. Mengenai syarat pelaksanaannya, akan dijelaskan pada uraian berikut.

Simak, Berikut Informasi Badal Haji dan Badal Umroh Mulai dari Syarat Hukum Sampai Biaya dan Paketnya

Ibadah yang dilaksanakan dengan perwakilan diperbolehkan jika memenuhi persyaratan. Jika persyaratan tidak terpenuhi, maka bisa dianggap tidak sah. Beberapa syarat pelaksanaan badal haji dan umroh antara lain:

  1. Hanya untuk orang dengan kriteria tertentu, seperti sudah meninggal dunia, sakit yang tidak dapat diharapkan lagi kesembuhannya serta tidak mampu menunaikan secara fisik.
  2. Pihak yang menjadi wakil ibadah ini harus sudah pernah lebih dulu menunaikannya. Badai tidak diperkenanan dilakukan oleh seseorang yang belum pernah melaksanakan haji atau umroh. Jika perlu pernah melaksanakan ibadah ini, tapi mewakili orang lain, maka ibadahnya akan jatuh kepada dirinya sendiri.
  3. Wanita diperbolehkan menggantikan haji atau umroh untuk pria, begitu juga sebaliknya. Jadi, hukumnya sah ketika anak perempuan mewakili ayahnya yang telah meninggal dunia. Diperbolehkan juga anak laki-laki menggantikan ibunya yang telah meninggal.
  4. Ibadah ini hukumnya menjadi tidak sah ketika fisik orang yang digantikan masih mampu melaksanakannya.
  5. Dalam satu kali ibadah, tidak diperbolehkan melakukan perwakilan untuk dua orang maupun lebih. Jadi, untuk satu kali pelaksanaan ibadah hanya dapat mewakili satu orang saja.
  6. Melakukan badal haji serta umroh bukanlah untuk seseorang yang tidak mampu dalam hal mengenai harta. Sebab, hukum dari kedua ibadah ini hanyalah bagi umat muslim yang mampu dari segi keuangan.
Baca Artikel Lainnya :  Yuk Simak, Cara Memilih yang Tepat Paket Badal Haji dan Badal Umroh untuk Dipilih

Mengenai masalah biaya dan paketnya, menyesuaikan dengan setiap penyedia jasa. Bagi Mitra Muslim yang ingin membadalkan keluarga maupun saudara berharga terjangkau, pilih saja penyedia jasa SatuTours Travel.

Terkait tarif harga, tergantung dari jenis paket yang dipilih. Ada tiga jenis dengan harga mulai dari Rp. 2.500.000 untuk paket C, Rp. 3.000.000 paket B dan Rp. 3.300.000 paket A. Aspek pembeda dari ketiga paket ini adalah souvenir yang nantinya diperoleh.

Semua jenis paket memberikan fasilitas foto dan video ibadah yang dilaksanakan. Untuk informasi selengkapnya, Mitra Muslim dapat mengunjungi website resmi dari jasa badal haji dan badal umroh SatuTours Travel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *