Paket Haji Plus di Bandung

Paket Haji Plus di Bandung

Paket Haji Plus di Bandung

Saat sebelum Sahabat Haji Plus memutuskan untuk mendaftar ibadah haji, pastinya Sahabat Haji Plus dihadapkan dengan beberapa pilihan terkait pelaksanaan ibadah haji bukan? Beberapa pilihan yang dimaksud ialah meliputi jenis paket haji yang dipilih, jasa travel yang akan dipilih dan lain sebagainya. Bisa dibilang bahwa sebelum Sahabat Haji Plus mendaftar ibadah haji, Sahabat Haji Plus mengidentifikasi terlebih dahulu. Identifikasi yang dilakukan ini tentnya dalam rangka untuk mencri informasi selengkap – lengkapnya terkait informasi yang ingin diketahui. Karena dengan Sahabat Haji Plus mencari informasi selengkap mungkin, maka Sahabat Haji Plus dapat meminimalisir hal – hal buruk yang bisa saja terjadi seperti penipuan dan lain – lain. Bagi Sahabat Haji Plus yang hendak melaksanakan ibadah haji, memiliki budget lebih serta enggan untuk menunggu waktu keberangkatan yang lama, Sahabat Haji Plus dapat mencoba mendaftar Haji Plus. Nah untuk memperoleh informasi lebih lengkapnya,  Sahabat Haji Plus dapat membaca informasinya terlebih dahulu seputar Biaya Haji Plus dan Travel Haji Plus di hajiplus.id. Bagi Sahabat Haji Plus yang berada di Bandung dan ingin mengetahui informasi terkait Paket Haji Plus di Bandung, yuk simak informasi berikut ini.

Hal Yang Dilakukan Saat Mabit di Mina

Saat berada di Tanah Suci pastinya Sahabat Haji Plus telah mengerti bahwasannya ada serangkaian kegiatan yang hendaknya dilakukan. Nah, tahukah Sahabat Haji Plus terkait kegiatan apa saja yang hendaknya dilakukan? Bagi Sahabat Haji Plus yang belum mengetahui terkait hal apa saja yang dapat dilakukan pada saat Mabit di Mina, yuk simak ulasan berikut ini.

  1. Melempar Jumroh Aqabah

Melempar jumroh Aqbaha dilaksanakan pada tanggal 10 Dzulhijjah. Pelaksanaan lempar jumroh Aqabah ini waktu utamanya ialah pada saat dhuha. Akan tetapi, diperkenankan hingga terbenamnya matahari. Apabila Sahabat Haji Plus terdapat uzur syar’i hingga melewati waktu tersebut, maka tak mengapa apabila melempar jumroh dilakukan setelah terbenam matahari. Cara pelaksanaan lempar jumroh ialah melempar jumroh sebanyak tujuh buah kerikil dengan bertakbir pada tiap lontarannya. Kemudian berdoa menghadap kiblat “Allahummaj’alhu hajjan mabruuron wa dzanban maghfuuron” (Ya Allah jadikanlah haji ini mabrur dan dosa yang diampuni). 

  1. Melakukan Tahallul

Tahukah Sahabat Haji Plus bahwa melakukan tahalul merupakan salsah satu hal yang hendaknya dilakukan pada saat Sahabat Haji Plus berada di Mina. Tahallul ini merupakan salah satu kegiatan ibadah haji yang dilakukan dengan cara mencukur rambut baik dengan memendekkan maupun menggunduli. Akan tetapi, gundul lebih utama dibandingkan dengan cukur pendek. Bagi Sahabat Haji Plus hendaknya mengerti bahwa Nabi Muhammad Saw mendoakan 3 kali bagi yang dicukur habis atau gundul serta mendoakan satu kali bagi yang hanya memendekkan. Sedangkan untuk wanita cukuplah ber tahallul dengan memotong beberapa helai rambutnya saja.

  1. Melakukan Thawaf Ifadhah dan Sa’i

Pada saat Sahabat Haji Plus berada di Mina dan  dalam situasi yang memungkinkan, maka pada tanggal 10 Dzulhijjah Sahabat Haji Plus selaku jamaah haji akan melakukan keberangkatan ke Makkah untuk melaksanakan thawaf ifadhah serta sa’i. Apabila Sahabat Haji Plus merasa berat untuk melakukannya dikarenakan dalam situasi yang tak memungkinkan, maka diperbolehkan untuk menunda pelaksanaan thawaf ifadhah tersebut hingga akhir hari tasyrik dan bahkan sebagian ulama berpendapat jika membolehkan sampai akhir Dzulhijjah.

  1. Menyembelih Hewan

Sahabat Haji Plus perlu mengetahui bahwasannya saat pelaksanaan ibadah haji terdapat salah satu momen Sahabat Haji Plus menyembelih hewan. Pelaksanaan menyembelih hewan ini dilaksanakan saat Sahabat Haji Plus berada di Mina serta waktu menyembelih hewan hadyu ini dilaksanakan tepat pada hari nahar (10 Dzulhijjah)  ataupun hari tasyrik (11, 12, 13 Dzulhijjah). Al Hadyu merupakan “bahiimatul an’am” binatang ternak seperti unta, sapi dan domba yang disembelih karena Allah dalam rangka haji. Binatang yang hendak disembelih biasanya diberi kalung sebagai tanda, oleh karena itu disebut juga “Al Qalaid” yang artinya binatang berkalung.

  1. Lempar Jumroh Ula, Wustho, dan ‘Aqabah

Tentu Sahabat Haji Plus mengerti bahwa pada saat Sahabat Haji Plus berada di Mina, Sahabat Haji Plus akan melakukan rangkaian kegiatan haji yakni melempar jumroh ula, wustho dan aqabah yang dilaksanakan pada hari – hari tasyrik. Setiap harinya, Sahabat Haji Plus akan melontar 3 kali 7 batu. Caranya di Ula jama’ah melontar 7 buah batu, setiap lontaran bertakbir “Allahu Akbar” boleh juga “Bismillahi Allahu Akbar”. Kemudian Sahabat Haji Plus menghadap ke arah Ka’bah lalu berdoa “Allahummahaj’alhu hajjan mabruuron wa dzanban maghfuuron”. Di Wustho juga demikian melontar 7 buah batu dengan takbir dan berdoa sama sebagaimana saat di Ula. Sedangkan di ‘Aqabah  jamaah setelah melontar 7 buah batu, tidaklah berdo’a menghadap Kiblat lagi, melainkan langsung berlalu saja. Kembali ke tempat Kemah.

Baca Artikel Lainnya :  Haji Visa Mujamalah 2022

Apa Saja Yang di Dapatkan di Paket Haji Plus?

Tahukah Sahabat Haji Plus bahwa saat Sahabat Haji Plus memilih Paket Haji Plus, maka segala sesuatu yang akan didapatkan selama perjalanan hingga pelaksanaan ibadah haji di Tanah Suci tentunya berbeda dengan paket Haji Reguler. Salah satu hal yang menjadi latar belakang ialah karena perbedaan harga yang cukup lumayan antara Haji Plus dengan Haji Reguler. Meskipun Haji Plus dikenal memiliki harga yang lebih tinggi, akan tetapi Haji Plus ini tak pernah sepi peminat. Hal ini dikarenakan hal – hal yang disuguhkan oleh Haji Plus tentunya lebih membuat Sahabat Haji Plus merasa nyaman. Sehingga, saat Sahabat Haji Plus memilih Paket Haji Plus dalam pelaksanaan ibadah haji, ini menjadi rekomendasi yang sangat tepat. Nah, bagi Sahabat Haji Plus yang ingin mengetahui apa saja yang di dapatkan saat mendaftar Haji Plus, berikut lebih jelasnya.

  1. Akomodasi Hotel Transit, Makkah dan Madinah

Fasilitas yang disediakan selanjutnya ini merupakan hal yang penting, karena akan menunjang kenyamanan jamaah pada saat proses ibadah haji. Karena tempat peristirahatan menjadi salah satu faktor penting yang harusnya diperhatikan. Apabila Sahabat Haji Plus mendaftarkan diri sebagai calon jamaah Haji Plus, fasilitas selanjutnya yang di dapat ialah akomodasi hotel yang nyaman untuk Sahabat Haji Plus sekalian. Hotel yang digunakan sebagai tempat peristirahatan untuk jamaah Haji Plus pada saat di Makkah ialah hotel Dar Al Gufran/ Swissotel / setaraf. Sedangkan hotel yang digunakan untuk tempat peristirahatan pada saat di Madinah ialah hotel Royal Inn/ Millenium Aqeeq/ Setaraf.

  1. Ziarah Makkah/ Madinah/ Jeddah

Fasilitas selanjutnya yang disediakan ialah ziarah Makkah/ Madinah/ Jeddah. Bagi sahabat Haji Plus yang hendak mendaftarkan diri sebagai calon jamaah Haji Plus tentunya akan mendapatkan fasilitas ini ketika proses pelaksanaan Haji Plus berlangsung. Ziarah yang dimaksud ialah dengan mengunjungi tempat yang erat kaitan sejarahnya dengan ibadah haji.

  1. Makan 3 Kali Buffet Menu Indonesia

Bagi Sahabat Haji Plus, makanan tentunya menjadi salah satu kebutuhan yang dipenuhi. Namun sayangnya, tak semua lidah mampu menerima cita rasa lain selain masakan Indonesia. Nah, bagi sahabat Haji Plus yang hendak mendaftarkan diri sebagai calon jamaah Haji Plus tak perlu khawatir. Karena, jika sahabat Haji Plus melaksanakan haji dengan menggunakan travel hajiplus.id maka fasilitas makan 3 kali buffet menu Indonesia pun akan menjadi fasilitas yang disediakan. Sehingga, sahabat Haji Plus tak perlu repot memikirkan makanan yang hendak disantap. Karena penyediaan makanan ini telah menjadi salah satu fasilitas yang disediakan untuk jamaah Haji Plus.

  1. Tiket Pesawat Kelas Ekonomi

Untuk melaksanakan ibadah haji, transportasi yang digunakan pada saat ini tentunya berbeda dengan zaman dahulu. Jika pada zaman dahulu menggunakan transportasi laut yakni menggunakan kapal, berbeda hal dengan saat ini. Saat ini, transportasi yang digunakan ialah pesawat yang memiliki waktu tempuh relatif singkat. Untuk Sahabat Haji Plus yang mendaftarkan diri sebagai jamaah Haji Plus, fasilitas pertama yang akan di dapatkan ialah tiket pesawat pulang pergi kelas ekonomi dengan menggunakan pesawat Saudi/ Etihad/ Qatar.

  1. Pengurusan Dokumen Visa & Surat Rekomendasi Keberangkatan

Pada saat hendak melaksanakan ibadah haji, tentunya ada beberapa hal penting yang harus dipersiapkan. Salah satunya hal yang harus dipersiapkan ialah terkait pengurusan dokumen visa dan surat rekomendasi keberangkatan. Namun, teruntuk sahabat Haji Plus yang telah mendaftar sebagai calon jamaah Haji Plus di hajiplus.id tak perlu khawatir. Sahabat Haji Plus tak perlu bingung untuk mengurus surat tersebut. Karena, pengurusan dokumen visa dan surat rekomendasi keberangkatan menjadi tanggung jawab pihak travel karena hal tersebut termasuk dalam fasilitas yang disediakan untuk Sahabat Haji Plus.

  1. Tenda Haji

Sahabat Haji Plus pasti mengerti perihal pentingnya kegunaan tenda haji bagi jamaah haji. Bagi sahabat Haji Plus yang hendak mendaftarkan diri sebagai calon jamaah Haji Plus, ini merupakan pilihan yang tepat. Karena di hajiplus.id ini menyediakan fasilitas yang lengkap serta nyaman untuk sahabat Haji Plus sekalian. Salah satu fasilitas yang disediakan dan tak kalah pentingnya ialah tenda khusus untuk Haji Plus. Nah, tenda haji iini tentunya dapat membantu dan menjadi tempat singgah sementara pada saat Sahabat Haji Plus menjalankan salah satu kegiatan ibadah haji. Sehingga, dengan adanya tenda haji ini Sahabat Haji Plus akan merasa lebih nyaamn dan dapat melaksanakan ibadah haji dengan lancar.

  1. Pembimbing

Dalam sebuah biro perjalanan khususnya travel untuk haji pastinya sudah ada tour leader yang disediakan. Hal ini untuk mempermudah para jamaah dalam mengetahui keberadaan lokasi yang sedang disinggahi saat ini. Selain untuk mengetahui keberadaan tempat yang disinggahi, sahabat haji Plus juga dapat mengetahui sekilas informasi seputar lokasi tersebut yang biasanya disampaikan oleh tour leader. Dengan adanya pembimbing dalam sebuah perjalanan yang dilakukan, Sahabat Haji Plus juga akan mendapat pengetahuan dan infromasi yang menarik.

  1. Transport ber AC

Selain penginapan sebagai tempat istirahat yang menunjang kenyamanan ada hal lain lagi yang menunjang kenyamanan jamaah haji, yakni transportasi. Transportasi yang disediakan khusus jamaah Haji Plus ialah Bus ber AC. Bus ber AC ini tentunya akan membuat jamaah Haji Plus merasa nyaman dan tidak merasa gerah. Dengan tersedianya fasilitas yang nyaman seperti ini, tentunya jamaah Haji Plus dapat melaksanakan proses ibadah haji dengan nyaman dan tentram.

  1. Air Zam – Zam 5 L

Air zam – zam merupakan air yang selalu diburu oleh para jamaah haji. Air zam zam ini biasanya juga digunakan sebagai oleh – oleh untuk keluarga atau sanak saudara yang berada di kampung halaman. Namun , tahukah sahabat Haji Plus? Bahwa jamaah Haji Plus yang terdaftar di hajiplus.id akan mendapatkan fasilitas berupa air zam zam sebanyak 5 Liter.

  1. Perlengkapan Ibadah Haji

Persiapan yang matang tentunya sangat dibutuhkan pada saat sebelum keberangkatan ibadah haji. Salah satu persiapan yang penting untuk diperhatikan ialah perlengkapan ibadah haji. Ada beberapa perlengkapan ibadah haji yang harus dibawa untuk menunjang proses pelaksanaan ibadah haji yang dilakukan nantinya. Namun, bagi Sahabat Haji Plus tak usah risau perihal perlengkapan ibadah haji apa saja yang harusnya dibawa. Karena apabila sahabat Haji Plus telah mendaftarkan diri sebagai calon jamaah Haji Plus di hajiplus.id, maka perlengkapan ibadah haji menjadi tanggung jawab pihak travel hajiplus.id. Sehingga, sahabat Haji Plus tak perlu bingung untuk memikirkan perlengkapan yang hendaknya dibawa. Karena perlengkapan ibadah haji tersebut telah menjadi fasilitas yang disediakan bagi para jamaah Haji Plus hajiplus.id.

Baca Artikel Lainnya :  Apa Bedanya Haji Reguler, Haji plus dan Haji Furoda

Menjaga Sikap Saat di Tanah Suci

Hal utama yang hendaknya tak dilupakan oleh Sahabat Haji Plus pada saat di Tanah Suci adalah menjaga sikap saat berada di Tanah Suci. Seharusnya, Sahabat Haji Plus telah memahami dengan betul terkait adab – adab seperti apa yang hendaknya ada dalam diri, saat Sahabat Haji Plus berada di Tanah Suci. Nah, tahukah Sahabat Haji Plus terkait sikap apa saja yang hendaknya diperhatikan pada saat pelaksanaan ibadah haji? Jika belum memahami, yuk simak ulasan berikut ini.

  1. Hindari Penggunaan Air Berlebihan

Saat Sahabat Haji Plus berada di Tanah Suci hendaknya Sahabat Haji Plus tak berlebihan dalam menggunakan air pada saat berwudhu, ke toilet atau saat mandi. Karena diketahui bahwa sebagian besar jamaah haji yang berada di Tanah Suci melakukan bersih diri atau mandi sebanyak lebih dari dua kali dalam sehari. Apalagi pada saat di kamar mandi degan durasi waktu yang cukup lama. Tentunya ini kurang mengenakkan juga bagi jamaah haji lain yang menunggu bukan? Sebisa mungkin hendaknya tak berlebihan dalam menggunakan air pada saat di Tanah Suci. Apalagi tanah arab ini tergolong tanah yang minim air. Hendaknya Sahabat Haji Plus memahmai poin ini dengan sebaik mungkin. 

  1. Memahami Situasi dan Kondisi

Tahukah Sahabat Haji Plus bahwa Pemandangan yang tak biasa kerap kali terjadi dan bukan sesuatu yang aneh dari jamaah haji. Tak sedikit jamaah asal Indonesia yang tak paham terkait adab serta hukum – hukum memasuki Tanah Suci. Seharusnya tak demikian bukan? Masih banyak sekali diantara mereka yang tak bisa membedakan kehadirannya di Kota Suci Makkah al Mukarramah dan Madinah al Munawwarah sebagai bentuk panggilan Allah Swt semata. Sebisa mungkin, pada saat Sahabat Haji Plus membawa handphone, cobalah untuk mematikan nada dering pada hp. Karena jangan sampai hp Sahabat Haji Plus sekalian mengganggu kenyamanan Sahabat Haji Plus dalam beribadah. Selain itu hendaknya memperhatikan beberapa hal seperti jangan berbuat kejanggalan atau keanehan di lingkungan Masjidil haram, misalnya merokok, mengambil barang yang bukan miliknya dan lain sebagainya. 

  1. Jagalah Atsar Hingga ke Tanah Air

Sebagian ada yang beranggapan bahwa hampir secara umum terjadi di kalangan jamaah haji atau umrah, ketika sudah usai dari prosesi manasik dan hendak pulang yakni perilakunya kembali ke sikap semula. Mulai dari cara berpakaian, berbicara dan bertingkah laku. Yang pada mulanya sopan dan menutup aurat kembali jadi bertingkah laku kurang sopan dan membuka aurat. Semula shalat wajib dituniakan hingga yang sunnah, saat di bandara atau pesawat mulai melalaikannya. Alangkah bajiknya bila bekas (atsar) selama menunaikan ibadah di tanah suci itu berbekas hingga pun ke tanah air, di kampung halaman. Nah, sebisa mungkin Sahabat Haji plus jangan sampai demikian ya..

  1. Tabarruj

Sahabat Haji Plus pasti mengetahui bahwa jamaah haji perempuan memiliki kebebasan pakaian apa yang akan digunakan selama manasik haji, selama itu menutup aurat. Akan tetapi, terdapat satu hal yang harus dihindari yakni tabarruj atau berdandan dan berpakaian secara berlebihan. Sehingga, akan mengganggu atau memancing orang lain terutama jamaah lelaki, untuk meliriknya. Tabarruj ini dalam selangkah lagi bisa dihukumi haram, apabila sudah pada taraf menggoda dan membangkitkan hawa nafsu. Oleh karena itulah, sebaiknya Sahabat Haji Plus menjaga penampilan yang sopan dan beradab tidak hanya selama prosesi manasik saja. Melainkan pada saat berada di Mekkah dan Madinah. Karena tradisi dan adat di Tanah Suci tak memeprbolehkan kaum hawa untuk berdandan belebihan baik dalam berpakaian atau bersolek. 

  1. Jangan Suudzon

Selama Sahabat Haji Plus berada di tanah suci, hendaknya menghindari berprasangka buruk entah kepada sesama atau kepada situasi yang dihadapi. Karena sudah banyak cerita jamaah berprasangka buruk selama melakukan manasik atau berada di tanah suci dibalas secara kontan menurut prasangkaannya. Contoh kisah kasus, ada jamaah haji melihat beberapa perempuan berbelanja di mall sekitar Masjidil Haram, lalu terbersit dalam pikirannya “ini orang mau ibadah atau belanja ya?”. Seketika ia mengalami tak bisa membelanjakan uangnya selama tiga hari. Padahal tak ada yang salah dengan riyal yang telah ia kantongi secara halal itu. Apapun pemandangan, baik itu buruk atau kurang bagus, jangan pernah dikomentari perasaan negatif atau prasangka buruk serta jangan berkata sembarangan atau menimpali sesuatu dengan sembarangan.

Baca Artikel Lainnya :  Biaya Haji ONH Plus

Teruntuk Sahabat Haji Plus yang masih ingin membaca informasi lebih lanjut terkait Paket Haji Plus di Bandung, bisa langsung berkunjung ke website resmi hajplus.id. Barangkali dengan membaca informasi seputar Haji Plus, di tahun selanjutnya nama Sahabat Haji Plus dapat tercantum sebagai calon jamaah Haji Plus. Oleh karena itu, update terus informasi seputar Haji Plus yang mungkin akan menjadi informasi lebih bagi Sahabat Haji Plus sekalian serta dapat menjadi bekal sebelum menjadi calon jamaah Haji Plus. Teruntuk Sahabat Haji Plus yang telah memiliki niat untuk melaksanakan Haji, jangan lupa untuk selalu menyisihkan sedikit rezekinya atau menabung untuk mempersiapkan biaya pendaftaran sebagai calon jamaah haji. Dengan niat yang baik dan konsistensi untuk terus menabung agar dapat melaksanakan ibadah haji, insyaallah dilancarkan segala niat baik dengan jalan yang baik pula. Semoga, segala informasi yang telah disampaikan dapat membantu Sahabat Haji Plus dalam mempersiapkan segala hal yang berkaitan dengan ibadah haji.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *