Ongkos Naik Haji

Ongkos Naik Haji

Ongkos Naik Haji

Bagi umat muslim, tentunya sangat memahami terkait ibadah yang dianggap istimewa dan rangkaian kegiatannya penuh akan makna, yakni pelaksanaan ibadah haji. Hal ini dikarenakan di setiap amalan – amalan yang dilakukan di tanah suci, semuanya mengandung makna yang dalam. Oleh karena itulah, tak heran apabila ibadah Haji menjadi dambaan setiap umat muslim. Karena selain kewajiban jika mampu, ibadah haji sendiri memiliki makna yang cukup dalam di setiap rangkaian kegiatan yang dilakukan. Akan tetapi, sayangnya untuk pelaksanaan haji di Indonesia dalam perihal keberangkatannya membutuhkan waktu tunggu yang tidak sebentar. Tak sedikit dari mereka yang sedang menunggu waktu tunggu keberangkatan yang cukup lama. Bagi Sahabat Haji Plus pastinya sudah tak asing lagi perihal waktu tunggu keberangkatan pelaksanaan ibadah haji yang cukup lama. Hal inilah yang dirasakan oleh umat muslim yang ada di Indonesia. Tingginya minat untuk melaksanakan haji di Indonesia membuat antrian ibadah haji meningkat pesat. Namun, waktu tunggu yang amat lama tersebut hanya berlaku ketika sahabat Haji Plus mendaftarkan diri sebagai jamaah haji pada program Haji Reguler. Bagi sahabat Haji Plus yang memiliki ketersediaan dana yang lebih, ingin menunaikan ibadah haji dengan tak perlu menunggu waktu yang cukup lama, Sahabat Haji Plus tak perlu risau. Mengapa demikian? Karena terdapat program haji selain Haji Reguler yang memiliki waktu tunggu keberangkatan lebih cepat dibandingkan waktu tunggu keberangkatan Haji Reguler. Program haji yang tanpa menunggu waktu berangkat yang lama ialah program Haji Plus atau Haji ONH Plus. Biaya Ongkos Naik Haji Plus atau Biaya Haji Plus ini masih terbilang ramah kantong. Bagi Sahabat Haji Pus yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut, Sahabat Haji Plus dapat tanyakan langsung pada pihak jasa Travel Haji Plus yang Sahabat Haji Plus. Untuk informasi lebih lanjut, simak informasi di bawah ini.

Hendak Daftar Haji Plus? Yuk Simak Informasi Berikut Ini

Teruntuk Sahabat Haji Plus yang mungkin bertanya – tanya seputar pendaftaran Haji Plus, coba simak baik – baik yaa..

  1. Mengisi Formulir Pendaftaran Haji

Pertama kali yang dilakukan untuk mendaftarkan diri sebagai calon jamaah Haji Plus ini ialah dengan cara mengisi formulir pendaftaran Haji. Dengan sahabat Haji Plus mengisi formulir pendaftaran haji berarti sahabat Haji Plus telah siap untuk menjadi jamaah Haji dan melaksanakan ibadah haji yang telah menjadi kewajiban umat islam bagi yang mampu. Pastikan Sahabat Haji Plus mengisi formulir dengan tepat ya. Karena formulir tersebut berisi identitas diri yang tentunya penting bagi sahabat Haji Plus yang hendak melaksanakan ibadah haji.

  1. Membayar Uang Muka Pendaftaran ONH Plus sebesar 5000 USD

Setelah mengisi formulir pendaftaran haji yang menandakan bahwa Sahabat Haji Plus telah siap untuk menjadi jamaah Haji Plus, langkah selanjutnya yang dilakukan ialah dengan membayar uang muka pendaftaran haji sebesar 5000 USD untuk mendapatkan nomor porsi. Mengapa demikian? Dengan membayar biaya penyelenggaraan ibadah haji melallui bank penerima setoran haji, ini menandakan bahwa sahabat Haji Plus memang sungguh untuk berangkat ke tanah suci untuk melaksanakan ibadah haji. Selain itu, sahabat Haji Plus tentunya sudah mengerti bahwa Haji Plus memerlukan visa khusus, oleh karena itulah membutuhkan biaya yang lebih ketimbang Haji reguler. Sehingga untuk mengurus visa tersebut uang muka yang disetorkan Sahabat Haji Plus sebagai jaminan bahwa Sahabat Haji Plus memang sungguh dan tak main – main. Teruntuk sahabat Haji Plus yang ingin segera menunaikan ibadah haji, hendaknya segera melakukan dan menyelesaikan persyaratan saat pendaftaran.

  1. Pelunasan Paket Haji Sebelum 1 Ramadhan

Tahap selanjutnya setelah membayar uang muka pendaftaran ialah melunasi paket haji sebelum 1 ramadhan. Hal ini dikarenakan, ketika visa telah selesai di urus ini menandakan bahwa calon jamaah Haji Plus dapat segera berangkat ke tanah suci untuk melakukan ibadah haji yang telah di nanti – nanti. Oleh karena itu, apabila visa Haji plus telah keluar diharapkan calon jamaah Haji plus segera melunasinya. Agar Sahabat Haji Plus dapat segera menunaikan ibadah haji.

  1. Menyertakan Surat Keterangan Sehat dari puskesmas setempat dan hasil pemeriksaan laboratorium serta hasil pemeriksaan Rontgen dari rumah sakit atau klinik

Sebelum melaksanakan ibadah haji pastinya sahabat Haji plus memastikan bahwa kondisi tubuh dalam keadaan sehat. Memastikan tubuh agar tetap sehat ini dengan cara melakukan check up kesehatan di rumah sakit. Setelah melakukan check up, sahabat Haji Plus dapat menyertakan hasil check up yakni berupa surat keterangan sehat dari rumah sakit. Tujuan dari pelaksanaan check up kesehatan sebelum berangkat ke tanah suci ialah supaya tubuh dapat dipastikan sehat agar selama proses pelaksanaan ibadah haji berlangsung dapat berjalan dengan lancar dan tanpa hambatan karena adanya penyakit yang sedang di derita. 

  1. Menyerahkan Fotokopi KTP, Surat nikah dan Kartu Keluarga

Penyerahan data – data penting seperti fotokopi KTP, surat nikah dan kartu keluarga ini merupakan hal yang penting. Karena data – data tersebut berfungsi untuk kelengkapan data diri yang digunakan untuk mengurus surat – surat penting seperti surat rekomendasi keberangkatan ataupun dokumen lain seperti visa.

  1. Menyerahkan pas foto berwarna 2 x 3 = 5 lembar, 3 x 4 = 5 lembar, 4 x 6 = 10 lembar

Selain menyerahkan fotokopi KTP, surat nikah dan kartu keluarga. Penyerahan foto juga diperlukan untuk melengkapi data diri yang tercantum. Sebaiknya sahabat Haji Plus melengkapi data – data penting yang dibutuhkan dengan baik.

  1. Copy Pasport

Syarat pendaftaran yang terakhir adalah menyerahkan fotokopi passport untuk melengkapi berkas berkas sahabat Haji Plus sekalian.

Baca Artikel Lainnya :  Biaya Haji Langsung Berangkat

Berapakah Ongkos Naik Haji Plus?

Bukan menjadi hal yang asing lagi terait Ongkos Naik Haji Plus yang tentunya memiliki perbedaan dengan Ongkos Naik Haji Reguler, pasalnya terdapat perbedaan yang cukup nampak. Meskipun demikian, ini tak menjadi soal bagi Sahabat Haji Plus yang menginginkan segera melaksanakan ibadah haji tanpa menunggu waktu yang lama. Program Haji Plus ini memang rekomendasi yang tepat bagi Sahabat Haji Plus yang ingin segera melaksanakan ibadah haji tanpa harus menunggu waktu tunggu keberangkatan yang lama hingga puluhan tahun. Dengan biaya yang lebih tinggi dibandingkan Haji Reguler tersebut juga telah setara dengan fasilitas, akomodasi serta pelayanan yang diberikan. Oleh karena itulah, Sahabat Haji Plus dipastikan tak akan rugi saat memilih program Haji Plus ini untuk segera melaksanakan ibadah haji. Bagi Sahabat Haji Plus yang masih penasaran terkait berapa banyak biaya yang hendaknya dipersiapkan, sebaiknya tak perlu khawatir. Karena menunaikan ibadah haji Bersama Annur Maarif ini tergolong dengan harga yang masih terjangkau disertai fasilitas yang berkualitas. Biaya yang dipatok untuk Haji Plus ini ialah sebesar 9000 USD. Dengan biaya tersebut, include yang diberikan akan membuat perjalanan serta pelaksanaan ibadah haji Sahabat Haji Plus dipastikan lancar dan nyaman. Sehingga, Sahabat Haji Plus merasa lebih khusyu dalam beribadah.

Rekomendasi Ragam Kuliner Saat Berhaji

Tahukah Sahabat Haji Plus? Bahwasannya di Tanah Suci terkenal dengan ragam jenis masakannya yang bercita rasa lezat. Ada yang mengatakan bahwasannya cita rasa masakan khas timur tengah ini khas, karena menggunakan rempah tertentu yang menambah lezat masakan. Nah, bagi Sahabat Haji Plus yang hendak pergi berhaji, nih catat beberapa rekomendasi kuliner yang dapat Sahabat Haji Plus coba sewaktu di Tanah Suci nanti. Apa saja? Berikut lebih jelasnya.

  1. Kunafa

Kunafa merupakan termasuk ke dalam salah satu dessert yang sudah sangat terkenal di Mekkah, Turki, Lebanon amupun Mesir. Makanan yang satu ini terbuat dari phillo pastry, kemudian dipotong tipis-tipis dan disiram dengan sirup gula. Pada umumnya Kunafa ini disajikan dengan isian kelapa parut, kismis, krim, dan kacang-kacangan. Beberapa varian Kunafa juga disajikan bersama keju mozarella hingga tambahan kayu manis. Keunikan dari makanan ini adalah sirup gula yang ada di dalam Kunafa ternyata dicampur dengan air mawar yang tentunya akan membuat aroma khas dari dessert ini. Bagaimana nih Sahabat Haji Plus? tertarik untuk mencobanya?

  1. Hummus

Tak bisa dipungkiri bahwasannya Arab Saudi memang mempunyai banyak sajian makanan yang berbahan dasar roti, seperti halnya Hummus. Namun sebenarnya Hummus merujuk kepada saus kacang yang bahan dasarnya terbuat dari tahini (wijen giling), kedelai, bawang putih, lentini, air lemon, minyak zaitun, dan garam. Agar sajian ini terlihat menarik, Hummus diberi tortilla, irisan tomat, dan chickpea yang ditata di bagian tengah. Setelah itu, siap disajikan dan disantap dengan roti tradisional berbentuk pita (disebut juga dengan lafa). Cara menikmati makanan ini adalah dengan menyobek roti, kemudian mencocol-cocolkannya pada Hummus. Tidak hanya Hummus, saus ini pun bisa dimakan dengan kentang.

  1. Nasi Mandy

Nasi mandy ialah salah satu masakan yang paling populer di Arab Saudi. Nasi mandy terbuaat dari beras basmati yang memiliki tekstur yang pulen dan memiliki bulir yang panjang. Untuk membuatnya menjadi makanan yang lezat, beras basmati ini harus dimasak dengan berbagai bumbu maupun rempah khas arab seperti adas, jintan, saffron, lada hitam serta kayu manis. Nasi mandy ini akan disajikan dengan paduan berbagai pelengkap seperti daging domba panggang ataupun daging ayam. Karena porsinya yang terbilang cukup besar, Nasi mandy ini biasanya dimakan secara bersama – sama.

  1. Samboosa

Selanjutnya ialah samboosa. Mungkin jenis yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi Sahabat Haji Plus sekalian. Makanan dari Timur Tengah memang terkenal menyehatkan dan bergizi untuk tubuh, begitu juga dengan Samboosa. Sehingga tidaklah mengherankan jika makanan yang satu ini memiliki daya tarik tersendiri di kalangan pencinta kuliner. Samboosa sendiri terbuat dari kulit pastry yang krispy dan gurih. Di bagian dalamnya berisi daging sapi, ayam, atau kambing cincang yang dapat dipanggang atau digoreng, keju, telur, dan aneka sayuran seperti kentang, buncis, dan wortel. Samboosa sangat cocok disantap dengan Shorbah Adas, yaitu sup kacang lentil. Biasanya Samboosa disantap sebagai penambah selera atau bisa juga dijadikan sebagai teman minum teh klasik masyarakat Arab. Jika Sahabat Haji Plus sudah berada di Tanah Suci, jangan lewatkan kuliner yang satu ini yaa.

  1. Luqaimat

Di kalangan masyarakat Arab, makanan ini terkenal sebagai hidangan penutup. Berbentuk bulat dan memiliki tekstur renyah di bagian luarnya, namun sangat lembut di bagian tengahnya. Makanan ini pun memiliki cita rasa yang manis dan lezat. Luqaimat biasanya sangat ditunggu-tunggu saat tibanya bulan ramadhan. Jika di Indonesia makanan ini mungkin dikenal dengan donat, walaupun bentuk maupun tekstur rasanya berbeda. Penasaran? Coba aja saat Sahabat Haji Plus di Tanah Suci nanti.

  1. Falafel

Selanjutnya ialah ada Jajanan yang bernama falafel. Falafel  ini merupakan salah satu jajanan paling populer yang berada di Arab. Makanan ini termasuk sebagai jenis jajanan dikarenakan memiliki bentuk yang kecil dan bisa dengan mudah dimakan, bahkan sambil beraktifitas sekalipun. Falafel terbuat dari kacang faca yang memiliki rasa gurih dan pedas. Bahan utama ini digiling kemudian dipadatkan dan dibentuk menjadi bola-bola kecil. Falafel kemudian dimasak dengan cara digoreng dalam minyak panas, dengan begitu tekstur yang dimilikinya renyah. Falafel biasanya disajikan dan disantap dengan topping seperti sayuran, salad, acar, roti pita, dan berbagai saus khas. Karena banyaknya penjual Falafel di Arab, maka bisa dikatakan bahwa makanan ini adalah salah satu jajanan pinggir jalan di negeri Arab. Bahkan karena kenikmatannya makanan ini telah menjadi makanan favorit banyak orang di Arab. Saat Sahabat Haji Plus ke tanah suci, maka jangan lupa untuk mencoba Falafel ya..

  1. Nasi Biryani

Nasi Biryani merupakan salah satu  makanan berat yang dapat Sahabat Haji Plus coba sewaktu di Tanah Suci nanti. Nasi Biryani ini tentunya menjadi santapan yang dapat mengganjal perut anda saat sedang melaksanakan ibadah haji. Nasi ini dimasak bersama rempah, daging, dan sayuran. Rempah-rempah yang digunakan saat memasak biryani adalah minyak samin, jintan, kacang-kacangan, kapulaga, cengkih, daun salam koja, kayu manis, daun mint, ketumbar, bawang Bombay, jahe, dan bawang putih. Bedanya dengan Nasi Mandy adalah Nasi Biryani memiliki aroma dan rasa yang lebih kuat dan pekat. Sebenarnya Nasi Biryani berasal dari Persia, dan kata dari biryani sendiri mempunyai arti panggang atau goreng. Biasanya Nasi Biryani disajikan dengan sayuran, daging domba atau kambing panggang. Pada dasarnya Nasi Biryani berbeda dengan Pullao (nasi bumbu) dari segi memasaknya, ketika memasak Pullao, maka beras digoreng dengan rempah-rempah ke dalam minyak samin, kemudian dimasak sampai matang. Hidangan sampingan untuk menyantap Nasi Biryani adalah kurma, kari, hingga telur rebus. Wah, terlihat sangat lezat ya.

  1. Baleela

Bagi Sahabat Haji Plus yang sangat suka dengan makanan pedas, tentunya Balila atau Baleela dapat dimasukkan ke dalam list makanan yang wajib dicicipi saat berkunjung ke Arab Saudi. Makanan ini berbahan buncis rebus yang dicampur dengan bawang putih dan garam. Rasanya pun tidak kalah lezat dengan kuliner khas Arab lainnya, terlebih lagi makanan ini sangat mudah didapat di Arab Saudi. Sahabat Haji Plus dapat membelinya di kios-kios yang ada di sekitar Qabel Street. Gimana? menarik sekali bukan?

Baca Artikel Lainnya :  Daftar Haji Plus untuk Warga Indonesia

Memohon Hajat saat di Tanah Suci

         Rasa – rasanya tak sedikit dari Sahabat Haji Plus yang memanfaatkan kesempatan bagus untuk memohon segala hajat saat berada di Tanah Suci. Dari sekian banyak hajat yang Sahabat Haji Plus harapkan, mungkin salah satunya ialah terkait hajat untuk segera dipertemukan dengan pasangan. Sebenarnya tak ada salahnya apabila Sahabat Haji Plus berdoa untuk meminta jodoh di Tanah Suci, selagi tak melupakan niat utamanya yakni melaksanakan ibadah di Tanah Suci serta mencari ridho Allah Swt. Memang saat berada di Tanah Suci, tampaknya seluruh umat muslim tak pernah absen untuk berdoa dan memohonkan hajatnya pada Allah Swt. Terlebih di Tanah Suci ini memang banyak tempat – tempat yang mustajab untuk berdoa. Sehingga apabila sekedar berdoa itu tak ada larangannya bahkan Sahabat Haji Plus memang dianjurkan untuk berdoa sebagai bentuk kelemahan dan ketidak berdayaan Sahabat Haji Plus sebagai hamba Allah Swt yang tiada apa – apanya dihadapan Allah.

Tak sedikit jamaah yang hajatnya dikabulkan Allah selagi mereka ada disana atau sepulang mereka dari Tanah Suci. Akan tetapi perlu Sahabat Haji Plus ketahui bahwa jodoh itu ketentuan Allah dan hak pregratif Nya. Sahabat Haji Plus hanya mampu untuk memohon agar diberikan yang terbaik oleh Allah. Karena terkadang orang yang keluar dari kehidupan Sahabat Haji Plus sekalian merupakan salah satu bentuk Rahmat Allah atau kasih sayang Allah kepada Sahabat Haji Plus, dimana Sahabat Haji Plus tak akan mengetahuinya kecuali dengan iringan waktu. Jika Sahabat Haji Plus selesai berdoa kepada Allah agar diberikan yang terbaik, Sahabat Haji Plus juga harus tetap berpegang kepada petunjuk Nabi Muhammad Saw dalam mencari jodoh yakni :

  1. Karena agamanya, yang dimaksud agamanya adalah pengetahuan dan wawasannya dalam agama terutama tentang hak dan kewajiban sebagai hamba Allah Swt. Karena pasangan yang sholeh atau sholehah pasti akan melahirkan anak anak yang sholeh dan sholehah pula.
  2. Karena keturunannya, yakni keturunan ke atas nya adalah bukan orang orang yang gemar berbuat kemaksiatan dan dosa melainkan orang orang yang taat kepada agama, bibit yang bagus akan melahirkan pohon yang kokoh dan buah yang bagus.
  3. Karena hartanya, sebab dengan harta Sahabat Haji Plus dapat mendekatkan diri kepada Allah seperti haji, Umroh, Zakat, menyantuni anak yatim dan lain lain sebagainya
  4. Karena kecantikannya/kegantengannya, memang ini perlu agar tak tergoda dengan orang lain dan bisa membantu kelangsungan rumah tangga. Namun, ini poin terakhir sebab jika Sahabat Haji Plus mencintai karena Allah maka kecantikan dan kegantengan hampir tak ada manfaatnya.
Baca Artikel Lainnya :  Biaya Haji Plus dan Furoda untuk 2 Orang 2023

Sahabat Haji Plus tak perlu memaksa Allah agar memberikan jodoh secepatnya kepada Sahabat Haji Plus sekalian. Percayakan saja kepada Allah sepenuhnya. Sebab yang terbaik menurut Sahabat Haji Plus itu belum tentu yang terbaik menurut Allah. Karena itulah, ketawakkalan dan percaya penuh kepada Allah ini jalan terbaik bagi Sahabat Haji Plus dan yakinkan diri Sahabat Haji Plus bahwa Allah pasti akan memberikan yang terbaik buat orang orang yang selalu berbuat baik. Jika Sahabat Haji Plus ingin berdoa meminta jodoh maka jalinlah hubungan yang baik kepada Allah lewat sholat malam, zikir dan doa selagi Sahabat Haji Plus terdapat di masjid Makkah atau Madinah. Atau tempat tempat mustajab sewaktu Sahabat Haji Plus berziarah disana. Hendaknya Sahabat Haji Plus memohon pada Allah dengan kerendahan hati dan ketidakberdayaan sebagai hamba Allah. Menghadaplah kepadaNya sebagai seorang hamba yang dhoif atau penuh kelemahan. Niatkanlah dalam meminta jodoh tersebut untuk menjaga agama Sahabat Haji Plus, keimanan Sahabat Haji Plus dan keislaman Sahabat Haji Plus. Sehingga Sahabat Haji Plus tak terjerumus dalam  dosa dan kemaksiatan hawa nafsu dan mendapatkan keturunan yang bisa menjaga agama Allah maka dengan niat yang benar niscaya Allah akan mengabulkan segala hajat Sahabat Haji Plus.

Demikianlah informasi seputar Ongkos Naik Haji bagi Sahabat Haji Plus yang sedang mempersiapkannya. Semoga informasi ini dapat membantu Sahabat Haji Plus sekalian yaa..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *