Ketahui Biaya Haji Plus Tahun 2025

Ketahui Biaya Haji Plus Tahun 2025

Ketahui Biaya Haji Plus Tahun 2025

Ketahui Biaya Haji Plus Tahun 2025
Ketahui Biaya Haji Plus Tahun 2025

Bagi Keluarga Haji yang pada tahun ini sudah meniatkan diri untuk bisa berangkat ke Tanah Suci guna menjalankan rukun Islam kelima, salah satu hal yang kiranya penting dilakukan adalah ketahui biaya Haji Plus tahun 2025. Biaya Haji Plus kiranya baik disiapkan jauh-jauh hari agar tidak terjadi masalah di masa depan.

Seperti diketahui, biaya Haji Plus berbeda dengan Haji Reguler. Nominalnya, bisa 3-5 kali lipat lebih besar daripada biaya Haji Reguler.

Ketahui biaya Haji Plus Tahun 2025

Pada dasarnya, kepastian biaya Haji Plus tahun 2025 belum bisa diketahui saat ini. Biaya haji keberangkatan tahun itu belum keluar.   Kepastian atau estimasi biaya Haji Plus tahun 2025 kemungkinan keluar ketika Keluarga Haji akan berangkat di tahun tersebut.

Sebagai gambaran atau bahan pertimbangan, Keluarga Haji bisa mengetahui dulu biaya Haji Plus tahun 2022.

Biaya Haji Plus tahun 2022

Biaya Haji Plus tahun ini kurang lebih mencapai sekitar 9.000-12.000 dollar AS per jamaah. Apabila dirupiahkan, nominal itu bisa mencapai sekitar Rp130 juta-Rp170 juta per jamaah. Biaya Haji Plus memang bisa 3-5 kali lipat lebih besar ketika dibandingkan dengan biaya Haji Reguler yang berkisar Rp35 juta per jamaah.

Tapi, Keluarga Haji sebaiknya jangan langsung terburu-buru menilai biaya Haji Plus mahal. Bagaimanapun, Haji Plus siap menawarkan berbagai keunggulan yang tidak dimiliki Haji Reguler. Melihat namanya saja, sudah tentu paket Haji Plus memiliki “plus” atau kelebihan tersendiri ketimbang program Haji Reguler.

Berikut ini adalah beberapa kelebihan Haji Plus yang bisa dipertimbangkan:

1. Fasilitas penginapan lebih berkelas dan dekat dengan Masjidil Haram

Selama di Mekah dan Madinah, jemaah Haji Plus biasanya akan difasilitasi untuk tinggal di hotel bintang 4 atau bintang 5, bahkan bisa dekat dengan Masjidil Haram maupun Masjid Nabawi.

Baca Artikel Lainnya :  Biaya Naik Haji Plus

2. Fasilitas penerbangan

Penerbangan untuk Haji Plus biasanya tanpa transit atau sekali transit. namun penerbangan Haji Reguler pada umumnya transit di Jeddah atau madinah. 

4. Konsumsi

Konsumsi untuk jemaah Haji Plus akan  ditanggung atau disiapkan sepenuhnya oleh travel penyelenggara selama haji. Konsumsi yang disiapkan merupakan makanan yang terjaga kualitas, gizi, kehalalannya, juga menggunakan menu Indonesia sehingga tidak asing lagi di lidah jemaah haji Indonesia. 

Dengan fasilitas konsumsi tiga kali sehari ini, fokus ibadah jemaah Haji Plus diharapkan tidak terganggu oleh kewajiban menyiapkan konsumsi selama berada di Mekah maupun di Madinah. Hal ini juga berbeda dengan jamaah Haji Reguler yang menuntut kemandirian lebih banyak untuk bisa menyiapkan konsumsi di Tanah Suci. 

5. Transportasi di Tanah Suci

Akomodasi kendaraan bermotor adalah nilai plus lain yang bisa diperoleh oleh jemaah Haji Plus.  Transportasi bus AC yang disiapkan oleh travel penyelenggara diharapkan dapat mempermudah jemaah selama menunaikan ibadah haji.

Berbeda dengan jemaah haji reguler yang biasanya perlu menyiapkan sendiri kebutuhan transportasi selama di Tanah Suci dan membayar sewa atau ongkos kendaraan di sana.

6. Waktu pelaksanaan haji lebih singkat

Jemaah Haji Plus selain bisa jadi lebih eksklusif karena jumlah anggota rombongannya cenderung lebih sedikit daripada Haji Reguler, juga memiliki perbedaan dalam waktu pelaksanaan ibadah haji. 

Lama pelaksanaan ibadah Haji Reguler adalah berkisar 40 hari dihitung dari waktu keberangkatan sampai pulang ke Tanah Air dan dibagi menjadi dua gelombang, yaitu antara Madinah dan Makkah. 

untuk Haji Plus sendiri biasanya memakan waktu lebih cepat & dibagi menjadi dua kelompok, yaitu Arbain di Masjid Nabawi dengan lama pelaksanaan 26 hari dan Non Arbain dengan waktu lebih singkat yaitu 15-19 hari.

Baca Artikel Lainnya :  ONH Plus Madinah Iman Wisata

7. Masa tunggu keberangkatan Haji Plus lebih singkat

Masa tunggu keberangkatan Haji Reguler di Indonesia bisa berbeda-beda di masing-masing daerah. Namun, rata-rata, masa tunggu keberangkatan Haji Reguler bisa sampai belasan tahun atau bahkan lebih dari 30 tahun.

Sedangkan, masa tunggu keberangkatan Haji Plus kemungkinan hanya 6-8 tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *