Kenapa harus Haji dengan Program Furoda

Kenapa harus Haji dengan Program Furoda

Tak bisa dipungkiri bahwa tak semua orang betah untuk mengantri dengan jangka waktu yang lama, terlebih hingga hitungan tahun. Hal inilah yang mungkin dirasakan oleh saudara Sahabat Haji Plus sesama muslim yang kini sedang menunggu antrian keberangkatan ibadah haji. Tak sedikit dari mereka yang kini masih bimbang tentang kapan mereka akan diberangkatkan. Karena nyatanya memang masih banyak yang tak tahu pasti jadwal keberangkatan mereka ke Tanah Suci. Coba Sahabat Haji Plus bayangkan, sungguh menyedihkan bukan? Dari kisah inilah, banyak yang ingin berhaji namun lebih memilih tak ingin mengantri terlalu lama tanpa kejelasan yang pasti. Jika Sahabat Haji Plus juga merasa demikian, hendaknya Sahabat Haji Plus tenang dan tak perlu khawatir. Karena perlu Sahabat Haji Plus ketahui bahwa jenis paket ibadah haji tak hanya ada Haji Reguler saja. Akan tetapi ada pula Paket Haji Plus dan Furoda yang dapat Sahabat Haji Plus pilih. Apabila Sahabat Haji Plus ingin melaksanakan ibadah haji tanpa melalui proses antri yang lama, hendaknya Sahabat Haji Plus memilih paket Haji Furoda. Kenapa harus Haji dengan Program Furoda? Karena dengan memilih Haji Furoda Sahabat Haji Plus bisa langsung berangkat di tahun yang sama saat Sahabat Haji Plus mendaftar Haji. Tentunya lebih cepat apabila dibandingkan dengan Haji Reguler yang harus menunggu hingga satuan bahkan belasan tahun. Untuk pendaftarannya, Sahabat Haji Plus dapat mendaftar di Travel Haji Khusus. Sahabat Haji Plus dapat pula menanyakan perihal Biaya Haji Plus dan Khusus Furoda. Untuk informasi lebih lanjut, yuk simak dibawah ini!

Mudahnya Berhaji Bersama Haji Furoda

Bagi Sahabat Haji Plus yang memiliki keinginan untuk melaksanakan ibadah haji dengan segera tanpa melalui antri tahunan hendaknya Sahabat Haji Plus mengetahui informasi lebih lengkap seputar Haji Furoda. Karena Haji Furoda merupakan salah satu program haji yang memiliki waktu tunggu keberangkatan lebih cepat dibandingkan dengan Haji Reguler dan Haji Plus. Hal ini karena Haji Furoda memiliki visa khusus yakni visa Furoda yang memang diberikan secara khusus oleh Pemerintah Arab Saudi sebagai penghormatan kepada orang – orang yang mendaftar haji Furoda agar tak perlu lagi mengantri untuk beribadah haji. Tentunya dengan mendaftar program Haji Furoda Sahabat Haji Plus bisa melaksanakan ibadah haji tanpa perlu mengantri belasan tahun atau bahkan puluhan tahun. Kemudahan lain yang akan Sahabathaji Plus dapatkan pada saat memilih program Haji Furoda antara lain:

  1. Sahabat Haji Plus tak perlu mengantri dan menunggu hingga belasan tahun, karena Sahabat Haji plus langsung bisa berangkat di tahun yang sama pada saat Sahabat Haji Plus melakukan pendaftaran
  2. Sahabat Haji Plus akan mendaatkan fasilitas exclusive
  3. Sahabat haji Plus telah resmi dan telah tercatat di daftar jamaah haji secara online atau bisa dilihat melalui E- Hajj
  4. Pada saat pemeriksaan di bagian imigrasi atau saat berada di pos pemeriksaan untuk memasuki kota Mekkah akan lebih mudah
  5. Lokasi penginapan serta fasilitas lainnya seperti kelas di pesawat, hotel dan tenda di Armina dapat Sahabat Haji Plus upgrade

Adapun berbagai fasilitas yang akan Sahabat Haji Plus dapatkan pada saat melaksanakan ibadah haji dengan program Haji Furoda ialah diantaranya:

  1. Sahabat Haji plus akan mendapatkan tiket pulang – pergi Saudi Airlines
  2. Sahabat Haji Plus tak perlu memikirkan lagi perihal masalah visa serta surat rekomendasi keberangkatan, karena seluruhnya telah diurus oleh pihak travel haji
  3. Sahabat Haji Plus akan mendapatkan hotel bintang lima. Seperti pada saat di Makkah Sahabat Haji Plus akan mendapatkanhotel Marriot atau yang setara sedangkan di Madinah adalah hotel Provenca Al – Sham atau yang setara.
  4. Sahabat Haji Plus akan mendapatkan makan 3 kali sehari dengan menu masakan indonesia yang pastinya sudah cocok di lidah Sahabat Haji plus sekalian.
  5. Sahabat Haji Plus juga akan mendapatkan transportasi Bus AC selama berada di Arab Saudi.
  6. Sahabat Haji Plus akan mendapatkan Tour Guide yang berpengalaman
  7. Sahabat Haji Plus akan diajak untuk ziarah serta city tour sesuai dengan program yang dipilih
  8. Sahabat Haji Plus akan mendapatkan air zam zam sebanyak 5 liter per orang
  9. Sahabat Haji Plus akan mendapatkan tenda yang ber AC pada saat berada di Arafah dan Mina
Baca Artikel Lainnya :  Haji Furoda Biaya

Ragam Jenis Haji Yang Perlu Diketahui

Sahabat Haji Plus yang berkeinginan untuk melaksanakan ibadah haji pastinya Sahabat Haji Plus harus mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan sebelum melakukan keberangkatan. Mulai dari persiapan fisik, dana hingga ilmu. Tentunya hal ini dipersiapkan dengan matang agar ibadah haji yang Sahabat Haji Plus jalani nantinya bisa diterima Allah Swt. Ada hal yang perlu Sahabat Haji Plus ketahui terkait haji. Menurut beberapa riwayat yang shahih dari Nabi Muhammad Saw, terdapat tiga jenis haji yang memiliki tata cara yang berbeda – beda. Tiga jenis ibadah haji tersebut ialah:

  1. Haji Tamattu’

Perlu Sahabat Haji Plus ketahui bahwa Haji Tamattu’ merupakan berihram untuk melaksanakan ibadah umrah di bulan – bulan haji (Syawwal, Dzul Qa’dah, 10 hari pertama dari Dzul Hijjah) dan melakukan tahallul pada waktu – waktu tersebut. Kemudian pada hari Tarwiyah (tanggal 8 Dzul Hijjah) berihram kembali dari Makkah untuk menunaikan hajinya hingga sempurna. Untuk yang berhaji Tamattu’, diwajibkan untuk menyembelih hewan kurban baik berupa (seekor kambing/sepertujuh dari sapi/sepertujuh dari unta) pada tanggal 10 Dzulhijjah atau di hari – hari tasyriq (tanggal 11,12,13 Dzulhijjah). Apabila tak mampu menyembelih, maka wajib berpuasa 10 hari; 3 hari di waktu haji (boleh dilakukan di hari tasyriq. Akan tetapi, yang lebih utama dilakukan sebelum tanggal 9 Dzulhijjah/hari Arafah dan 7 hari setelah pulang ke kampung halamannya.

  1. Haji Qiran

Tahukah Sahabat Haji Plus bahwa Haji Qiran merupakan berihram untuk melaksanakan umrah dan haji sekaligus serta menetapkan diri dalam keadaan berihram (tidak bertahallul) hingga hari nahr (tanggal 10 Dzulhijjah). Atau berihram untuk umrah dan sebelum memulai thawaf umrahnya dia masukkan niat haji padanya (untuk dikerjakan sekaligus bersama umrahnya). Kemudian melakukan thawaf qudum yakni thawaf di awal kedatangan di Makkah), lalu shalat dua rakaat di belakang maqam Ibrahim. Setelah itu melaksanakan sa’i diantara Safa dan Marwah untuk umrah dan hajinya sekaligus dengan satu sa’i (tanpa bertahallul), kemudian masih dalam kondisi berihram hingga datang masa tahallulnya di hari nahr (tanggal 10 Dzulhijjah).

Diperbolehkan pula baginya untuk mengakhirkan sa’i dari thawaf qudumnya yang nantinya akan dikerjakan setelah thawaf haji (ifadhah). Terlebih bila kedatangannya di Makkah agak terlambat dan khawatir tak bisa tuntas mengerjakan hajinya bila disibukkan dengan sa’i. Untuk pelaksanaan haji Qiran ini, Sahabat Haji Plus wajib menyembelih hewan kurban (seekor kambing, sepertujuh dari sapi, atau sepertujuh dari unta) pada tanggal 10 Dzulhijjah atau di hari-hari tasyriq (tanggal 11, 12, 13 Dzulhijjah). Apabila tak mampu menyembelih, maka wajib berpuasa selama 10 hari yakni 3 hari di waktu haji (boleh dilakukan di hari tasyriq, namun yang lebih utama dilakukan sebelum tanggal 9 Dzul Hijjah/hari Arafah) dan 7 hari setelah pulang ke kampung halamannya.

  1. Haji Ifrad

Perlu Sahabat Haji Plus pahami bahwa Haji Ifrad merupakan melakukan ihram untuk berhaji saja (tanpa umrah) di bulan – bulan haji. Setiba di Makkah, melakukan thawaf qudum (thawaf di awal kedatangan di Makkah), kemudian shalat dua rakaat di belakang maqam Ibrahim. Setelah itu melakukan sa’i di antara Shafa dan Marwah untuk hajinya tersebut (tanpa melakukan tahallul). Selanjutnya, menetapkan diri dalam kondisi berihram hingga datang masa tahallulnya di hari nahr (tanggal 10 Dzul Hijjah). Boleh pula baginya untuk mengakhirkan sa’i dari thawaf qudumnya, dan dikerjakan setelah thawaf hajinya (ifadhah). Terlebih pada saat kedatangannya di Makkah agak terlambat dan khawatir tak bisa tuntas mengerjakan hajinya bila disibukkan dengan kegiatan sa’i, sebagaimana haji Qiran. Untuk pelaksanaan haji Ifrad, tak ada kewajiban menyembelih hewan kurban. (Disarikan dari Dalilul Hajj wal Mu’tamir, terbitan Departemen Agama Saudi Arabia hal. 15,16, & 19, Manasik Al – Hajj wal ‘Umrah, karya Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih Al-’Utsaimin)

  1. Jenis Haji Apakah yang Paling Utama?

Berdasarkan riwayar Al – Imam Ibnul Qayyim rahimahullah berkata: “Berdasarkan penelitian, maka keutamaan tersebut tergantung pada kondisi orang yang akan melakukannya. Jika dia safar untuk umrah secara tersendiri (lalu pulang), kemudian safar kembali untuk berhaji, atau dia bersafar ke Makkah sebelum bulan – bulan haji untuk berumrah lalu tinggal di sana, maka para ulama sepakat bahwa yang afdhal baginya adalah haji Ifrad. Adapun jika dia bersafar ke Makkah pada bulan-bulan haji untuk melakukan umrah dan haji (sekali safar) dengan membawa hewan kurban, maka yang afdhal baginya adalah haji Qiran. Dan bila tidak membawa hewan kurban maka yang afdhal baginya adalah haji Tamattu’.” Sebagian ulama ada pula yang berpendapat bahwa haji Tamattu’ lebih utama dari semua jenis haji secara mutlak. Bahkan Asy – Syaikh Al-Albani berpendapat bahwa hukum haji Tamattu’ adalah wajib, sebagaimana dalam kitab beliau Hajjatun Nabi Muhammad Saw.

Baca Artikel Lainnya :  Biaya Haji Plus 2023

Selain itu, Syaikh Albani mengatakan: “Mungkin ada yang berkata, ‘Sesungguhnya apa yang engkau sebutkan tentang wajibnya haji Tamattu’ dan bantahan terhadap yang mengingkarinya, sangatlah jelas dan bisa diterima. Namun masih ada ganjalan manakala ada yang mengatakan bahwa Al – Khulafa’ Ar – Rasyidun justru melakukan haji Ifrad. Bagaimanakah solusinya?’ Jawabannya: Dalam bahasan yang lalu telah kami jelaskan bahwasanya haji Tamattu’ itu hukumnya wajib, bagi seseorang yang tak membawa hewan kurban. Adapun bagi seseorang yang membawa hewan kurban, maka tak wajib baginya berhaji Tamattu’. Bahkan (dalam kondisi seperti itu) tak boleh baginya untuk berhaji Tamattu’. Yang afdhal baginya adalah haji Qiran atau haji Ifrad. Sehingga apa yang telah disebutkan bahwa Al-Khulafa’ Ar-Rasyidun berhaji Ifrad, dimungkinkan karena mereka membawa hewan kurban. Biaya Haji Plus dan Khusus Furoda

Inilah Cara Mendapatkan Visa Furoda

Teruntuk Sahabat Haji Plus yang tertarik pada program Haji Furoda tampaknya bertanya – tanya perihal bagaimanakah cara mendapatkan visa Furoda. Perlu Sahabat Haji Plus ketahui bahwa terdapat beberapa tips yang perlu Sahabat Haji plus ketahui untuk mendapatkan visa Furoda, antara lain:

  1. Hendaknya Sahabat Haji Plus memastikan bahwa pihak jasa travel yang akan Sahabat Haji Plus pilih telah mengantongi izin untuk melaksanakan serta menyelenggarakan program ibadah haji dari Pemerintah yakni Kementrian Agama Republik Indonesia
  2. Kemudian pastikan bahwasannya pihak jasa travel yang akan Sahabat Haji Plus pilih memiliki jatah kuota haji langsung dari kerajaan Saudi Arabia
  3. Selanjutnya pihak jasa travel yang Sahabat Haji Plus pilih juga akan memberikan semua informasi serta pelayanan yang jelas dan transparan
  4. Sahabat Haji Plus hendaknya memastikan bahwa pihak jasa travel yang Sahabat Haji Plus pilih tak meminta biaya pelunasan haji di tahap awal
  5. Kemudian Sahabat Haji Plus harus memastikan bahwasannya Sahabat Haji Plus telah mendapatkan MOU atau surat kerjasama dari pihak travel bahwa apabila visa haji furoda Sahabat Haji Plus tak dapat disetujui akibat adanya sesuatu atau beberapa hal, dana haji tersebut yang sudah Sahabat Haji Plus setorkan dapat dikembalikan kepada Sahabat Haji Plus

Mempersiapkan Program Haji Furoda

Tampaknya tak sedikit dari Sahabat Haji Plus yang ingin mengetahui lebih detail terkait apa saja persiapan yang dilakukan untuk mendaftar program Haji Furoda. Supaya Sahabat Haji Plus tak kebingungan dan bisa segera mempesiapkannya, coba simak informasi dibawah ini.

  1. Mempersiapkan dokumen seperti paspor dan buku hijau yang hendaknya dipersiapkan sejak 7 bulan sebelum Sahabat Haji Plus melakukan keberangkatan ke Tanah Suci
  2. Melakukan vaksinasi meningittis dan flu yang digunakan untuk melindungi daya tahan tubuh, mengingat kondisi iklim di Tanah Suci yang amat berbeda dengan Tanah Air
  3. Mempersiapkan segala obat – obatan yang dibutuhkan, kursi roda dan tandu apabila dibutuhkan dalam rombongan keluarga Sahabat Haji Plus
  4. Mempersiapkan uang saku yang akan digunakan untuk beragam kegiatan diluar jadwal seperti pengeluaran pribadi seperti laundry, telepon, tour diluar program serta biaya kelebihan bagasi
  5. Akumulasi biaya handling perlengkapan yang umumnya diberikan kepada travel tour penyedia jasa haji
  6. Perhitungan biaya khusus yang mungkin akan dihabiskan untuk membayar Dam, Tamattu’ maupun Qurban

Jadwal Pelaksanaan Haji Furoda

Diketahui bahwasannya pelaksanaan Haji Furoda ini dilaksanakan selama 23 hari. Dalam 23 hari selama berada di Tanah Suci, Sahabat Haji Plus akan melakukan kegiatan antara lain:

  1. Hari ke 1 dan 2

Hari pertama hingga hari kedua Sahabat Haji Plus memulai berangkat ke Tanah Suci dengan berkumpul di Bandara Soekarno Hatta dan terbang menuju Bandara Riyadh. Sesampainya di bandara Riyadh, Sahabat Haji Plus akan langsung masuk proses imigrasi serta melanjutkan perjalanan menuju ke Mekkah.

  1. Hari ke 3 dan 4

Selanjutnya Sahabat Haji Plus akan langsung check in hotel dan setelah sholat subuh Sahabat Haji Plus akan sarapan pagi. Kemudian kegiatan akan dilanjutkan dengan sholat Jum’at berjamaah serta makan siang. Setelah itu, melakukan miqat di Masjid Tan’im. Kemudian jemaah Haji Furoda akan melanjutkan kegiatan dengan thawaf, Sa’I dan Tahallul di Masjidil Haram. Pada hari berikutnya, perjalanan akan dilanjutkan dengan mengunjungi tempat – tempat bersejarah di kawasan terdekat dengan Masjidil haram dan memperbanyak I’tikaf maupun thawaf sunnah.

  1. Hari ke 5 dan 6

Sahabat Haji plus akan melaksanakan ibadah yang hampir sama seperti pelaksanaan ibadah di hari keempat. Mulai dari pelaksanaan shalat rawatib, I’tikaf maupun thawaf sunnah. Sahabat Haji Plus juga akan diajak berkeliling ke Masjidil Haram untuk mengenang perjuangan para Nabi

  1. Hari ke 7 dan 8

Pada saat hari ke tujuh, setelah shalat Sahabat haji Plus akan diminta untuk check out demi persiapan haji dan sebelum kegiatan ibadah haji selanjutnya. Sahabat Haji Plus akan mengikuti pengajian pemantapan ibadah haji.

  1. Hari ke 9 dan 10

Pelaksanaan kegiatan di hari ke sembilan akan dimulai dengan salat subuh berjamaah. Setelah itu, Sahabat haji Plus melanjutkan perjalanan ke Mina dengan memakai pakaian Ihram. Pada hari ke sepuluh, Sahabat Haji Plus akan bersiap untuk mengikuti khutbah wukuf dan agar kegiatan lancar dipastikan untuk memperbanyak istighfar, tahlil dan dzikir. 

  1. Hari ke 11 dan 12

Sahabat Haji Plus yang akan menjalankan ibadah haji langsung menjalankan shalat dhuhur berjamaah selepas shalat maghrib. Setelah itu, semua langsung bergegas menuju Muzdalifah untuk Mabit dan mengambil 70 butir batu kerikil sebagai sarana lempar jumroh. Pada hari ke – 12, perjalanan akan dilanjutkan ke Masjidil Haram untuk melaksanakan thawaf ifadhah, sa’I serta tahallul. Selanjutnya agenda berikutnya ialah melakukan perjalanan ke Mina dan melempar jumroh Aqobah. 

  1. Hari ke 13 dan 14

Selanjutnya Sahabat Haji Plus akan tetap berada di Mina untuk melakukan lempar jumroh Ula, Wustho dan Aqobah. Lalu malamnya, Sahabat Haji Plus akan melanjutkan perjalanan dari Mina menuju ke penginapan.

  1. Hari ke 15 dan 16

Bagi Sahabat Haji Plus yang melaksanakan ibadah haji akan melakukan thawaf wada di Masjidil Haram dan meninggalkan kota Mekkah dan menuju Jeddah. Setibanya di Jeddah, Sahabat Haji Plus akan melanjutkan kegiatan dengan city tour yang dipandu oleh tour guide yang telah berpengalaman. Obyek wisata yang sering dikunjungi ialah laut merah dan masjid qisos. Dialnjut pada hari ke 16 setelah shalat subuh, Sahabat Haji Plus akan langsung melanjutkan perjalanan menuju ke Madinah yakni ke Masjid Al – Munawaroh. 

  1. Hari ke 17 dan 18

Pada hari ke tujuh belas dan ke delapan belas Sahabat Haji Plus akan melaksanakan kegiatan ibadah di Masjid Nabawi. Supaya doa serta keinginan Sahabat Haji Plus diijabah oleh Allah Swt, hendaknya Sahabat Haji Plus memperbanyak membaca Al – Qur’an, I’tikaf serta berdzikir. 

  1. Hari ke 19 dan 20

Selanjutnya pada hari ke sembilan belas dan ke dua puluh, Sahabat Haji Plus dapat menyempurnakan pelaksanaan ibadah sholat arbaain di Masjid Nabawi, memperbanyak shalat sunnah, berdoa di raudhah serta membaca Al – Qur’an 

  1. Hari ke 21, 22 dan 23

Pada hari – hari terkahir di Tanah Suci ini, Sahabat Haji Plus akan diajak mengelilingi beragam tempat bersejarah sebelum pulang ke tanah air, seperti berziarah ke Masjid Quba, Jabal Uhud, Jabal Magnet, Masjid Qiblatain dan lain sebagainya.

Baca Artikel Lainnya :  Berapakah Biaya Haji Furoda 2021 dan Tahun 2022

Setelah membaca informasi diatas, tentunya Sahabat Haji Plus sudah memahami kan terkait Kenapa harus Haji dengan Program Furoda? Bagi Sahabat Haji Plus yang berencana berangkat haji dalam waktu dekat, semoga diberi kelancaran dari keberangkatan hingga kembali lagi ke Tanah Air. Jangan lupa pantau terus informasinya ya supaya Sahabat Haji Plus tak ketinggalan segala informasi terbaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *