Harga ONH Plus 2021

Harga ONH Plus 2021

Harga ONH Plus 2021

Tak bisa dipungkiri bahwa banyak sekali jamaah haji yang resah karena menunggu waktu keberangkatan haji yang tak pasti. Terlebih, bagi mereka yang telah menunggu hingga belasan tahun. Pastinya, besar harapan untuk segera bertamu ke Tanah Suci. Akan tetapi apa daya, mereka hanya bisa menunggu sembari menanti dan berharap kabar baik datang untuk segera menunaikan ibadah haji. Nah, tentunya perasaan resah pun juga kian hadir teruntuk Sahabat Haji Plus yang berkeinginan untuk segera menunaikan ibadah haji, akan tetapi enggan untuk menunggu waktu tunggu yang lama. Hendaknya, Sahabat Haji Plus tak perlu khawatir perihal waktu tunggu keberangkatan yang lama. Karena jika Sahabat Haji Plus ingin segera menunaikan ibadah haji tanpa melalui waktu tunggu keberangkatan yang lama, Sahabat Haji Plus dapat mendaftarkan diri ke Travel Haji Plus dengan memilih paket Haji Plus. Perihal Biaya Haji Plus tentunya sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan Haji Rgeuler. Akan tetapi memang sepadan dengan segala fasilitas, akomodasi serta waktu tunggu yang keduanya tentu saja berbeda. Nah.. Bagi Sahabat Haji Plus yang ingin mengetahui informasi seputar Harga ONH Plus 2021, yuk simak informasi dibawah ini.

Fakta Masjid Nabawi di Tanah Suci

Sahabat Haji Plus tentunya telah mengerti perihal Masjid di Tanah Suci yang memiliki sejarah yang mendalam. Masjid di Tanah Suci ini merupakan salah satu tempat ibadah yang memiliki pesona indan serta paling disucikan umat muslim yakni Masjid Nabawi di Madinah. Di sisi lain pesona indahnya, terselip berbagai hal menarik. Masjid Nabawi yang terletak di Madinah, Arab Saudi ialah salah satu masjid yang didirikan oleh Nabi Muhammad Saw. Seperti yang telah Sahabat Haji Plus banyak diketahui bahwa masjid ini merupakan menjadi masjid terbesar kedua di dunia setelah Masjidil Haram di Mekkah. Masjid ini juga merupakan tujuan bagi umat yang ingin berkunjung ke makam Nabi Muhammad Saw dan para sahabat. Tak hanya itu saja, ada beberapa informasi lainnya yang belum Sahabat Haji Plus ketahui dan yang membuat masjid ini begitu istimewa. Nah.. Apa saja sih fakta dari Masjid Nabawi yang mungkin belum Sahabat Haji Plus ketahui? Berikut lebih jelasnya.

1. Tempat pertama yang dialiri listrik di Jazirah Arab

Informasi unik selanjutnya ini ialah bahwa Masjid Nabawi merupakan area pertama yang di aliri listrik di Jazirah Arab. Luar biasa sekali bukan? Pada saat Kerajaan Ottoman memperkenalkan listrik di Jazirah Arab, tempat pertama yang menikmati listrik ialah Masjid Nabawi. Masjid ini mulai dialiri listrik diperkirakan sekitar tahun 1909.

2. Kini ukuran masjid lebih luas dari kota kuno Madinah

Tahukah Sahabat Haji Plus bahwa pada saat pertama kali dibangun oleh Nabi Muhammad Saw, Masjid Nabawi ini ditaksir berukuran sekitar 50 meter x 50 meter. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu dari tahun ke tahun, makin banyak jamaah yang datang ke Masjid Nabawi ini. Sehingga, Masjid Nabawi melakukan perluasan dan beberapa kali terus diperluas. Diketahui, saat ini luasnya mencapai lebih dari 100 ribu meter persegi. Masjid Nabawi yang sekarang ini memiliki luas bangunan yang kira – kira berkali – kali lipat lebih luas dibandingkan sebelumnya di masa lalu. Ukurannya ialah makam Baqi yang pada masa nabi disebut ada di pinggir Madinah, akan tetapi sekarang lokasinya sudah dekat dengan Masjid Nabawi. Haji Plus

3. Tempat Pemberhentian Unta

Tahukah Sahabat Haji Plus bahwasannya pada jaman dahulu, Masjid Nabawi ini digunakan sebagai tempat pemberhentian unta. Sebelum menjadi masjid yang begitu besar seperti saat ini, pada mulanya Masjid Nabawi ini merupakan lahan kosong dengan sejumlah pohon kurma yang tumbuh di atasnya. Lokasi pembangunan masjid ini ialah sebagai tempat pemberhentian pertama unta yang ditunggangi Nabi Muhammad Saw pada saat tiba di Madinah.

4. Pernah Mengalami Kebakaran

Menurut sejarah, sekitar beberapa ratus tahun yang lalu pasca didirikan, Masjid Nabawi ini sempat terbakar. Si Jago Merah yang berkobar menghancurkan atap, tiang masjid hingga dinding pembatas makam Nabi Muhammad SAW. Akan tetapi, selanjutnya rumah suci ini segera direnovasi oleh para pemimpin negara Muslim. Sehingga tak sampai terbengkalai atas rusaknya karena kebakaran tersebut.

Baca Artikel Lainnya :  Harga Haji Plus Surabaya

5. Memiliki tiga mihrab

Seperti yang diketahui bahwa mihrab ialah bagian dari masjid yang digunakan imam untuk memimpin shalat. Pada umumnya setiap masjid memiliki satu mihrab saja, akan tetapi tak dengan Masjid Nabawi. Diketahui, Masjid Nabawi memiliki tiga mihrab di sana. Satu mihrab yang kini digunakan oleh imam untuk memimpin shalat berjamaah. Mihrab lainnya ialah Suleymaniye yang dibangun atas perintah Sultan Suleyman untuk imam Hanafi memimpin shalat. Sedangkan satu lagi merupakan mihrab untuk imam Maliki yang pada jaman dulu sering ditempati Nabi Muhammad Saw untuk memimpin shalat.

6. Pada Mulanya Kubah Berwarna Ungu

Tahukah Sahabat Haji Plus bahwasannya pada jaman dahulu kubah Masjid Nabawi terkenal. Hal ini dikarenakan kubah Masjid Nabawi pada jaman dahulu pernah dicat berwarna ungu yang diketahui sekitar 150 tahun lalu. Warna Ungu dipilih bukan tanpa sebab, akan tetapi berdasarkan kabarnya warga Arab di wilayah Hijaz menyukai warna tersebut.

7. Terdapat Payung – Payung Berukuran Besar

Bagi Sahabat Haji Plus yang belum pernah ke Tanah Suci perlu menegtahui bahwa dii pelataran Masjid Nabawi terdapat puluhan payung berukuran jumbo yang dapat terbuka otomatis sebelum adzan subuh dan tertutup menjelang magrib. Payung – payung tersebut ditempatkan pada 2010 sebagai proyek Medina Haram. Proyek tersebut melibatkan berbagai pihak termasuk arsitek SL-Rasch, Menteri Perekonomian Arab Saudi, pabrik payung Jerman yaitu Liebherr serta perusahaan Jepang bernama Taiyo Kogyo. Pada pinggir payung jumbo itu terdapat pita berawarna biru yang mengelilinginya. Pita itu terbuat dari material khusus, yang fungsinya si pita bisa membuat suhu di bawahnya turun 8 derajat Celcius secara otomatis. Di tengah suhu sekitar yang bisa mencapai 45 derajat, tak heran banyak jamaah yang senang berlindung di bawah payung – payung itu. Wah.. Luar biasa yaa..

Tips Menentukan Jasa Travel Haji Terpercaya

1. Pastikan Jasa Travel Berwujud Nyata, Tak Hanya Via Online

Sebelum Sahabat Haji Plus memutuskan untuk menggunakan jasa travel yang hendak digunakan, sebaiknya lakukan survei terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar Sahabat Haji Plus dapat mengetahui kebenarannya terkait jasa travel yang diketahui tersebut. Salah satu survei yang bisa dilakukan ialah dengan memeriksa alamat kantor travel yang tertera pada website resmi. Sahabat Haji Plus dapat memastikan kebenarannya bahwa kantor travel tersebut memanglah ada wujudnya dan meyakinkan. Bagi sahabat Haji Plus sekalian yang ingin survei terkait jasa travel yang amanah, Annur Maarif adalah referensi yang tepat. Karena Annur Maarif tentunya tak diragukan karena telah memiliki alamat kantor yang jelas, berwujud dan memiliki cabang. Selain cabang pusat yang berada di Jakarta, Annur Maarif memiliki cabang yang berada di kota Surabaya. Hal ini membuktikan bahwa  merupakan jasa travel yang telah terpercaya dan amanah.

  1. Telah Memiliki Ijin Resmi Travel Haji

            Langkah pertama yang hendaknya diperhatikan sebelum memilih jasa travel yang hendak dipercaya ialah dengan memperhatikan ijin resmi pihak travel sebagai penyelenggara haji dari kantor departemen agama. Hal ini dikarenakan untuk memastikan bahwa jasa travel tersebut memang berhak untuk memberangkatkan jamaah haji serta telah terverifikasi. Dengan begitu, jasa travel tersebut dapat dikatakan aman untuk digunakan apabila telah terdaftar resmi sebagai penyelenggara haji dari kantor departemen agama. Dengan mengetahui kejelasan terkait jasa travel perihal ijin resminya, maka Sahabat Haji Plus akan terhindar dari kasus penipuan dana haji ataupun penggelapan dana haji oleh pihak travel. Bagi sahabat Haji Plus yang mencari jasa travel yang tepat dan terpercaya, Annur Maarif adalah solusinya. Karena paket haji yang disediakan Annur Maarif yakni Haji Plus dan Haji Plus telah legal dan terverifikasi. Oleh karena itulah, kepastian keberangkatan tentunya telah jelas dan tak perlu untuk diragukan lagi.

  1. Amati Cara Bayarnya

Untuk melihat bahwa jasa travel memang meyakinkan, sahabat Haji Plus dapat melihat dari cara pembayarannya pula. jasa travel yang resmi pada umumnya menggunakan jasa perbankan untuk transaksi pembayarannya. Pastikan bahwa jasa travel tersebut memiliki rekening atas nama perusahaan, bukan atas nama pribadi. Selain itu, hindari jasa travel yang meminta pelunasan pembayaran di awal pedaftaran. Hal ini dilakukan agar Sahabat Haji Plus tak mengalami penipuan yang bisa saja terjadi.

Baca Artikel Lainnya :  Biaya Haji Khusus 2021

Memantapkan Diri Menjelang Keberangkatan Haji

Menjelang keberangkatan ibadah haji, pastinya ada beberapa hal yang perlu Sahabat Haji Plus persiapkan. Salah satu yang harus Sahabat Haji Plus persiapkan ialah terkait persiapan mental dan spiritual. Mengapa demikian? Karena persiapan mental dan spiritual juga sangat mempengaruhi jalannya kelancaran ibadah haji yang akan Sahabat Haji Plus jalani di Tanah Suci. Oleh karena itulah, sebelum menjelang keberangkatan Sahabat Haji Plus ke Tanah Suci, Sahabat Haji Plus hendaknya memeprsiapkan segala sesuatunya dengan sebaik mungkin dan semaksimal mungkin. Bagi Sahabat Haji Plus yang bertanya – tanya perihal persiapan mental dan spiritual apa saja yang hendaknya dipersiapkan, berikut lebih jelasnya.

  1. Bertaubat dan mohon bimbingan Kepada Allah SWT

Persiapan selanjutnya setelah niat karena Allah selanjutnya ialah beratubat dan mohon bimbingan dari Allah Swt. Tentunya sahabat Haji Plus sebagai manusia pastinya tak luput dari salah. Banyak sekali perbuatan kita sebagai manusia yang terkadang membuat dosa yakni baik disengaja maupun tak disengaja. Sumber kesalahan pun datang dari segala sisi, bisa dari ucapan, sikap maupun perbuatan. Oleh karena itulah, sebelum berangkat dan menunaikan ibadah haji sebaiknya bertaubat terlebih dahulu dan memohon bimbingan kepada Allah Swt agar ibadah haji yang akan dilakukan berjalan dengan lancar dan tidak ada hambatan apapun.

  1. Niat Beribadah Hanya Karena Allah Swt

Persiapan yang paling utama ialah mempersiapkan niat untuk melakukan ibadah haji semata – mata ibadah hanya karena Allah Swt. Pastikan niat tersebut telah benar dalam diri sahabat Haji Plus sekalian. Jangan sampai niat yang timbul tersebut malah justru niat untuk pamer kepada teman atau keluarga bahwa sahabat Haji Plus memang mampu untuk melakukannya. Jika dalam diri sahabat Haji Plus timbul niat hanya karena ingin pamer, segeralah istighfar dan niatlah hanya karena Allah Swt. Karena apabila sahabat haji plus berniat selain karena Allah, maka tentunya akan percuma saja. Oleh karena itu, sebisa mungkin sebelum melakukan keberangkatan, sahabat haji plus telah menata niat menunaikan ibadah haji hanya untuk semata – mata beribadah kepada Allah Swt. 

  1. Selesaikan Masalah Keluarga, Pekerjaan, dll.

Sebelum berangkat ke tanah suci untuk melaksanakan ibadah haji, apabila sahabat Haji Plus memiliki permasalahan dengan keluarga maupun pekerjaan sebaiknya selesaikan terlebih dahulu. Hendaknya sahabat Haji Plus menyelesaikan segala masalah yang timbul. Agar ketika sahabat Haji Plus melaksanakan ibadah haji, pelaksanaannya menjadi lancar dan tak terganggu. Masalah keluarga yang dapat diselesaikan antara lain masalah yang menyangkut terkait utang piutang. Apabila Sahabat Haji Plus hendak berangkat ke Tanah Suci untuk melaksanakan ibadah haji dan Sahabat Haji Plus merasa masih memiliki tanggungan utang piutang, hendaknya Sahabat Haji Plus sebelum melakukan keberangkatan ibadah ke Tanah Suci disarankan untuk menyelesaikannya terlebih dahulu. Selain itu, Apabila Sahabat Haji Plus pernah berbuat salah kepada teman maupun keluarga atau kerabat, Sahabat Haji Plus juga tak lupa untuk meminta maaf kepadanya. Selain itu, saat hendak berangkat ke Tanah Suci, pastikan bahwa keluarga inti yang ditinggalkan Sahabat Haji Plus sekalian dalam kondisi yang cukup, yakni tak kekurangan suatu apapun.

  1. Silaturahmi dengan banyak pihak dan mohon do’a restu

Persiapan yang selanjutnya ialah dengan menjalin silaturahmi dengan banyak pihak serta memohon doa restu. Hal ini bertujuan agar ketika sahabat Haji Plus dalam proses pelaksanaan ibadah haji, proses pelaksanaan ibadah haji tersebut berlangsung dengan lancar dan tanpa hambatan. Oleh karena itulah, hendaknya sebelum berangkat ke tanah suci sahabat Haji Plus memohon doa restu kepada teman, keluarga dan pihak lainnya. Oleh karena itu, biasanya sebelum menjelang keberangkatan ke Tanah Suci akan diadakan pengajian di rumah. Pengajian tersebut pada umumnya bertujuan untuk memohon doa restu. Bagi Sahabat Haji Plus yang memiliki saudara ataupun teman yang pernah berangkat ke Tanah Suci pastinya sangat memahami aktivitas yang satu ini. Karena hal tersebut selain untuk memohon doa restu, di kesempatan itu pula Sahabat Haji Plus juga dapat memohon maaf kepada orang – orang tersebut apabila pernah ada salah ucap maupun perbuatan. Tentunya hal ini menjadi hal yang tak dilewatkan oleh Sahabat Haji Plus sekalian. 

Baca Artikel Lainnya :  Biaya Haji Plus untuk 2 orang

Tips Menjaga Kelembaban Kulit Saat di Tanah Suci

Tahukah Sahabat Haji Plus bahwa salah satu masalah yang sering dialami oleh Sahabat Haji Plus yang di Tanah Suci atau jemaah haji Indonesia yang berada di tanah suci ialah perihal kulit kering dan kusam. Hal ini tentunya wajar, pasalnya perbedaan iklim yang sangat signifikan antara Indonesia dan Tanah Suci akan mempengaruhi kondisi kulit para jamaah. Karena itulah, Tak jarang para jamaah haji kulitnya menjadi kering dan kusam dikarenakan suhu udara yang sangat panas dan kelembapan yang sangat rendah. Oleh sebab itu, penting sekali bagi Sahabat Haji Plus untuk mempersiapkan beragam perawatan kulit saat akan melakukan ibadah di Tanah Suci. Apa saja tips yang bisa dilakuakn? Berikut lebih jelasnya.

  1. Hendaknya Melindungi Kulit Dengan Tabir Surya

Tak bisa dipungkiri bahwasannya sinar matahari merupakan salah satu hal yang bisa menjadikan kulit Sahabat Haji Plus menjadi kering dan kusam. Teriknya sinar matahari di Tanah Suci akan membuat Sahabat Haji Plus harus menjaga kulit dari paparan langsung matahari karena dapat membuat kulit Sahabat Haji Plus sekalian rusak akibat sinar ultraviolet yang mengenai kulit secara langsung. Oleh sebab itu, hendaknya Sahabat Haji Plus tak  lupa untuk membawa tabir surya dengan kandungan SPF 15 hingga 30. Kemudian, oleskan tabir surya setiap sehabis mandi, sekitar 15 menit sebelum melakukan aktivitas di luar ruangan. Sahabat Haji Plus juga dapat mengoleskan kembali tabir surya setelah berkeringat atau berhapus air wudhu setiap 3 jam sekali.

  1. Perbanyaklah Minum Air Putih

Hal yang penting namun sering dilupakan yakni minum air putih. Sahabat Haji Plus hendaknya mengetahui bahwa dengan mencukupi kebutuhan cairan tubuh, maka kulit tak akan dehidrasi. Menjaga kondisi kelembapan dari luar tak akan berarti jika Sahabat Haji Plus tak memenuhi kebutuhan cairan dengan minum yang cukup. Pastikan Sahabat Haji Plus minum cukup banyak air setiap harinya agar kulit tak mudah dehidrasi saat melakukan ibadah di Tanah Suci. Dehidrasi yang disebabkan kurangnya asupan cairan dalam tubuh dapat menimbulkan gejala berupa kulit kering dan berkerut. Oleh karena itulah, minumlah minimal 2,5 liter air putih per hari. Tak hanya kulit Sahabat Haji Plus saja yang akan lebih segar, akan tetapi tubuh Sahabat Haji Plus juga akan semakin fit karena air putih akan memperlancar proses metabolisme dalam tubuh.

  1. Membawa Pelembap Untuk Menghindari Kulit Kering

Perlu Sahabat Haji Plus ketahui bahwa tingkat kelembapan yang rendah akan membuat kulit Sahabat Haji Plus menjadi kering dan kasar. Oleh karena itu, pelembap menjadi salah satu barang yang hendaknya tak boleh terlewatkan untuk Sahabat Haji Plus gunakan pada saat akan beraktivitas di luar ruangan. Memilih pelembap pun tak boleh sembarangan. Sahabat Haji Plus harus memeriksa kandungan minyak yang dapat menjaga kelembapan kulit agar tetap baik. Selain itu, pastikan pula pelembap yang Sahabat Haji Plus gunakan mengandung antioksidan, misalnya teh hijau, delima, atau chamomile. Manfaat antioksidan dalam pelembap ialah untuk menangkal radikal bebas yang terpapar dari sinar matahari langsung.

  1. Jaga Kondisi Kulit Dengan Menggunakan Petroleum Jelly

Tentunya Sahabat Haji Plus sudah tak asing lagi bukan terkait manfaat petroleum jelly untuk menjaga kelembaban kulit? Memaang telah dikenal luas bahwa manfaat petroleum jelly dalam mengatasi bebagai masalah kulit kering. Petroleum jelly hendaknya harus selalu setia menemani Sahabat Haji Plus pada saat berada di tanah suci karena dapat menjadi pertolongan pertama jika Sahabat Haji Plus merasa ada bagian kulit yang mengering atau bahkan pecah-pecah. Tak hanya itu, petroleum jelly juga mampu berperan sebagai pelembap oklusif yang dapat menghambat penguapan dari permukaan kulit. Dengan memakainya, kulit Sahabat Haji Plus akan selalu lembap dan segar selama beribadah di Tanah Suci. Sahabat Haji Plus dapat mengoleskan petroleum jelly ke semua bagian luar tubuh seperti kulit dan bibir.

Demikianlah uraian singkat mengenai Harga ONH Plus 2021 bagi Sahabat Haji Pus yang saat ini sedang berupaya mempersiapkan biayanya. Semoga seluruh rencana terkait pelaksanaan ibadah haji yang direncanakan oleh Sahabat Haji Plus dapat berjalan dengan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *