Harga Haji Plus 2021

Harga Haji Plus 2021

Harga Haji Plus 2021

Menjadi tamu Allah di Tanah Suci sungguh menjadi nikmat yang tak terkira bagi umat muslim yang menjalaninya bukan? Pastinya, dalam benak Sahabat Haji Plus sekalian sebagai umat muslim pasti menginginkan untuk dapat menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci. Berbagai hal sebelum mendaftar haji pun hendaknya dipersiapkan dengan matang. Hal – hal tersebut meliputi persyaratan yang telah ditetapkan seperti mampu dalam hal fisik maupun finanasial dan lain sebagainya. Tentunya, ketika berencana untuk melaksanakan ibadah haji ke Tanah Suci membutuhkan persiapan yang matang bukan? Hal ini bertujuan agar pelaksanaan ibadah haji dapat berjalan dengan lancar. Salah satu hal yang pastinya tak pernah terlupa dari bagian persiapan ialah biaya haji. Tentunya biaya haji ini menjadi hal yang terbilang utama, karena biaya haji ini digunakan untuk mendaftar program ibadah haji. Dengan mendaftar haji, Sahabat Haji Plus akan dapat segera menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci. Nah.. Apabila Sahabat Haji Plus memiliki budget yang terbilang cukup dan tak ingin untuk menunggu waktu tunggu keberangkatan yang lama, Sahabat Haji Plus dapat memilih Paket Haji Plus sebagai pilihan program hajinya. Perihal Biaya Haji Plus bisa Sahabat Haji Plus dapatkan di jasa Travel Haji Plus yang akan Sahabat Haji Plus pilih. Bagi Sahabat Haji Plus yang ingin mengetahui informasi leibh lengkap seputar Harga Haji Plus 2021, yuk simak informasi dibawah ini.

Esensi Pelaksanaan Ibadah Haji

  1. Bentuk Totatlitas Penyembahan Kepada Allah

Ibadah haji merupakan ibadah yang menuntut adanya kesiapan organisasi dan manajemen diri. Penziarah tidak bisa meninggalkan satu bagian ibadah haji karena dapat membatalkan hajinya. Para jamaah haji dituntun untuk berkosentrasi penuh baik secara fisik maupun mental, baik secara keuangan maupun kemampuan di lapangan.

  1. Perjalanan Penuh Dzikir dan Rasa Syukur

Islam telah membuat beberapa aturan guna menguatkan rasa persatuan sesama umat. Dalam hal ini haji telah mampu menyatukan umat  dari berbagai pelosok dengan tidak memandang bangsa dan warna kulit. Mereka hendaklah berpakaian sama, berkumpul dalam satu tempat, yaitu di padang Arafah dan Mina, dengan tidak membedakan kaya dan miskin, mulia dan hina, raja dan hamba. Dalam pertemuan yang amat besar itu dapatlah mereka berkenalan satu sama lain, dan bertambah teguhlah persatuan dan perasaan saling mempercayai.

  1. Haji Sebagai Puncak Ekspresi Ketakwaan

Rangkaian ibadah haji yang dimulai dari ihram kemudian thawaf, sai, wukuf di Arafah, melempar jumrah, sampai menyembelih hewan kurban adalah ekspresi ketakwaan hamba-Nya. Ukuran-ukuran fisik menjadi simbol yang bisa sirna jika tidak berakar pada ketakwaan. Semua jerih payah juga akan buyar begitu saja jika tidak melahirkan ketakwaan kepada Allah.

  1. Menyaksikan Tanda – Tanda Kebesaran Allah

Pada saat melaksanakan ibadah haji, akan dialami banyak keajaiban sebesar keikhlasan hati penziarah dalam beribadah. Oleh karena itu Allah akan memperlihatkan keagungan dan tanda-tanda kemenangan padanya. Banyak tanda-tanda yang Allah perlihatkan salah satunya adalah makam Nabi Ibrahim Allah berfirman dalam QS Ali Imran ayat 97 yang artinya “PadaNya terdapat tanda – tanda yang nyata, (di antaranya) maqam Ibrahim” (Q.S. Ali Imran : 97)

  1. Meraih Manfaat Ibadah Haji

Manfaat-manfaat yang terdapat dalam ibadah haji begitu banyak dan tidak terbatas. Tidak hanya terbatas pada manfaat keagamaan dan keimanan, tapi juga manfaat keduniaan dan materi. Dalam ibadah haji, Allah membolehkan jamaah haji menggabungkan tujuan akhirat dan kepentingan duniawi. Setiap ibadah yang disyari’atkan oleh Allah mengandung hikmah tersendiri. Allah tidak sekalipun memerintah manusia melakukan suatu perbuatan yang tidak bermanfaat atau tidak mengandung hikmah.

  1. Masa Penempaan Diri

Ibadah haji mengajarkan bagaimana keimanan berbuah pada perbuatan dan perilaku. Ibadah haji juga menunjukkan bahwa meraih keridhaan Allah tidak cukup dengan konsep saja tetapi harus dicapai dengan usaha nyata. Kesulitan dalam melaksanakan ibadah haji bukanlah kebetulan. Semua bertujuan pada pembinaan pribadi. Yang dapat menahan hawa nafsu adalah yang paling berhasil dalam penempaan diri ini. Yang paling bersabar adalah yang mendapatkan penghargaan dari Allah.

Ragam Jenis Kurma Untuk Oleh – Oleh Haji

Sahabat Haji Plus pastinya sudah tak asing lagi dengan buah yang satu ini. Kurma merupakan buah yang menjadi favorit para umat muslim. Tahukah Sahabat Haji Plus? Bahwa kurma memiliki aneka ragam jenis. Setiap jenis kurma memiliki perbedaan dan ciri khas masing – masing. Apa saja jenis kurma yang terdapat di Tanah Suci? Berikut lebih jelasnya.

  1. Kurma Ajwa

Kurma Ajwa atau yang biasa disebut kurma nabi merupakan salah satu jenis kurma yang popular di kalangan orang Indonesia. Kurma Ajwa ini juga disebut sebagai Raja dari segala kurma. Jenis – jenis kurma ajwa atau kurma nabi ini memiliki bentuk yang kecil, berwarna gelap serta tekstur dagingnya yang lebih kering dibandingkan jenis kurma yang lainnya. Kurma ajwa diberi julukan sebagai kurma nabi karena berdasarkan sejarah islam, kurma ajwa ini merupakan salah satu jenis kurma yang disukai oleh Nabi Muhammad SAW. Oleh karena itu, tidak heran apabila jika kebanyakan orang saat berada di Tanah Suci berburu kurma jenis ajwa ini. Tak hanya dikenal karena kesukaan nabi saja, melainkan kurma ajwa ini memiliki segudang mandaat yang dipercaya dalam menyembuhkan berbagai penyakit.

  1. Kurma Medjool

Kurma Medjool memiliki bentuk  buah yang besar serta memiliki cita rasa yang begitu legit. Kurma medjool merupaakn salah satu dari jenis banyak kurma yang paling enak untuk dikonsumsi. Kurma jenis ini sering digunakan sebagai penambah rasa di berbagai masakan. Walaupun biasanya dijual dalam keadaan kering, akan tetapi dagingnya masih terasa lembut dan lengket. Semakin kering kurma medjool, maka akan semakin manis pula rasanya. Selain itu, kurma jenis ini sangat kaya akan nutrisi dan mengandung energy, kalsium, kalium, magnesium dan jenis mikronutrien lainnya.

  1. Kurma Halawi

Kurma Halawi merupakan kurma yang memiliki cita rasa yang legit dan semanis madu. Seperti namanya halawi yang berarti manis. Jenis kurma Halawi ini memiliki rasa manis yang mirip seperti madu. Kurma halawi ini memiliki ukuran buah yang relative kecil hingga sedang. Untuk bagian dagingnya tebal dan lunak.

  1. Kurma Sukari

Kurma sukari merupakan salah satu jenis dari aneka jenis – jenis kurma yang menjadi kegemaran raja Arab Saudi. Rasa manis disertai daging yang empuk membuat kurma ini mudah meleleh di mulut. Warna dari kurma sukari iini ialah kuning kecokelatan seperti layaknya kurma emas. Tekstur kurma sukari kenyal dan dipercaya sangat bermanfaat dalam hal kesehatan sekaligus menambah stamina tubuh. Manfaat lain yang bisa di dapat saat mengonsumsi kurma sukari antara lain :

  • Menyehatkan pencernaan
  • Mengatasi anemia
  • Nutrisi yang bagus untuk diet
  • Menjaga kesehatan mata
  • Mencegah karies pada gigi
  • Menjaga kesehatan kulit
  • Menurunkan kolesterol
  • Menjaga keseimbangan cairan tubuh
  1. Kurma Zaghloul

Kurma zaghloul merupakan salah satu kurma yang memiliki bentuk yang sedikit berbeda dari kurma pada umumnya. Kurma zaghloul memiliki warna yang gelap dan bentuk yang memanjang. Apabila dilihat, kurma zaghloul ini sekilas mirip dengan buah melinjo. Jenis kurma ini cukup terkenal di Mesir dengan harga yang cukup tinggi di pasaran serta masuk ke dalam produk kurma yang eksklusif. Manfaat yang di dapat ketika mengonsumsi kurma jenis ini ialah meningkatkan kesuburan, membantu proses persalinan, mencegah sembelit, penambah energy ibu hamil, mencegah resiko cacat pada bayi, kaya antioksidan, melancarkan pencernaan dan lain sebagainya.

  1. Kurma Palm Fruit

Kurma palm fruit merupakan salah satu kurma yang banyak dicari oleh kebanyakan orang, terutama pada saat bulan suci Ramadhan. Kurma palm fruit memiliki cita rasa yang manis dan sekaligus gurih ketika berada di mulut. Kurma pal fruit ini dipercaya dengan khasiatnya yang dapat membersihkan perut dari sisa makanan yang dikonsumsi secara maksimal.

  1. Kurma Deglet Noor

Kurma deglet noor bagi kebanyakan orang terbilang memiliki cita rasa yang tergolong unik dari cita rasa kurma pada umumnya. Teksturnya yang cenderung setengah kering dan dagingnya yang lembut, memiliki rasa yang unnik yakni seperti pisang dan caramel. Kurma deglet noor merupakan kurma yang cukup popular juga di beberapa negara seperti Aljazair, Libya dan Tunisia. Warna yang dimiliki oleh kurmma ini juga beraneka ragam. Mulai dari warna oranye kekuning – kuningan, kuning jerami dan cokelat tua.

Baca Artikel Lainnya :  Hukum Haji Furoda

Mempersiapkan Keberangkatan Ibadah Haji

Ibadah haji merupakan menjadi ibadah yang istimewa, sehingga keberangkatan dalam pelaksanaan ibadah haji memerlukan persiapan yang cukup matang. Tahukah apa saja yang perlu dipersiapkan menjelang keberangkatan? Berikut lebih jelasnya. Biaya Haji Plus

  1. Memperbanyak Ibadah

Saat Sahabat Haji Plus akan segera melaksanakan ibadah haji, salah satu hal yang hendaknya diperhatikan ialah perbanyak ibadah. Sebelum keberangkatan sebisa mungkin Sahabat Haji Plus memperbanyak sholat taubat, sholat tahajjud, sholat dhuha serta sholat sunnah lainnya. Selain itu memohon agar segala dosa dan aib yang dimiliki diampuni oleh Allah Swt. Dengan memperbanyak ibadah serta melakukan sholat taubat, setidaknya Sahabat Haji Plus menyiapkan diri apabila berangkat dan tak kembali. Karena Sahabat Haji Plus tak pernah tahu kapan maut akan menjemput. Selain itu, Sahabat Haji Plus juga bisa menuliskan wasiat yang bertujuan menyampaikan pesan terakhir kepada keluarga terdekat. Hal ini bertujuan agar pesan terakhir Sahabat Haji Plus tersampaikan apabila Sahabat haji Plus tak ditakdirkan untuk kembali ke Tanah Air dan tak ada lagi kesempatan untuk menghirup udara segar di dunia ini

  1. Mempersiapkan Perbekalan

Tahukah Sahabat Haji Plus bahwasannya tak hanya biaya saja yang perlu dipersiapkan, akan tetapi kondisi fisik juga memerlukan persiapan yang tak kalah penting. Bagi Sahabat Haji Plus yang hendak melaksanakan ibadah haji jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan dengan cara olahraga dipagi hari secara teratur. Hal ini diperlukan karena pada saat pelaksanaan ibadah haji di Tanah Suci banyak aktivitas perjalanan jauh yang dilakukan dengan berjalan kaki disana, hal ini tentunya membutuhkan fisik yang kuat, pola makan yang seimbang serta istirahat yang cukup. Selain persiapan kesehatan, ada pula persiapan lain yang hendaknya diperhatikan yakni pakaian dan makanan. Sebisa mungkin Sahabat Haji Plus jangan terlalu banyak membawa pakaian. Sebaiknya pakaian yang hendak dibawa sekedarnya saja dan pertimbangkan jika nanti mau beli oleh-oleh saat kembali ke tanah air. Perlu diingat bahwa berat bawaan terdapat batas maksimum. Tak hanya itu, bekal yang sealnjutnya dalam bentuk bahan makanan sebaiknya makanan langsung habis dimakan dan perbanyak makanan kering yang sudah masak seperti rempeyek, dendeng, indomie, rendang, keripik kentang. Selin itu, Sahhabat Haji Plus juga perlu membawa obat – obatan pribadi. Obat – obatan sangat perlu untuk dibawa, karena mengantisipasi bahwa apabila penyakit Sahabat Haji Plus kambuh. Selain itu bawalah lotion kulit anti cuaca panas udara kering. Obat-obatan bagi penyakit tertentu hendaknya perlu disiapkan dari tanah air selengkap mungkin.

  1. Membekali Diri Dengan Pengetahuan Terkait Haji

Sebelum Sahabat Haji Plus melaksanakan ibadah haji ke Tanah Suci, hendaknya Sahabat Haji Plus perlu untuk membekali diri dengan pengetahuan terkait haji. Sahabat Haji Plus dapat membekali pengetahuan terkait haji dengan membaca dan memperdalam buku terkait pelaksanaan ibadah haji. Hendaknya Sahabat Haji Plus jangan cukup puas dengan informasi yang diperoleh dari bimbingan haji ataupun dari manasik haji saja. Sebisa mungkin buku panduan Haji dari Departemen Agama  dibaca seluruhnya  sebelum keberangkatan pelaksanaan ibadah haji dan hendaknya jangan baru dibaca setelah sampai di Tanah Suci. Hal ini dikarenakan agar Sahabat Haji Plus dapat melaksanakan ibadah haji dengan lancar. Bagi Sahabat Haji Plus yang masih bingung terkait hal – hal yang masih menjadi pertanyaan atau meragukan tentang pelaksanaan ibadah haji, sebisa mungkin didapatkan jawabannya sebelum berangkat ke Tanah Suci. Sebaiknya jangan dipendam dan baru ditanyakan setelah berada di Tanah Suci, karena pasti akan mengalami kebingungan. Perlu diingat bahwa pada saat di Tanah Suci pembimbing ibadah haji tak setiap waktu akan menemani Sahabat Haji Plus sekalian. Akan tetapi, pembimbing haji akan menemani pada saat waktu – waktu tertentu saja. Oleh karena itu, waktu yang tersisa ialah terserah aktivitas yang Sahabat Haji Plus rencanakan sendiri.

Baca Artikel Lainnya :  Haji Tanpa Antri Bandung

Agar Tak Kalap Saat Belanja di Tanah Suci

Oleh – oleh merupakan menjadi buah tangan yang pada umumnya tak pernah dilewatkan bagi jamaah haji sebelum pulang ke kampung halaman. Seperti yang diketahui, bahwa terkadang Sahabat Haji Plus membeli oleh – oleh dengan tujuan untuk dibagian kepada keluarga maupun kerabat yang berada di Tanah Air. Akan tetapi, Tahukah Sahabat Haji Plus bahwa berbelanja untuk oleh – oleh ada tipsnya loh. Ada beberapa tips yang dapat Sahabat Haji Plus terapkan saat berbelanja di Tanah Suci. Apa saja tipsnya? Berikut lebih jelasnya.

  1. Siapkan Uang Riyal

Tentu hal yang satu ini bukan menjadi hal yang asing yakni menyiapkan uang riyal untuk bertransaksi di Tanah Suci. Sahabat Haji Plus dapat menukar uang tersebut dari Tanah Air atau bisa juga menukar uang rupiah tersebut di Money Changer yang banyak tersedia di pusat perbelanjaan. Menukar uang di Money Changer yang berada di pusat perbelanjaan tentu memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan di Tanah Air.

  1. Membuat Perencanaan

Hal pertama kali yang hendaknya Sahabat Haji Plus lakukan sebelum berbelanja oleh – oleh ialah membuat perencanaan. Sahabat Haji Plus hendaknya membuat daftar barang yang perlu dibeli dan barang tersebut tergolong yang dibutuhkan. Perencanaan ini bertujuan agar Sahabat Haji Plus tak berlebihan pada saat berbelanja dan dapat disesuaikan juga dengan budget yang ada. Apabila terdapat barang – barang yang dapat dibeli di Tanah Air dan bisa jadi harganya terbilang lebih murah. Maka, Sahabat Haji Plus dapat membelinya di Tanah Air saja, yakni khusus toko – toko yang menyediakan oleh – oleh selepas ibadah haji.

  1. Atur Waktu Yang Sesuai

Bagi Sahabat Haji Plus yang berencana untuk berbelanja oleh – oleh untuk buah tangan para keluarga dan kerabat di Tanah Suci, hendaknya Sahabat Haji Plus merencanakan untuk berbelanja di waktu yang tepat. Jangan sampai Sahabat Haji Plus berbelanja disaat yang lain sedang menunaikan ibadah. Pastikan bahwa Sahabat Haji Plus tetap memprioritaskan ibadah terlebih dahulu, ketimbang berbelanja oleh – oleh. Sahabat Haji Plus dapat berbelanja oleh – oleh Ketika Sahabat Haji Plus telah melakukan seluruh rangkaian ibadah pelaksanaan haji yang ada. Perlu diingat bahwa sesungguhnya tujuan utama Sahabat Haji Plus sekalian berkunjung ke Tanah Suci ialah dengan tujuan beribadah kepada Allah Swt, bukan untuk berbelanja.

  1. Mencari Pusat Perbelanjaan

Tahukah Sahabat Haji Plus bahwasannya sebelum memutuskan untuk berbelanja oleh – oleh, sebaiknya Sahabat Haji Plus mencari informasi terlebih dahulu terkait pusat perbelanjaan yang hendak dihampiri untuk membeli oleh – oleh. Bagi Sahabat Haji Plus yang ingin membeli oleh – leh dengan harga yang terjangkau, Sahabat Haji Plus dapa mengunjungi pasar – pasar yang berada di Tanah Suci. Misalnya Pasar Zakfariah. Selain itu di  Jeddah juga terdapat pasar Balad dan Bab Mekkah serta di Madinah terdapat pasar kurma dan pusat pertokoan di basement Taiba Arac Hotel. Namun, apabila Sahabat Haji Plus enggan untuk membeli oleh – oleh yang jauh dari lokasi yang jauh. Sahabat haji Plus dapat membeli oleh – oleh tersebut disekitar penginapan jamaah haji. Karena di sekitar penginapan jamaah haji juka terdapat penjual oleh – oleh dengan harga yang relatif sama.

  1. Batas Maksimum Barang

Bagi Sahabat Haji Plus pada saat berbelanja oleh – oleh hendaknya memperhatikan batas maksimum barang. Sebisa mungkin jangan sampai berbelanja berlebihan yang dapat menyebabkan melebihi batas maksimum barang yang dibawa. Tahukah Sahabat Haji Plus bahwa seorang penumpang hanya memperoleh jatah bagasi sebesar 32 kg dan hanya sat utas kecil yang dapat dibawa ke dalam kabin pesawat. Apabila barang bawaan Sahabat Haji plus melebihi batas maksimum, maka Sahabat Haji Plus akan dikenakan biaya tambahan yang tidak sedikit atau terpaksa ada barang yang ditinggalkan. Apabila Sahabat Haji Plus mengalami kelebihan barang bawaan yang melebihi batas maksimum, maka Sahabat Haji Plus dapat mengirimkan melalui perusahaan jasa pengiriman barang yang banyak beroperasi. Pada umumnya, lama pengiriman barang dengan pesawat ialah selama dua minggu.

Baca Artikel Lainnya :  Harga Haji Plus

Demikianlah informasi perihal Harga Haji Plus 2021 yang menjadi informasi tambahan untuk Sahabat Haji Plus yang berencana untuk mendaftar ibadah haji dalam waktu dekat. Tak lupa sebelum mendaftar untuk memastikan bahwa jasa travel haji yang dipilih ialah berkualitas. Sahabat Haji Plus dapat mempercayakan semuanya pada Annur Maarif Travel yang telah terpercaya dan berpengalaman di bidangnya dalam memberangkatkan ibadah haji ke Tanah Suci. Bagi Sahabat Haji Plus yang berencana untuk mendaftar sebagai calon jamaah Haji Plus, hendaknya segera menghubungi kontak yang tercantum di website resmi hajiplus.id yaa..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *