Haji Khusus

Haji Khusus

Haji Khusus

Bagi Sahabat Haji Plus mungkin tak asing lagi perihal terdapat beberapa program haji yang tersedia untuk Sahabat Haji Plus. Dengan adanya berbagai macam program haji yang tersedia, sahabat Haji Plus tetap dapat menyesuaikan dengan budget yang telah dipersiapkan. Karena beberapa program haji yang tersedia dibandrol dengan harga yang berbeda – beda. Hal ini dikarenakan program haji yang tersedia memiliki kekurangan dan kelebihan di tiap masing – masing programnya. Sehingga itulah yang membedakan berdasarkan harga yang ditawarkan. Program haji ini ada 3 jenis yakni Haji Reguler, Haji Plus atau Haji Khusus dan Haji Furoda. Dari ketiga jenis program haji ini yang satu dengan yang lain memiliki beberapa perbedaan terkait waktu tunggu keberangkatan, biaya, fasilitas yang diberikan dan lain – lain. Dari ketiga jenis program haji tersebut memiliki patokan harga yang berbeda – beda. Program haji yang paling banyak peminat ialah program Haji Reguler, dikarenakan harganya yang lebih terjangkau dibandingkan Haji Plus dan Haji Furoda. Namun, kekurangannya ialah pada waktu tunggu keberangkatannya yang sangat lama, yakni bisa mencapai belasan tahun. Untuk Biaya Haji Plus sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan Haji Reguler. Hal ini dikarenakan Haji Plus memiliki waktu tunggu keberangkatan yang lebih cepat dibandingkan dengan program Haji Reguler. Pada Haji Plus waktu tunggu keberangkatan hanya 5 – 7 tahun. Dan yang terakhir ialah Haji Furoda. Haji Furoda ini dikenal dengan haji non kuota yakni ibadah haji yang dilaksanakan tanpa antri. Akan tetapi, biaya yang dibutuhkan untuk mendaftar sebagai calon jamaah Haji ini cukup lumayan. Bagi sahabat Haji Plus yang ingin mendafatarkan diri dan sedang mencari Travel Haji Plus yang terpercaya, tak perlu bingung dan riasu. Karena Sahabat Haji Plus dapat percayakan pada Annur Maarif Travel dan silahkan hubungi kontak yang telah tertera di website resmi hajiplus.id. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut seputar Haji, yuk simak informasi lebih lanjut di bawah ini.

Berkenalan Dengan Orang Arab di Tanah Suci

Ketika Sahabat Haji Plus hendak berkunjung ke suatu tempat memang alangkah lebih baiknya Sahabat Haji Plus mempelajari watak dan karakter penduduk setempat. Hal ini bertujuan agar tak terjadi kesalah pahaman dalam berkomunikasi atau lain sebagainya. Sahabat Haji Plus hendaknya memahami bahwa memang karakter dan watak orang arab di arab ini sangat berbeda jauh dengan orang Indonesia. Apabila bertemu, mereka terbiasa saling merangkul seraya mencium pipi mitranya dengan bibir. Ini suatu perilaku yang dianggap nyeleneh oleh orang lain umumnya, bahkan mungkin juga oleh orang Indonesia. Orang lain yang tak memahami budaya Arab akan menganggap perilaku tersebut sebagai perilaku homoseksual. Alhasil, jika Sahabat Haji Plus bersama orang Arab, Sahabat Haji Plus harus tahan berdekatan dengan mereka. Bila Sahabat Haji Plus menjauh, orang Arab boleh jadi akan tersinggung karena Sahabat Haji Plus menyangka bahwa kehadiran fisiknya menjijikkan atau Sahabat Haji Plus dianggap orang yang dingin dan tak berperasaan. Begitu lazimnya orang Arab saling berdekatan dan bersentuhan sehingga senggol menyenggol itu hal biasa di mana pun di Arab Saudi yang tak perlu mereka iringi dengan permintaan maaf.

Dari masa kanak – kanak orang Arab sudah diajarkan untuk mengekspresikan perasaan mereka apa adanya, misalnya dengan menangis atau berteriak. Orang Arab sudah terbiasa bersuara keras untuk mengekspresikan kekuatan dan ketulusan, terlebih pada orang yang mereka sukai. Bagi orang Arab, suara lemah dianggap sebagai kelemahan atau tipu daya. Tetapi suara keras mereka boleh jadi ditafsirkan sebagai kemarahan oleh orang yang tidak terbiasa mendengar suara keras mereka. Maka pasti akan banyak yang mengira, kalau bicaranya seperti marah ketika seorang pegawai Arab misalnya, sedang memeriksa paspor, iqamah, dsb. Banyak jamaah Haji ataupun Umroh di Arab Saudi yang belum memahami tentang orang arab ketika berbicara, bisa saja mengindetikkan suara mereka yang keras itu sebagai bentuk kemarahan. Sebaliknya, senyuman wanita kepada pria arab yang bertujuan bentuk keramah tamahan bangsa Indonesia, itu dianggap sebagai sebuah kerendahan martabat wanita dan godaan yang ditujukan kepada mereka. Bahkan pernah salah seorang jamaah Haji di ikuti oleh pria arab sampai ke maktab hanya gara – gara terdapat jamaah wanita yang melontarkan senyuman kepada pria arab.

Baca Artikel Lainnya :  Harga Haji Plus 2023

Tak hanya itu saja, bergandengan tangan dengan sesama jenis disana itu juga termasuk hal yang tak wajar menurut mereka. Hal ini dikarenakan bisa dianggap sebagai pasangan homo, tetapi jika yang bergandengan tangan itu berlainan jenis  ternyata dianggap biasa-biasa saja. Hal ini dikarenakan dapat diduga bahwa itu pasangan suami istri. Terkadang kalau Sahabat Haji Plus mendengarkan mereka berdebat, seperti orang yang sedang berkelahi. Perdebatan berlangsung panjang dan lama. Namun setelah selesai berdebat, mereka seperti biasa kembali, seolah – olah tak terjadi suatu apapun. Akan tetapi tak tahu apa isi benak mereka masing – masing. Sifat – sifat seperti ini cenderung ada pada orang Arab. Tak heran, apabila terjadi konflik terus menerus di jazirah Arab sana. Keengganan mereka untuk mengalah seolah – olah mencerminkan kekerasan hati mereka. Di balik itu, mereka sangat menghormati keputusan yang sudah diambil walaupun harus mengalah. Mereka juga cenderung untuk tunduk pada keputusan yang diambil oleh pemimpinnya. Jika Sahabat Haji Plus mengenal tabiat dan karakter mereka maka Sahabat Haji Plus tak akan kaget apabila Sahabat Haji Plus suatu saat diapanggil Allah untuk melaksanakan Haji atau Umroh dan kesalah pahaman akibat latar belakang budaya serta adat ini bisa dihindari. Tentunya dengan begitu, ibadah haji Sahabat Haji Plus sekalian menjadi lebih khusyu saat berada di Tanah Suci.

Mengapa Memilih Haji Khusus?

Dengan adanya beberapa program haji yang tersedia, tentunya memiliki kekurangan dan kelebihan masing – masing. Namun, untuk haji plus ini kekurangannya hanya di segi biaya saja. Karena biaya yang dibutuhkan untuk mendaftar sebagai calon jamaah Haji Khusus membutuhkan budget yang tidak sedikit, harga yang dibandrol bisa 2 kali lipat dari biaya untuk mendaftar Haji Reguler. Namun, disamping itu Haji Plus juga memiliki beberapa kelebihan. Apa saja kelebihan yang di dapatkan saat memilih program Haji Plus? Yuk simak informasi di bawah ini.

  1. Kepastian Dalam Hal Keberangkatan

Bagi sahabat Haji Plus yang mendaftarkan diri sebagai calon jamaah Haji Khusus hendaknya tak perlu khawatir perihal kepastian dalam hal keberangkatan. Karena Haji Plus merupakan program haji tanpa antri, sehingga kepastian dalam hal keberangkatan itu pasti. Berbeda hal nya dengan Haji Reguler yang tidak terdapat kepastian dalam hal keberngkatan. Karena terkadang ada penambahan waktu tunggu, sehingga tidak pasti untuk keberangkatannya. Oleh karena itulah, Haji Plus ini merupakan program haji yang cocok teruntuk Sahabat Haji Plus yang mengutamakan kepastian dalam hal keberangkatan. Karena kepastian dalam hal keberangkatan juga menjadi salah satu acuan agar tak tertipu terjadinya pembatalan pemberangkatan.

  1. Waktu Tunggu Keberangkatan

Memang kelebihan yang utama pada program Haji plus ini ialah terkait masa tunggu keberangkatan yang singkat yakni tanpa melalui antri yang panjang. Oleh karena itulah, tak heran apabila tarif Haji plus ini berbeda dengan program haji regular yang memiliki waktu tunggu keberangkatan hingga puluhan tahun. Karena memang dalam hal waktu tunggu keberangkatan tak perlu memerlukan waktu yang lama seperti pada Haji Reguler. Hal ini juga dikarenakan jamaah Haji Khusus memiliki visa khusus yang mempermudah dalam hal proses pemberangkatan tanpa antri yang panjang.

  1. Fasilitas Yang Exclusive

Bukan menjadi hal yang asing bahwa biaya yang mahal selalu disertai dengan fasilitas penunjang yang exclusive. Fasilitas yang disediakan tentunya mengutamakan kenyamanan para jamaah Haji Khusus selama melaksanakan proses ibadah haji. Bagi sahabat Haji plus yang hendak mendaftarkan diri sebagai calon jamaah Haji Khusus di Annur Maarif Travel tak perlu ragu, karena fasilitas dan pelayanan yang diberikan telah menomorsatukan kenyamanan jamaah Haji Khusus sekalian. Ragam fasilitas yang diberikan antara lain :

a.  Tiket Pesawat Kelas Ekonomi

Bagi Sahabat Haji Plus yang mendaftarkan diri sebagai jamaah Haji Khusus, fasilitas pertama yang akan di dapatkan ialah tiket pesawat pulang pergi kelas ekonomi dengan menggunakan pesawat Saudi/ Etihad/ Qatar.

b. Pengurusan Dokumen Visa & Surat Rekomendasi Keberangkatan

Teruntuk Sahabat Haji Plus tak perlu bingung untuk mengurus surat tersebut. Karena, pengurusan dokumen visa dan surat rekomendasi keberangkatan menjadi tanggung jawab pihak travel karena hal tersebut termasuk dalam fasilitas yang disediakan untuk Sahabat Haji Plus.

Baca Artikel Lainnya :  Biaya ONH Plus 2022

c. Tenda Haji

Terdapat fasilitas yang lengkap serta nyaman untuk sahabat Haji Plus sekalian. Salah satu fasilitas yang disediakan dan tak kalah pentingnya ialah tenda khusus untuk Haji Plus.

d. Akomodasi Hotel Transit, Makkah dan Madinah

Hotel yang digunakan sebagai tempat peristirahatan untuk jamaah Haji pada saat di Makkah ialah hotel Dar Al Gufran/ Swissotel / setaraf. Sedangkan hotel yang digunakan untuk tempat peristirahatan pada saat di Madinah ialah hotel Royal Inn/ Millenium Aqeeq/ Setaraf.

e. Ziarah

Bagi sahabat Haji Plus yang hendak mendaftarkan diri sebagai calon jamaah Haji Khusus tentunya akan mendapatkan fasilitas ini ketika proses pelaksanaan Haji Plus berlangsung.

f. Makan 3 Kali

Jika sahabat Haji Plus melaksanakan haji dengan menggunakan Annur Maarif Travel maka fasilitas makan 3 kali buffet menu Indonesia pun akan menjadi fasilitas yang disediakan.

g. Pembimbing

Sahabat haji plus dapat mengetahui sekilas informasi seputar lokasi yang biasanya disampaikan oleh tour leader.

h. Perlengkapan Ibadah Haji

Sahabat Haji Plus telah mendaftarkan diri sebagai calon jamaah, maka perlengkapan ibadah haji menjadi tanggung jawab pihak Annur Maarif Travel.

i. Bus AC

Transportasi yang disediakan khusus jamaah Haji Khusus ialah Bus ber AC.

j. Air Zam – Zam 5 L

Sahabat Haji Plus yang terdaftar akan mendapatkan fasilitas berupa air zam zam sebanyak 5 Liter.

  1. Pendaftaran Cukup Mudah

Bagi sahabat Haji Plus yang ingin mendaftarkan diri sebagai jamaah Haji Khusus, tak usah risau. Karena cara pendaftarannya cukup mudah. Terlebih Sahabat Haji Plus mendaftarkan diri ke Annur Maarif Travel, tentu akan sangat mudah. Hal ini dikarenakan pengurusan dokumen visa dan surat rekomendasi keberangkatan telah menjadi tanggung jawab travel. Sehingga Sahabat Haji Plus tak perlu repot untuk mengurusi dokumen penting tersebut. Bagaimana? Cukup mudah bukan? Bagi sahabat Haji plus yang hendak Daftar Haji Plus, Annur Maarif Travel telah hadir untuk Sahabat Haji plus sekalian. apabila sahabat Haji plus berniat untuk mendaftarkan diri silahkan chat pada kontak yang tertera pada website hajiplus.id.

  1. Jarak Hotel Dengan Masjidil Haram Yang dekat

Kelebihan bagi jamaah Haji Khusus yang menggunakan program Haji plus dalam pelaksanaan ibadah haji ialah jarak hotel yang relatif dekat dengan Masjidil Haram. Sehingga, untuk menuju ke Masjidil Haram, Sahabat Haji plus tinggal jalan kaki saja. Inilah kelebihan yang dirasakan para jamaah Haji Khusus yang tak dirasakan oleh program Haji Reguler. Dengan dekatnya jarak hotel dengan Masjidil Haram, maka akan semakin mudah pula dalam menunjang proses pelaksanaan ibadah haji para jamaah Haji Khusus sekalian.

Jangan Lewatkan Berdoa di Tempat Mustajab Ini

Tentunya Sahabat Haji Plus mengerti bahwa istimewanya beribadah di Tanah Suci ialah salah satunya terdapat beberapa tempat yang dianggap sebagai tempat mu. Di beberapa tempat yang berlokasi di Tanah Suci baik di Mekkah maupun Madinah memang terdapat beberapa tempat tertentu yang diyakini sebagai tempat terkabulnya doa. Oleh karena itu, pada saat berada di Tanah Suci, para jamaah haji selalu tak melewatkan kesempatan untuk memanjatkan doa di tempat – tempat yang dianggap sebagai tempat mustajabnya doa tersebut. Dimanakah saja tempatnya? Berikut lebih jelasnya.

  1. Raudhah

Telah banyak yang mengetahui bahwa Raudhah merupakan tempat yang dikenal sebagai tempat mustajabnya doa. Di Masjid Nabawi inilah terdapat Raudah yakni tempat antara mimbar dan kediaman Rasulullah Muhammad Saw semasa beliau hidup yang menjadi salah satu tempat istimewa bagi umat islam. Doa yang dipanjatkan di Raudhah dipercaya akan dikabulkan oleh Allah Swt. Namun, bagi Sahabat Haji Plus yang ingin menuju Raudhah yang menjadi dambaan umat Islam ini harus berebutan sebelum masuk ke tempat itu untuk shalat, berzikir, berdoa dan membaca Al Qur’an. Nah, bagi Sahabat Haji Plus yang berada di Tanah Suci dan berada di Masjid Nabawi jangan lupa untuk memanjatkan doa di raudhah yang diyakini sebagai tempat mustajabnya doa. Sungguh sayang sekali bukan jika kesempatan ini dilewatkan.

  1. Hijir Ismail

Tahukah Sahabat Haji Plus bahwa Hijir Ismail ini terletak tepat di bawah pancuran Ka’bah atau yang biasa disebut mizab. Talang air ini terletak di arah Hijir Ismail. Pancuran ini diketahui belum ada pada zaman Nabi Ibrahim as. Talang ini dibuat oleh suku Quraisy yang bersamaan dengan dibuatnya atap Ka’bah. Di bagian depannya tertulis lafadz Bismillahi ar-Rahman ar-Rahim, sedangkan pada sisi kirinya tertulis kalimat dalam bahasa Arab yang artinya “talang ini diperbaharui pelayan dua tanah suci, Fahd bin Abdul aziz Al Sa’ud, Raja Arab Saudi”. Nah, bagi Sahabat Haji Plus yang selesai berthawaf, Sahabat Haji Plus dapat menyempatkan diri untuk memanjatkan doa di sini. Karena di Hijir Ismail inilah juga dipercaya sebagai tempat mustajabnya doa. Oleh karena itu, hendaknya Sahabat haji Plus tak melewatkan kesempatan ini yakni berdoa di tempat yang istimewa.

  1. Belakang Makam Ibrahim

Tahukah Sahabat Haji Plus bahwa tempat mustajabnya doa yang selanjutnya ialah berada di belakang makam Ibrahim. Makam yang dimaksud ini merupakan tempat berpijaknya Nabi Ibrahim As yang pertama kali, bukan tempat peristirahatan terakhir Nabi Ibrahim As. Makam Ibrahim ini merupakan tempat berpijaknya Nabi Ibrahim As pada saat membangun Ka’bah.Nah, pada saat Sahabat Haji Plus selesai melaksanakan thawaf sebanyak tujuh kali putaran dan berdoa sejenak di Multazam, umat Islam disunnahkan untuk shalat di belakang makam Ibrahim. Makam Ibrahim sendiri lokasinya masih di dekat Ka’bah, tidak jauh dari Multazam. Pada saat di Makam Ibrahim inilah jangan lewatkan untuk memanjatkan segala hajat Sahabat Haji Plus sekalian. Karena seperti yang diketahui bahwa makam ibrahim ini juga termasuk ke dalam salah satu tempat mustajabnya doa.

  1. Muzdalifah dan Mina

Lokasi mustajabnya doa yang selanjutnya ialah Muzdalifah. Muzdalifah ini terletak diantara kawasan Mina dan Arafah. Tepatnya ialah berada di sekitar 10 km dari Makkah. Diketahui, Muzdalifah panjangnya kurang dari 4 km serta berada pada satu wilayah yang sempit yakni antara dua gunung yang berdekatan setelah Arafah. Mina, kawasan berbukit panjangnya 3 hingga 5 km. Dikeathui letaknya antara Mekah dan Muzdalifah. Jaraknya dari Mekah sekitar 7 km. Di tempat tersebutlah dipercayai sebagai tempat mustajabnya doa. Sehingga, pada saat Sahabat Haji Plus berada di Muzdalifah dan Mina jangan lupa untuk menyempatkan diri memanjatkan doa dan menyebut segala hajat yang diminta.

  1. Rukun Yamani

Bagi Sahabat Haji Plus yang belum mengetahui rukun yamani, rukun yamani ialah bagian dari Ka’bah. Rukun memiliki arti sandi atau tiang yakni 4 sudut Kakbah yang diberi nama Rukun Aswad, Rukun Iraqi, Rukun Syami, dan Rukun Yamani. Rukun Aswad dikenal dengan Hajar Aswad merupakan posisi “batu hitam” yang menurut sebagian riwayat adalah batu dari yang menggantung setinggi 1,5 meter dari atas tanah dan dipercaya sebagai batu yang berasal dari surga. Di lokasi inilah dipercaya sebagai tempat mustajabnya doa.

  1. Sa’i antara Sofa dan Marwah

Seperti yang diketahui Sahabat Haji Plus bahwa sa’i merupakan berjalan sebanyak 7 kali putaran antara bukit Shafa dan Marwah. Sa’i ini dilakukan dengan cara setelah thawaf dan dimulai dari bukit Shafa dan diakhiri di bukit Marwah. Tak ada bacaan wajib pada saat pelaksanaan Sa’i ini. Akan tetapi, Sahabat Haji Plus disarankan untuk berdoa sesuai dengan kemampuan dan beristigfar.

  1. Multazam

Tentunya Sahabat Haji Plus tak asing bukan mendengar istilah Multazam ini. Hal ini dikarenakan banyak yang mempercayai bahwa di Multazam inilah tempat yang paling utama yang dipercaya sebagai tempat mustajabnya doa. Multazam ini letaknya  berada diantara pintu Ka’bah dan Hajar Aswad. Pada saat Sahabat Haji Plus berada di Tanah Suci dan berada di Multazam, hendaknya panjatkanlah segala doa yang Sahabat Haji Plus inginkan. Memohonlah pada Allah Swt terkait hajat – hajat yang ingin segera dikabulkan. Dan yakinlah bahwa seluruh doa Sahabat Haji Plus sekalian pasti di dengar oleh Allah Swt.

Baca Artikel Lainnya :  ONH plus 2021

Itulah sekilas informasi bagi Sahabat Haji Plus yang ingin mengetahui perihal Haji Khusus. Apabila Sahabat Haji Plus masih ingin membaca informasi lebih lanjut terkait Haji Plus, bisa langsung berkunjung ke website resmi hajplus.id. Barangkali dengan membaca informasi seputar Haji Plus, di tahun selanjutnya nama Sahabat Haji Plus dapat tercantum sebagai calon jamaah Haji Khusus. Oleh karena itu, update terus informasi seputar Haji Plus yang mungkin akan menjadi informasi lebih bagi Sahabat Haji Plus sekalian serta dapat menjadi bekal sebelum menjadi calon jamaah Haji Khusus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *