Haji Khusus Kemenag

Haji Khusus Kemenag

Haji Khusus Kemenag

Pelaksanaan ibadah haji ini memanglah salah satu bentuk ketaatan dan ketakwaan hamba kepada rabbnya. Ketaatan dan ketakwaan dalam hal mengorbankan beberapa hal dalam diri sebagai bentuk kesungguhan dalam beribadah yakni menyempurnakan rukun islam yang kelima. Sudah tak asing lagi bagi umat muslim perihal istimewanya ibadah yang satu ini. Oleh karena  itu, umat muslim berlomba – lomba untuk mengupayakan agar menjadi tamu Allah Swt di Tanah Suci. Saat Sahabat Haji Plus merencanakan untuk berangkat ke Tanah Suci, Sahabat Haji Plus dapat memilih ragam paket yang tersedia. Tentunya tak lupa juga disesuaikan dengan budget Sahabat Haji Plus sekalian. Sahabat Haji Plus dapat memilih paket yang ada yakni paket Haji Reguler atau Haji Khusus. Apabila Sahabat Haji Plus ingin segera melaksanakan ibadah haji tanpa menununggu waktu tunggu keberangkatan yang lama, Sahabat Haji Plus dapat mendaftarkan diri ke program paket Haji Khusus. Haji Khusus ini memang diperuntukkan bagi Sahabat Haji plus sekalian yang memiliki budget lebih serta enggan untuk menunggu waktu tunggu keberangkatan ibadah haji yang dikenal amat lama seperti halnya Haji Reguler. Nah, jika demikian Sahabat Haji Plus dapat memilih Haji Plus untuk melaksanakan ibadah haji. Dengan memilih Haji Plus pada program paket Haji Khusus ini, Sahabat Haji Plus akan mendapatkan kepastian keberangkatan yang disertai fasilitas yang exclusive. Informasi lebih lanjut Perihal Biaya Haji Plus, Travel Haji Plus serta Haji Khusus Kemenag, Sahabat Haji Plus dapat menyimak informasi di bawah ini.

Pelajaran Selepas Pelaksanaan Ibadah Haji

Seperti yang Sahabat Haji Plus ketahui bahwa seluruh umat islam meyakini bahwasannya ibadah haji merupakan ibadah yang istimewa apabila dilakukan. Tentunya, alasan keistimewaan tersebut tak lepas dari alasan – alasan yang melatar belakangi. Tahukah Sahabat Haji Plus bahwa ibadah haji ini tak hanya sekedar ibadah yang pahalanya dilipatgandakan saja. Akan tetapi, banyak faktor lain yang melatar belakangi mengapa ibadah haji ini pentig untuk dilakukan. Tentunya alasan pentingnya juga meliputi hubungan manusia dengan Rabbnya. Oleh karena itu, untuk Sahabat haji Plus yang hendak melaksanakan ibadah haji hendaknya untuk memahami terkait pentingnya ibadah haji bagi umat islam. Nah, agar Sahabat Haji Plus lebih paham terkait pentingnya ibadah haji, yuk simak berikut ini.

  1. Pelajaran Tentang Ketundukan dan Ketaatan

Sebagai umat muslim yang sangat mendambakan pelaksanaan ibadah haji, perlu diektahui bahwa ibadah haji ini mengandung pelajaran yang berkaitan tentang ketundukan dan ketaatan hamba kepada Rabbnya. Ibadah haji ini sungguh mengajarkan terkait ketundukan serta ketaatan yang dilakukan secara totalitas kepada Allah Swt. Pada saat Sahabat Haji Plus melaksanakan ibadah haji, pastinya Sahabat Haji Plus akan pasrah dan mengikuti semua rangkaian kegiatan yang diwajibkan. Bahkan walaupun rangkaian kegiatan ibadah tersebut melelahkan ataupun memberatkan. Hal tersebut tentunya tak masalah, karena Sahabat Haji Plus telah berupaya sepenuhnya untuk tunduk dan taat serta mau menjalankan ibadahnya sesuai dengan syariat.

  1. Pelajaran Tentang Pengorbanan

Tahukah Sahabat Haji Plus bahwasannya dibalik pelaksanaan Ibadah haji terdapat pelajaran yang dapat diambil untuk Sahabat Haji Plus yakni terkait dengan pengorbanan. Bagi setiap umat muslim yang bernecana untuk melaksanakan ibadah haji, tentunya akan secara sukarela mengorbankan terkait apa saja agar dapat berada di jalan Allah. Pengorbanan yang dilakukan ini mulai dari harta, fisik hingga jiwa calon jamaah haji. Coba Sahabat Haji Plus bayangkan, umat muslim yang saat ini berada di Tanah Suci untuk melaksanakan ibadah haji biasanya rela menabung sampai bertahun – tahun lamanya. Bahkan, jamaah haji tentunya juga telah memahami bagaimana resiko saat melaksanakan ibadah haji. Perlu diketahui oleh Sahabat Haji Plus sekalian bahwa tak sedikit jamaah haji yang meninggal dunia di Tanah Suci. Akan tetapi, hal itu sama sekali tak menyurutkan niat mereka dalam melaksanakan rukun Islam kelima yang sebagai penyempurna ini.

  1. Pelajaran Tentang Kesempurnaan Keislaman Seseorang

Melalui pelaksanaan ibadah haji, terdapat pelajaran yang dapat Sahabat Haji Plus ambil yakni terkait kesempurnaan keislaman seseorang. Seperti yang diketahu bahwasannya pelaksanaan Ibadah haji merupakan salah satu pelaksanaan ibadah yang penting. Tak hanya sebagai salah satu kewajiban dari Allah Swt yang harus dipenuhi saja. Melainkan juga sebagai simbol kesempurnaan keislaman seseorang. Oleh karena itu, wajar apabila umat muslim yang berasal dari seluruh penjuru dunia dengan rela mengorbankan apa saja yang mereka punya. Hal ini tentunya tak lain ialah agar dapat mengunjungi Tanah Suci guna melaksanakan ibadah haji. Bahkan saking totalitasnya yang dilakukan, jamaah haji akan rela mengorbankan yang meliputi harta benda, meninggalkan keluarga di kampung halaman dan lain sebagainya. 

  1. Pelajaran Tentang Persamaan dan Persaudaraan

Memahami terkait pentingnya pelaksanaan ibadah haji ialah karena banyak pelajaran yang dapat diambil, salah satunya ialah pelajaran terkait persamaan dan persaudaraan. Pentingnya pelaksanaan ibadah haji juga berkaitan dengan pelajaran terkait persaudaraan dan persamaan antar sesama umat muslim. Pada saat menunaikan ibadah haji, tentunya setiap umat muslim bakal merasakan memiliki kedudukan yang sama di hadapan Allah Swt. Tak ada perbedaan terkait latar belakang keluarga, jabatan, status sosial, asal negara, warna kulit dan lain sebagainya. Karena pada saat disana jamaah haji akan merasakan ukhuwah Islamiyah atau ikatan persaudaraan erat. Tentunya sangat istimewa sekali bukan? 

Baca Artikel Lainnya :  Harga Haji Plus Terbaik

Pelaksanaan Ibadah Haji Nabi Muhammad Saw

Menurut sejarah, Nabi Muhammad Saw hanya melaksanakan ibadah haji sebanyak satu kali semasa hidupnya. Hal ini berdasarkan riwayat dari Jabir bin Abdullah, yang menyatakan bahwa “Sesungguhnya Rasulullah SAW telah tinggal di Madinah selama sembilan tahun, tetapi beliau belum berhaji. Kemudian, pada tahun ke-10, beliau mengumumkan bahwa beliau akan berhaji sehingga banyak orang datang ke Madinah, semuanya ingin ikut bersama Rasulullah SAW dan melakukan amal ibadah (haji) seperti beliau.” Dalam sejarah Islam, ibadah yang dilakukan Nabi Muhammad Saw ini dikenal juga sebagai Haji Perpisahan atau yang disebut Haji Wada’. Nabi Muhammad Saw melaksanakan untuk menyempurnakan rukun Islamnya yang kelima ini menjelang akhir hayatnya. Hal ini seakan – akan mengisyaratkan bahwa semakin dekatnya untuk berakhir tugasnya dalam membimbing umat. Karena memang setelah pelaksanaan ibadah haji yang dilakukan Nabi Muhammad Saw ini tak lama lagi Nabi Muhammad Saw kembali kepadaNya.

Diketahui Muhammad Husain Haekal dalam Hayat Muhammad menjelaskan bahwasannya Nabi Muhammad Saw berangkat haji pada tanggal 25 Dzulqaidah pada tahun ke-10 Hijriah. Dan Nabi Muhammad Saw membawa seluruh istrinya yang masing – masing dalam haudahnya. Umat muslim yang membersamai Nabi Muhammad Saw amatlah banyak. Sebagian penulis sejarah menyebutkan bahwa jumlahnya tak kurang dari 90 ribu orang. Ada pula yang mengatakan bahwa jumlahnya bahkan mencapai 114 ribu orang. Sebelumnya, mereka telah datang dari berbagai penjuru Jazirah Arab ke Madinah sejak mengetahui benar jika Nabi Muhammad Saw telah menetapkan akan melaksanakan ibadah  haji pada bulan itu. Mereka datang sebagai saudara seiman. Antar satu sama lain juga terpautkan rasa kasih sayang dan keikhlasan hati. Tak ada perbedaan yang menjadi pembeda, semuanya sama kala itu. Kemudian Nabi Muhammad Saw dan umat muslim melakukan miqat terlebih dahulu di Zul-Hulaifah (Bir Ali). Di sana lah, Nabi Muhammad Saw beserta umat muslim yang memebersamai menginap selama satu malam. Keesokan harinya, Nabi Muhammad Saw mengenakan pakaian ihram dan umat muslim yang bersamanya pun mengikutinya.

Selanjutnya, Nabi Muhammad Saw memulai dengan mengucapkan talbiyah dan diikuti pula oleh umat muslim yang berada di belakangnya. Begitu banyak manusia menyusuri jalanan antara Madinah dan Masjid al-Haram itu. Wajah mereka memancarkan cahaya iman dan kebahagiaan. Pada hari keempat bulan Dzulhijjah, Nabi Muhammad Saw dan rombongan umat muslim tiba di Makkah. Nabi Muhammad Saw segera menuju Ka’bah, diiringi umat muslim seluruhnya. Kemudian Nabi Muhammad Saw mengusap batu Hajar Aswad, lalu menciumnya. Seusai itu, Nabi Muhammad Saw melakukan tawaf di Ka’bah sebanyak tujuh kali putaran. Pada putaran yang pertama, Nabi Muhammad Saw berlari – lari kecil dan setelah itu berjalan biasa. Selepas melaksanakan shalat di Maqam Ibrahim, Nabi Muhammad Saw kembali dan sekali lagi mencium Hajar al-Aswad. Setelah itu, Nabi Muhammad Saw menuju ke Bukit Safa untuk menunaikan kegiatan sa’i yang dilakukan antara bukit Safa dan Marwah. Selanjutnya, Nabi Muhammad Saw menyeru umat muslim supaya barangsiapa yang tak membawa ternak kurban untuk disembelih, maka jangan terus mengenakan pakaian ihram.

Baca Artikel Lainnya :  Rekomendasi Travel Haji Plus Madinah Iman Wisata

Memasuki hari kedelapan Dzulhijjah atau Hari Tarwiyah, Nabi Muhammad Saw pergi ke Mina. Selama sehari semalam, Nabi Muhammad Saw tinggal dalam kemahnya. Setelah shalat subuh, disaat matahari mulai muncul, Nabi Muhammad Saw menunggangi untanya yakni al-Qaswa’ yang digunakan sebagai transportasi untuk menuju Bukit Arafah. Puluhan ribu manusia juga mengikuti dari belakang. Takbir dan talbiyah tetaplah bergema dan mengiringi. Tenda untuk Nabi Muhammad Saw sudah siap di Namirah yakni di sebuah desa sebelah timur Arafah. Pada saat mentari sudah tergelincir, Nabi Muhammad Saw dengan menaiki al-Qaswa’ melanjutkan perjalanan lagi hingga tiba di area Uranah. Di tempat inilah, Nabi Muhammad Saw memanggil jamaah sekalian. Maka segera berkumpulah umat muslim saat itu. Setelah mengucapkan puji dan syukur ke hadirat Allah, Nabi Muhammad Saw memulai kultumnya yang disebut juga sebagai pesan terakhir beliau kepada umatnya. Setelah khutbah panjang itu, Allah Swt kemudian  menurunkan wahyuNya yakni surah Al – Maidah ayat 3 yang artinya, “Pada hari ini telah Aku sempurnakan agamamu untukmu, dan telah Aku cukupkan nikmat-Ku bagimu, dan telah Aku ridhai Islam sebagai agamamu.”

Fasilitas Exclusive Haji Khusus

Fasilitas menjadi faktor penting penentu dan penunjang kenyamanan. Oleh karena itu, fasilitas tentunya sangat penting untuk diperhatikan. Dengan adanya fasilitas yang memadai tentu akan membuat semua orang menjadi nyaman. Hal inilah yang berkaitan erat dengan Haji plus. Haji Plus di hajiplus.id ini merupakan ibadah haji yang menyediakan fasilitas exclusive untuk para jamaah Haji Plus. Dengan penyediaan fasilitas yang exclusive ini tentunya akan membuat ibadah haji lebih terkesan nyaman. Karena, fasilitas yang didapatkan juga sesuai dengan harga yang diberikan yakni mengutamakan kenyamanan jamaah ialah faktor yang utama. Fasilitas yang di dapat pada saat menjadi jamaah Haji Plus meliputi, antara lain :

  1. Pengurusan Dokumen Visa & Surat Rekomendasi Keberangkatan

Pada saat hendak melaksanakan ibadah haji, tentunya ada beberapa hal penting yang harus dipersiapkan. Salah satunya hal yang harus dipersiapkan ialah terkait pengurusan dokumen visa dan surat rekomendasi keberangkatan. Namun, teruntuk sahabat Haji Plus yang telah mendaftar sebagai calon jamaah Haji Plus di hajiplus.id tak perlu khawatir. Sahabat Haji Plus tak perlu bingung untuk mengurus surat tersebut. Karena, pengurusan dokumen visa dan surat rekomendasi keberangkatan menjadi tanggung jawab pihak travel karena hal tersebut termasuk dalam fasilitas yang disediakan untuk Sahabat Haji Plus.

  1. Tenda Haji

Sahabat Haji Plus pasti mengerti perihal pentingnya kegunaan tenda haji bagi jamaah haji. Bagi sahabat Haji Plus yang hendak mendaftarkan diri sebagai calon jamaah Haji Plus, ini merupakan pilihan yang tepat. Karena di hajiplus.id ini menyediakan fasilitas yang lengkap serta nyaman untuk sahabat Haji Plus sekalian. Salah satu fasilitas yang disediakan dan tak kalah pentingnya ialah tenda khusus untuk Haji Plus. Tenda Haji ini tentunya sangat dibutuhkan jamaah haji yang ingin beristirahat sejenak seusai melakukan kegiatan ibadah haji. Bagi Sahabat Haji Plus yang mendaftar pelaksanaan ibadah haji dengan paket Haji Plus, maka Sahabat Haji Plus akan memperoleh fasilitas exclusive yakni tenda haji yang ber AC. Tentunya sangat mendukung kenyamanan Sahabat Haji Plus pada saat pelaksanaan ibadah haji di Tanah Suci.

  1. Tiket Pesawat Pulang – Pergi

Untuk melaksanakan ibadah haji, transportasi yang digunakan pada saat ini tentunya berbeda dengan zaman dahulu. Jika pada zaman dahulu menggunakan transportasi laut yakni menggunakan kapal, berbeda hal dengan saat ini. Saat ini, transportasi yang digunakan ialah pesawat yang memiliki waktu tempuh relatif singkat. Untuk Sahabat Haji Plus yang mendaftarkan diri sebagai jamaah Haji Plus, fasilitas pertama yang akan di dapatkan ialah tiket pesawat pulang pergi kelas ekonomi dengan menggunakan pesawat Saudi/ Etihad/ Qatar.

  1. Akomodasi Hotel Transit, Makkah dan Madinah

Fasilitas yang disediakan selanjutnya ini merupakan hal yang penting, karena akan menunjang kenyamanan jamaah pada saat proses ibadah haji. Karena tempat peristirahatan menjadi salah satu faktor penting yang harusnya diperhatikan. Apabila Sahabat Haji Plus mendaftarkan diri sebagai calon jamaah Haji Plus, fasilitas selanjutnya yang di dapat ialah akomodasi hotel yang nyaman untuk Sahabat Haji Plus sekalian. Hotel yang digunakan sebagai tempat peristirahatan untuk jamaah Haji Plus pada saat di Makkah ialah hotel Dar Al Gufran/ Swissotel / setaraf. Sedangkan hotel yang digunakan untuk tempat peristirahatn pada saat di Madinah ialah hotel Royal Inn/ Millenium Aqeeq/ Setaraf.

  1. Ziarah Makkah/ Madinah/ Jeddah

Fasilitas selanjutnya yang disediakan ialah ziarah Makkah/ Madinah/ Jeddah. Bagi sahabat Haji Plus yang hendak mendaftarkan diri sebagai calon jamaah Haji Plus tentunya akan mendapatkan fasilitas ini ketika proses pelaksanaan Haji Plus berlangsung.

  1. Makan 3 Kali Buffet Menu Indonesia

Bagi Sahabat Haji Plus, makanan tentunya menjadi salah satu kebutuhan yang dipenuhi. Namun sayangnya, tak semua lidah mampu menerima cita rasa lain selain masakan Indonesia. Nah, bagi sahabat Haji Plus yang hendak mendaftarkan diri sebagai calon jamaah Haji Plus tak perlu khawatir. Karena, jika sahabat Haji Plus melaksanakan haji dengan menggunakan travel hajiplus.id maka fasilitas makan 3 kali buffet menu Indonesia pun akan menjadi fasilitas yang disediakan. Sehingga, sahabat Haji Plus tak perlu repot memikirkan makanan yang hendak disantap. Karena penyediaan makanan ini telah menjadi salah satu fasilitas yang disediakan untuk jamaah Haji Plus.

  1. Bus AC

Selain penginapan sebagai tempat istirahat yang menunjang kenyamanan ada hal lain lagi yang menunjang kenyamanan jamaah haji, yakni transportasi. Transportasi yang disediakan khusus jamaah Haji Plus ialah Bus ber AC. Bus ber AC ini tentunya akan membuat jamaah Haji Plus merasa nyaman dan tidak merasa gerah. Dengan tersedianya fasilitas yang nyaman seperti ini, tentunya jamaah Haji Plus dapat melaksanakan proses ibadah haji dengan nyaman dan tentram.

  1. Air Zam – Zam 5 L

Air zam – zam merupakan air yang selalu diburu oleh para jamaah haji. Air zam zam ini biasanya juga digunakan sebagai oleh – oleh untuk keluarga atau sanak saudara yang berada di kampung halaman. Namun , tahukah sahabat Haji Plus? Bahwa jamaah Haji Plus yang terdaftar di hajiplus.id akan mendapatkan fasilitas berupa air zam zam sebanyak 5 Liter.

  1. Tour Leader/ Tour guide/ Pembimbing/ Manasik Haji

Dalam sebuah biro perjalanan khususnya travel untuk haji pastinya sudah ada tour leader yang disediakan. Hal ini untuk mempermudah para jamaah dalam mengetahui keberadaan lokasi yang sedang disinggahi saat ini. Selain untuk mengetahui keberadaan tempat yang disinggahi, sahabat haji Plus juga dapat menegtahui sekilas informasi seputar lokasi tersebut yang biasanya disampaikan oleh tour leader.

  1. Perlengkapan Ibadah Haji

Persiapan yang matang tentunya sangat dibutuhkan pada saat sebelum keberangkatan ibadah haji. Salah satu persiapan yang penting untuk diperhatikan ialah perlengkapan ibadah haji. Ada beberapa perlengkapan ibadah haji yang harus dibawa untuk menunjang proses pelaksanaan ibadah haji yang dilakukan nantinya. Namun, bagi Sahabat Haji Plus tak usah risau perihal perlengkapan ibadah haji apa saja yang harusnya dibawa. Karena apabila sahabat Haji Plus telah mendaftarkan diri sebagai calon jamaah Haji Plus di hajiplus.id, maka perlengkapan ibadah haji menjadi tanggung jawab pihak travel hajiplus.id. Sehingga, sahabat Haji Plus tak perlu bingung untuk memikirkan perlengkapan yang hendaknya dibawa. Karena perlengkapan ibadah haji tersebut telah menjadi fasilitas yang disediakan bagi para jamaah Haji Plus hajiplus.id.

Baca Artikel Lainnya :  Cara memilih Travel Haji Plus Terbaik

Inilah informasi terkait Haji Khusus Kemenag. Nah, Bagi sahabat Haji Plus yang hendak membaca informasi penting lainnya terkait haji, sahabat Haji Plus dapat mampir dan memperoleh informasinya secara gratis di website resmi hajiplus.id. Dengan mempelajari dan mengantongi informasi yang cukup sebelum melaksanakan ibadah haji, insyaallah dapat menjadikan Sahabat Haji Plus sekalian lebih siap dalam mempersiapkan segala sesuatu untuk proses ibadah haji. Semoga, bagi sahabat Haji Plus yang berniat untuk melaksanakan ibadah haji, semoga segera terlaksana. Dan bagi sahabat Haji Plus yang masih bingung untuk menentukan jasa travel yang hendak dipilih, sebaiknya tak perlu khawatir. Karena Annur Maarif hadir untuk melayani pemberangkatan para jamaah Haji plus dengan kualitas yang tak perlu diragukan lagi. Apabila sahabat Haji Plus berminat untuk mendaftar sebagai calon jamaah Haji Plus di Annur Maarif, silahkan hubungi di kontak yang tertera pada website hajiplus.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *