Daftar Haji Plus untuk Sendiri dan Keluarga

Daftar Haji Plus untuk Sendiri dan Keluarga

Daftar Haji Plus untuk Sendiri dan Keluarga

Haji Plus dan Haji Furoda di Jakarta
Haji Plus dan Haji Furoda di Jakarta

Mekanisme daftar Haji Plus untuk sendiri dan keluarga kiranya penting diketahui oleh segenap Keluarga Haji yang telah berniat atau berkeinginan pergi ke Tanah Suci tidak lewat paket Haji Reguler. Seperi diketahui, Haji plus berbeda dengan Haji Reguler atau haji biasa. Haji Plus merupakan penyelenggaraan haji yang dilakukan oleh pihak swasta seperti biro travel Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) yang mendapatkan izin resmi dari Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia (RI).

Seperti namanya, Haji Plus punya “plus” atau kelebihan tersendiri dibanding penyelenggaraan Haji Reguler. Salah satu kelebihan Haji Plus yang paling jelas terlihat adalah masa tunggu pemberangkatan yang bisa jauh lebih singkat daripada Haji Reguler. Apabila waktu tunggu Haji Reguler rata-rata di Indonesia bisa lebih dari 15 tahun, waktu tunggu keberangkatan Haji Plus hanya 6-8 tahun. Jadi, apabila Keluarga Haji daftar Haji Plus untuk sendiri dan keluarga pada tahun 2022 ini, kemungkinan bisa berangkat pada 2027-2029.

Selain itu, dari segi fasilitas, Haji Plus juga dipastikan akan lebih unggul daripada Haji  Reguler. Misalnya saja, hotel yang disediakan biasanya akan lebih nyaman untuk ditempati, termasuk lebih dekat dengan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi dalam Paket Haji Plus. 

Lantas, bagaimana cara daftar Haji Plus untuk sendiri dan keluarga?

Keluarga Haji dapat mendatar Haji Plus untuk diri sendiri maupun mendaftarkan untuk orang lain atau anggota keluarga yang dicintai. Cara mendaftar Haji Plus di Tanah Air adalah lewat pihak swasta seperti biro travel PIHK. Secara garis besar, berikut adalah langkah-langkah mendaftar Haji Plus yang bisa disimak :

  1. Mengisi formulir pendaftaran yang disediakan oleh travel penyelenggara Haji Plus
  2. Siapkan passport asli yang masih berlaku minimal 6 bulan dan tertulis minimal 3 suku kata
  3. Siapkan fotokopi KTP, Kartu Keluarga (KK), akta kelahiran, ijazah
  4. Siapkan fotokopi buku nikah jika yang berangkat suami-istri
  5. Siapkan pas foto berwarna dan hitam putih
  6. Membayar uang muka atau DP minimal 4.500 dollar AS untuk mendapatkan nomor porsi. Setoran awal untuk mendaftar ditransfer ke rekening biro travel sesuai dengan biaya Haji Plus yang ditetapkan (rata-rata mencapai 9.000 dollar AS-12.000 dollar AS). Pihak dari travel yang akan menyetor dana tersebut ke Kemenag untuk mendapatkan Nomor Porsi antrean Haji Plus
  7. Setelah mendapatkan Nomor Porsi, calon jamaah haji menyerahkan semua berkas yang dibutuhkan kepada biro travel
  8. Pelunasan sisa harga paket Haji Plus setelah keluarnya Kepres tentang biaya penyelenggaraan haji tahun yang bersangkutan. Untuk waktu pelunasan, biasanya diberikan waktu sekitar 4-6 bulan.
Baca Artikel Lainnya :  Berapa biaya Haji ONH Plus 2021

Keluarga Haji perlu menyadari bahwa terkait harga paket Haji Plus, syarat, dan ketentuan keberangkatan Haji Plus di atas dapat berubah sewaktu-waktu karena berbagai sebab. Ini termasuk penyesuian terhadap peraturan dari Pemerintah Arab Saudi. Kepastian biaya Haji Plus sendiri akan diinformasikan pada tahun berjalan.

Soal pembatalan keberangkatan Haji Plus

Karena kondisi yang mendesak, Keluraga Haji bukan tidak mungkin tiba-tiba saja harus membatalkan perjalanan Haji Plus padahal sudah mendaftar. Ketika menghadapi situasi ini, Keluarga Haji biasanya memiliki kesempatan untuk pembatalan Haji Plus. Tapi, perlu dipahami bahwa, hal tersebut biasanya memiliki konsekuensi tersendiri. Berikut ini adalah beberapa ketentuan pembatalan Haji Plus yang kiranya penting dipahami:

  1. Calon jamaah yang membatalkan keberangkatan dikarenakan suatu hal apa pun, akan dikenakan biaya pembatalan 500 dollar AS sejak pendaftaran
  2. Biaya pembatalan 25 persen dari harga paket yang sudah dihitung ulang di tahun keberangkatan sampai dengan  tanggal 1 Rajab (penutupan setoran awal BPIH)
  3. Biaya pembatalan 50 persen dari harga paket yang sudah dihitung ulang di tahun keberangkatan sampai dengan tanggal 1 Syawal 
  4. Biaya pembatalan 75 persen dari harga paket yang sudah dihitung ulang di tahun keberangkatan sejak 2 Syawal sampai dengan 1 bulan sebelum keberangkatan
  5. Biaya pembatalan 85 persen dari harga paket yang sudah dihitung ulang di tahun keberangkatan sejak 2 minggu sebelum keberangkatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *