Daftar Haji Plus 2020

Daftar Haji Plus 2020

Daftar Haji Plus 2020

Daftar Haji Plus 2020
Daftar Haji Plus 2020

Setiap umat muslim diwajibkan untuk menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci Makkah jika mampu menjalankannya. Sahabat haji plus, kini telah banyak travel tour yang menyediakan paket perjalanan haji sehingga memudahkan para calon jamaah. Paket perjalanan haji bisa langsung Sahabat Haji Plus ambil dengan cara daftar haji plus 2020.

Pengertian Haji

Haji adalah rukum Islam yang kelima. Haji hukumnya wajib untuk mereka yang telah mampu menunaikannya, tapi ibadah haji tidak bisa ditunaikan menggunakan harta yang berasal dari perbuatan tidak halal. Ketika Sahabat Haji Plus merasa telah memiliki harta yang cukup untuk menunaikan rukun Islam kelima itu, maka sebaiknya jangan ditunda lagi. segera daftarkan diri Sahabat Haji Plus maupun keluarga untuk melengkapi kesempurnaan Islam. Kegiatan berhaji dilakukan di Tanah Suci Makkah pada setiap tahunnya. Haji dilaksanakan hanya sekali yakni di bulan terakhir dalam kalender Hijriah tepatnya 8 Dzulhijjah.

Macam-Macam Haji

  1. Haji Tamattu

Haji tamattu memiliki makna bersenang-senang. Makna bersenang-senang di sini bukan dalam artian hura-hura, namun kegiatan haji ini diawali dengan melakukan umrah terlebih dahulu di bulan-bulan haji. Setelah itu barulah mengenakan pakaian ihram kembali untuk melaksanakan rukun ibadah haji di tahun yang sama. Ibadah haji tamattu ini juga bisa dimaknai dengan ibadah haji yang dilakukan dalam bulan serta tahun yang sama tanpa pulang ke negeri asal terlebih dahulu. Jadi, ibadah haji ini merupakan serangkaian kegiatan ibadah yang disambung setelah umrah.

  1. Haji Ifrad

Ifrad berarti menyendiri. Umat muslim yang menjalankan haji ifrad adalah mereka yang bermaksud untuk menyendiri, baik itu menyendirikan haji maupun menyendirikan umrah. Hal yang lebih didahulukan adalah ibadah haji. Ketika Sahabat Haji Plus mengenakan pakaian ihram di Miqatnya maka Sahabat Haji Plus telah berniat untuk melaksanakan ibadah haji terlebih dahulu. Setelah melaksanakan ibadaha haji, maka Sahabat Haji Plus akan mengenakan ihram kembali guna melanjutkan ibadah umrah.

  1. Haju Qiran

Qiran bermakna menggabungkan dan menyatukan. Bercermin dari maknanya maka dapat dipastikan bahwa ibadah yang dilakukan dengan cara menggabungkan kegiatan haji dan umrah. Sahabat Haji Plus yang melaksanakan haji qiran akan mengenakan pakaian ihram sejak Miqat Makani dan melaksanakan seluruh rukun dan wajib hingga selesai. Haji ini memakan waktu yang lumayan lama karena And akan melakukan dua thawaf dan dua sa’i.

Baca Artikel Lainnya :  Haji Plus Non Kuota 2020

Keutamaan Haji

Keutamaan melaksanakan ibadah haji sangat banyak tertuang di dalam Al-Quran, di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Haji merupakan amalan yang paling afdhol.
  2. Jika ibadah haji tidak bercampur dengan dosa seperti syirik dan maksiat, maka Allah akan memberi balasan surga.
  3. Haji termasuk dalam ketegori jihad fii sabilillah yakni berjihad di jalan Allah.
  4. Haji akan menghapus segala kesalahan dan dosa-dosa yang telah dilakukan.
  5. Haji akan menghilangkan kefakiran dan dosa.
  6. Orang yang melaksanakan ibadah haji merupakan tamu Allah.

Apa yang dimaksud Haji Plus?

Haji plus atau bisa juga disebut haji ONH plus merupakan pelaksanaan ibadah haji dengan cara khusus di mana jamaah mendapatkan perlakuan istimewa secara teknis dibandingkan haji reguler. Haji plus akan lebih istimewa lagi jika Sahabat Haji Plus melaksanakannya dengan menggunakan visa Furoda. Namun harga haji visa Furoda lebih mahal apalagi ditambah dengan haji plus yang juga lumayan besar menghabiskan biaya.

Haji plus memiliki kelebihan pada saat masa tunggu keberangkatan yang lebih cepat, kemudian fasilitas penginapan, akomodasi serta konsumsi yang telah tersedia dan juga koordinasi kelompok yang lebih teratur. Maka tidak heran jika banyak jamaah lebih memilih haji plus dibandingkan haji reguler apabila dananya mencukupi.

. Visa furoda merupakan visa yang diberikan untuk tamu kehormatan dan juga pejabat di Indonesia
. Visa furoda merupakan visa yang diberikan untuk tamu kehormatan dan juga pejabat di Indonesia

Seperti yang kita tahu selama ini keberangkatan jamaah haji harus menunggu waktu yang lumayan lama yakni bisa puluhan tahun. Bahkan ada calon jamaah haji yang telah mendaftar, tapi tidak bisa berangkat karena lebih dulu dipanggil oleh yang Maha Kuasa. Jadi, bisa dibayangkan betapa susahnya mendaftar haji saat ini. Untuk sedikit memudahkan, pemerintah mengeluarkan aturan pelaksanaan haji plus di mana calon jamaah haji hanya perlu menunggu dalam jangka waktu maksimal 5 tahun.

Baca Artikel Lainnya :  Biaya Haji Plus 2020

Bagi sahabat haji plus yang ingin menggunakan visa furoda tentunya memperoleh kelebihan yang banyak. Visa furoda merupakan visa yang diberikan untuk tamu kehormatan dan juga pejabat di Indonesia. Visa ini hanya diberikan oleh negara Arab Saudi untuk negara yang memiliki hubungan baik dengannya. Indonesia merupakan salah satu negara yang dibekali dengan visa furoda.

Haji furoda ini sebenarnya ialah satu-satunya program haji non kuota yang sah serta terdaftar dalam kuota calon jamaah haji oleh pemerintah kerajaan Arab Saudi. Haji dengan program ini sedang menjadi pro kontra karena dinilai merebut tempat milik jamaah haji yang menggunakan visa non furoda. Melalui visa furoda, Sahabat Haji Plus tidak lagi perlu mengantre seperti calon jamaah yang mendaftar melalui haji reguler dan haji plus. Jika jamaah haji kuota pemerintah RI seperti biasanya berada di bawah tanggung jawab negara Indonesia itu sendiri, maka jamaah haji visa furoda dipantau langsung oleh Kerajaan Arab Saudi.

Cara Daftar Haji Plus

Sahabat haji plus, Sahabat Haji Plus bisa melaksanakan ibadah haji melalui program haji plus dengan mengikuti berbagai persyaratan. Sahabat Haji Plus harus lebih dulu memenuhi syarat untuk bisa mendaftar haji plus seperti sehat jasmani dan rohani, mengisi formulir pendaftaran serta melengkapi semua berkas identitas pribadi. Berkas tersebut adalah KTP, KK, surat nikah, paspor internasional dan pas foto sesuai ketentuan yang diajukan oleh pihak travel tour haji.

Sahabat haji plus juga harus membayar uang muka terlebih dahulu dan sisanya bisa bisa dilunasi setelah pengumuman resmi dari pemerintah. Perhatikan juga travel tour haji yang telah mendapatkan izin resmi dari Kementerian Agama Republik Indonesia.

Baca Artikel Lainnya :  Haji Furoda Surabaya 2020

Langkah-langkah pendaftaran haji plus dapat Sahabat Haji Plus ikuti seperti berikut:

  1. Pilihlah travel tour haji plus terpercaya dan memiliki izin resmi dari Kementerian Republik Indonesia.
  2. Buka tabungan haji dengan mata uang dollar pada bank-bank syariah yang disarankan oleh pemerintah guna menyetor tabungan berupa sejumlah uang muka yang juga telah ditetapkan. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan nomor porsi haji plus.
  3. Setelah Sahabat Haji Plus mendapatkan nomor porsi haji plus, untuk selanjutnya hanyalah perlu menunggu kepastian terkait jadwal keberangkatan. Perjalanan yang sahabat haji plus lakukan merupakan perjalanan jauh sehingga dibutuhkan kesehatan jasmani dan rohani. Sembari menunggu, Sahabat Haji Plus bisa mempersiapkan kesehatan agar ketika di Tanah Suci nanti bisa melakukan semua rukun wajib dan menjadi haji mabrur.
  4. Calon jamaah haji plus dapat melakukan pelunasan biaya dalam jangka waktu sekitar 4 bulan setelah mendapatkan kepastian jadwal berangkat.
Usahakan jangan membawa barang yang tidak perlu karena di sana bukan untuk bermewah-mewahan, melainkan untuk beribadah dengan keadaan sewajarnya.
Usahakan jangan membawa barang yang tidak perlu karena di sana bukan untuk bermewah-mewahan, melainkan untuk beribadah dengan keadaan sewajarnya.

Apakah Sahabat Haji Plus tertarik untuk daftar haji plus 2020? Jangan lupa memilih travel tour yang terpercaya. Siapkan juga segala keperluan yang akan di bawa. Usahakan jangan membawa barang yang tidak perlu karena di sana bukan untuk bermewah-mewahan, melainkan untuk beribadah dengan keadaan sewajarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *