Cek Porsi Haji Plus dan Haji Reguler, Begini Caranya

Cek Porsi Haji Plus dan Haji Reguler, Begini Caranya

Cek Porsi Haji Plus dan Haji Reguler, Begini Caranya

Setiap calon jemaah haji, baik Haji Reguler maupun Haji Plus kiranya penting untuk mengetahui cara cek nomor porsi keberangkatan haji. Dengan begitu, calon jemaah haji bisa menjadi tahu perkiraan waktu pada tahun berapa akan mulai diberangkatkan ke Tanah Suci. Seperti diketahui, jadwal keberangkatan haji bisa berubah karena sejumlah faktor, seperti pengurangan maupun penambahan kuota haji bagi Indonesia, termasuk situasi pandemi Covid-19. Nomor porsi yang terdiri dari 10 digit angka akan diberitakan ketika calon jemaah haji telah membayar setoran awal di bank penerima setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) Nomor tersebut tertera dalam bukti setoran awal. Sebenarnya tidak terlalu sulit bagi calon jemaah haji untuk dapat mengetahui perkiraan waktu keberangkatan haji ke Mekkah ketika sudah mengantongi nomor porsi. Calon jemaah haji kini bisa memantaunya secara online melalui situs web Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia (RI) atau lewat aplikasi.

Cara cek jawal keberangkatan haji lewat website Kemenag

Kemenag telah menyediakan fitur cek nomor porsi melalui situs web yang dapat diakses melalui ponsel maupun komputer. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Siapkan nomor porsi yang telah diperoleh
  2. Buka alamat situs https://haji.kemenag.go.id/v4/
  3. Skrol ke bawah sampai menemukan bagian “Perkiraan Berangkat”
  4. Isi nomor porsi yang dimiliki dalam kolom yang tersedia
  5. Klik “CARI” untuk melihat data perkiraan keberangkatan

Dalam bagian tersebut, Kemenag telah mencantumkan sedikitnya empat diclaimer yang penting diketahui oleh para calon jemaah haji.

  1. Perkiraan keberangkatan dapat berubah sesuai perubahan kuota provinsi/kab/kota/haji khusus dan perubahan regulasi
  2. Perkiraan keberangkatan hanya dihitung untuk jemaah yang belum batal atau belum berangkat
  3. Selama masa operasional haji, dilakukan perubahan tahun awal menjadi tahun berikutnya untuk antisipasi jemaah yang akan berangkat. Selesai masa operasional, perkiraan berangkat semua jemaah dalam status poin 2 dimulai dari musim haji berikutnya
  4. Jika nomor porsi anda mundur pada masa operasional haji, silakan cek kembali setelah masa operasional haji
Baca Artikel Lainnya :  Haji Langsung Berangkat 2023

Cara cek jawal keberangkatan haji lewat aplikasi

Nama aplikasi yang bisa digunakan untuk cek jadwal keberangkatan haji adalah “Haji Pintar”. Berikut ini cara cek jadwal perkiraan keberangkatan haji yang bisa dilakukan lewat aplikasi tersebut :

  1. Buka Play Store di HP dengan sistem operasi Android
  2. Cari dan install aplikasi “Haji Pintar”
  3. Buka aplikasi
  4. Pilih menu “Estimasi Keberangkatan”
  5. Masukkan 10 digit nomor porsi keberangkatan haji
  6. Klik Submit, maka aplikasi akan menampilkan informasi dasar seperti nomor porsi, nama, tahun perkiraan keberangkatan, asal kota atau kabupaten, jumlah kuota provinsi, dan posisi porsi pada kuota provinsi

Khusus jemaah Haji Plus

Bagi calon jemaah Haji Plus yang ingin cek nomor porsi untuk perkiraan berangkat ke Tanah Suci, dapat meminta bantuan kepada travel penyelenggara. Haji Plus atau Haji Khusus berbeda dengan Haji Reguler. Haji Plus adalah penyelenggaraan haji yang dilakukan oleh pihak swasta yang telah ditunjuk dan diberikan izin oleh Kemenag RI. Sedangkan, Haji Reguler adalah penyelenggaraan haji yang dilakukan oleh pemerintah melalui Kemenag RI. Masa tunggu pemberangkatan Haji Plus juga berbeda dengan Haji Reguler. Travel Haji Plus

Meski berdasarkan Undang-Undang (UU) Nomor 9 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Haji dan Umrah, kuota Haji Khusus ditetapkan hanya 8 persen dari kuota haji nasional, masa tunggu keberangkatan Haji Plus dipastikan akan lebih singkat daripada Haji Reguler. Antrean Haji Plus kurang lebih hanya sekitar 6-8 tahun atau jauh lebih singkat daripada Haji Reguler yang saat ini rara-rata nasionalnya di Indonesia mencapai 15 tahun lebih.

Artikel :Cek Porsi Haji Plus dan Haji Reguler, Begini Caranya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *