Biaya Haji Plus Kemenag

Biaya Haji Plus Kemenag

Biaya Haji Plus Kemenag

Tampaknya Sahabat Haji Plus juga telah menyadari bahwasannya ibadah haji menjadi kewajiban untuk dilaksanakan bagi umat islam yang mampu. Syarat mampu dalam ibadah haji yang dimaksud ialah seseorang yang sehat fisiknya dan memiliki harta yang cukup untuk bekal dalam perjalanan tanpa menyusahkan diri, tak ada penyakit yang menghalangi, tak ada kemalasan atau musuh yang merintangi serta tidak lemah untuk berjalan sehingga tidak mengganggu proses ibadah haji. Sahabat Haji Plus pastinya telah mengerti, bahwa seluruh umat muslim pastinya ingin berangkat dan melaksanakan ibadah ke tanah suci karena termasuk dalam kewajiban (bagi yang mampu). Kewajiban yang harus dilaksanakan seumur hidup sekali bagi yang mampu inilah yang membuat para jamaah yang ingin mendaftarkan diri sebagai calon jamaah haji berupaya untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin. Karena dengan mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin tentunya calon jamaah menjadi lebih siap dan menunjang kelancaran pada saat beribadah di tanah suci yang sesuai dengan Sunnah dan petunuk Rasulullah SAW. Bagi sahabat Haji Plus yang telah merasa mampu dan hendak mendaftarkan diri untuk menjadi calon jamaah haji, hendaknya segera mendaftarkan diri ke jasa travel pilihan Sahabat Haji Plus sekalian. Namun, yang perlu diingat ialah pastikan bahwa Sahabat Haji Plus sekalian tak salah memilih jasa travel. Karena apabila Sahabat Haji Plus sampai salah memilih jasa travel, tentunya Sahabat Haji Plus akan merasa rugi dan pastinya akan kecewa. Oleh karena itu, pilhlah jasa travel yang telah terpercaya dan berpengalaman di bidangnya seperti Annur Maarif Travel. Apabila Sahabat Haji Plus hendak mendaftar paket Haji Plus, Sahabat Haji Plus dapat percayakan pada Annur Maarif Travel sebagai jasa Travel Haji Plus yang terpercaya dan berpengalaman. Biaya Haji Plus tentunya berbeda dengan haji reguler pada umumnya. Nah, teruntuk Sahabat Haji Plus yang penasaran terkait informasi seputar Biaya Haji Plus Kemenag, yuk simak informasi di bawah ini.

Berapakah Biaya Pelaksanaan Paket Haji Plus?

Bagi Sahabat Haji Plus yang berencana untuk segera menunaikan ibadah haji pastinya sedang mencari informasi terkait seputar pendaftaran program haji yang tanpa menunggu waktu lama. Nah, dengan Sahabat Haji Plus memilih program paket Haji Plus, Sahabat Haji Plus dapat menunaikan ibadah haji lebih cepat dibandingkan saat Sahabat Haji Plus mendaftar program Haji Reguler. Mengapa demikian? Karena pada saat Sahabat Haji Plus mendaftar sebagai calon jamaah Haji Plus, maka waktu tunggu keberangkatan Sahabat Haji Plus hanya sekitar 5 hingga 7 tahun saja. Akan tetapi, pada saat Sahabat Haji Plus memilih program Haji Reguler, Sahabat Haji Plus memiliki waktu tunggu sekitr belasan tahun hingga puluhan tahun. Tentunya dengan memilih program paket Haji Plus lebih cepat bukan? Oleh karena itulah, tak salah apabila Sahabat Haji Plus telah memilih program Haji Plus guna segera menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci.

Perihal Biaya, program Haji Plus ini memiliki biaya yang sedikit lebih tinggi dari program Haji Reguler. Namun, lebih rendah dari Haji Furoda. Untuk Sahabat Haji Plus yang menanyakan perihal biaya program Haji Plus, biayanya ialah sebesar 9000 USD. Dengan biaya tersebut, Sahabat Haji Plus sudah mendapatkan segala fasilitas, akomodasi serta pelayanan yang terbaik. Harga yang dibayarkan pun telah sepadan dengan segala fasilitas serta pelayanan yang diberikan. Sehingga, Sahabat Haji Plus tak perlu ragu lagi perihal fasilitas serta pelayanan yang diberikan. Karena fasilitas, akomodasi serta pelayanan yang diberikan telah dipastikan membuat jamaah haji menjadi nyaman. Dengan kenyamanan tersebut, tentu akan berdampak pada kelancaran jamaah haji yang menjalankan ibadah haji dengan lancar. Bagaimana? Tertarik untuk mendaftar.

Beberapa Tempat Istimewa di Tanah Suci

Sahabat Haji Plus perlu mengetahui bahwa di Tanah Suci terdapat banyak sekali situs tempat istimewa yang tentunya menyimpan berbagai cerita pada masa lampau. Dibalik berdirinya sebuah bangunan tersebut, ada sejarah yang menarik. Apa saja situs yang dianggap istimewa dan lekat dengan sejarahnya ini? Yuk simak informasi dibawah ini.

  1. Makam Al Baqi

Tempat bersejarah di Mekkah berikutnya adalah Makam Al-Baqi. Makam Al-Baqi ini merupakan pemakaman bersejarah yang terletak di Madinah. Al-Baqi sendiri secara harfiah berarti kebun pohon. Tempat ini mendapat banyak perhatian karena merupakan tempat dimakamkannya anak Nabi Muhammad bernama Ibrahim juga para sahabat nabi yang telah gugur. Makam Al-Baqi ini sudah mengalami dua kali pembongkaran yaitu pada 1806 dan 1926. Pembongkaran ini diprotes oleh Muslim Sunni dan Syiah sehingga diadakan rapat setiap tahun dan hari pembongkaran ini diperingati sebagai hari kesedihan bagi kaum Syiah.

  1. Perpustakaan Mekkah Al – Mukarrammah

Perpustakaan Mekkah Al – Mukarrommah ialah tempat bersejarah di Mekkah. Lokasi perpusatkaan Mekkah Al- Mukarrommah ini berada di sebelah timur Masjidil Haram. Perpustakaan ini letaknya tepat di sebelah timur area Sa’i. Pada bangunan perpustakaan tersebut tertulis Maktabah Makkah Al Mukarammah yang berarti Perpustakaan Mekkah Al Mukarramah. Bangunan perpustakaan ini dipercaya sebagai tempat tinggal Nabi Muhammad SAW. Penampakan dari luar gedung terdapat foto-foto yang menggambarkan suasana dan kondisi di dalam perpustakaan. Tentunya perpustakaan ini tak jauh berbeda pada perpustakaan pada umumnya. Hanya saja, perpustakaan Al – Mukarrommah ini menyimpan sejarah yang tak dimiliki oleh perpustakaan lain. Haji Plus

  1. Masjid Jawatha

Tempat bersejarah di Mekkah lainnya adalah Masjid Jawatha. Masjid Jawatha terletak di desa Al-Kilabiyah tepatnya di sebelah timur laut provinsi Jautha, Saudi Arabia. Meski jauh dari lokasi Tanah Suci, namun Masjid Jawatha memiliki keistimewaan .Masjid ini dikenal bersejarah karena pernah dijadikan tempat menyimpan Hajar Aswad. Pada waktu itu, Hajar Aswad pernah dicuri dari Mekkah oleh Kaum Qarmatians. Setelah Hajar Aswad didapatkan kembali oleh kaum Muslimin, batu tersebut akhirnya disimpan selama 22 tahun di Masjid Jawatha. Saat ini, meski struktur asli bangunan ini sudah rapuh, namun masih banyak jamaah yang berkunjung ke sana.

  1. Menara Abraj Al Bait

Menara Abraj Al Bait merupakan sebuah bangunan yang terletak di Kota Mekkah yang juga merupakan menara jam yang terdapat di Kompleks Abraj Al Bait. Menara ini memiliki tinggi 601 meter yang dipasang jutaan kaca mozaik dan terpancar keseluruh penjuru Mekkah. Menara Abraj Al Bait dikenal dengan Museum Menara Jam yang berisi edukasi mengenai alam semesta, galaksi, Matahari, Bulan juga Bumi serta metode menentukan waktu.

  1. Masjid Quba

Masjid Quba adalah lokasi ibadah pertama umat Islam yang dibangun Nabi Muhammad saat beliau hijrah ke Madinah. Masjid Quba dibangun pada 1 Hijriah atau 622 Masehi di atas kebun kurma seluas 1200 meter persegi. Masjid Quba memiliki 3 pintu utama, dua pintu untuk masuk jamaah laki-laki, dan satu pintu untuk jamaah perempuan. Tempat ini memiliki keutamaan yakni siapapun yang mendatangi masjid ini dan salat di dalamnya, maka pahalanya sama seperti menjalankan ibadah umroh.

  1. Jabal Nur

Terletak di Kota Mekah, Jabal Nur merupakan salah satu tempat bersejarah di Mekkah yang sangat populer. Jabal Nur atau Gunung Cahaya ini memiliki sejarah Islam yang terkenal dalam gunung ini. Di puncak Jabal Nur, terdapat Gua Hira yang merupakan tempat Nabi Muhammad menerima wahyu dari Malaikat Jibril untuk pertama kalinya. Untuk mencapai Gua Hira, Sahabat Haji Plus yang ingin mengunjungi situs bersejarah ini harus jalan kaki atau hiking karena jalanan yang berbatu dan cukup kecil ukurannya.

  1. Jabal Tsur

Jabal Tsur atau Gunung Tsur ini juga dijadikan tempat bersejarah di Mekkah. Tentunya jabal Tsur ini sudah tidak asing lagi bukan di telinga sahabat haji plus sekalian? tentu saja tidak asing karena Jabal Tsur ini lekat sekali dengan sejarahnya yang selalu dikenang oleh umat muslim. Gunung setinggi 458 meter ini berada di selatan Kota Mekkah. Di puncak Gunung Tsur, terdapat Gua Tsur yang digunakan oleh Nabi Muhammad bersama Abu Bakar As-Shiddiq untuk bersembunyi dari kejaran kaum Quraisy selama perjalanan hijrah ke Madinah.

  1. Masjid Bilal bin Rabbah

Tempat bersejarah di Mekkah yang juga tidak boleh terlewatkan adalah Masjid Bilal bin Rabbah. Masjid Bilal bin Rabbah ini merupakan salah satu objek ziarah yang letaknya sangat dekat dengan Masjid Nabawi. Dinamakan Masjid Bilal bin Rabbah adalah karena konon katanya ini merupakan masjid yang menjadi tempat tinggal Bilal bin Rabbah selama di Madinah. Bilal bin Rabbah adalah Muadzin pertama yang memiliki kisah keteladanan tentang suatu perjuangan seorang budak pada zaman Nabi yang menjaga aqidah walau harus mempertaruhkan nyawa.

  1. Pabrik Al Kiswah

Banyak yang tak mengetahui perihal kain hitam menjuntai yang menutupi Ka’bah ini bernama Kiswah. Kain ini umumnya selalu diganti setiap tanggal 9 Dzulhijjah ketika jamaah haji beribadah di Bukit Arafah. Nah, tentu kain Kiswah yang diganti setiap tahun itu memiliki pabrik di mana kain itu dibuat. Pabrik Kiswah yang terdapat di Kota Mekkah, berlokasi di Old Mekah Jeddah Road dan buka pada Sabtu, Senin, dan Rabu mulai jam 9 hingga 12 siang. Di dalamnya Sahabat Haji Plus sekalian dapat melihat proses kain Kiswah diproduksi mulai dari kain diwarnai, ditenun, didesain, dicetak, disulam, hingga masuk laboratorium dan Kiswa dirakit.

Baca Artikel Lainnya :  Informasi Biaya Haji Plus

Alasan Mekkah Sebagai Tempat Terbaik di Bumi

Tahukah Sahabat Haji Plus dimanakah tempat terbaik yang ada di bumi? Tentunya Umat muslim banyak yang mengatakan bahwa tempat itu adalah Mekkah Al Mukarommah. Hal ini memang benar adanya, karena tak ada lagi tempat yang lebih baik daripada kota Mekkah di muka bumi ini. Terkait Antusiasme umat muslim juga terbilang sangatlah tinggi untuk mengunjungi kota ini. Bagaimana tidak, banyak keutamaan ibadah yang bisa dicapai di tanah suci ini. Karena itulah, banyak sekali jasa travel yang menyediakan aneka ragam paket ibadah haji untuk Sahabat Haji Plus sekalian.  Di Mekkah inilah terdapat Ka’bah yang di dalamnya adalah kiblat dari umat muslim di seluruh penjuru dunia. Di sinilah tempat dilahirkannya Nabi Muhammad Saw. Di kota Mekkah pula inilah penyebaran agama islam dimulai. Sebab itulah, kota ini memiliki sejarah yang sangat dirindukan bagi seluruh umat islam. Terlebih terkait kisah dan sejarah tentang Rasulullah Saw yang banyak terukir disini.  Secara geografis letak kota Mekkah berjarak sekitar 600 Km dari kota Madinah.  Tepat di sebelah timur laut, kota ini berbatasan dengan kota Jeddah yang jaraknya kurang lebih 200 Km. Selain itu, kota ini juga dikelilingi oleh 2 gunung, yaitu gunung Aqu Qubais dan gunung Qa’qa’an. Dapat dikatakan bahwa kota Mekkah ini terletak di sebuah lembah yang tidak terlalu luas.

  1. Seluk beluk dan Keutamaan Kota Mekkah

Tak bisa dipungkiri bahwa kota Mekkah tentunya memiliki banyak keutamaan. Sebagai kota yang menjadi kiblat peradaban umat muslim di seluruh dunia, kota Mekkah pastinya memiliki banyak keistimewaan. Beribadah di tanah suci tentunya berbeda dengan beribadah di tempat lain. Karena saat Sahabat Haji Plus melaksanakan ibadah di Tanah Suci, maka akan banyak sekali keistimewaan yang Sahabat Haji Plus dapatkan. Tak hanya suasananya saja, melainkan lokasi yang ada sangat mendukung untuk melakukan ibadah lebih khusyuk. Keistimewaan dan pahala berlipat tersebut bisa Sahabat Haji Plus dapatkan ketika melakukan ibadah di kota ini. Tahukah Sahabat Haji Plus bahwa banyak sekali keutamaan lain di kota Mekkah, antara lain Negeri yang paling dicintai oelh Allah Swt, kota yang selalu dilindungi serta diberkahi oleh Allah Swt, dipilihnya kota Mekkah untuk diletakkannya Ka’bah, tak dapat dimasuki oleh Dajjal, Saat melakukan shalat di Masjidil Haram pahalanya setara dengan 100.000 kali sholat di tempat lain serta diperbolehkan untuk sholat dan thawaf di Masjidil Haram kapanpun. Kurang lebih seperti itulah keutamaan di kota Mekkah. Sahabat Haji Plus dapat membayangkan apabila melakukan sholat berjamaah di Masjidil Haram. Tentunya pahala yang akan di dapatkan oleh Sahabat Haji Plus berkali – kali lipat lebih banyak dari tempat lain. Masyaallah..

  1. Lebih Dekat Dengan Mekkah dan Sejarahnya

Melihat sekilas terkait sejarah Kota Mekkah dapat dipastikan bahwa Sahabat Haji Plus akan memulainya dengan membahas tentang sejarah Nabi Ibrahim AS. Diceritakan dari berbagai sumber bahwa Nabi Ibrahim AS melakukan perjalanan dari Syam ke sebuah tanah gersang yang tidak ditumbuhi tanaman. Disinilah Nabi Ibrahim AS memulai dakwah tauhid dan menyebarkan ajaran agama islam. Disini pula lahir keturunan dari beliau. Meskipun berada di tanah gersang, tempat ini selalu dirindukan seluruh umat muslim dan menjadi dambaan. Bisa jadi karena Allah menurunkan berkah atas doa dari Nabi Ibrahim AS seperti berikut ini.

Baca Artikel Lainnya :  Haji Plus dan Haji Furoda di Surabaya

“Ya Tuhan kami, sesungguhnya aku telah menempatkan sebahagian keturunanku di lembah yang tidak mempunyai tanam-tanaman di dekat rumah Engkau (Baitullah) yang dihormati, ya Tuhan kami (yang demikian itu) agar mereka mendirikan shalat, maka jadikanlah hati sebagian manusia cenderung kepada mereka dan beri rezekilah mereka dari buah-buahan, mudah-mudahan mereka bersyukur.” (QS. Ibrahim: 37)

Selepas Nabi Ibrahim AS melaksanakan perintah dari Allah untuk menetap dan berdakwah di dalam tanah suci ini. Kepengurusannya pada kota Mekkah pada akhirnya diserahkan kepada sang anaknya yakni Nabi Ismail AS. Nabi Ismail yang mempunyai 12 orang anak juga memerintahkan semuanya untuk merawat Ka’bah, mengajari manasik haji serta membimbing para jamaah dengan ajaran tauhid. Hingga saat ini, Mekkah masih menjadi pusat peribadatan umat muslim di seluruh dunia. Sebagai kiblat umat muslim,  ada beberapa fakta menarik terkait kota Mekkah. Fakta yang menarik ini salah satunya ialah sebuah penemuan yang digagas oleh Prof. Hussain Kamel, Kepala Bagian Ilmu Ukur Bumi di Universitas Riyadh Saudi Arabia.  Beliau menemukan bahwa ternyata Mekkah adalah sebenar – benarnya pusat dari bumi. Dengan melakukan pengkuran terhadap ketujuh benua terhadap kota Mekkah, Prof. Hussain menemukan bahwa Mekkah terletak di pusat bumi. Bahkan jarak antara kutub utara dan selatan dengan kota ini pun sama persis. Tak hanya itu, ditemukan pula lempengan – lempengan bumi  bergerak mengelilingi kota Mekkah. Seolah lempengan – lempengan ini terus menunjuk ke Mekkah. Luar biasa sekali bukan?

Masjidil Haram Sebagai Bangunan Berkelas di Dunia

Sepertinya tak salah apabila banyak orang yang mempercayai bahwasannya Masjidil Haram menjadi salah satu masjid dengan bangunan termewah dan termahal yang ada di dunia. Sahabat Haji Plus mungkin mengetahui jika saat ini banyak yang berlomba – lomba membangun gedung dan istana yang akan menjadi simbol negara di mata dunia. Biayanya yang fanatastis hingga ratusan bahkan jutaan trilyun digelontorkan untuk meraih keinginan yang sangat luar biasa. Pada umumnya, hampir di setiap negara terdapat bangunan atau landmark yang menjadi ciri khas. Akan tetapi, tak semua bangunan tersebut masuk dalam kategori bangunan dengan harga yang sangat bernilai. Banyak lembaga berdiri untuk memberikan penilaian dan peringkat bangunan dengan nilai termahal di dunia. Dan peringkat pertama ini jatuh kepada Masjidil Haram di Makkah yang sebagai pusat ibadah umat Islam sedunia. Bangunan Masjidil Haram yang juga kompleks peribadatan terbesar di dunia ini menyingkirkan berbagai bangunan atau landmark dunia. Seperti Burj Khalifa di Dubai, Marina Bay Sands di Singapura, One World Trade Center di Amerika termasuk Kasino terbesar The Cosmopolitan di Las Vegas. Masjid Al-Haram di Makkah telah menduduki puncak daftar sepuluh bangunan paling mahal di dunia dengan nilai sebesar 75 miliar poundsterling atau 100 miliar dolar AS. Beberapa media masa dunia menulis sebagian besar dari 20 bangunan termahal di dunia itu merupakan tempat wisata, hotel dan kasino, hanya Masjidil Haram-lah satu-satunya tempat ibadah dengan nilai bangunan termahal di dunia.

Baca Artikel Lainnya :  Harga Tanpa Antri 2023

Daftar teratas adalah Masjid Al-Haram, di Makkah, Arab Saudi. Tak hanya itu, istimewanya ialah dikenal sebagai Masjidil Haram atau Masjid Agung, dengan luas 356.800 meter persegi atau kira-kira lebih dari 88 buah lapangan sepak bola yang melayani selama 24 jam sehari. Muslim dunia memadati tempat ini untuk melakukan haji setiap tahun, sehingga diperlukan ruang yang cukup. Dengan nilai biaya hingga 100 miliar dolar AS. Selanjutnya urutan kedua dari bangunan dengan nilai termahal ialah pada Abraj Al Bait, menara jam terbesar di Makkah bersebelahan dengan Masjidil Haram dengan biaya ditaksir sekitar 15 miliar dolar AS. Disusul Resort World Sentosa senilai 6,59 miliar dolar dan Marina Bay Sands senilai 5,5 miliar dolar keduanya berada di Singapura. Kemudian kasino terbesar di dunia, The Cosmopolitan senilai 3,90 miliar dolar AS, One Wolrd Trade Center senilai 3,8 miliar dolar AS, Emirate Palaces di Abu Dhabi senilai 3 miliar dolar AS, disusul kasino Wynn Resort di Las Vegas, City of Dream dan Venetian Macao di Cina. The PrincesTower di Dubai, gedung bertingkat Antilla di Mumbai India, kasino The Palazzo dan Bellagio di Laz Vegas, Taipei 101 di Taiwan, European Central Bank di Jerman, Wembley Stadium di London, Yankee Stadium di New York, Burj Khalifa di Dubai dan Petronas Twin Towers di Kuala Lumpur. Wah, luar biasa sekali bukan?

Demikianlah informasi mengenai Biaya Haji Plus Kemenag yang dapat Sahabat Haji Plus jadikan bekal sebelum menjalani ibadah haji di Tanah Suci. Demikianlah informasi terkait Biaya Haji Plus Kemenag. Bagi Sahabat Haji Plus yang sedang merencanakan keberangkatan ibadah haji di tahun berikutnya. Bagi Sahabat Haji Plus yang berencana untuk segera melaksanakan ibadah haji, semoga diberikan kelancaran dalam segala persiapan yang dilakukan yakni baik persiapan secara materi maupun secara fisik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *