Biaya Haji Plus 2020 Dalam Rupiah

Biaya Haji Plus 2020 Dalam Rupiah

Biaya Haji Plus 2020 Dalam Rupiah

Biaya Haji Plus 2020 Dalam Rupiah
Biaya Haji Plus 2020 Dalam Rupiah

Naik haji merupakan kewajiban yang harus dilakukan bagi setiap orang muslim dan merupakan rukun Islam yang kelima. Naik haji hanya diwajibkan bagi yang sudah mampu, mampu secara jasmani dan rohani, mampu dalam hal keuangan, serta siap dalam segala hal. Haji plus dikenal sebagai haji yang biayanya mahal lengkap dengan fasilitas yang sangat bagus serta tidak perlu menunggu antrian karena lebih cepat dipanggil. Berikut biaya haji plus 2020 dalam rupiah yang perlu Anda ketahui.

Apa itu Haji Furoda?

Haji Furoda merupakan program haji satu-satunya non kuota yang legal disebut juga sebagai haji khusus, jumlah jamaah yang terbatas dan terdaftar dalam kuota haji oleh pemerintah Saudi Arabia. Haji Furoda tidak sama dengan haji reguler dan haji plus yang harus menggunakan visa haji untuk bisa akses ke tanah suci.

Namun untuk Haji Furoda memakai visa yang disebut Haji Visa Furoda. Biasanya setiap negara-negara muslim di luar kota haji dan setiap negara yang sudah ditentukan mendapatkan undangan khusus berhaji setiap tahun yang dikirimkan oleh pemerintah Saudi Arabia.

Mengenai berapa besar kuota haji, persyaratan yang seperti apa, pemerintah RI juga tidak mengerti karena pemerintah Arab Saudi sendiri yang menyediakannya untuk para tamu-tamu Allah. Jika tahun lalu yang memakai program Haji Furoda dan batal berangkat dikarenakan mereka memakai visa ummal atau visa ziarah. Untuk program haji ini adalah visa khusus yaitu Visa Furoda.

Perbedaan dari Program Haji Plus Reguler dengan Haji Plus Furoda

Adapun perbedaan dari program  Haji Plus Reguler dengan program Haji Plus Furoda ada beberapa poin sebagai berikut:

  1. Dari Segi Harganya

Tentu saja dari segi harganya untuk program Haji Plus Reguler harga penyelenggaraannya dengan harga jauh lebih murah dibandingkan dengan harga Haji Plus Furoda yang sangat mahal.

  1. Dari Segi Kuotanya

Dilihat dari segi kuotanya yang digunakan, program haji plus dan haji reguler menggunakan kuota haji pemerintah RI dan jumlahnya juga terbilang banyak. Sedangkan untuk program Haji Plus Furoda menggunakan kuota dari pemerintah Arab Saudi.

  1. Resiko yang didapatkan

Dari segi resikonya, untuk Haji Plus Reguler memiliki resiko yang lebih sedikit karena program haji yang sudah dijalankan dan diamati oleh pemerintah setiap tahun. Hal ini sangat berbeda dengan program Haji Plus Furoda. Apabila Anda menyewa jasa yang tidak kompeten dan tidak bertanggung jawab, maka akan sangat banyak resiko dan juga kerugian yang akan Anda dapatkan. Pilihlah jasa yang sudah  terpercaya.

Baca Artikel Lainnya :  Haji Khusus 2023

Persamaan dari Program Haji Plus Reguler dan Haji Plus Furoda

Mengenai persamaan program kedua haji, yaitu diselenggarakan oleh pihak swasta yang sudah berkompeten. Karena diselenggarakan oleh pihak swasta , maka layanan dan juga fasilitas yang didapatkan para jamaah akan diberikan dengan cara yang terbaik.

Kelebihan Haji Plus Furoda 2020

fasilitas yang diperoleh juga sama dengan para jamaah haji lainnya seperti ID dan tenda mina
fasilitas yang diperoleh juga sama dengan para jamaah haji lainnya seperti ID dan tenda mina

Kelebihan utama haji plus Furoda yang ditawarkan adalah tidak perlu menunggu karena sudah terdaftar langsung di tahun itu juga. Selain itu fasilitas yang diperoleh juga sama dengan para jamaah haji lainnya seperti ID dan tenda mina. Haji Furoda juga resmi tercatat sebagai jamaah haji yang terdaftar secara online (e-hajj).

Kelebihan selanjutnya, sangat mudah melalui pemeriksaan di pos-pos pemeriksaan atau di imigrasi untuk memasuki kota Mekkah. Lokasi penginapan dan fasilitas lainnya bisa ditingkatkan (di upgrade). Untuk waktu pelaksanaan haji akan disesuaikan dengan kebutuhan.

Biaya Haji Plus di Tahun 2020

Biaya haji plus 2020 dalam rupiah tentunya belum dapat dipastikan atau diperkirakan, hal ini berubah-ubah karena nilai tukar rupiah tidak pasti. Biaya haji bisa jadi naik atau turun, tetapi untuk harga yang naik sudah pasti susah untuk turun. Ada baiknya Anda menyediakan budget yang sesuai dengan haji plus saat ini.

Jika  Anda telah mengumpulkan dana dan harga haji akan naik nantinya maka tidak perlu dikhawatirkan lagi, karena dana untuk naik haji plus itu tidaklah sedikit bisa dikatakan USD 14.900 sekitar Rp 199.762.912 termasuk haji langsung berangkat. Dana haji plus akan dibayar nantinya setelah Anda mendapatkan kepastian keberangkatan haji.

Untuk mencari tahu kepastian yang lebih jelas Anda bisa melihat di internet atau bertanya kepada orang yang sudah naik haji saat ini, mengumpulkan uang saat ini mungkin Anda dapat naik haji dan bukanlah mimpi lagi. selain itu, fasilitas yang akan diterima oleh calon Jamaah Haji Plus dengan calon Jamaah Haji Furoda seimbang.

Baca Artikel Lainnya :  Haji Plus Non Kuota 2020

Seperti yang kita ketahui, bahwa pengeluaran biaya haji untuk program haji plus bisa 3 kali lipat harga yang harus dibayarkan. Maka untuk biaya program Haji Furoda tidak serupa dengan biaya program haji plus. Keistimewaan yang ditawarkan oleh Haji Furoda yaitu tanpa antri dan mungkin program Haji Furoda ini lebih menarik dibandingkan dengan Haji Plus.

Visa Haji Undangan Kerajaan

Visa haji undangan kerajaan sebetulnya ada 2 jenis. Haji Visa Furoda yang diberikan secara awam kepada para calon jamaah di setiap negara dan visa undangan yang sangat khusus untuk para tamu istimewa kerajaan. Untuk Visa Furoda, kita wajib untuk membayar paket program hajinya menyerupai dengan program Haji Reguler dan Haji Plus yakni membayar paket dengan kuota pemerintah.

Sementara untuk harga haji visa Furoda untuk tamu undangan kerajaan secara khusus dan istimewa, Visa Furodanya gratis. Segala biaya akan ditanggung oleh pemerintah Saudi Arabia. Namun, hanya orang-orang pilihan saja yang mendapatkan visa undangan kerajaan ini dan diberi keistimewaan.

Fasilitas yang Akan Didapatkan

Harganya memang terbilang mahal namun para jamaah haji akan memperoleh beberapa fasilitas yang bagus dan sangat membantu saat melakukan ibadah nantinya, tentu saja hal ini sangat membantu bagi Anda yang memiliki dana yang terbatas. Kelebihan haji plus Furoda dengan fasilitas yang sangat memuaskan membuat jenis haji ini semakin populer.

Adapun fasilitas umum yang didapatkan adalah seperti tiket pesawat pulang dan pergi untuk kelas ekonomi, akomodasi di Tanah Suci seperti menginap di tempat yang sangat nyaman, hingga makan dan minum.Tidak hanya itu, Anda akan memperoleh pembimbing yang sangat membantu saat melakukan ibadah sehingga Anda bisa beribadah dengan baik dan benar.

Baca Artikel Lainnya :  Berapa Biaya Haji Furoda 2023
Air zam-zam juga akan Anda dapatkan masing-masing sebanyak 1 liter. 
Air zam-zam juga akan Anda dapatkan masing-masing sebanyak 1 liter.

Untuk perjalanan juga mendapatkan bimbingan agar tidak mudah tersesat di Tanah Suci. Air zam-zam juga akan Anda dapatkan masing-masing sebanyak 1 liter.  Hal ini akan sangat membantu bagi Anda untuk menjadikan air ini sebagai kebutuhan atau dijadikan sebagai oleh-oleh.

Untuk harga haji visa Furoda fasilitasnya mulai dari tiket pesawat Saudi Airlines Ekonomi (Jakarta-Jeddah pulang pergi), pengurusan visa dan surat rekomendasi keberangkatan, penginapan selama berada di Arab Saudi, Hotel Mekkah (Marriot/setara), Hotel Madinah (Provenca Al-Sham atau setara), makan dan minum sebanyak 3 kali sehari selama di Tanah Suci, perjalanan menggunakan transportasi bus ber-AC, ziarah ke makam Nabi dan City Tour,  Air Zam-Zam, buku-buku manasik haji, serta tenda ber-AC saat berada di Arafah dan Mina.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *