Biaya Haji ONH Plus 2021 Dalam Rupiah

Biaya Haji ONH Plus 2021 Dalam Rupiah

Biaya Haji ONH Plus 2021 Dalam Rupiah

Hal utama yang terbilang penting saat hendak mendaftar ibadah haji ialah mempersiapkan biaya haji. Mempersiapkan biaya haji ini terbilang amat penting karena dengan biaya yang cukup, Sahabat Haji Plus dapat mendaftar program ibadah haji yang Sahabat Haji Plus kehendaki. Di Indonesia sendiri terdapat beberapa program haji yang dapat Sahabat Haji Plus pilih. Saat memilih program haji pun hendaknya Sahabat Haji Plus menyesuaikan dengan budget yang telah dipersiapkan. Hal ini tentunya bertujuan untuk memudahkan Sahabat Haji Plus dalam menunaikan ibadah haji tanpa memberatkan dengan pilihan tertentu. Ada beberapa program haji yang dapat Sahabat Haji Plus pilih yakni Haji Reguler, Haji Plus dan Haji Furoda. Bagi Sahabat Haji Plus yang ingin segera menunaikan ibadah haji dengan waktu tunggu keberangkatan lebih cepat serta biayanya yang ramah kantong, Sahabat Haji Plus dapat memilih Paket Haji Plus. Karena Haji Plus ini merupakan program haji khusus yang memiliki waktu tunggu keberangkatan lebih singkat dari Haji Reguler. Biaya Haji Plus pun terbilang masih ramah di kantong. Sehingga tak memebratkan bagi Sahabat Haji Plus yang ingin segera menunaikan ibadah haji. Teruntuk Sahabat Haji Plus yang berminat untuk mendaftar Haji Plus, Sahabat Haji Plus dapat langsung mendaftarkan diri ke Travel Haji Plus yang terpercaya dan berpengalaman di bidangnya. Bagi Sahabat Haji Plus yang ingin mengetahui informasi tentang Biaya Haji ONH Plus 2021 Dalam Rupiah, silahkan simak informasi dibawah ini.

Haji ONH Plus Yang Tak Menguras Kantong

Bagi Sahabat Haji Plus yang berencana untuk segera menunaikan ibadah haji pastinya sedang mencari informasi terkait seputar pendaftaran program haji yang tanpa menunggu waktu lama. Nah, dengan Sahabat Haji Plus memilih program paket Haji Plus, Sahabat Haji Plus dapat menunaikan ibadah haji lebih cepat dibandingkan saat Sahabat Haji Plus mendaftar program Haji Reguler. Mengapa demikian? Karena pada saat Sahabat Haji Plus mendaftar sebagai calon jamaah Haji Plus, maka waktu tunggu keberangkatan Sahabat Haji Plus hanya sekitar 6 hingga 8 tahun saja. Akan tetapi, pada saat Sahabat Haji Plus memilih program Haji Reguler, Sahabat Haji Plus memiliki waktu tunggu sekitr belasan tahun hingga puluhan tahun. Tentunya dengan memilih program paket Haji Plus lebih cepat bukan? Oleh karena itulah, tak salah apabila Sahabat Haji Plus telah memilih program Haji Plus guna segera menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci.

Perihal Biaya, program Haji Plus ini memiliki biaya yang sedikit lebih tinggi dari program Haji Reguler. Namun, lebih rendah dari Haji Furoda. Untuk Sahabat Haji Plus yang menanyakan perihal biaya program Haji Plus, biayanya ialah sebesar 9000 USD. Dengan biaya tersebut, Sahabat Haji Plus sudah mendapatkan segala fasilitas, akomodasi serta pelayanan yang terbaik. Harga yang dibayarkan pun telah sepadan dengan segala fasilitas serta pelayanan yang diberikan. Sehingga, Sahabat Haji Plus tak perlu ragu lagi perihal fasilitas serta pelayanan yang diberikan. Karena fasilitas, akomodasi serta pelayanan yang diberikan telah dipastikan membuat jamaah haji menjadi nyaman. Dengan kenyamanan tersebut, tentu akan berdampak pada kelancaran jamaah haji yang menjalankan ibadah haji dengan lancar. Bagaimana? Tertarik untuk mendaftar?

Tahapan Mendaftar Haji Plus

Setelah melakukan persiapan dari segi biaya dan dirasa cukup untuk biaya ibadah haji, sudah saatnya langkah selanjutnya yang dilakukan ialah mendaftarkan diri sebagai calon jamaah haji. Mendaftarkan diri sebagai calon jamaah haji merupakan suatu hal yang sangat dinanti. Karena memang ibadah haji merupakan impian bagi setiap umat muslim. Untuk pendaftaran haji ada beberapa program yang bisa dipilih yakni Haji Reguler, Haji Plus ataupun Haji Furoda. Sahabat Haji Plus dapat memilih sesuai dengan budget yang sudah dipersiapkan. Haji Reguler dengan Haji Plus memiliki perbedaan. Haji reguler merupakan haji yang diselenggarakan langsung oleh pemerintah melalui kementrian agama, sedangkan Haji Plus merupakan Haji mandiri yang diselenggarakan oleh pihak travel haji resmi dari kantor kementrian agama. Sehingga, dari segi biaya antara Haji Reguler dan Haji Plus memiliki tarif yang berbeda. Hal ini dikarenakan visa yang digunakan juga berbeda. Selain visa, perbedaan selanjutnya ialah Haji Plus tak perlu menunggu waktu yang lama untuk melaksanakan ibadah haji. Berbeda halnya dengan Haji Reguler yang identik dengan waktu tunggu keberangkatan yang lama hingga satuan tahun bahkan puluhan tahun. Fasilitas yang tersedia antara Haji Reguler dan Haji Plus pun tentunya berbeda. Untuk Fasilitas Haji ONH Plus, fasilitas yang di dapatkan merupakan fasilitas yang exclusive. Sehingga, Sahabat Haji Plus pun dapat memahami bahwa harga yang lebih tentu akan memberikan fasilitas yang setara pula. Bagi sahabat Haji Plus yang berminat untuk mendaftarkan diri sebagai calon jamaah Haji Plus, sahabat Haji Plus dapat mendaftarkan diri ke Satutours Travel. Perihal kenyamanan, tentu tak usah diragukan lagi. Pelayanan jasa yang diberikan tentunya mengutamakan kenyamanan jamaah Haji ONH Plus. Untuk sahabat Haji Plus yang hendak merencanakan untuk mendaftar sebagai calon jamaah Haji ONH Plus ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, salah satunya ialah cara mendaftar Haji ONH Plus tahun ini. Bagaimana caranya? Yuk simak informasi di bawah ini.

  1. Mengisi Formulir Pendaftaran Haji Plus

Pertama kali yang dilakukan untuk mendaftarkan diri sebagai calon jamaah Haji Plus ini ialah dengan cara mengisi formulir pendaftaran Haji. Dengan sahabat Haji Plus mengisi formulir pendaftaran haji berarti sahabat Haji Plus telah siap untuk menjadi jamaah Haji dan melaksanakan ibadah haji yang telah menjadi kewajiban umat islam bagi yang mampu. Pastikan Sahabat Haji Plus mengisi formulir dengan tepat ya. Karena formulir tersebut berisi identitas diri yang tentunya penting bagi sahabat Haji Plus yang hendak melaksanakan ibadah haji.

  1. Membayar Biaya Penyelenggaraan Sebesar 4000 USD/orang

Setelah mengisi formulir pendaftaran haji yang menandakan bahwa Sahabat Haji Plus telah siap untuk menjadi jamaah Haji Plus, langkah selanjutnya yang dilakukan ialah dengan membayar biaya penyelenggaraan ibadah haji melalui bank penerima setoran haji sebesar 4000 USD untuk mendapatkan nomor porsi. Mengapa demikian? Dengan membayar biaya penyelenggaraan ibadah haji melallui bank penerima setoran haji, ini menandakan bahwa sahabat Haji Plus memang sungguh untuk berangkat ke tanah suci untuk melaksanakan ibadah haji. Selain itu, sahabat Haji Plus tentunya sudah mengerti bahwa Haji Plus memerlukan visa khusus, oleh karena itulah membutuhkan biaya yang lebih ketimbang Haji reguler. Sehingga untuk mengurus visa tersebut uang muka yang disetorkan Sahabat Haji Plus sebagai jaminan bahwa Sahabat Haji Plus memang sungguh dan tak main – main.

  1. Membayar Uang Muka Pendaftaran ONH Plus

Tak berhenti sampai membayar penyelenggaraan saja, akan tetapi ada tahap selanjutnya yang hendak diselesaikan juga. Tahap selanjutnya ialah membayar uang muka pendaftaran ONH Plus melalui Kas Travel atau Bank Transfer sebesar 1000 USD. Teruntuk sahabat Haji Plus yang ingin segera menunaikan ibadah haji, hendaknya segera melakukan dan menyelesaikan persyaratan saat pendaftaran.

  1. Melunasan Paket Haji Sebelum Keberangkatan

Tahap selanjutnya setelah membayar uang muka pendaftaran ialah melunasi paket haji sebelum 1 ramadhan. Hal ini dikarenakan, ketika visa telah selesai di urus ini menandakan bahwa calon jamaah Haji Plus dapat segera berangkat ke tanah suci untuk melakukan ibadah haji yang telah di nanti – nanti. Oleh karena itu, apabila visa Haji plus telah keluar diharapkan calon jamaah Haji plus segera melunasinya. Agar Sahabat Haji Plus dapat segera menunaikan ibadah haji.

  1. Menyertakan Surat Keterangan Sehat dan Hasil Check Up

Sebelum melaksanakan ibadah haji pastinya sahabat Haji plus memastikan bahwa kondisi tubuh dalam keadaan sehat. Memastikan tubuh agar tetap sehat ini dengan cara melakukan check up kesehatan di rumah sakit. Setelah melakukan check up, sahabat Haji Plus dapat menyertakan hasil check up yakni berupa surat keterangan sehat dari rumah sakit. Tujuan dari pelaksanaan check up kesehatan sebelum berangkat ke tanah suci ialah supaya tubuh dapat dipastikan sehat agar selama proses pelaksanaan ibadah haji berlangsung dapat berjalan dengan lancar dan tanpa hambatan karena adanya penyakit yang sedang di derita.

  1. Menyerahkan Berkas – Berka Identitas

Penyerahan data – data penting seperti fotokopi KTP, surat nikah dan kartu keluarga ini merupakan hal yang penting. Karena data – data tersebut berfungsi untuk kelengkapan data diri yang digunakan untuk mengurus surat – surat penting seperti surat rekomendasi keberangkatan ataupun dokumen lain seperti visa.

  1. Menyerahkan Pas Foto Berwarna

Selain menyerahkan fotokopi KTP, surat nikah dan kartu keluarga. Penyerahan foto juga diperlukan untuk melengkapi data diri yang tercantum. Sebaiknya sahabat Haji Plus melengkapi data – data penting yang dibutuhkan dengan baik.

  1. Copy Pasport

Syarat pendaftaran yang terakhir adalah menyerahkan fotokopi passport untuk melengkapi berkas berkas sahabat Haji Plus sekalian. 

Baca Artikel Lainnya :  Biaya Haji Plus 2023

Keistimewaan Beribadah di Masjid Nabawi

Pada saat Sahabat Haji Plus berada di Tanah Suci untuk melaksanakan ibadah haji, maka jamaah haji akan melewati fase delapan atau sembilan hari di Madinah. Biasanya, Sahabat Haji Plus akan memliki keinginan untuk menunaikan shalat arbain di Masjid Nabawi. Bahkan beberapa Sahabat Haji Plus mungkin merasa bahwa ibadah tersebut bersifat wajib dalam rangkaian kegiatan ibadah haji. Padahal, shalat arbain ini tidak termasuk ke dalam rukun ibadah haji. Mengapa? Hal ini dikarenakan seluruh kegiatan haji berlangsung di Makkah, bukan di Madinah. Ketua Lembaga Dakwah Khusus LDK PP Muhammadiyah Muhammad Ziyad mengatakan bahwasannya shalat arbain merupakan shalat wajib sebanyak 40 kali yang dilakukan berturut – turut di Masjid Nabawi. Kata arbain memiliki arti 40. Oleh karena itu, shalat arbain bermakna shalat lima waktu dalam sehari yang dilakukan secara berjamaah di Masjid Nabawi, umumnya dilakukan selama 8 hari tinggal di Madinah. Teruntuk yang melakukan arbain, pastinya jamaah haji mengharapkan pahala dari sisi Allah. Dasar melakukan arbain adalah hadits Nabi SAW dari Anas bin Malik, “Barang siapa shalat di masjidku (Nabi Muhammad SAW) 40 shalat tanpa ada yang ketinggalan, maka dia dicatat bebas dari neraka, keselamatan dari siksaan dan bebas dari kemunafikan” (HR Turmudzi).

Akan tetapi, Ustaz Ziyad menuturkan bahwa kajian hadits tersebut perlu dicermati. Beliau menjelaskan bahwa sebagian ulama menyebut hadits itu sebagai dha’if (lemah). Kelemahannya terkait dengan nama perawinya, yaitu Nabith, yang tidak dikenal dalam hadits tersebut. Oleh sebab itu, menurutnya, hadits tersebut tak dapat dijadikan hujjah (dalil) yang kuat terhadap keharusan melakukan ibadah arbain. Tak hanya itu, berziarah ke Masjid Nabawi tentunya tak ada batasnya, jamaah haji bisa berziarah selama satu jam, satu hari, dua hari, atau bahkan lebih. Sehingga, tak ada aturan khusus untuk berapa lamanya waktu beribadah di Masjid Nabawi.  Ustadz Ziyad juga menjelaskan apabila terdapat seseorang yang melakukan shalat wajib sebanyak 40 kali di Masjid Nabawi, insya Allah memeroleh nilai pahala yang lebih besar dibandingkan dengan shalat 40 ribu kali di masjid selain Masjid Nabawi kecuali Masjid al-Haram, Makkah. Hal ini sebagaimana dinyatakan dalam sebuah hadits dari Abu Hurairah Ra, “Shalat di masjidku (Masjid Nabawi) lebih baik dari pada seribu shalat di masjid lainnya kecuali di Masjid al-Haram” (HR.Bukhari dan Muslim). Hadis shahih inilah yang hendaknya dijadikan dasar untuk meraih kebaikan atau pahala saat Sahabat Haji Plus ingin melaksanakan ibadah shalat di Masjid Nabawi. Dengan begitu, yang menjadi nilai keutamaannya ialah shalat di Masjid Nabawi dan bukan terletak pada arbain-nya. Apabila Sahabat Haji Plus dapat melaksanakannya lebih dari waktu arbain, tentunya akan lebih banyak lagi nilai pahala dan kebaikan yang dapat diraih. Di samping itu, hendaknya pada saat menunaikan ibadah sebaiknya Sahabat Haji Plus di dasari dengan niat ikhlas yang hanya mengharap ridha dari Allah SWT.

Baca Artikel Lainnya :  Biaya Haji Pus Surabaya

Masjid Al – Jin di Tanah Suci

Masjid Jin berlokasi di Kampung Ma’la yang terletak tak jauh dari kompleks pemakaman Kota Suci Makkah Al-Mukarramah sekitar 1 km dari Masjidil Haram. Masjid ini terdiri dari dua lantai dan diketahui memiliki luas sekitar 200 meter persegi. Masjid Jin menjadi salah satu tempat paling bersejarah di Tanah Suci yang sangat erat kaitannya dengan perkembangan dakwah Islam pada masa Nabi Muhammad Saw. Diketahui sejarah Masjid Jin yang berada di Makkah ini bermula dari peristiwa pertemuan antara Rasulullah Saw dengan serombongan jin terjadi ketika sedang mengadakan perjalanan menuju Pasar Ukkadz. Saat tiba di wilayah Tihamah, Rasulullah Saw melaksanakan Shalat Subuh yang menyebabkan terhalangnya berita – berita langit yang biasa dicuri oleh bangsa jin. Bangsa jin yang selalu nekat mencuri berita langit meskipun terkena lemparan bintang-bintang menyala. Karena kesal, bangsa jin berpencar ke seluruh penjuru bumi untuk mencari sumber penghalang tersebut. Serombongan bangsa jin tiba di wilayah Tihamah dan mendengar bacaan ayat Al-Qur’an Rasulullah Saw saat sedang melaksanakan Shalat Subuh.

Mendengar lantunan ayat Al – Qur’an membuat hati para bangsa jin bergetar, hingga mereka memutuskan untuk menjadi mualaf.Para bangsa jin kemudian turun dan menghadap Nabi Muhammad SAW. Kemudian Bangsa jin melakukan baiat suci untuk beriman kepada Allah SWT, mengikuti ajaran Islam serta menyebarkan agama Allah Swt dikalangan bangsanya. Karena peristiwa bersejarah inilah masjid ini dikenal dengan nama Masjid Jin. Peristiwa bersejarah tersebut diabadikan dalam Q.S. Al-Ahqaf ayat 29 – 32 dan menjadi latar belakang turunnya Surat Al – Jin dalam Al-Qur’an. Diketahui bahwa bangsa jin yang dahulu berbaiat suci kepada Nabi Muhammad Saw saat ini mendiami kubah Masjid Jin dan selalu berdzikir setiap saat dan memuji keagungan Allah Swt. Masjid Jin selalu menjadi destinasi wisata rohani yang paling banyak dikunjungi selain Masjidil Haram oleh jamaah haji saat di Tanah Suci.

Baca Artikel Lainnya :  Travel Haji Plus Surabaya

Keistimewaan Haji Mabrur

Sahabat Haji Plus tentunya mengerti perihal pelaksanaan ibadah haji yang menjadi penyempurna rukun islam yang kelima. Namun, untuk pelakasanaannya, ibadah haji ini memiliki syarat yang harus dipenuhi. Bagi umat muslim yang secara finansial cukup dan secara fisik mampu, memilikii hukum yang wajib untuk segera menunaikan ibadah haji. Tahukah Sahabat Haji Plus bahwa haji mabrur memiliki keistimewaan, keistimewaannya ialah disebutkan oleh Nabi Muhammad Saw dalam beberapa hadist yang berisi :

  1. Haji Mabrur Seperti Bayi Yang Baru Dilahirkan

Dari Abu Hurairah ra, bahwasanya ia berkata: Saya pernah mendengar Rasulullah saw : ” Barang siapa yang melakukan iabdah haji sedang dia tidak melakukan tindakan rafast ( melanggar aturan haji ) dan fasik, niscaya dia akan pulang ke kampungnya dalam keadaan bersih dari dosa-dosanya sebagaimana anak yang baru dilahirkan oleh ibunya ( HR. Bukhari dan Muslim )

  1. Haji Mabrur pahalanya adalah surga

Dari Abu Hurairah ra, bahwasanya Rosulullah saw bersabda : “ Umrah sampai umrah berikutnya merupakan kaffarat ( penebus dosa ) yang dilakukan antara keduanya , dan haji mabrur tidak ada pahalanya kecuali syuga ( HR Bukhari dan Muslim )

  1. Haji Mabrur lebih utama (bagi wanita) dari pada ikut berjihad di jalan Allah

Dari Aisyah ra, berkata bahwasanya ia pernah berkata : ” Wahai Rossulullah saw, kami melihat bahwa jihad merupakan amalan yang utama, bolehkan kami ikut berjihad ? Sabda Rosulullah saw : ” Akan tetapi saya tunjukkan amalan yang lebih utama dari jihad yaitu haji yang mabrur (HR. Bukhari)

Sahabat Haji Plus perlu mengetahui bahwa haji mabrur ini hanya akan diraih oleh orang umat muslim yang telah memenuhi syarat- syarat yang telah ditentukan oleh Allah dan RasulNya untuk dapat diterima amal ibadahnya, yaitu niat ikhlas hanya mencari ridha Allah dan sesuai dengan tuntunan Rasulullah Saw. Tak hanya itu, ibadah haji sebenarnya mengandung ajaran-ajaran tauhid yang saat ini banyak kaum muslimin yang tak memperhatikannya, padahal tauhid merupakan tujuan utama dari ibadah haji itu sendiri. Oleh karena itu, sebelum Sahabat Haji Plus menunaikan ibadah haji hendaknya berbekal pengetahuan ibadah haji yang cukup. Hal ini bertujuan agar Sahabat Haji Plus lebih paham.

Itulah sekilas Informasi Biaya Haji ONH Plus 2021 Dalam Rupiah bagi Sahabat Haji Plus yang hendak merencanakan keberangkatan ibadah haji dalam waktu dekat. Sahabat Haji Plus dapat mempersiapkan segala keperluan terkait pelaksanaan ibadah haji dengan semaksimal mungkin. Tak lupa juga untuk membekali diri dengan pegetahuan terkait ibadah haji. Hal ini bertujuan agar pelaksanaan ibadah haji Sahabat Haji Plus berjalan dengan lancar. Teruntuk Sahabat Haji Plus yang masih mengumpulkan pundi – pundi rupiah untuk pelaksanaan ibadah haji, jangan lupa untuk tetap konsisten dalam menyisihkannya. Tentunya tak lain ialah agar Sahabat Haji Plus dapat segera menunaikan pelaksanaan ibadah haji di Tanah Suci. Semoga niat baik Sahabat Haji Plus yang ingin menunaikan ibadah haji akan dilancarkan oleh Allah Swt.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *