Biaya Haji Furoda Surabaya

Biaya Haji Furoda Surabaya

Biaya Haji Furoda Surabaya

Bagi umat muslim, pelaksanaan ibadah haji memang menjadi perjalanan religi dan memberi kesan istimewa bagi yang menjalankannya. Pasalnya banyak sekali keistimewaan yang di dapatkan pada saat Sahabat Haji Plus menjalankan ibadah haji. Oleh karena itulah, sebagai umat muslim yang sangat mengistimewakan ibadah haji ini selalu mengupayakannya agar dapat melaksanakan ibadah haji. Akan tetapi, untuk menunaikan ibadah haji ini memang tetap harus memenuhi persyaratan yang menjadi salah satu hal yang dipenuhi oleh Sahabat Haji Plus sekalian. Salah satu syarat utama yang hendaknya dipenuhi oleh Sahabat Haji Plus sebelum menunaikan pelaksanaan ibadah haji ialah mampu. Mampu yang dimaksud ini ialah mampu secara materi dan mampu secara fisik. Karena dengan Sahabat Haji Plus memenuhi syarat mampu ini, Sahabat Haji Plus tentu tak akan merasa keberatan pada saat pelaksanaan ibadah haji. Bagi Sahabat Haji Plus yang sudah merasa mampu dan saat ini sedang berencana untuk menunaikan ibadah haji dengan segera, Sahabat Haji Plus dapat mendaftar program Haji Furoda. Karena dengan Sahabat Haji Plus mendaftar Haji Furoda, maka Sahabat Haji Plus akan segera menunaikan ibadah haji tanpa menunggu waktu tunggu keberangkatan yang lama alias tanpa antri. Untuk Biaya Haji Furoda ini tentunya dibandrol dengan harga yang lebih tinggi dibanding dengan Haji Reguler. Bagi Sahabat Haji Plus yang ingin menegtahui informasi lengkap seputar Biaya Haji Furoda Surabaya, Sahabat Haji Plus dapat tanyakan pada Travel Haji Furoda yang Sahabat pilih.

Tips Berbelanja Saat di Tanah Suci

Sepertinya Sahabat Haji Plus begitu memahami bahwa  berbelanja saat di Tanah Suci membuat Sahabat Haji Plus menjadi anusiasme tersendiri. Hal ini dikarenakan mulai Sahabat Haji Plus keluar dari penginapan sampai ke masjid, para pedagang berbaris menawarkan barang dagangannya yang beraneka ragam. Barang yang ditawarkannya pun beraneka ragam, mulai dari harga yang murah hingga yang mahal. Karena pelaksnaaan ibadah haji di Tanah Suci dianggap begitu istimewa, maka tak heran apabila Sahabat Haji Plus timbul keinginan untuk membawakan oleh oleh bagi Keluarga, teman maupun sahabat. Pada dasarnya berbelanja sih boleh aja dan tak ada masalah, selagi Sahabat Haji Plus tak lupa dengan tujuan Sahabat Haji  Plus datang ke tanah suci yaitu untuk beribadah. Hendaknya Sahabat Haji Plus mengetahui bahwa terdapat beberapa tips berbelanja di tanah suci yang mungkin bermanfaat bagi Sahabat Haji Plus.

  1. Mencatat barang – barang yang ingin Sahabat Haji Plus beli sejak berada di Tanah Air. Setelah mencatat, Sahabat haji Plus teliti kembali apakah list barang yang hendak dibeli sudah sesuai atau belum.
  2. Menukarkan mata uang rupiah Sahabat Haji Plus dengan mata uang Riyal Saudi Arabia di Indonesia. Akan tetapi, jika uang Sahabat Haji Plus dolar Amerika sebaiknya di tukar di Tanah Suci saja. Perbedaan nilai tukar uang bisa membantu Sahabat Haji Plus menghemat
  3. Mengatur jadwal belanja dengan baik agar tak bertabrakan dengan jadwal kegiatan ibadah haji. Pada bulan – bulan haji, barang – barang biasanya cukup mahal. Hendaknya Sahabat Haji Plus melakukan tawar – menawar. Apabila pedagang mengatakan ‘kalam akhir’ itu bukan berarti harganya sudah tak dapat di tawar. Terus lakukan penawaran agar Sahabat Haji Plus mendapatkan harga yang murah. Harga yang ditawarkan para pedagang bisa turun hingga sepertiganya
  4. Harga barang di Madinah lebih mahal dari pada di Mekkah. Akan tetapi, untuk buah kurma harga di Madinah lebih murah dan kualitasnya lebih bagus di bandingkan di Mekkah. Pedagang Arab menganggap orang Indonesia suka berbelanja tanpa banyak pertimbangan. Karena itu, harga yang di tawarkan kepada orang Indonesia kadang lebih mahal. Jadi berhati-hatilah. Dan hendaknya Sahabat Haji Plus berbelanja secara bergerombol untuk meminta pertimbangan harga dari teman – teman Sahabat Haji Plus. Untuk barang yang harganya mencapai ratusan riyal, tawarlah hingga 50% di bawahnya. Misalnya, jika harga suatu barang 200 riyal, tawarlah 100 atau 90 riyal. Jika harganya hanya puluhan riyal, para pedagang umumnya hanya mengambil untung sedikit
  5. Oleh – oleh untuk keluarga di Tanah Air sebenarnya dapat dibeli di Tanah Air. Belanja oleh-oleh di Tanah air jauh lebih hemat. Saat Sahabat Haji Plus berbelanja di Tanah Suci sebaiknya membeli barang sesuai kebutuhan. Belanja secara berlebihan dilarang oleh agama. Selain itu, kapasitas barang bawaan Sahabat Haji Plus juga di batasi hanya sampai 40 kg.
Baca Artikel Lainnya :  Harga Haji Visa Furoda di Jakarta

Rekomendasi Tempat Belanja di Tanah Suci

Selepas melaksanakan ibadah haji dengan lengkap dan sebelum kembali ke Tanah Air, tentunya tak afdhol apabila Sahabat Haji Plus belum membawa oleh – oleh khas Tanah Suci. Banyak sekali jenis oleh – oleh yang bisa Sahabat Haji Plus bawa untuk keluarga maupun kerabat. Mulai dari makanan khas maupun pernak pernik. Sahabat Haji Plus pada saat hendak berburu oleh – oleh khas Tanah Suci hendaknya mengunjungi beberapa tempat di Tanah Suci yang menyediakan ragam jenis oleh – oleh tersebut. Tahukah Sahabat Haji Plus dimana saja tempat oleh – oleh ibadah haji? Berikut lebih jelasnya.

  1. Makkah Mall

Saat Sahabat Haji Plus mencari oleh – oleh yang akan dibawa ke Tanah Air, Sahabat Haji Plus dapat mengunjungi Mekkah Mall. Makkah Mall ini berisi banyak shopping apparel, toko kosmetik, elektronik, groceries store, juga restoran dan merchant makanan ringan. Di dalam Mekkah Mall ini juga terdapat wahana bermain anak Billy Beez cocok untuk Sahabat Haji Plus yang memiliki buah hati yang masih kecil. Lokasinya berdekatan dengan Taman Alkhatateen persis di Jalan King Abdullah, Mekkah, Arab Saudi.

  1. Al Salam Mall

Teruntuk Sahabat Haji Plus yang hendak mencari oleh – oleh sebagai buah tangan selepas melaksanakan ibadah haji, Al Salam Mall ini dapat Sahabat Haji Plus jadikan referensi wisata belanja yang tak dilewatkan untuk dikunjungi. Al Salam Mall ini terletak di perseimpangan jalan Prince Majed dan Jalan King Abdullah yang berada di Jeddah ini menjadi salah satu mall favorit bagi penduduk lokal. Selain terkenal lengkap dan serba ada, di dalam mall ini selalu ramai pengunjung. Bangunan pusat perbelanjaan ini dikenal cukup luas. Oleh karena itulah, tak heran apabila mall ini memiliki merchant baik brand lokal ataupun international yang berada di Mall ini.

  1. Pasar Zakfariah

Tak hanya di Indonesia saja Sahabat Haji Plus dapat menemui barang – barang dengan barang yang terbilang lebih terjangkau. Di Tanah Suci pun Sahabat Haji Plus juga dapat membeli oleh – oleh sebagai buah tangan untuk keluarga maupun kerabat yang dapat dibeli di pasar Tanah Suci. Salah satu pasar di Tanah Suci yang menyediakan ragam jenis oleh – oleh adalah Pasar Zakfariah. Pasar Zakfariah ini letaknya tak jauh dengan Masjidil Haram yang berada di Mekkah. Di dalam pasae Zakfariah ini Sahabat Haji Plus sekalian dapat membeli segala jenis macam oleh – oleh. Mulai dari perlengkapan ibadah seperti sajadah, tasbih, gamis, kopyah dan lain – lain. Selain itu, Sahabat Haji plus juga dapat memburu oleh – oleh jenis lainnya seperti kurma, makanan khas Tanah Suci yang terbilang awet saat dibawa ke Tanah Air serta pernak – pernik khas Tanah Suci yang sangat beragam. Tentunya, saat Sahabat Haji Plus membeli oleh – oleh di Pasar Zakfariah ini, Sahabat Haji Plus dapat mendapatkan harga yang cocok. Pasalnya, Sahabat Haji Plus dapat tawar menawar. Bagaimana? asik sekali bukan? Travel Haji Furoda

  1. Pasar Seng

Bagi Sahabat Haji Plus yang mencari oleh – oleh sebagai buah tangan keluarga dan kerabat yang di Tanah AIr, Sahabat Haji Plus dapat mengunjungi pasar seng ini. Di Pasar seng ini Sahabat Hai Plus dapat membeli cinderamata berupa emas ataupun perak. Tentunya, lokasi ini sangat menyenangkan bagi Sahabat Haji Plus yang menyukai pernak – pernik cantik sebagai accecoris. Diketahui bahwa Pasar Seng ini terletak di dekat Masjdil Haram. Orang – orang Arab sering menyebut pasar ini dengan nama Suqudz Dzahab. Akan tetapi, ada kabar yang beredar bahwa akibat perluasan pada Masjidil Haram, Pasar Seng ini terkena gusur. 

Baca Artikel Lainnya :  Jadwal Perjalanan Haji dengan Visa Furoda

Beberapa Hal Pembeda Antara Haji Furoda Dengan Haji Reguler

Sahabat Haji Plus hendaknya mengetahui bahwa Haji Furoda merupakan ibadah haji yang dilakukan dengan program non kuota yang legal dan telah teregistrasi dalam kuota calon jamaah haji oleh pemerintah kerajaan Saudi Arabia. Visa yang digunakan pada Haji Furoda pun merupakan visa khusus yang disebut visa Furoda yang memang diperuntukkan secara khusus bagi jamaah haji yang menggunakan kuota pemerintah kerajaan Arab Saudi. Sehingga, Haji Furoda ini merupakan ibadah haji yang dilakukan tanpa mengurangi jatah kuota haji pemerintah RI. Hal ini dikarenakan Haji Furoda dikelola secara mandiri oleh pihak travel haji resmi dari kantor Kementrian agama. Oleh karena itu, keberangkatan untuk Haji furoda ini tak membutuhkan waktu yang lama seperti keberangkatan Haji Reguler. Itulah mengapa Haji Furoda disebut ibadah haji yang dilakukan tanpa antri. Berbeda halnya dengan Haji Reguler. Haji Reguler adalah ibadah haji yang diselenggarakan langsung oleh pemerintah melalui Kementrian Agama dengan kuota yang telah ditetapkan. Visa yang digunakan pun berbeda dengan visa Haji Furoda. Untuk berangkat dan mendapatkan visa Haji reguler caranya ialah dengan mendaftar ke bank yang ditunjuk pemerintah dan membayar Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH). Waktu tunggu keberangkatan Haji Reguler ini lebih lama ketimbang Haji Furoda. Lamanya dapat dihitung mulai dari belasan tahun hingga puluhan tahun. Perbedaan lainnya terkait Haji Furoda dan Haji Reguler sebagai berkut :

  1. Biaya Haji

Perihal biaya, pastinya Biaya Haji Furoda dengan Biaya Haji Reguler memiliki selisih yang cukup lumayan. Harga Haji Furoda memang tentunya lebih mahal dan bisa mencapai 3 kali lipat biaya haji reguler. Hal ini dikarenakan Haji Furoda merupakan Haji yang berangkat tanpa antri, menggunakan visa khusus serta termasuk dalam undangan dari pemerintah kerajaan Saudi Arabia. Oleh karena itulah, wajar apabila biaya yang dibandrol untuk Haji Furoda lebih tinggi dibandingkan dengan biaya Haji Regluer. Annur Maarif Travel menawarkan biaya Haji Furoda sejumlah 17,500 USD. Dengan mendaftar sebagai calon jamaah Haji Furoda selain tak perlu menunggu antri yang lama untuk melaksanakan ibadah haji, sahabat Haji Plus juga akan mendapatkan fasilitas dan pelayanan yang sebanding dengan harga yang telah dibayarkan. Sehingga, jamaah Haji Furoda dapat dipastikan merasa nyaman dalam proses pelaksanaan ibadah haji.

  1. Penanggung jawab

Seperti yang telah diulas sebelumnya bahwa penyelenggara Haji Furoda dan Haji Reguler berbeda. Oleh sebab itu, penanggung jawab pun terkait Haji Furoda dan Haji Reguler pun berbeda. Untuk penanggung jawab Haji Furoda dilakukan swasta atau pihak jasa travel (PIHK). Sedangkan untuk penanggung jawab Haji reguler dilakukan oleh Pemerintah melalui Kementrian Agama.

  1. Masa Tunggu Keberangkatan

Masa tunggu keberangkatan antara Haji Furoda dengan Haji Reguler tentunya memiliki perbedaan. Masa keberangkatan Haji Furoda lebih cepat dibandingkan dengan masa tunggu keberangkatan Haji reguler. Hal ini dikarenakan Haji Furoda memanglah program haji yang diselenggarakan tanpa antri, sebanding dengan biaya yang dikeluarkan pula yakni lebih mahal. Berbeda hal nya dengan masa tunggu keberangkatan Haji Reguler. Masa tunggu keberangkatan Haji Reguler ini telah dikenal membutuhkan waktu yang lama. Masa tunggu atau lama antrian Haji reguler rata – rata nasional mencapai 18 tahun.

  1. Ketentuan Kamar

            Secara umum, sudah dapat dilihat bahwa Haji Furoda dengan Haji Reguler tak hanya sekedar memiliki perbedaan terkait biaya yang dibandrol. Akan tetapi, selai biaya yang membedakan, fasilitas pun juga menjadi perbedaan diantara kedua jenis program haji tersebut. Fasilitas yang exclusive di dapatkan oleh Haji Furoda, salah satunya ialah ketentuan kamar. Untuk jamaah Haji Furoda dapat memilih nama yang masuk dalam satu kamar. Kamar hotel yang dtempati merupakan kamar hotel bintang 5. Isi kamar maksimal hanya 4 orang. Paket yang tersedia biasanya paket untuk 2 orang, 3 orang dan 4 orang. Sedangkan untuk Haji Reguler, kamar tidak boleh diisi lebih dari 5 orang serta tidak berhak untuk memilih nama dalam satu kamar.

  1. Layanan Tenda di Arafah dan Mina

Untuk fasilitas tenda yang disediakan bagi Haji Furoda dengan Haji Reguler hamper sama. Tenda yang diperuntukkan bagi jamaah Haji Furoda telah dilengkapi dengan alas Kasur. Sedangkan tenda yang diperuntukkan bagi jamaah Haji reguler menggunakan alas atau karpet biasa. Selain itu, tenda yang diperuntukkan bagi jamaah Haji Furoda telah dilengkapi dengan fasilitas AC.

  1. Jarak Hotel

            Perbedaan selanjutnya antara Haji Furoda dengan Haji Reguler ialah terkait jarak hotel. Untuk jamaah Haji Furoda keuntungan yang di dapatkan ialah dpaat menikmati hotel yang dekat dengan Masjidil Haram, sehingga dapat dijangkau dengan mudah yakni tinggal jalan kaki saja. Sedangkan untuk Haji Reguler jarak hotel dengan Masjidil Haram sudah ditentukan. Ketentuan ini berdasarkan konfigurasi Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) sesuai dengan qur’ah (pengundian) oleh pemerintah Arab Saudi.

Baca Artikel Lainnya :  ONH Plus

Sisipan Pesan Saat Pelaksanaan Ibadah Haji

Sahabat Haji Plus perlu menegtahui bahwa manusia di bumi ini dalam perjalanan (haji secara kata berarti perjalanan ke tujuan yang jauh) dari satu titik poin ke titik poin yang sama. Perjalan yang dimaksud dalam filsafat hidup seorang Muslim yakni Inna lillahi wa inna ilaihi rajiun yang artinya sesungguhnya kami adalah milik Allah dan sesungguhnya kami akan kembali kepadaNya. Pelaksanaan ibadah haji merupakan suatu gambaran perjalanan tersebut. Segala yang telah tergambarkan dalam perjalanan tersebut terilustrasikan dalam berbagai amalan ritual haji. Contohnya ialah persiapan pelaksanaan ibadah haji. Persiapan yang dilakukan hendaknya harus totalitas yakni yang meliputi fisik, akal serta ruh. Perjalanan hidup manusia juga tak mungkin akan dijalani secara maksimal dan utuh tanpa persiapan totalitas tersebut. Manusia hanya bisa menjadi manusia dengan ketiga aspek kehidupan yang tidak terpisahkan yakni Jasad, akal serta ruh. Contoh pesan penting dalam rangkaian pelaksanaan ibadah haji antara lain :

Tak hanya itu saja, pesan dalam rangkaian pelaksanaan haji ialah sebagai pengenalan. Proses pengenalan kembali ini merupakan tuntutan mendasar dalam menghadapi hidup yang dipenuhi dengan berbagai hal ini. Dalam proses kehidupan manusia, ternyata banyak yang lupa bahwa hakikatya sebagai manusia dan sebagai kosekuensinya juga lupa akan Penciptanya. Sebab itulah, proses pengenalan yang dilakukan di Padang Arafah ini menuju pengenalan kepada Allah yakni terkait risalah terpenting dari pelaksanaan ibadah haji. Di sinilah wukuf di Arafah menjadi puncak pelaksanaan haji yang menjadi bagian dari rangakain kegiatan pelaksanaan ibadah haji. Di wukuf Arafah inilah jamaah haji mengagungkan keesaan Allah Swt dengan dzikir yang paling utama yang berbunyi “Laa ilaaha illallah wahdahu laa syariika lah lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa alaa kulli syaein qadir”. Dzikir ini menjadi pengakuan keesaan Allah Swt kembali setelah tertimbun dalam keangkuhan dan sikap egois manusia. Berdzikir tak hanya sekedar mengucapkan bacaan tertentu. Akan tetapi, dzikir merupakan bentuk introspekasi diri atau yang biasa disebut muhasabah. Karena hanya dengan muhasabah inilah Sahabat Haji Plus akan mampu memperbaiki kerusakan hati atau jiwa yang akan berpegaruh dalam prilaku dan sifat pribadi seorang umat muslim.

Teruntuk Sahabat Haji Plus yang sedang merencanakan keberangkatan pelaksanaan ibadah haji, demikianlah ulasan terkait Biaya Haji Furoda Surabaya yang mungkin saja dapat membantu Sahabat Haji Plus  sekalian. Semoga informasi yang disuguhkan dapat menambah wawasan Sahabat Haji Plus seputar pelaksanaan ibadah haji.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *