Biaya Haji Furoda 2020

Biaya Haji Furoda 2020

Biaya Haji Furoda 2020

Biaya Haji Furoda 2020
Biaya Haji Furoda 2020

Harga haji visa furoda – Ibadah haji yang merupakan rukun islam kelima yang wajib dilakukan bagi semua muslim di seluruh dunia yang mampu melakukannya. Baik bagi muslim lelaki maupun muslim perempuan, jika sudah siap semuanya baik secara finansial dan batin, maka wajib untuk segera melaksanakan haji.

Ibadah haji menjadi salah satu cara ibadah yang memiliki makna luar biasa, jika kita benar-benar dapat memahaminya dengan tepat. Bukan hanya sekedar ritual bersifat ubudiyah semata, karena setiap rukun dari haji sendiri memiliki banyak pelajaran yang bisa kita dapatkan. Seperti prosesi ihram, sa’I, wukuf, thawaf, lempar jumroh dan lain sebagainya.

Haji & Makna Setiap Prosesinya

Harga haji visa furoda – Salah satu prosesi dari Haji yang mungkin sering kita tanyakan adalah Ihram, mengapa semua jamaah harus menggunakan kain berwarna putih? Kenapa tidak menggunakan warna lainnya atau pakaian yang lebih indah, rapi dan mahal?

Ternyata ketentuan tersebut memiliki makna mendalam, dimana Tuhan akan memandang semua manusia adalah sama. Baik ia dari keluarga bangsawan maupun rakyat jelata, baik kaya maupun miskin, apapun pekerjaan atau pangkatnya tidaklah ada artinya, karena semua sama di mata Allah.

Dengan menggunakan kain berwarna putih ini, maka manusia telah dianggap mampu menanggalkan bahkan meninggalkan semua atribut yang bersifat duniawi. Dengan harapan bahwa ibadah haji ini mampu menyucikan hatinya dan terlahir kembali seperti sedia kala. Agar kelak ia dapat kembali lagi kepada Rabbnya dengan keadaan suci, dalam keadaan terlepas dari sifat tercela seperti keserakahan, kesombongan dan sifat cinta dunia yang terlalu berlebihan.

Sedangkan Sa’i juga memiliki makna yang dalam, di mana kita diharapkan mampu merasakan dan meneladani perjuangan Siti Hajar dalam berjuang mencari air untuk diminum dirinya dan Ismail. Perjuangan susah payah dilaluinya, menahan panasnya terik matahari hanya untuk mencari air. Dari bukit Shafa kemudian ke Marwah, kembali lagi dengan berbekal harapan hanya kepada Allah SWT.

Baca Artikel Lainnya :  Biaya Haji Furoda 2020

Keteladanan serta pelajaran yang bisa kita ambil adalah untuk terus berjuang dalam hidup apapun yang terjadi, selalu optimis dan terus berharap hanya kepada Allah SWT. Karena Allah SWT adalah zat yang Maha Mengetahui mana yang terbaik untuk masing-masing hambanya, baik solusi dari masalahnya adalah yang kamu harapkan ataukah tidak. Tapi semua sudah ditakar sebaik-baiknya untukmu.

Haji visa furoda – Begitupun dengan proses thawaf. Prosesi thawaf mengharuskan kita berada diantara lautan manusia dari berbagai Negara, suku, status, sama-sama berjalan mengitari Ka’bah melawan arah jarum jam seraya terus mengagungkan Asma Allah SWT.

semua prosesi dari ritual Haji ini masing-masing memiliki makna mendalam dan memberikan pelajaran bagi yang mengerjakannya.
semua prosesi dari ritual Haji ini masing-masing memiliki makna mendalam dan memberikan pelajaran bagi yang mengerjakannya.

Disini kita diajarkan bahwa tujuan hidup kita hanyalah kembali kepada Allah. Semua aktivitas kita di dunia dari lahir hingga sekarang, dari mulai pagi hingga malam, semua hanyalah sementara. Ujian yang harus kita lewati dengan baik untuk kembali pada Allah dalam keadaan yang baik pula.

Demikianlah, semua prosesi dari ritual Haji ini masing-masing memiliki makna mendalam dan memberikan pelajaran bagi yang mengerjakannya. Jadi tidak heran jika sangat banyak jamaah yang terharu usai melaksanakan Ibadah Haji.

Suasana batin yang tenang dan seperti terlahir kembali tersebut, tentunya diinginkan oleh hampir setiap muslim di Dunia. Sehingga tidak heran jika banyak yang tidak sabar untuk segera datang ke tanah suci dengan berbagai usaha maksimal yang dilakukan.

Jenis Ibadah Haji & Biayanya di Indonesia

Haji visa furoda – Di Indonesia Ibadah Haji dapat dilakukan dengan mengambil salah satu jalur atau jenis keberangkatan Haji. Mulai dari biaya termurah dengan waktu tunggu yang cukup lama atau dengan waktu tunggu yang cepat, namun membutuhkan biaya yang cukup mahal. Berikut ketiga jenis Ibadah Haji yang bisa kamu pilih dari Indonesia :

  1. Haji Regular

Jenis haji reguler adalah jenis haji yang biayanya paling murah jika dibandingkan dua jenis haji lainnya, namun memiliki waktu tunggu yang paling lama. Haji reguler ini dikelola oleh pemerintah sejak tahun 1971. Kuota jamaah haji program reguler ini dihitung berdasarkan jumlah penduduk muslim di setiap kota di Indonesia, yang juga dibagi berdasarkan kuota nasional yang di dapatkan.

Baca Artikel Lainnya :  Biaya Haji Langsung Berangkat
iaya haji reguler ditetapkan sesuai embarkasi.
iaya haji reguler ditetapkan sesuai embarkasi.

Berdasarkan Keppres (Keputusan Presiden) No.7, Tahun 2018 mengenai BPIH (Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji, biaya haji reguler ditetapkan sesuai embarkasi. Embarkasi terendah adalah embarkasi Aceh dengan biaya Rp. 31.090.010 dan tertinggi di embarkasi Lombok yakni Rp.38.798.305.

Data biaya di atas adalah biaya ibadah haji reguler yang umum diikuti oleh masyarakat kita. Pihak yang menyelenggarakan adalah Kementerian Agama melalui Direktorat Jenderal PHU (Penyelenggaraan Haji & Umroh). Waktu tunggu melalui jenis regular ini dapat mencapai 29 tahun.

  1. Haji Khusus / Haji Plus Kuota / Haji ONH

Berbeda dengan Haji Reguler yang diselenggarakan oleh Pemerintah Indonesia sendiri. Dalam haji plus ini penyelenggaranya adalah pihak swasta. Karena bukan diadakan oleh Pemerintah, maka biaya yang harus dikeluarkan tentu jauh lebih besar daripada haji reguler.

Namun jangan khawatir, karena biaya yang lebih mahal akan berbanding lurus dengan kenyamanan pelayanan yang akan Anda dapatkan. Meskipun kuotanya masuk di dalam jatah kuota haji pemerintah namun waktu tunggunya tidak terlalu lama, yakni hanya sekitar 8 tahun saja.

Biaya kuota haji reguler masih dibawah 40 juta, namun untuk ONH (ongkos naik haji) plus berada pada kisaran 8 ribu sampai 12 ribu dolar Amerika Serikat. Jika dirupiahkan maka berada di kisaran angka 115 juta sampai 173 juta rupiah.

Biaya ONH tersebut belum termasuk dalam biaya perlengkapan haji bagi jamaah, biaya pembuatan dokumen perjalanan dan paspor, acara di luar program, pengeluaran pribadi, kelebihan bagasi maupun untuk biaya vaksin meningitis serta biaya denda prosesi haji.

Sekali lagi ini menjadi pilihan Anda, ingin menunggu dengan sabar atau berusaha lebih keras lagi untuk lebih cepat pergi ke tanah suci. Biaya yang harus dikeluarkan memang tidak sedikit, tapi Anda tidak perlu menunggu terlalu lama.

  1. Haji Non Kuota

Biaya haji furoda 2020 – Bagi Anda yang masih belum puas jika harus menunggu 8 tahun, maka ada kabar baik bagi Anda. Anda tidak perlu lagi menunggu antrian dalam jangka waktu hingga 8 tahun apalagi 29 tahun lamanya.

Baca Artikel Lainnya :  Biaya Haji Furoda 2020 KEMENAG

Karena sudah ada program haji non kuota yang bisa mewujudkan impian Anda berangkat Ibadah Haji tanpa harus antri. Haji non kuota ini adalah jenis haji yang kuotanya tidak termasuk dalam kuota Nasional yang didapatkan pemerintah. Sehingga calon jamaah haji tidak menggunakan kuota haji milik Pemerintahan RI.

Program jenis haji ini menggunakan Visa Undangan Kerajaan atau disebut Visa Furoda. Sehingga Visa jenis ini masuk dalam kuota haji untuk Negara Arab Saudi. Bagi yang menggunakan visa ini, Anda tidak perlu mengantri bertahun lamanya. Calon jamaah haji dapat langsung berangkat di tahun yang sama dengan tahun ia mendaftar.

Visa Undangan Kerajaan yang langsung mengambil kuota dari Arab Saudi, tentulah tidak mudah Anda dapatkan. Anda harus mendapatkan travel umroh dan haji yang terpercaya. Biasanya pihak travel akan mengajukan usulan jamaah hajinya ke pihak kedutaan besar terlebih dahulu.

Program jenis haji ini menggunakan Visa Undangan Kerajaan atau disebut Visa Furoda
Program jenis haji ini menggunakan Visa Undangan Kerajaan atau disebut Visa Furoda

Biaya haji furoda 2020 ini berkisar di angka 15 ribu dolar Amerika Serikat. Biasanya pelunasan biaya haji furoda atau haji nonkuota ini dibayarkan setelah visa keluar atau di stempel oleh pihak kedutaan Arab Saudi. Akan tetapi, biaya yang Anda keluarkan belum termasuk biaya suntik vaksin dan biaya dam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *