Biaya Haji Furoda 2020 KEMENAG

Biaya Haji Furoda 2020 KEMENAG

Biaya Haji Furoda 2020 KEMENAG

Perkiraan harga untuk Haji Furoda tahun 2020 KEMENAG
Perkiraan harga untuk Haji Furoda tahun 2020 KEMENAG

Sebagai umat muslim, Sahabat Haji Plus memiliki kewajiban untuk menunaikan ibadah haji ketika memiliki kemampuan secara finansial maupun mental. Namun demikian, batasan kuota haji yang disediakan oleh pemerintah, terkadang menjadi masalah untuk jemaah haji Indonesia yang ingin segera menunaikan ibadah haji di tanah suci. Saat ini, untuk mengatasi kuota haji nasional, WNI yang ingin menjalankan ibadah haji dapat mencoba untuk mendaftar program haji Furoda. Program haji visa Furoda sendiri merupakan program haji non kuota pemerintah Indonesia yang terdaftar langsung ke kuota haji pemerintahan Arab Saudi. Program haji ini memiliki beberapa keunggulan, seperti:

  • Mendapatkan fasilitas yang sama persis dengan jemaah haji yang lain, berupa ID Card selama di tanah suci dan tenda Armina.
  • Dapat berangkat di tahun yang sama dengan tahun pendaftaran dan melakukan ibadah secara resmi mengingat jemaah terdaftar di e-hajj.
  • Waktu dan durasi pelaksanaan dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan fasilitas penginapan yang didapatkan selama menjalankan ibadah bisa diupgrade sesuai keinginan.
  • Mendapatkan kemudahan saat melalui pemeriksaan di imigrasi maupun pos pemeriksaan masuk kota Mekkah.

Meski harga haji visa Furoda relatif lebih mahal dibandingkan dengan program haji reguler, pada saat proses pelaksanaan haji Furoda ini, ada beberapa hal yang harus dipikirkan, yaitu:

Persiapan program

Sebelum melaksanakan ibadah haji Furoda, ada banyak hal yang perlu dipersiapkan, diantaranya:

  1. Persiapan dokumen paspor dan buku hijau yang perlu dipersiapkan sejak 7 bulan sebelum keberangkatan.
  2. Vaksinasi meningitis dan flu yang digunakan untuk melindungi stamina serta kekebalan tubuh, mengingat kondisi iklim di tanah suci Mekkah berbeda dengan Indonesia.
  3. Persiapan obat-obatan, kursi roda, atau tandu yang diperlukan apabila didalam rombongan keluarga Sahabat Haji Plus ada orang lanjut usia.
  4. Persiapan uang saku yang akan digunakan untuk beragam kegiatan diluar jadwal, seperti pengeluaran pribadi (laundry, telepon, fax, internet, dan tambahan makanan atau minuman), akomodasi hotel, tour diluar program terjadwal, serta biaya kelebihan bagasi pada saat akan kembali ke tanah air.
  5. Akumulasi biaya handling perlengkapan yang umumnya diberikan kepada travel tour penyedia jasa haji.
  6. Perhitungan biaya khusus yang mungkin akan dihabiskan untuk membayar Dam, Tamattu’, maupun Qurban.
Baca Artikel Lainnya :  Biaya Haji Furoda Surabaya

Syarat haji

Syarat yang harus dipenuhi sebelum mendaftar untuk Haji Furoda
Syarat yang harus dipenuhi sebelum mendaftar untuk Haji Furoda

Sebelum bertanya tentang biaya haji furoda 2020 KEMENAG, Sahabat Haji Plus perlu tahu persyaratan umum untuk menjalankan ibadah haji, diantaranya:

  1. Mengumpulkan fotokopi paspor, KTP, KK, buku nikah, akta lahir, pas foto background putih ukuran 3×4 dan 4×6 10 lembar.
  2. Membayar DP untuk paket haji Furoda yang diambil setelah issued visa dan mengisi lengkap formulir haji yang umumnya dikumpulkan paling lambat H-10 sebelum keberangkatan.
  3. Mengumpulkan bukti suntik meningitis dan bukti pemrosesan visa haji Furoda.

Fasilitas program

Umumnya saat program berlangsung, Sahabat Haji Plus akan mendapatkan beberapa fasilitas, seperti hotel dengan kelas sesuai harga haji visa Furoda yang dibayarkan kepada agen penyedia kuota haji Furoda, maktab 112. Sahabat Haji Plus juga akan mendapat bantuan dalam pengurusan visa dan rekomendasi keberangkatan, guide, tenda berAC selama berada di Arafah dan Mina, buku manasik haji, makan lengkap 3x sehari dengan menu khas Indonesia, transportasi menggunakan bus berAC, tour ziarah ke makam para Nabi, serta air zam-zam yang umum disediakan sebanyak 5L per orang.

Jadwal ibadah haji

Perkiraan jadwal untuk Haji tahun 2020
Perkiraan jadwal untuk Haji tahun 2020

Apabila ibadah haji visa Furoda dilaksanakan selama 23 hari, maka perkiraan jadwal haji Furoda yang akan dilakukan, yaitu :

  • Hari 1 dan 2

Hari pertama melakukan keberangkatan langsung dari Bandara Soekarno Hatta menujju Bandara Riyadh
Hari pertama melakukan keberangkatan langsung dari Bandara Soekarno Hatta menujju Bandara Riyadh

Sahabat Haji Plus yang akan berangkat ke tanah suci akan langsung berkumpul di Bandara Soekarno Hatta dan terbang menuju Bandara Riyadh. Sesampainya di bandara, jemaah akan langsung masuk proses imigrasi dan melanjutkan perjalanan menuju ke Mekkah.

  • Hari 3 dan 4

Sahabat Haji Plus akan langsung check in hotel dan setelah shalat Subuh, sarapan pagi serta istirahat sejenak, kegiatan akan dilanjutkan dengan shalat Jum’at berjemaah dan makan siang atau mengambil Miqot di Masjid Tan’im. Peserta haji Furoda akan melanjutkan kegiatan dengan Thawaf, Sa’i, dan Tahallul di Masjidil Haram. Pada hari berikutnya, perjalanan akan dilanjutkan dengan mengunjungi tempat-tempat bersejarah di kawasan terdekat dengan Masjidil Haram dan memperbanyak I’tikaf maupun Thawaf sunnah.

  • Hari 5 dan 6

Sahabat Haji Plus akan melakukan ibadah yang hampir sama dengan ibadah di hari ke-4, mulai dari ibadah shalat Rawatib, I’tikaf, Thawaf sunnah, maupun shalat Jumat. Sahabat Haji Plus juga akan diajak berkeliling Masjidil Haram untuk mengenang perjuangan para Nabi.

  • Hari 7 dan 8

Pada hari ke-7, setelah shalat Sahabat Haji Plus akan diminta untuk check out demi persiapan haji dan sebelum kegiatan haji, Sahabat Haji Plus akan mengikuti pengajian pemantapan ibadah haji.

  • Hari 9 dan 10

bersiap untuk mengikuti khutbah Wukuf dan agar kegiatan lancar
bersiap untuk mengikuti khutbah Wukuf dan agar kegiatan lancar

Kegiatan di hari ke-9 akan dimulai dengan shalat Subuh berjemaah dan Sahabat Haji Plus melanjutkan perjalanan ke Mina dengan pakaian ihram. Pada hari ke-10, Sahabat Haji Plus akan bersiap untuk mengikuti khutbah Wukuf dan agar kegiatan lancar, dipastikan untuk memperbanyak istighfar, tahlil, dan zikir.

  • Hari 11 dan 12

Sahabat Haji Plus yang akan menjalankan ibadah haji langsung menjalankan shalat Zuhur berjemaah dan selepas shalat Magrib, semua langsung bersiap menuju Muzdalifah untuk mabit dan mengambil 70 butir batu krikil sebagai sarana lempar jumroh. Pada hari ke-12, perjalanan akan dilanjutkan ke Masjidil Haram, demi melakukan Tawaf Ifadhah, Sa’i, serta Tahallul. Kemudian agenda dilanjutkan dengan perjalanan ke Mina dan melempar jumroh Aqobah.

  • Hari 13 dan 14

Pada hari ke-13 dan ke-14, Sahabat Haji Plus akan tetap berada di Mina untuk melempar jumroh Ula, Wustho, Aqobah dan malamnya Sahabat Haji Plus melanjutkan perjalanan dari Mina menuju apartemen transit.

  • Hari 15 dan 16

Seluruh Sahabat Haji Plus yang melakukan ibadah haji Furoda melakukan thawaf Wada di Masjidil Haram dan meninggalkan kota Mekkah menuju Jeddah. Setibanya di Jeddah, acara akan dilanjutkan dengan city tour yang dipandu oleh guide berpengalaman di bidangnya. Obyek wisata yang sering dikunjungi adalah Laut Merah dan Masjid Qisos. Pada hari ke-16, selepas shalat Subuh, Sahabat Haji Plus akan langsung dibawa ke Madinah menuju Masjid Al Munawaroh.

  • Hari 17 dan 18

Pada hari ke-17 dan 18, Sahabat Haji Plus akan menjalankan kegiatan ibadah di Masjid Nabawi. Agar doa dan keinginan Sahabat Haji Plus diijabah oleh Allah SWT, perbanyak membaca Al Qur’an, i’tikaf, berzikir, dan kegiatan ibadah lainnya.

  • Hari 19 dan 20

Melaksanakan ibadah shalat di dalam Masjid Nabawi
Melaksanakan ibadah shalat di dalam Masjid Nabawi

Pada hari ke-19 dan ke-20, Sahabat Haji Plus bisa menyempurnakan ibadah shalat Arbaain di Masjid Nabawi, memperbanyak shalat sunnah, berdoa di raudhah, dan membaca Al Qur’an.

  • Hari 21, 22, dan 23

Sahabat Haji Plus yang sudah membayar biaya haji furoda 2020 KEMENAG di hari ke-21 dan ke-22 akan langsung dibawa untuk berziarah ke Masjid Kuba. Jabal Uhud, Jabal Magnet, Masjid Qiblatain, Masjid Sab’ah dan tempat-tempat bersejarah lainnya sebelum pulang ke tanah air.

Baca Artikel Lainnya :  Paket Haji Furoda 2021 Jakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *