Biaya Haji 2022

Biaya Haji 2022

Tahukah Sahabat Haji Plus bahwa tak sedikit dari mereka yang bertanya – tanya seputar berapakah biaya yang diperlukan untuk melaksanakan ibadah haji. Tentunya hal ini menjadi informasi yang amat dibutuhkan bagi yang memiliki keinginan untuk melaksanakan ibadah haji. Informasi ini pun dapat didapatkan dengan mudahnya di jaman yang serba canggih dan update informasi ini. Tinggal Sahabat Haji Plus yang harus pandai memilih dan memilah manakan informasi yang benar dan manakah informasi yang hoax. Agar Sahabat Haji Plus tak salah dalam mendapatkan informasi, hendaknya Sahabat Haji Plus harus memastikannya terlebih dahulu bahwa informasi yang di dapat ialah bersumber dari sumber yang terpercaya. Apabila terkait informasi biaya haji, maka Sahabat Haji Plus dapat mengeceknya di website Kemenag ataupun di website jasa travel terpercaya yang memang menyediakan paket haji. Dengan begitu informasi yang Sahabat Haji Plus dapat akan lebih akurat kebenarannya dibandingkan dengan memperoleh infromasi yang tak diketahui sumbernya. Apabila Sahabat Haji Plus ingin merencanakan keberangkatan ibadah Haji 2022 dan ingin untuk mencoba mendaftar Haji Plus 2022, Sahabat Haji Plus dapat mencoba untuk mendaftar Haji Plus dengan mengetahui Biaya Haji 2022 ini di Satutours Travel. Perlu Sahabat Haji Plus ketahui bahwa Satutours Travel ini salah satu jasa travel terpercaya dan sudah berpengalaman dalam memberangkatkan jamaah haji. Selain itu, Biaya Haji Plus 2022 yang ditawarkannya pun dibandrol dengan harga yang tak menguras kantong. Apabila Sahabat Haji Plus ingin mengetahui lebih lengkap, simak berikut ini ya.

Momen Pertama Kali Saat Memandang Ka’bah di Tanah Suci

Pada saat Sahabat Haji Plus yang baru pertama kali akan merasakan syahdunya beribdah di Tanah Suci, pastinya timbul rasa yang tak bisa digambarkan lewat kata – kata ketika pertama kali Sahabat Haji Plus memandang Ka’bah. Rasa kagum serta haru yang menyelimuti bercampur dalam hati Sahabat Haji Plus. Hingga tak terasa air mata pun membasahi pipi Sahabat Haji Plus. Hal ini tentunya wajar karena sebagai respon kebahagiaan yang tak terkira. Bayangkan saja jika mulanya hanya berharap untuk dapat melaksanakan, namun kini Sahabat Haji Plus dapat menginjakkan kaki di Tanah Suci dan bahkan memandang Ka’bah secara langsung. Pastinya menjadi momen yang amat berharga, berkesan dan luar biasa kan? Saat Sahabat Haji Plus mulai memasuki pintu Masjidil haram dan melangkah menuju dalam masjid pun rasa – rasanya masih tak menyangka dan tak hentinya mengucap rasa syukur. Tentu sebelum Sahabat Haji Plus datang ke Tanah Suci, Sahabat Haji Plus ada rasa yang bergejolak di dalam hati sekaligus rasa penasaran ingin melihat bangunan yang penuh sejarah bagi umat Islam ini. Ada rasa tak sabar ingin melihat Ka’bah secara langsung, walaupun selama ini Sahabat Haji Plus seringkali melihatnya di media media.

Ketika Sahabat Haji Plus berada di Tanah Suci lalu berjalan menyusuri bagian dalam masjidil haram, maka dari kejauhan Sahabat Haji Plus akan melihat bangunan yang dilapisi oleh kain hitam yang nampak dari kejauhan mata. Saat Sahabat Haji Plus berjalan semakin dekat, bangunan tersebut makin nampak dengan jelas dan Sahabat Haji Plus akan merasa bahagia, haru, sedih serta kagum. Tentunya saat Sahabat Haji Plus dapat melihat Ka’bah secara langsung akan merasa bersyukur. Karena dengan izin Allah dapat sampai ketempat tersebut. Setiap umat islam yang amat mendambakan beribadah di Tanah Suci, saat melihat Ka’bah pasti akan menitikkan air matanya. Hal ini terjadi karena mereka menyadari bahwasannya tak semua diberi kesempatan oleh Allah untuk mengunjungi Tanah Suci ini, diantara jutaan harapan seluruh umat Islam yang berharap untuk bisa memandang Ka’bah secara langsung dan melakukan ibadah di Tanah Suci.

Saat Sahabat Haji Plus sudah berada di Tanah Suci, Sahabat Haji Plus akan mengenakan kain ihram. Kemudian Sahabat Haji Plus akan mengelilingi Ka’bah bersama dengan ribuan umat Islam dari seluruh penjuru dunia. Sembari mengucap lantunan doa dari lisan Sahabat Haji Plus untuk memanjatkan doa doa serta pujian kepada Allah. Pastinya Sahabat Haji Plus dapat merasakan timbulnya rasa haru serta bahagia yang luar biasa karena masih diberi kesempatan untuk dapat melaksanakan ibadah Haji di tanah suci. Setelah Sahabat Haji Plus selesai melaksanakan Thawaf dan melaksanakan Sholat Sunnah Thawaf, hampir setiap Umat Islam yang telah jatuh cinta pada pandangan pertama kepada Kabah ini akan berjalan dan berusaha untuk menghampiri Kabah untuk bisa memeluk Ka’bah seakan tak bisa membendung rasa didalam hati dan jiwa. Sahabat Haji Plus pastinya dapat membayangkan bahwasannya setiap orang yang cinta dan rindu, pasti akan berusaha untuk memeluk yang dicintainya. Tentu tak perduli dengan tantangan dan rintangan yang dihadapinya, situasi dan kondisi bukanlah suatu masalah demi terwujudnya keinginan hati. Tangisan dan doa kepada Allah mengiringi doa – doa yang dilantunkan saat Sahabat Haji Plus berada di Tanah Suci.

Baca Artikel Lainnya :  Travel Haji Plus di Surabaya

Selama Sahabat Haji Plus berada di tanah suci, Tentunya Sahabat Haji Plus berupaya memaksimalkan rangkaian ibadah serta amalan – amalan yang berbuah pahala. Perlu Sahabat Haji Plus ketahui bahwa tak ada yang bisa menyurutkan rasa cinta dan kerinduan untuk kembali ke tanah yang disucikan Allah tersebut. Karena disanalah adanya rasa ketenangan, ketentraman serta kebahagiaan yang tak bisa digambarkan dan diungkapkan dengan kata. Saat Sahabat Haji Plus berada di dekat dengan Ka’bah, Ka’bah memanglah bangunan biasa yakni sebuah bangunan layaknya bangunan ditanah air. Namun, hal yang membedakannya ialah bangunan tersebut dibangun oleh Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail atas perintah Allah Swt dan Allah pun memerintahkan kepada hambanya untuk mensucikannya dengan beribadah kepadaNya dan dipergunakan sebagai alat pemersatu seluruh umat Islam di dunia. Karena itulah bagi Sahabat Haji Plus yang telah jatuh hati pada pandangan pertama terhadap Ka’bah, tentunya tak akan hilang begitu saja memori tentang Ka’bah mulai dari mata, fikiran dan hati kita. Sebab itu, ada pula sebagian umat Islam yang setiap tahun pergi ke Tanah Suci untuk melaksanakan ibadah disana.

Amalan yang Berpahala Haji Mabrur

Tahukah Sahabat Haji Plus bahwa Allah Swt memberi pahala yang setara dengan haji mabrur bagi seorang anak yang tak bosan memandang wajah ayah ibunya. Coba bayangkan, memandangnya saja pahala yang di dapatkan begitu istimewanya apalagi saat Sahabat Haji Plus patuh dan taat kepada keduanya. Menurut Syekh Maulana Muhammad Zakariyya Al – Kandahlawi menyatakan dalam kitab Fadhilah Haji tertulis bahwa terdapat sebuah hadits meriwayatkan bahwasannya “Seorang anak shalih yang memandang kedua orang tuanya dengan rasa cinta dan kasih sayang, maka pahalanya sama seperti haji yang makbul.” Hadits lain menyatakan bahwasannya selain dosa syirik, Allah Swt akan mengampuni semua dosa – dosa yang dikehendakiNya. Namun beda halnya apabila terkait dengan dosa durhaka kepada orang tua. Allah Swt akan menghukumnya di dunia ini sebelum ia mati. Diketahui bahwa terdapat seorang sahabat Nabi Muhammad yang berkata bahwasannya “Ya Rasulallah saya ingin berjihad.”

Kemudian Nabi Muhammad Saw menjawab “ apakah Ibu masih hidup?” Lalu Sahabat Nabi menjawab “Ya” Nabi Muhammad Saw lalu bersabda “Berbaktilah kepada ibumu karena kamu ada di bawah telapak kaki Ibmumu”. Dalam hadis lain menyebutkan bahwa ridha Allah Swt juga bergantung kepada ridha ayah. Murka Allah tergantung kepada murka ayah  dan masih banyak hadis lain tentang dorongan dan keutamaan berbakti kepada kedua orang tua.

Selain itu, Syekh Muhammad Zakariyya juga mengatakan bahwa jika terdapat seorang yang karena kelalaiannya berbuat salah dalam masalah ini, sedangkan kedua orang tuanya sudah meninggal, maka di dalam syariat yang suci ini masih terdapat jalan keluarnya. Jalan keluarnya ialah berdoa dan memohonkan ampun untuk orang tuanya. Dalam sebuah hadits pun dijelaskan bahwa barangsiapa yang kedua orang tuanya meninggal dunia dalam keadaan ia durhaka kepada mereka, maka dengan memperbanyak doa dan istighfar untuk mereka. Pastinya dengan hal demikian, orang tersebut akan mendapat golongan sebagai anak yang berbakti kepada kedua orang tuanya. Meskipun selama masa hidupnya si anak tersebut tak menyayangi atau tak berbakti kepada kedua orang tuanya. Hal ini dapat menjadi salah satu cara yang dapat Sahabat Haji Plus terapkan sebelum bisa berangkat pergi ke Tanah Suci. Sembari Sahabat Haji Plus juga memohon restu dan juga doa kepada orang tua yang masih ada untuk keinginan Sahabat Haji Plus untuk pergi ke Tanah Suci.

Baca Artikel Lainnya :  Tips Haji Bersama Keluarga

Inilah Hotel Berkelas di Kawasan Masjidil Haram

Di kawasan Masjidil Haram terdapat beberapa hotel berkelas dengan fasilitas yang sungguh istimewa bagi Sahabat Haji Plus yang ingin mencobanya. Sudah pasti hotel berbintang yang ada di kawasan Masjidil Haram ini akan menyediakan kenyamanan bagi Sahabat Haji Plus sekalian. Bagi Sahabat Haji Plus yang tertarik untuk mencoba menginap di salah satu hotel berbintang di kawasan Masjidil Haram, Sahabat Haji Plus dapat menyesuaikannya dengan jenis program haji yang Sahabat Haji Plus pilih ya. Sahabat Haji Plus dapat melihat keterangan penginapan di jasa travel yang akan Sahabat Haji Plus dapatkan saat berada di Tanah Suci. Ada berbagai hal menarik tentang hotel yang berada di kawasan Masjidil Haram ini. Jaraknya pun cukup dekat dengan Masjidil Haram yang tentunya lebih mudah dan lebih praktis saat hendak melaksanakan ibadah. Bagi Sahabat Haji Plus yang ingin mendapatkan informasi lebih lengkap seputar hotel apa saja yang berada di kawasan Masjidil Haram, yuk simak berikut ini.

  1. Al Safwa Orchid Royale Hotel

Bisa dibilang bahwa hotel Al Safwa Orchid Royale Hotel ini mematok harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan hotel – hotel berbintang lainnya. Namun meskipun demikian, Al Safwa Orchid Royale Hotel juga tak kalah menarik. Perlu Sahabat Haji Plus ketahui bahwa Al Safwa Orchid Royale Hotel memiliki akses pemandangan yang amat menarik dibandingkan dengan hotel yang tersedia lainnya. Diketahui bahwa Hotel Al Safwa ini memiliki jarak sekitar 100 meter dari Pintu Masjid Bab Malik Abdul Aziz. Tak hanya itu, Al Safwa Orchid Royale Hotel menjadi salah satu hotel mewah dengan bintang lima yang memiliki aneka kamar dengan panorama Ka’bah dan Masjidil Haram. Selain memiliki pemandangan yang indah, Di hotel yang mewah ini tersedia 3 lantai khusus yang berisi pertokoan yang menyediakan souvenir dan makanan khas Tanah Suci. Sebab itulah, hotel ini juga menjadi salah satu favorit jemaah haji. Travel Haji Plus

  1. A Fairmont Hotel

Salah satu hotel yang terletak di kawasan Masjidil Haram ini ialah bernama A Fairmont Hotel. Hotel ini diketahui berada di depan Masjidil Haram yang tepatnya berada di pintu bab malik Abdul Aziz, Makkah Clock Royal Tower. Perlu Sahabat Haji Plus ketahui bahwa hotel A Fairmont Hotel ini hanya berjarak sekitar 50 meter dari Masjidil Haram. Hotel ini berdiri sebagai salah satu bangunan tertinggi di dunia dengan 76 lantai. Tak hanya itu, hotel ini juga dilengkapi dengan mahkota jam terbesar di dunia. Saat Sahabat Haji Plus melihat maka akan terlihat bahwa hotel ini terlihat menawan dan terlihat paling tinggi se – kota Mekkah. Dikethui bahwa jumlah seluruh kamar di hotel ini sebanyak 1299 kamar dan memiliki 56 lift. Menarinya ialah bahwa Makkah Royal Clock Tower, A Fairmont Hotel menawarkan professionalitasnya serta keramahan staff hotel yang senantiasa terjaga dalam melayani customer.

  1. Hilton Mekkah Hotel

Hilton Mekkah Hotel menjadi salah satu hotel yang menghadap langsung ke Masjidil Haram yang letaknya berada diantara Hotel Dar Tauhid Intercontinental dan Abraj Al Bayt. Diketahui bahwa Hilton Mekkah Hotel ini memiliki kamar dengan pemandangan Masjidil Haram dan Ka’bah. Desain bangunan dari Hilton Mekkah Hotel ini bergaya klasik namun sangat elegan. Hotel ini memiliki 700 kamar hotel dan suite yang disertai fasilitas yang modern. Tak hanya itu, Hilton Mekkah Hotel juga menawarkan pusat perbelanjaan dengan 450 toko bermerek internasional.

  1. Raffles Makkah Palace Hotel

Perlu Sahabat Haji Plus ketahui bahwa Raffles Makkah Palace Hotel ini berada di kompleks Abraj Al – Bait. Raffles Makkah Palace Hotel menjadi salah satu penginapan yang memiliki 214 kamar yang seluruh kamarnya berkelas suite eksklusif dengan pemandangan menakjubkan dari Masjidil Haram dan Ka’bah. Tak hanya itu, Raffles Makkah palace Hotel berlokasi yang berbatasan langsung dengan Masjidil Haram dengan menawarkan akses mudah ke Gerbang King Abdulaziz yakni pintu masuk utama ke Masjidil Haram dengan hanya berjalan kaki sekitar 100 meter saja. Karena Raffles Makkah Palace Hotel merupakan hotel berbintang 5, maka seluruh kamar suitenya berukuran cukup luas serta berdekorasi mewah dengan lantai marmer dan karpet corak oriental. Bahkan setiap unit pun memiliki ruang tamu pribadi. Raffles Makkah Palace Hotel ini menyajikan beragam masakan di 2 restorannya. Tahukah Sahabat Haji Plus bahwa jaringan hotel yang memiliki pusat di swiss ini menerapkan budaya Islam dimana tempat olah raga atau fitnes center terpisah antara pria dan wanita.

  1. Swiss Hotel Makkah

Tahukah Sahabat Haji Plus bahwa Swiss Hotel Makkah masih berada dalam kawasan Abraj Al Bait. Berdasarkan informasi yang ada menyatakan bahwa Swiss Hotel Makkah memiliki kamar sebanyak 1487 kamar yang terdiri dari kamar deluxe dan suite yang siap membuat nyaman siapapun yang singgah disini. Hotel yang dibangun dengan megah nan mewah ini memang sengaja dibuat menghadap Masjidil Haram. Tujuannya ialah agar banyak kamar yang dapat melihat ke Ka’bah. Swiss Hotel Mekkah ini sudah dibuka sejak awal Agustus 2012, namun sudah banyak jemaah haji yang menginap disana. Apabila tak sempat untuk menuju ke Masjidil Haram, hotel ini juga mempunyai ruang sholat terbuka di lantai 8 yang mampu menampung hingga 800 orang. Saat Sahabat Haji Plus sholat di hotel itu, jamaah pun masih tetap dapat melihat Ka’bah dengan jelas di bawah sana. Luar biasa kan..

Baca Artikel Lainnya :  Haji Furoda Terbaik di Surabaya

Tips Menghindari Rasa Sombong Saat Berhaji

Salah satu penyakit hati yang merusak jiwa adalah sombong. Tentunya Sahabat Haji Plus tak lagi asing tentang kisah malaikat yang paling taat dan pada akhirnya dikeluarkan dari surga Allah? Memanglah betul bahwa malaikat tersebut merupakan iblis yang dilaknat Allah Swt karena sifat sombongnya. Hal ini bermula saat iblis melakukan penolakan untuk bersujud kepada Nabi Adam yang kala itu menjadi manusia pertama yang diciptakan oleh Allah Swt. Sifat sombong ini muncul karena Iblis merasa unsur api yang menciptakannya ini lebih tinggi derajatnya dibandingkan unsur tanah yang menciptakan Nabi Adam. Sebab itulah, Allah Swt memperingatkan hambanya agar jangan sampai memiliki sifat sombong seperti iblis. Akan tetapi, nyatanya saat melaksanakan ibadah, sifat sombong pun masih bisa muncul tanpa Sahabat Haji Plus sadari. Banyak yang masih beranggapan bahwasannya Ibadah haji ini sebagai ibadah bagi umat muslim yang memiliki rezeki sangat lebih dari cukup. Tentunya pernyataan ini tak sepenuhnya salah dan tak bisa dibenarkan juga. Karena kesempatan datang ke tanah suci melaksanakan ibadah haji bisa didapat oleh siapapun. Akan tetapi yang bisa melakukannya hanya mereka yang sudah merasa mampu, terutama dalam hal materi. Biaya Haji Plus

Apabila Sahabat Haji Plus mendapatkan kesempatan itu, hati – hati dengan godaan iblis yang membuat Sahabat Haji Plus menjadi sombong. Kemudian, bagaimana caranya supaya sifat sombong tak muncul saat melaksanakan ibadah haji? Hendaknya Sahabat Haji Plus menyadari bahwa di tanah suci seluruh orang ialah sama yakni sebagai hamba Allah dan sesama saudara muslim sebisa mungkin menghindari sikap sombong dalam diri dan merasa lebih dari orang lain. Perlu Sahabat haji Plus ketahui bahwa Syaikh Said Ramadhan Al Buthi merupakan salah satu ulama dunia asal Damascus pernah menyatakan bahwasannya banyak umat Islam merasa dengan ibadah hajinya dapat mendekatkan diri kepada Allah. Akan tetapi malah sebaliknya bahwa ibadah haji tersebut membuat orang yang sombong semakin jauh dari Allah karena masih memiliki sifat sombong dan tak ada keikhlasan dalam ibadah mereka. Hendaknya Sahabat Haji Plus jangan sampai memelihara sifat sombong saat pelaksanaan ibadah haji dan selepas pelaksanaan ibadah haji ya. Karena hal ini akan menyebabkan pelaksanaan ibadah haji Sahabat Haji Plus menjadi sia – sia. Hanya niat yang sungguh kuatlah yang membuat hati Sahabat Haji Plus terhindar dari penyakit hati sombong saat pergi berhaji. Cobalah untuk selalu mengingat berapa banyak dosa yang sudah Sahabat Haji Plus lakukan. Kemudian niatkan untuk mencari ridho dan mengharap ampunan dari Allah untuk mengindari munculnya sifat sombong tersebut.

Sudah sampai mana nih persiapan rencana keberangakatan ibadah haji Sahabat Haji Plus sekalian? Jangan lupa untuk mempersiapkannya secara matang yaa. Supaya pelaksanaan ibadah haji Sahabat Haji Plus dapat berjalan dengan lancar. Untuk Sahabat Haji Plus yang tak ingin ketinggalan informasi seputar Biaya Haji 2022, simak terus informasi yang kami berikan ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *