Berikut Cara Cek Porsi Haji Plus di Indonesia

Berikut Cara Cek Porsi Haji Plus di Indonesia

Berikut Cara Cek Porsi Haji Plus di Indonesia

Biaya Paket Haji Plus
Biaya Paket Haji Plus

Bagi Keluarga Haji yang telah mendaftar Haji Plus, kiranya baik untuk dapat mengetahui cara cek nomor porsi keberangkatan haji. Dengan begitu, Keluarga Haji bisa menjadi tahu perkiraan waktu pada tahun berapa akan mulai diberangkatkan ke Tanah Suci untuk menunaikan ibadah Rukun Islam kelima. Seperti diketahui, jadwal keberangkatan haji, termasuk

Haji Plus, Travel Haji Plus, Biaya Haji Plus, Harga Haji Plus, Paket Haji Plus, Haji Plus dari Jakarta, Haji Plus Surabaya, Haji Plus 2023, Haji Plus 2022, Travel Haji Plus Terbaik, Haji Plus Langsung Berangkat, ONH Plus, Paket ONH Plus, Biaya ONH Plus, Travel ONH Plus, Haji Khusus, Paket Haji Khusus, Travel Haji Khusus, Biaya Haji Khusus

 bisa saja berubah karena berbagai faktor, terlebih di situasi Pandemi Covid-19 ini.

Keluarga Haji biasanya akan diberikan nomor porsi yang terdiri dari 10 digit angka setelah membayar setoran awal di bank penerima setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH). Nomor tersebut tertera dalam bukti setoran awal.  Keluarga Haji yang mendaftar paket Haji Plus kemungkinan akan mendapatkan nomor porsi itu dari pihak swasta atau penyelenggara ibadah Haji Khusus (PIHK) masing-masing.

Ketika sudah menerima nomor porsi, Keluarga Haji sebenarnya cukup mudah untuk bisa mengetahui perkiraan waktu keberangkatan haji.

Berikut cara cek porsi Haji Plus di Indonesia

Keluarga Haji bisa cek porsi Haji Plus secara online melalui situs web Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia (RI) atau lewat aplikasi. Kemenag telah menyediakan fitur cek nomor porsi haji melalui situs web yang dapat diakses melalui ponsel maupun komputer.

Berikut cara cek porsi Haji Plus di Indonesia dengan memanfaatkan website yang disediakan Kemenag:

  1. Siapkan nomor porsi yang telah diperoleh 
  2. Buka alamat situs https://haji.kemenag.go.id/v4/
  3. Skrol ke bawah sampai menemukan  bagian “Perkiraan Berangkat”
  4. Isi nomor porsi yang dimiliki dalam kolom yang tersedia
  5. Klik “CARI” untuk melihat data perkiraan keberangkatan
Baca Artikel Lainnya :  Definisi haji dan umroh

Jika ingin cek porsi Haji Plus lewat aplikasi,  Keluarga Haji bisa memanfaatkan aplikasi bernama “Haji Pintar”. 

Berikut cara cek porsi Haji Plus di Indonesia yang bisa dilakukan lewat aplikasi:

  1. Buka Play Store di HP dengan sistem operasi Android
  2. Cari dan install aplikasi “Haji Pintar”
  3. Buka aplikasi
  4. Pilih menu “Estimasi Keberangkatan”
  5. Masukkan 10 digit nomor porsi keberangkatan haji
  6. Klik Submit, maka aplikasi akan menampilkan informasi dasar seperti nomor porsi, nama, tahun perkiraan keberangkatan, asal kota atau kabupaten, jumlah kuota provinsi, dan posisi porsi pada kuota provinsi Untuk cek porsi Haji Plus, Keluarga Haji juga bisa meminta bantuan kepada pihak travel penyelenggara.

Yang jelas, pada umumnya, masa tunggu keberangkatan Haji Plus kurang lebih hanya sekitar 6-8 tahun. Masa tunggu keberangkatan Haji Plus ini memang jauh lebih singkat daripada masa tunggu Haji Reguler yang saat ini di Indonesia mencapai 15 tahun lebih. Di beberapa daerah bahkan masa tunggu keberangkatan haji reguler bisa 30 tahun lebih.

Haji Plus atau Haji Khusus memang berbeda dengan Haji Reguler. Sesuai namanya, paket Haji Plus memang punya “plus”atau kelebihan tersendiri yang tidak dimiliki pada penyelenggaraan Haji Reguler. Meski berdasarkan Undang-Undang (UU) Nomor 9 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Haji dan Umrah, kuota Haji Khusus telah ditetapkan hanya 8 persen dari kuota haji nasional, masa tunggu keberangkatan Haji Plus tetap saja dipastikan akan lebih singkat daripada Haji Reguler.

Jika mendaftar paket Haji Plus tahun ini, Keluarga Haji kemungkinan dapat diberangkatkan ke Tanah Suci pada 2027-2029. Tapi, Keluarga Haji juga harus menyadari bahwa biaya Haji Plus akan lebih tinggi daripada biaya Haji Reguler.

Baca Artikel Lainnya :  Travel Haji Plus di Jakarta Selatan Terbaik

Estimasi biaya Haji Plus di Indonesia bisa mencapai 12.000 dollar AS per jamaah atau jika dirupiahkan menjadi sekitar Rp170 juta per jamaah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *