Berikut 3 Jenis Haji yang Ada di Indonesia yang Bisa Anda Pilih

Berikut 3 Jenis Haji yang Ada di Indonesia yang Bisa Anda Pilih

Berikut 3 Jenis Haji yang Ada di Indonesia yang Bisa Anda Pilih

Berikut 3 Jenis Haji yang Ada di Indonesia yang Bisa Anda Pilih
Berikut 3 Jenis Haji yang Ada di Indonesia yang Bisa Anda Pilih

Beberapa Keluarga Haji mungkin belum tahu bahwa paket perjalanan haji bukan hanya terdiri dari satu jenis saja, yakni Haji Reguler. Haji Reguler adalah penyelenggaraan haji yang dilakukan oleh Pemerintah melalu Kementerian Agama (Kemeng) Republik Indonesia (RI). Padahal secara umum tersedia 3 paket perjalanan haji yang dapat dipilih Keluarga Haji. travel haji plus

3 jenis haji di Indonesia

Selain Haji Reguler, Keluarga Haji yang ingin beribadah ke Tanah Suci pada dasarnya bisa juga memilih paket Haji Plus maupun Haji Furoda. Perbedaan dari ketiganya secara garis besar terletak dari segi waktu tunggu dan pembiayaan.

Berikut 3 jenis haji yang ada di Indonesia yang bisa Anda pilih:

  • Haji Reguler

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Haji Reguler adalah ibadah haji yang diselenggaraan oleh Kemenag RI. Untuk jawal keberangkatan Haji Reguler, Keluarga Haji diharuskan untuk mengantre terlebih dahulu karena ada pembatasan kuota secara ketat per masing-masing daerah. Lama waktu tunggu keberangkatan Haji Reguler di Indonesia rata-rata bisa sampai 15 tahun. 

Sementara itu, biaya Haji Reguler kini berada di kisasaran angka Rp35 juta per jamaah.  Nilai ini memang bisa 3-5 kali lipat kecil apabila disandingkan dengan biaya Haji Plus yang berkisar Rp130 juta-Rp170 juta per jamaah. Perbedaan ini juga nantinya tentu akan memengaruhi juga fasilitas yang bisa diterima Keluarga Haji.

  • Haji Plus

Berbeda dengan Haji Reguler, Haji Khusus atau Haji Plus adalah penyelenggaraan haji yang dilakukan oleh swasta yang telah ditunjuk dan diberi izin oleh Kemenag RI. Jadi, penyelenggaraan Haji Plus tidak ditangani langsung oleh pemerintah.

Dari segi waktu keberangkatan, Haji Plus ini bisa dibilang lebih “plus” atau unggul daripada Haji Reguler. Keluarga Haji tidak akan sampai menunggu puluhan tahun lagi untuk bisa berangkat ke Tanah Suci ketika mendaftarkan diri untuk Haji Plus. 

Baca Artikel Lainnya :  Paket Haji Plus di Bandung

Antrean Haji Plus kurang lebih hanya sekitar 6-8 tahun atau jauh lebih singkat daripada Haji Reguler. Dari segi fasilitas, Keluarga Haji juga bisa berkesempatan mendapatkan pelayanan yang lebih berkelas ketika memilih paket Haji Plus daripada Haji Reguler.

Tapi, Keluarga Haji harus paham bahwa perlu juga menyediakan dana yang lebih besar. Biaya Haji Plus pada tahun ini kurang lebih mencapai 9.000-12.000 dollar AS per jamaah.  Jika dirupiahkan, nominal itu bisa mencapai sekitar Rp130 juta-Rp170 juta per jamaah.

  • Haji Furoda

Haji Furoda berbeda dengan Haji Plus. Haji Furoda adalah keberangkatan Haji menggunakan visa mujamalah atau visa resmi dari Pemerintah Arab Saudi. Kuota Haji Furoda berbeda juga dengan Haji Reguler dan Haji Plus.

Di mana, ketika mendaftar paket Haji Furoda, Keluarga Haji bisa berkesempatan berangkat ke Tanah Suci pada tahun yang sama ketika mendaftar. Begitu cepat, bukan? Oleh sebab itu, Haji Furoda kerap juga disebut atau dikenal sebagai haji tanpa antre.

Haji Furoda ini cocok sekali bagi Keluarga Haji yang butuh atau berkeinginan langsung berangkat haji tanpa melewati antrean panjang.

Namun, perlu disadarai, bahwa biaya Haji Furoda akan lebih tinggi daripada paket haji lainnya. Biaya pekat Haji Furoda bisa mencapai 18.000 dollar AS atau jika dirupiahkan bisa mencapai Rp250 juta per jamaah.  Meski demikian, Keluarga Haji tentu akan merasakan tingkat kenyamanan yang berbeda pula ketika mendaftar paket Haji Furoda.  Fasilitas Haji Furoda dipastikan bakal lebih eksklusif dibandingkan pada Haji Reguler dan Haji Plus. 

Bagaimana? Informasi dalam artikel Berikut 3 Jenis Haji yang Ada di Indonesia yang Bisa Anda Pilih apakah bermanfaat bagi Keluarga Haji? Jika iya, bolehlah dibagikan kepada sanak-saudara atau kerabat.

Baca Artikel Lainnya :  Biaya Haji Plus 2022 Kemenag

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *