Berapa Biaya Haji Plus Tahun Ini? Berikut Penjelasannya

Berapa Biaya Haji Plus Tahun Ini? Berikut Penjelasannya

Berapa Biaya Haji Plus Tahun Ini? Berikut Penjelasannya

Berapa Biaya Haji Plus Tahun Ini? Berikut Penjelasannya
Berapa Biaya Haji Plus Tahun Ini? Berikut Penjelasannya

Berapa biaya Haji Plus tahun ini kiranya penting dipahami oleh setiap Keluarga Haji terutama yang telah berkeinginan untuk menjalankan ibadah haji tidak lewat jalur reguler. Haji Plus memang berbeda dengan Haji Reguler.  Haji Plus diselenggarakan oleh pihak travel haji Plus yang telah ditunjuk dan diberi izin oleh Pemerintah Republik Indonesia (RI) lewat Kementerian Agama (Kemenag). Sementara, Haji Reguler adalah penyelenggaraan haji yang dilakukan langsung oleh Kemenag RI. Seperti namanya, Haji Plus secara umum bisa dikatakan lebih unggul daripada Haji Reguler. 

Ini termasuk soal waktu tunggu keberangkatan. Di mana, waktu tunggu keberangkatan Haji Plus dipastikan akan lebih singkat daripada Haji Reguler atau Haji Biasa yang diselenggarakan langsung oleh pemerintah. Keluarga Haji tidak akan sampai menunggu puluhan tahun lagi untuk bisa berangkat ke Tanah Suci ketika mendaftarkan diri untuk Haji Plus.  Antrean Haji Plus kurang lebih hanya sekitar 6-8 tahun atau jauh lebih singkat daripada Haji Reguler yang rata-rata di Indonesia bisa 15 tahun lebih. Sebagai gambaran, jika telah mendaftar Haji Plus pada tahun 2022, maka Keluarga Haji kemungkinan akan bisa diberangkatkan ke Tanah Suci pada tahun 2027 – 2029. Cukup singkat, bukan? Tapi, perlu dipahami bahwa dari segi harga, biaya Haji Plus bisa dipastikan pula akan lebih tinggi daripada biaya Haji Reguler. 

Berapa biaya Haji Plus tahun ini? Berikut penjelasannya

Biaya Haji Plus tahun ini kurang lebih mencapai 9.000-12.000 dollar AS per jamaah.  Jika dirupiahkan, nominal itu bisa mencapai sekitar Rp130 juta-Rp170 juta per jamaah. Nilai ini memang bisa 3-5 kali lipat lebih besar jika dibandingkan dengan biaya Haji Reguler yang berkisar Rp35 juta per jamaah. Tapi, Keluarga Haji sebaiknya jangan langusung terburu-buru menilai biaya Haji Plus mahal. Pasalnya, ada banyak keunggulan lainnya yang bisa dirasakan Keluarga Haji tatkala lebih memilih mendaftar Haji Plus daripada Haji Reguler.

Baca Artikel Lainnya :  Perbedaan Haji dan Furoda

Bukan hanya dari segi waktu tunggu keberangkatan, Keluarga Haji juga bisa merasakan manfaat lebih dari Haji Plus terkait akomodasi penginapan, penerbangan, transporasi selama di Tanah Suci, makanan selama menjalani ibadah haji, termasuk waktu pelaksanan ibadah haji yang akan lebih singkat daripada Haji Reguler. Lama pelaksanaan ibadah Haji Reguler seperti dipahami, bisa mencapai 40 hari dihitung dari waktu keberangkatan sampai pulang ke Tanah Air dan dibagi menjadi dua gelombang, yaitu antara Madinah dan Makkah. 

Sementara, Haji Plus biasanya memakan waktu lebih cepat dan dibagi menjadi dua kelompok, yaitu Arbain di Masjid Nabawi dengan lama pelaksanaan 26 hari dan Non- Arbain dengan waktu lebih singkat yaitu 15-19 hari. Belum lagi, Keluarga Haji jadi bisa berkesempatan menjalani ibadah haji yang lebih eksklusif saat mendaftar Paket Haji Plus.  Pasalnya, jumlah anggota rombongannya cenderung akan lebih sedikit daripada saat berangkat Haji Reguler.

DP Haji Plus

Untuk perjalanan Haji Plus, perusahaan jasa travel biasanya akan mensyaratkan pembayaran down payment (DP) bagi calon jamaah Haji Plus untuk bisa mendapatkan nomor porsi haji. Besaran DP yang biasanya ditetapkan oleh travel penyelenggara adalah lebih kurang mencapai 4.500-5.000 dollar AS (Rp64 juta-Rp71 juta) per jamaah sesuai dengan paket Haji Plus yang dipilih.

Haji Plus di Indonesia menjadi pilihan jamaah Haji untuk bisa berangkat tanpa antri berlama lama seperti haji reguler yang antrian hajinya hingga 25 Tahun, Haji Plus dan Furoda saat ini menjadi pilihan terbaik untuk Jamaah dari Indonesia untuk berangkat haji bersama keluarga dengan antrian yang tidak membutuhkan waktu yang lama.

pilihan haji plus bersama hajiplud.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *