Badal Haji Umroh Apakah Ada Batasan Usia? Berikut Penjelasannya

Badal Haji Umroh Apakah Ada Batasan Usia? Berikut Penjelasannya

Badal Haji Umroh Apakah Ada Batasan Usia? Berikut Penjelasannya

Badal Haji Umroh Apakah Ada Batasan Usia? Berikut Penjelasannya
Badal Haji Umroh Apakah Ada Batasan Usia? Berikut Penjelasannya

Namun sebelumnya, Mitra Muslim perlu mengetahui bahwa tidak semua orang boleh dibadalkan. Hanya boleh untuk orang yang benar-benar tidak mampu serta sudah meninggal dunia saja.

Tidak mampu yang dimaksud dari segi fisiknya. Biasanya terjadi pada orang yang sudah berusia sangat tua. Bisa juga karena mengalami sakit dan sulit diharapkan sembuhnya, sehingga memerlukan pihak lain untuk menunaikan ibadah ini.

Lalu, berapa batasan usia diperbolehkan badal? Apakah ada atau tidak? Serta apa saja syarat pembadal? Mengenai pertanyaan-pertanyaan tersebut, akan dijawab pada pembahasan berikut.

Badal Haji Umroh Apakah Ada Batasan Usia? Berikut Penjelasannya

Menjawab pertanyaan mengenai badal haji dan umroh apakah ada batasan usia? berikut penjelasannya. Syarat bagi orang yang dibadalkan paling utama adalah tercukupinya kewajiban haji atau umroh atas dirinya.

Mulai dari agama Islam, merdeka, berakal, baligh serta memiliki harta cukup untuk biaya ibadahnya. Dalam Islam, seseorang dikatakan sudah baligh jika sudah berumur 15 tahun berdasarkan kalender hijriah.

Tanda kedua yaitu keluarnya sperma sesudah menginjak usia sembilan tahun. Tanda ketiga adalah bagi perempuan mengalami haid sesudah berusia sembilan tahun. Ketika seseorang tidak meninggal dalam keadaan muslim, juga tidak boleh dibadalkan.

Pada saat anak masih kecil atau belum menginjak usia baligh meninggal dunia, pihak keluarga juga tidak perlu melaksanakan badal haji dan badal umroh. Ketika seseorang masih kecil atau belum baligh, hukum ibadahnya memang sah.

Namun, nilainya menjadi haji berhukum sunnah, bukan wajib. Hal sama berlaku untuk orang gila atau tidak berakal karena mereka tidak mempunyai kewajiban menunaikan ibadah ini.

Bisa disimpulkan bahwa mengenai batasan usia, sama seperti pada persyaratan ibadah haji dan umroh secara umum. Pembedanya hanya pada pihak yang menunaikan mewakili atas orang lain. Mengenai usia tetap harus sesuai ketentuan syarat wajibnya.

Baca Artikel Lainnya :  Masyarakat Indonesia Bisa Gunakan Jasa Badal Haji dan Umroh untuk Hadiah Keluarga yang Sudah Meninggal

Beberapa Syarat Orang yang Menunaikan Badal Haji dan Umroh

Tidak hanya orang yang dibadalkan saja harus memenuhi syarat. Tapi, juga untuk orang yang menunaikan badal ibadah haji serta umrohnya. Beberapa syaratnya antara lain:

  1. Memenuhi Syarat Sah

Syarat sah yang dimaksud tentu saja mengenai pelaksanaan ibadah haji dan umroh. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, berakal dan beragama Islam. Ditambah ada syarat khusus bagi perempuan.

Dalam menunaikan harus atas izin suami atau mahram. Selain itu juga tidak sedang dalam masa iddah. Jika tidak memenuhi syarat wajib tersebut, pelaksanaan badal bisa dianggap tidak sah.

  1. Orang yang Dibadal Meninggal Beragama Islam

Syarat selanjutnya yaitu orang yang dibadal meninggal dalam keadaan muslim. Seperti Mitra Muslim  ketahui, bahwa mendoakan orang musyrik saja tidak diperbolehkan, apalagi membadalkannya.

Mengenai orang tersebut apakah pernah melakukan maksiat atau dosa, tidak bisa menjadikannya dasar untuk melarang. Jadi, penghalangnya adalah ketika orang tersebut secara sah bukanlah muslim.

  1. Sudah Pernah Melaksanakannya

Pembadal ibadah ini harus sudah pernah melaksanakannya. Pembadal harus sudah menunaikan kewajibannya mengerjakan ibadah haji yang berhukum wajib. Kemudian, baru bisa mewakili haji maupun umroh pihak lain yang berhukum sunnah.

  1. Orang yang Dibadal Memang Tidak Mampu Menunaikannya

Syarat terakhir yaitu orang yang dibadal memang tidak mampu menunaikannya. Jadi, tidak berlaku bagi yang masih hidup dan sehat fisiknya atau sebenarnya mampu untuk menunaikannya sendiri.

Apakah Mitra Muslim sedang mencari penyedia jasa badal ibadah haji dan umroh terpercaya? Gunakan saja SatuTours Travel. Ada banyak paket berharga terjangkau yang ditawarkan oleh jasa badal haji dan badal umroh SatuTours ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *