5 Tips jadi haji mabrur

5 Tips jadi haji mabrur

Biaya Haji Plus dari Jakarta
Biaya Haji Plus dari Jakarta

5 Tips jadi haji mabrur

Bisa menjadi haji mabrur adalah dambaan bagi banyak umat muslim. Bagaimana tidak, Rasulullah SAW pernah bersabda bahwa balasan yang paling pantas bagi haji yang mabrur adalah surga dari Allah SWT. Haji mabrur adalah haji yang dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang diberikan Rasulullah SAW. Seorang haji yang mabrur bisa berarti telah berhasil mencapai tujuan dari ibadah hajinya, yakni kembali suci. Seseorang ini telah sukses menjadi lebih beriman, semakin patuh kepada Allah, dan berakhlak lebih baik daripada sebelum ibadah haji. Haji Plus

Tips jadi haji mabrur

Setiap Keluarga Haji baik yang baru memiliki impian atau rencana, maupun yang tinggal menunggu jadwal keberangkatan ke Tanah Suci, kiranya penting untuk mengetahui tips jadi haji mabrur. Pasalnya, hal itu mungkin bisa membantu Keluarga Haji dalam meraih kesempatan mendapatan surga Allah kerena menjadi haji mabrur.Berikut ini adalah 5 tips jadi haji mabrur yang dapat dipertimbangkan :

  1. Luruskan niat hanya untuk Allah

Untuk bisa menjadi haji mabrur, perlu ditekankan dalam pikiran dan hati, bahwa Keluarga Haji harus memiliki niat yang ikhlas semata-mata hanya karena mengharap rida dari Allah ketika hendak menjalankan ibadah haji.

Jangan sampai motivasi berhaji karena ingin dipandang mampu oleh orang lain atau dipanggil dengan atribusi haji setelah pulang dari Tanah Suci.

  1. Menunaikan ibadah haji dengan harta yang halal

Bagaimanapun, Keluarga Haji harus menggunakan uang halal untuk berangkat haji.

Yakinlah bahwa seseorang yang melaksanakan ibadah haji dengan uang haram, maka tidak akan dikabulkan doanya oleh Allah.

  1. Melaksanaan ibadah haji sesuai ajaran Rasulullah

Manasik haji adalah cara melaksanakan ibadah haji sejak mulai berpakaian ihram, miqat, tawaf, wukuf di Arafah, melempar jumrah, tahalul, dan seterusnya. Semua ini dapat dipelajari melalui kitab-kitab, buku-buku manasik haji, atau orang-orang yang sudah melaksanakan ibadah haji lebih dulu.  Yang jelas, Dalam melaksanakan ibadah haji, Keluarga Haji mesti sesuai dengan ilmu manasik yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW. Penuhi syarat, rukun wajib, dan bahkan sunah ibadah haji yang telah diajarkan oleh Nabi Muhammad. Biaya Haji Plus

  1. Menjaga perilaku, tutur kata, dan hati

Saat menjalankan ibadah haji, sudah menjadi barang tentu bahwa Keluarga Haji harus menjauhi larangan Allah, seperti rafats, fusuq, dan jidal sebagai salah satu tips jadi haji mabrur. Rafats adalah berbicara tentang hal-hal yang tidak berguna atau mengatakan kata-kata kotor. Sementara, fusuq adalah perbuatan yang melanggar ketaatan kepada Allah. Sedangkan, jidal adalah sikap berbantah-bantahan, bertengkar, atau bahkan baku hantam. Jadi, usahakan selama menjalani ibadah haji, hati harus selalu khusyuk dan penuh dengan kesabaran.Perbanyak berdoa dan berzikir untuk bisa melakukannya.

  1. Perbanyak berbuat baik selama dan setelah haji

Selama pelaksanaan ibadah haji, Keluarga Haji harus memperbanyak berbuat baik kepada sesama untuk bisa berkesempatan menjadi haji mabrur. Caranya, bisa dengan bersedekah, menolong orang lain, berbagi perbekalan, atau mengalah demi kepentingan orang yang lebih membutuhkan. Tapi, hal itu pada dasarnya diperintahkan juga untuk bisa tetap dilakukan setelah pulang dari Tanah Suci. Sepulangnya ke Tanah Air, Keluarga Haji harus berupaya semakin baik dalam melaksanakan apa yang diperintahkan oleh Allah SWT dan menjauhi setiap larangan-Nya. Misalnya, Keluarga Haji mesti semakin patuh melaksanaan salat, membayar zakat, termasuk menjaga kerukunan antarsesama. Di sisi lain, Keluarga Haji tak boleh melakukan syirik, riba, judi, zina, mabuk, korupsi, membunuh orang, menyakiti orang lain, bidah, dan dosa-dosa lainnya.

Baca Artikel Lainnya :  Haji Furoda Murah

Sementara itu, jetika teringat telah melakukan kesalahan, Keluarga Haji hendaknya bisa cepat-cepat melakukan taubat dan berkomitmen untuk tidak mengulanginya lagi. Itulah beberapa tips jadi haji mabrur yang bisa disimak. Travel Haji Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *