Biaya Haji dari di Jakarta

Biaya Haji dari di Jakarta

Bagi Sahabat Haji Plus, menunggu waktu keberangkatan yang cukup lama tentu membosankan bukan? Terlebih waktu tunggu keberangkatan yang harus ditunggu mencapai belasan hingga puluhan tahun. Tentunya, Sahabat Haji Plus tak perlu risau terkait waktu tunggu keberangkatan haji yang cukup lama. Karena Sahabat Haji Plus dapat melaksanakannya dalam kurun waktu yang cepat yakni tak perlu menunggu waktu tunggu keberangkatan yang lama. Apabila Sahabat Haji Plus menginginkan untuk melaksanakan ibadah haji dengan waktu tunggu keberangkatan yang lebih cepat dari haji reguler, Sahabat Haji Plus dapat mencoba mendaftar Haji Plus. Bagi Sahabat Haji Plus yang berkeinginan untuk menjadi calon jamaah Haji Plus, Sahabat Haji Plus dapat mencari informasi seputar Travel Haji Plus serta Biaya Haji Plus di hajiplus.id. Teruntuk Sahabat Haji Plus yang ingin mengetahui informasi seputar Biaya Haji dari di Jakarta, yuk simak informasi di bawah ini.

Cara Mempersiapkan Biaya Haji Plus

Karena ibadah haji merupakan ibadah yang dianggap istimewa oleh umat islam, maka tak heran apabila Sahabat Haji Plus sangat mendambakan untuk dapat melaksanakannya.  Bagi setiap umat muslim yang dapat mengunjungi Tanah Suci tentunya menjadi suatu impian yang sebisa mungkin untuk diwujudkan. Karena dengan menunaikan ibadah haji, umat muslim mempercayai bahwa ibadah haji dapat menguatkan iman seseorang agar lebih bertakwa kepada Allah Swt. Akan tetapi, impian untuk pergi ke tanah suci seringkali hanya sebatas angan belaka dikarenakan untuk melaksanakan ibadah haji membutuhkan biaya yang tak sedikit. Tentu saja, alasan biaya yang besar bukan alasan untuk membuat Sahabat Haji Plus sekalian menghentikan impian untuk menunaikan ibadah haji. Ada beberapa tips yang akan membantu sahabat Haji Plus dalam membekali diri untuk dapat menunaikan ibadah haji. Berikut lebih jelasnya.

  1. Buka Tabungan Khusus Haji

Agar Sahabat Haji Plus dapat memantau berapa rupiah yang sudah terkumpul untuk biaya ibadah haji, sebaiknya buka lah tabungan khusus yang diperuntukkan bagi ibadah haji. Hal ini tnentu sangat memudahkan sahabat Haji Plus sekalian dalam menabung untuk biaya ibadah haji. Daripada terlalu lama menabung namun tak kunjung membuahkan hasil karena terkadang terpakai kerperluan yang lain. Tabungan Haji bisa sahabat Haji Plus dapatkan di bank syariah. Namun, untuk beberapa bank konvensional yang ada di Indonesia juga telah menyediakan tabungan ini. Tabungan haji sama seperti program cicilan. Perbedaannya hanya pada besar cicilan yang dibayarkan tergantung kemampuan finanasial sahabat haji plus sekalian. Contohnya pada bulan pertama 200 ribu, sedangkan bulan berikutnya bisa lebih dari itu. Tergantung pada kemampuan sahabat haji plus sekalian. Besarnya cicilan yang dibayarkan tergantung jenis bank yang dipilih. Sebaiknya atur jumlah setoran yang dibayarkan. Karena dengan egitu tabungan haji akan cepat lunas dan sahabat haji plus dapat segera menunaikan ibadah haji.

  1. Rutin Menyetor Tabungan

Teruntuk Sahabat Haji Plus sekalian pastinya memiliki anggaran untuk keperluan sehari – hari. Nah.. cobalah untuk menganggarkan berapa rupiah untuk disimpan dalam celengkan khusus haji. Sebisa mungkin sahabat haji plus melakukannya dengan konsisten agar uang biaya dapat segera terkumpul. Beberapa bulan setelah Sahabat Haji Plus konsisten untuk melakukan hal tersebut, Sahabat Haji Plus dapat membuka celengan tersebut untuk mengetahui jumlah uang yang sudah terkumpul dan dapat sahabat haji plus setorkan ke tabungan haji. Kunci utam untuk melakukan ini ialah dengan mengurangi gaya hidup yang konsumtif. Sebisa mungkin sahabat haji plus mengatur pengeluaran dengan sebaik – baiknya serta mengurangi kebiasaan yang menambah pengeluaran seperti nongkrong atau jalan – jalan. Pastikan sahabat haji plus menghargai setiap rupiah yang dimiliki. Hal ini bertujuan agar tujuan untuk menunaikan ibadah haji dapat segera terlaksana.

  1. Membeli Perlengkapan Tak Berlebihan

Sebelum berangkat untuk menunaikan ibadah haji tentunya harus melakukan persiapan yang harus dilakukan. Mulai dari menabung, berinvestasi hingga menyiapkan perlengkapan selama di Tanah Suci nanti. Tak ada salahnya apabila sahabat haji plus menyiapkan perlengkapan ibadah haji dari jauh – jauh hari, tetapi perhatikan jenis perlengkapan yang akan  dibeli. Pastikan jangan sampai boros dan berakhir mubadzir. Pastinya sayang sekali bukan? Diantara waktu yang senggang, sahabat haji plus dapat meluangkan waktu untuk mencatat apa saja perlengkapan yang dibutuhkan selama ibadah haji berlangsung di Tanah Suci. Setelah sudah terkumpu list apa saja barang yang dibutuhkan, sahabat haji plus bisa pergi ke pusat perbelanjaan untuk membeli guna mencari perlengkapan ibadah haji dengan harga yang terjangkau. Manfaatkan berbagai promo yang tersedia untuk memangkas pengelaran yang berlebih. Sebisa mungkin sahabat haji plus menghindari untuk membeli barang – barang yang baru apabila barang – barang yang lama masih dapat diapakai untuk bertamu ke tanah suci.

  1. Memanfaatkan Promo Jasa Travel

Saat ini banyak sekali jasa travel yang menawarkan berbagai jenis tawaran yang menarik, termasuk salah satunya ialah harga promo. Tentunya, dengan mendapatkan harga promo biaya akan menjadi lebih terjangkau. Namun, sahabat haji plus tetap harus survei terkait jasa travel manakah yang hendak dipilih dan dipercaya. Karena harga yang ditetapkan agen berbeda antara yang satu dengan yang lainnya. Sebelum memutuskan untuk membeli paket yang ditawarkan oleh pihak jasa travel, pastikan sahabat haji plus juga mengecek fasilitas yang akan disuguhkan nantinya. Karena tak semua harga promo menyertakan fasilitas sesuai dengan harga aslinya. Oleh karena itu, pastikan sahabat Haji Plus memilih jasa travel yang telah terpercaya seperti halnya Satutours Travel. Selanjutnya ialah cobalah cek syarat dan ketentuan yang berlaku untuk memudahkan perjalanan ke Tanah Suci. Sahabat Haji Plus dapat pula melihat testimony dari customer sebelumnyayang pernah menggunakan jasa travel tersebut.

  1. Bangun Komitmen Pada Diri Sendiri

Agar tujuan Sahabat Haji Plus dalam rangka dapat menunaikan ibadah haji di Tanah Suci dapat segera terlaksana, pastikan Sahabat Haji Plus membangun dan membentuk komitmen dalam diri sendiri. Karena dengan adanya komitmen yang melekat dalam diri sahabat Haji Plus terkait tujuan yang harus segera terlaksana, maka itu akan menjadi energy positif yang selalu membawa Sahabat Haji Plus dalam memperjuangkan tujuan yang hendak dicapai tersebut. Sehingga, selama komitmen tersebut masih berada dalam diri Sahabat Haji Plus sekalian, insyaallah tujuan yang hendak tercapai akan segera terlaksana. Kuncinya ialah tetap berusaha, berdoa, kerja keras dan percaya bahwa tujuan tersebut akan segera terlaksana. Mulai dari sekarang upayakan untuk berkomitmen kepada diri sendiri. Sebisa mungkin batasi pengeluaran yang tidak perlu dan tingkatkan kedisiplinan untuk megisi tabungan haji.

Adab Saat Melaksanakan Ibadah Haji

Perlu Sahabat Haji Plus ketahui bahwasannya terdapat adab – adab yang hendaknya dilakukan oleh Sahabat Haji Plus sekalian saat berada di Tanah Suci. Hal ini tentunya untuk menunjang kelancaran jalannya ibadah haji Sahabat Haji Plus. Tahukah Sahabat Haji Plus adab apa saja yang hendaknya dilakukan, berikut lebih jelasnya.

  1. Memahami Niat Dengan Benar

Saat Sahabat Haji Plus memutuskan untuk mendaftar program haji dan akhrinya berangkat, pastinya Sahabat Haji Plus telah menata niat dalam hati bukan? Tentunya tujuan Sahabat Haji Plus pergi ke Tanah Suci tak lain tujuannya karena ibadah. Oleh karena itulah, hendaknya Sahabat Haji Plus tak terlalu banyak berleha – leha di hotel. Sebisa mungkin perbanyak dan habiskan waktu untuk beribadah di Masjidil haram dan Masjid nabawi  selain ibadah pokok lainnya. Sahabat Haji Plus sebaiknya tak tergoda dan terlena dengan kenyamanan yang ada, sehingga malas pergi ke masjid tersebut atau tempat ibadah lainnya. Pastinya jika Sahabat Haji Plus melakukan hal yang demikian, rasa menyesal akan datang saat Sahabat Haji Plus telah kembali ke Tanah Air. Rasa menyesal yang timbul itu tentu sebagai akibat dari ibadah yang dilakukan selama disana masih kurang maksimal. 

  1. Patuhi Tata Tertib yang Berlaku

Seperti yang diulas sebelumnya bahwa setiap lokasi yang Sahabat Haji Plus pijak tentunya memiliki peraturan serta tata tertib yang berlaku. Oleh karena itu, hendaknya Sahabat Haji Plus pada saat berada di Tanah Suci sebaiknya mengikuti segala peraturan dan tata tertib yang berlaku. Biasanya Sahabat Haji Plus akan diarahkan oleh pembimbing haji. Hal ini dikarenakan mereka lebih tahu terkait kondisi dan hal apa saja yang akan dijalankan selama pelaksanaan ibadah haji. Hindari sikap – sikap yang bandel ataupun sok pintar, terlebih bagi Sahabat Haji Plus yang baru kali pertama pergi ke Tanah Suci.

  1. Saat Berada di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi

Pada saat Sahabat Haji Plus berada di Masjidil haram hendaknya perbanyaklah tawaf sunnah,mengaji serta shalat sunnah. Bukan malah tawaf di pusat  perbelanjaan untuk memburu oleh-oleh yang banyak. Sebisa mungkin Sahabat Haji Plus berdoa ditempat-tempat mustajab antara lain di Hijir Ismail, Multazam, raudoh dsb. Apabila Sahabat Haji Plus berkeinginan dapat menggapai ataupun mencium hajar aswad, sebaiknya jangan dipaksakan terlebih untuk kaum hawa. Sebisa mungkin perbanyaklah sholat sunnah di lokasi hijir ismail. Hendaknya Sahabat Haji Plus memilih waktu pada saat kondisi jamaah haji tak terlalu banyak.

Sedangkan, pada saat Sahabat Haji Plus hendak berkunjung ke Masjid Nabawi yang terdapat lokasi Roudoh serta makam nabi Muhammad SAW, sebaiknya pilihlah waktu – waktu yang tepat untuk menuju ke tempat tersebut. Hal ini dikarenakan lokasi tersebut terbatas, akan tetapi peminatnya amat banyak sehingga penuh sesak. Selain itu, hal selanjutnya yang hendaknya  diingat ialah sebaiknya tas paspor selalu berada didepan dada Sahabat Haji Plus sekalian, jangan diletakkan disebelah belakang. Tak hanya itu saja, sebaiknya jangan pula meletakkan uang seluruhnya dalam tas paspor dan bawalah uang seperlunya saja.  Karena banyak sekali kejadian yang uangnya hilang dikarenakan berdesak – desakan. Untuk mengunjungi Masjid Nabawi ini sebaiknya dilakukan setelah sholat subuh atau pada saat tengah malam hari.

  1. Saat Bepergian Hendaknya Didampingi

Tahukah Sahabat Haji Plus bahwa bagi kaum wanita yang hendak bepergian hendaknya selalu didampingi oleh suami ataupun teman laki – laki. Tak diperkenankan untuk bepergian sendirian dan sebisa mmungkin selalu berada di lingkup berombongan. Sahabat Haji Plus perlu mengIngat bahwasannya di Tanah Suci juga tak menutup dengan berbagai kemungkinan. Saat berada di hotel apabila seorang wanita hendak naik lift, itu pun harus selalu didampingi dengan suami ataupun teman laki – lakinya. Jika Sahabat Haji Plus pada saat naik lift dengan sesama wanita dan kemudian tiba – tiba terdapat orang laki – laki asing yang tak dikenal ikut masuk saat itu juga, maka sebaiknya kaum hawa segera keluar.Hal ini tentunya untuk menghindari segala kemungkinan buruk yang dapat terjadi.

Hal ini juga berlaku untuk seorang jamaah yang lansia. Apabila ada yang ingin bepergian, hendaknya selalu ditemanani oleh keluarga atau teman. Karena banyak sekali kasus lansia dari daerah yang tersesat, terlebih terdapat salah satu faktor bahasa yang menjadi kendala. Sebisa mungkin Sahabat Haji Plus harus mengingat nama dan lokasi penginapan yang ditempati serta mengingat tanda – tanda disekeliling penginapan yang dapat dijadikan patokan. Hal ini tentunya memudahkan Sahabat Haji Plus pada saat tersesat agar kembali dengan selamat. Dan saat bepergian, hendaknya Sahabat Haji Plus selalu mengenakan seragam nasional, Sehingga apabila tersesat masih terdapat identitas yang dapat dikenali.

  1. Mengontrol Diri

Seperti yang telah diketahui bahwasannya pada saat pelaksanaan ibadah haji aktivitas yang dilakukan disana tentu banyak sekali yang dilakukan. Aktivitas yang dilakukan setiap hari disana antara lain saat hendak melaksanakan makan antri, mau ke WC antri, naik bis antri, mengambil wudhu antri dsb. Disinilah kesabaaran Sahabat Haji Plus dilatih, sehingga harus sabar dan rasional serta memiliki rasa toleransi yang tinggi harus.Sebisa mungkin Sahabat Haji Plus tak terbawa emosi, tak egois serta tak sok berkuasa yang selalu minta. Hendaknya Sahabat Haji Plus memahami bahawa semua adalah Tamu Allah dan ujian paling besar disana yang harus Sahabat Haji Plus lalui salah satunya ialah kesabaran. Selain itu, pada saat Sahabat Haji Plus mengalami sesuatu yang tak dikehendaki atau mengalami musibah hendaknya tak tersulut emosi. Akan tetapi segeralah perbanyak istigfar dan bertobat kepada Allah Swt.

  1. Bersedekah

Saat Sahabat Haji Plus hendak untuk melaksanakan ibadah haji, hendaknya Sahabat Haji Plus membawa selalu uang pecahan 1 real atau lebih. Hal ini bertujuan untuk memudahkan Sahabat Haji Plus sekalian untuk memberi sedekah setiap hari di pada saat di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Apabila Sahabat Haji Plus terlalu perhitungan dengan amal, kalau dihitung kira-kira berapa nilai amal yang telah Sahabat Haji Plus lakukan dengan sedekah tersebut. Di Masjidil Haram maupun Masjid Nabawi tak ada  kotak amal. Oleh karena itu, sedekahkanlah kepada orang – orang disekitar lokasi tersebut yang membutuhkan. Di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi banyak sekali para pekerjanya adalah para TKI atau orang Indonesia yang telah lama berada disana. Nah, bagi Sahabat Haji Plus yang ingin bersedekah, itu sebagai alternatif agar Sahabat Haji Plus dapat bersedekah kepada mereka sebagai rasa persaudaraan.

Perlengkapan Penting Muslimah Saat Ibadah Haji

Saat Sahabat Haji Plus hendak melaksanakan keberangkatan ke Tanah Suci tentunya terdapat beberapa persiapan yang hendaknya dilakukan, terlebih bagi Sahabat Haji Plus yang sebagai muslimah. Hal ini dikarenakan untuk melaksanakan ibadah, hendaknya menggunakan segala sesuatu yang sopan dan pantas. Oleh karena itu, hendaknya Sahabat Haji Plus memastikan bahwa perlengkapan yang dibawa untuk melaksanakan ibadah haji telah sesuai dengan kebutuhan pada saat pelaksanaan haji dan dipastikan nyaman dan sopan. Apa saja perlengkapan yang hendaknya dibawa? Berikut lebih jelasnya.

  1. Membawa Baju Yang Sopan Serta Nyaman

Bagi Sahabat Haji Plus yang bertanya – tanya perihal berapa setel baju yang sebaiknya dibawa saat ibadah haji? Sahabat Haji Plus hendaknya disarankan untuk membawa agak banyak baju karena cuaca di Arab Saudi yang cenderung panas saat musim kemarau dan dingin di musim  dingin. Bawalah 4 hingga 5 baju gamis yang berbahan nyaman dan warnanya yang netral agar dapat menyatu dengan masyarakat lokal. Meskipun nantinya lebih sering melakukan ibadah di dalam masjid, Sahabat Haji Plus juga akan berjalan cukup jauh ke Masjidil Haram untuk melakukan Tawaf hingga Sa’i. Oleh karena itu, pastikan pakaian selalu bersih dan suci pada saat melaksanakan ibadah haji. Sahabat Haji Plus disarankan untuk membawa baju yang nyaman ini juga bertujuan agar saat melaksanakan ibadah haji, Sahabat Haji Plus tak merasa terganggu dengan baju yang sedang digunakan. Karena itulah, pastikan baju yang dibawa pada saat pelaksanaan ibadah haji dipastikan bahwa itu nyaman pada saat digunakan. Haji Plus

  1. Membawa Alas Kaki Yang Nyaman

Pada saat Sahabat Haji Plus melaksanakan ibadah haji, hendaknya Sahabat Haji Plus membawa sandal jepit, flat shoes dan banyak kaus kaki. Hal ini dikarenakan di beberapa tempat ibadah mengharuskan Sahabat Haji Plus melepas alas kaki seperti pada saat beribadah di Masjidil Haram menjalani Tawaf dan Sa’i. Sahabat Haji Plus dapat menggunakan kaos kaki untuk melindungi kaki dari cuaca dan juga bebatuan. Pastikan untuk selalu membawa sepatu yang mudah dimasukkan ke dalam tas. Sepatu dapat Sahabat Haji Plus gunakan untuk mendaki pada saat berada di Jabal An-Nur dikarenakan medannya yang agak terjal. Perlu diingat, bahwa Sahabat Haji Plus hendaknya membawa alas kaki yang nyaman. Hal ini bertujuan agar kaki Sahabat Haji Plus tak mengalami cedera seperti lecet dan sebagainya. Mengingat Sahabat Haji Plus pada saat di Tanah Suci banyak aktivitas yang mengharuskan kaki untuk terus melangkah. Oleh karena itu, pastikan agar alas kaki Sahabat Haji Plus nyaman agar dapat melaksanakan ibadah Haji dengan lancar.

  1. Bawalah Kerudung Maupun Syal

Selain membawa baju yang sopan dan nyaman, hendaknya Sahabat Haji Plus tak lupa juga untuk membawa kerudung maupun syal. Sebaiknya Sahabat Haji Plus membawa beberapa potong kerudung maupun syal dengan bahan yang cepat menyerap keringat serta nyaman saat dipakai. Saat cuaca sedang panas, syal akan cepat basah dan butuh waktu lama untuk mengeringkannya. Oleh karena itu, Sahabat Haji Plus disarankan untuk membawa lebih dari lima syal untuk persediaan syal yang bersih saat beribadah. Pilih juga warna yang netral dan tidak mencolok ya. Lengkapi juga dengan inner agar keringat tidak langsung mengenai kerudung. Nah, poin ini sangatlah penting. Oleh sebab itulah, Sahabat Haji Plus hendaknya tak melewatkannya ya.

Demikianlah ulasan mengenai Biaya Haji dari di Jakarta yang mungkin akan membantu Sahabat Haji plus dalam mempersiapkan pelaksanaan ibadah haji. Sahabat Haji Plus dapat selalu mengupdate informasi secara lengkap melalui laman website hajiplus.id. Apabila Sahabat Haji Plus berminat untuk mendaftar paket Haji Plus di Annur Maarif, silahkan hubungi kontak yang tertera di laman website resmi hajiplus.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *