Informasi lengkap Paket Haji Plus

Informasi lengkap Paket Haji Plus

Tentunya Sahabat Haji Plus memahami bahwa ibadah haji adalah penyempurna rukun islam yang kelima yang di dalamnya terdapat serangkaian ibadah yang dilaksanakan oleh setiap umat muslim yang mampu. Mampu yang dimaksud ialah memiliki kemampuan secara fisik, finansial dan pengetahuan terkait tata cara pelaksanaan ibadah haji. Dalam pelaksanaan ibadah haji juga terdapat kegiatan di beberapa tempat tempat. Waktu pelaksanaan ibadah haji ini telah ditentukan akni dimulai dari tanggal 08 Dzulhijjah yang dimulai pada saat seluruh jamaah haji bermalam di Mina. Pada tanggal 09 Dzulhijjah semua jamaah melakukan wukuf di Padang Arafah dan diakhiri dengan melempar jumrah pada tanggal 10 Dzulhijjah. Bagi Sahabat Haji Plus yang ingin segera menunaikan ibadah haji tanpa melalui waktu tunggu keberangkatan yang begitu lama seperti haji reguler, Sahabat Haji Plus dapat mendaftar Haji Plus. Sahabat Haji Plus dapat mendaftar Haji Plus di Travel Haji Plus yang terpercaya. Tentunya, terkait Biaya Haji Plus sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan biaya haji reguler. Pasalnya dengan menjadi jamaah Haji Plus, Sahabat Haji Plus akan memperoleh segala fasilitas dan pelayanan yang exclusive. Teruntuk Sahabat Haji Plus yang ingin mengetahui Informasi Lengkap Paket Haji Plus, yuk simak informasi di bawah ini. 

Tips Sholat di Raudhah

Sahabat Haji Plus pasti telah mengetahui jika Raudhah adalah salah satu tempat berdoa yang dipercaya umat muslim sebagai tempat mustajabnya doa. Raudhah ini terletak di dalam Masjid Nabawi yang berada di kota Madinah. Seperti halnya Masjidil Haram, Masjid Nabawi juga memiliki keutamaan yakni melipatgandakan ganjaran shalat bagi mereka yang shalat di dalamnya. Seperti hadis yang diriwayatkan muslim  “Shalat di masjidku ini (Masjid Nabawi) lebih baik daripada 1000 shalat di tempat lain, kecuali di Masjidil Haram.” (HR. Muslim). Nah, bagi Sahabat Haij Plus yang berada di Madinah pasti akan berlomba – lomba untuk dapat melaksanakan sholat di Raudhah yang berada di dalam Masjid Nabawi. Apa saja tips yang dapat Sahabat Haji Plus lakukan pada agar dapat sholat di Raudhah? berikut lebih jelasnya.

  1. Pahami situasi dan kondisi Raudhah

Pada saat Sahabat Haji Plus berada di Madinah atau tepatnya berada di Masjid Nabawi dan berencana untuk dapat menunaikan sholat di Raudhah, hendaknya pahami terlebih dahulu terkait situasi dan kondisi terkait Raudhah. Sebisa mungkin, Sahabat Haji Plus rencanakan dengan matang apabila hendak berencana untuk melaksanakan sholat di Raudhah. Alangkah lebih baiknya pelajari terlebih dahulu terkait situasi dan kondisi yakni mulai dari pola buka tutup tempat tersebut. Karena sewaktu – waktu dapat berubah. Sehingga, Sahabat Haji Plus tak bisa terlalu berharap banyak terkait mendapat kesempatan sholat di sana untuk pertama kali ke Raudhah, jika Sahabat Haji Plus pada saat di Raudhah dapat melaksanakan shalat disana berarti hal tersebut merupakan nikmat yang istimewa dari Allah Swt. Akan tetapi, jika Sahabat Haji Plus belum dapat melaksanakan shalat disana hendaknya bersabarlah serta jangan lupa untuk selalu berdoa kepada Allah Swt agar Sahabat Haji Plus diberi kesempatan di lain waktu serta dimudahkan untuk dapat menunaikan sholat di Raudhah.

  1. Mendekat pintu masuk Raudhah satu hingga dua jam sebelum adzan

Tahukah Sahabat Haji Plus bahwa pada saat adzan berkumandang, maka area Raudhah akan ditutup. Oleh karena itu, bagi Sahabat Haji Plus yang telah berada di dalam Raudhah tak akan di suruh keluar oleh Askar. Sebab itu, hendaknya Sahabat Haji Plus mengusahakan untuk telah berada di area Raudhah saat adzan tiba. Setidaknya, Sahabat Haji Plus akan dapat tenang selama berada di dalam untuk 30 menit. Agar waktunya dapat sesuai, maka tentunya terdapat beberapa hal yang hendaknya dilakukan oleh Sahabat Haji Plus, diantaranya ialah dengan mendekatkan diri di sekitar area Raudhah, namun hanya disekitarnya saja yakni tak masuk. Sahabat Haji Plus cukup berada di dekat area pintu masuk. Sahabat Haji Plus dapat duduk atau berdiri ngantri, namun tak diperkenankan untuk masuk terlebih dahulu. Sahabat Haji Plus hendaknya memperhatikan jam adzan berkumandang. Kira – kira 2 hingga 3 menit sebelum adzan berkumandang, hendaknya Sahabat Haji Plus segera bergegas masuk sambil mencari posisi di area Raudhah. Karena Raudhah tidak terlalu luas, hanya sekitar  22 meter x 15 meter, pastikan Sahabat Haji Plus berada pada tempat yang benar yakni area yang diberi karpet berwarna hijau.

  1. Waktu khusus jamaah muslimah

Perlu diketahui oleh Sahabat Haji Plus sekalian bahwa terdapat waktu khusus untuk jamaah muslimah. Otoritas Masjid Nabawi memberlakukan waktu khusus bagi jamaah muslimah yakni di waktu Dhuha yang berkisar pukul 08.00 – 10.00. Akan tetapi, di jam tersebut dapat berubah ubah, karena disesuaikan dengan situasi dan kondisi. Pada umumnya, pintu Raudhah untuk jamaah muslim dibuka ba’da Subuh sampai kira – kira selepas waktu dhuha. Biasanya pintu khusus jamaah wanita juga dibuka ba’da Dhuhur sampai dengan pukul 14.30. Kemudian akan dibuka lagi ba’da Isya hingga kira-kira pukul 23.00. 

  1. Dilakukan di tengah malam

Ada tips selanjutnya bagi Sahabat Haji Plus yang hendak menginginkan melaksanakan shalat di Raudhah. Bagi Sahabat Haji Plus yang kuat menahan diri dari kantuk alaias begadang, cara yang satu ini dapat menjadi pilihan Sahabat Haji Plus sekalian yakni memasuki Raudhah pada waktu tengah malam. Biasanya, pada waktu itu Raudhah sepi, beberapa pengalaman jamaah mengatakan bahwa dapat puas keluar masuk area Raudhah hingga beberapa kali karena saking sepinya. Hal ini merupakan salah satu cara untuk Sahabat Haji Plus yang menginginkan untuk melaksanakan shalat di Raudhahtul Jannah.

  1. Berdoa pada saat sujud

Tahukah Sahabat Haji Plus bahwa para penjaga Raudhah akan senantiasa memberi waktu yang singkat bagi setiap orang yang sholat serta berdoa di Raudhah. Hal ini dikarenakan banyaknya antrian yang menunggu giliran. Jatah waktu yang dimiliki setiap jamaah biasanya tidak lebih dari 15 menit. Sebab itulah, apabila Sahabat Haji Plus ingin sedikit berlama – lama berdoa di Raudhah saat setelah sholat sunnah cobalah untuk berdoanya pada saat sujud terakhir. Karena para askar tak akan mengusik Sahabat Haji Plus yang sedang sujud karena dinilai sedang sholat. Nah, cara ini dapat Sahabat Haji Plus lakukan ketika berada di Raudhah dan hendak melaksanakan sholatnya.

Seputar Paket Haji Plus

Bagi Sahabat Haji Plus yang hendak memilih Paket Haji Plus pastinya telah mengerti jika Ibadah haji merupakan menjadi ibadah yang selalu diimpikan setiap umat muslim di penjuru dunia. Namun, tahukah Sahabat Haji Plus jika tak semua umat muslim beruntung untuk menjalankan ibadah haji ini. Pasalnya, ibadah haji tak serta merta dilakaukan tanpa biaya seperti ibadah yang lainnya. Melainkan, Sahabat Haji Plus membutuhkan biaya yang tidaklah sedikit untuk melaksanakan ibadah haji. Karena sebab itulah, hanya umat muslim yang mampu saja yang dapat berangkat ke tanah suci untuk melaksanakan ibadah haji.

Di Indonesia sudah tak asing lagi perihal waktu tunggu keberangkatan ibadah haji yang cukup lama. Lamanya waktu tunggu ini hingga mencapai belasan tahun bahkan puluhan tahun. Haji yang ramai akan peminat ini ialah haji reguler. Meskipun memiliki waktu tunggu keberangkatan yang cukup lama, namun masyarakat tetap memilih program haji ini lantaran harganya yang paling terjangkau diantara program haji lainnya. Selain Haji Reguler, ada pula program haji lainnya yakni Haji Plus dan Haji Furoda. Perbedaan antara Haji Reguler dan Haji Plus serta Haji Furoda adalah terletak pada waktu tunggu keberangkatannya. Program haji yang memiliki waktu tunggu keberangkatan paling lama ialah Haji Reguler. Akan tetapi, program haji dengan waktu tunggu keberangkatan paling cepat ialah Haji Furoda serta Haji Plus.

Perbedaan yang terlihat terkait waktu tunggu keberangkatan ini tentunya juga mempengaruhi harga yang ditawarkan. Karena memiliki waktu tunggu yang lebih lama, maka Haji Reguler memiliki harga yang lebih rendah dibandingkan dengan harga Haji Plus dan Haji Furoda. Untuk Haji Plus, waktu tunggu keberangkatannya lebih cepat dibandingkan dengan Haji Reguler. Oleh karena itu, harga untuk Haji Plus ini sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan Haji Reguler. Sedangkan untuk Haji Furoda merupakan program haji yang memiliki waktu tunggu keberangkatan paling cepat. Hal ini dikarenakan Haji Furoda merupakan haji tanpa antri, sehingga tak perlu menunggu waktu yang lama perihal keberangkatan untuk melaksanakan ibadah haji ke tanah suci.

Dari segi biaya, Haji Plus dan Haji Furoda memang mematok biaya yang lebih tinggi dibandingkan dengan biaya Haji Reguler. Karena memang program haji tersebut merupakan haji yang memberikan fasilitas yang exclusive. Maka tak heran apabila fasilitas yang disuguhkan sangat nyaman bagi jamaah Haji Furoda. Karena fasilitas yang diberikan sepadan dengan biaya yang dibayarkan. Harga program haji selain haji regular dapat mencapai kurang lebihnya 3 kali lipat dari Haji Reguler. Untuk Sahabat Haji Plus yang ingin melaksanakan ibadah haji, memiliki rezeki yang lebih serta tak ingin menunggu waktu keberangkatan yang lama, memilih program Travel Haji Plus ataupun haji Furoda merupakan pilihan yang tepat. Sahabat Haji Plus yang hendak mendaftarkan diri sebagai calon jamaah Haji Plus, sahabat Haji Plus dapat mendaftarkan diri ke Annur Maarif. Untuk informasi lebih lanjut, sahabat Haji Plus dapat melihat informasinya pada laman website resmi hajiplus.id.

Fasilitas Yang Tidak Termasuk Dalam Paket Haji Plus

Tahukah Sahabat Haji Plus terkait apa saja fasilitas yang tak termasuk ke dalam paket Haji Plus? Jika Sahabat Haji Plus belum mengetahui, silahkan simak ulasan di bawah ini.

  1. Biaya Upgrade Bussines Class

Teruntuk sahabat Haji Plus yang hendak mengupgrade bussines class, maka tidak termasuk ke dalam biaya paket haji plus akan tetapi menjadi tanggung jawab pribadi. Karena biaya untuk upgrade bussines class tidak termasuk ke dalam list include yang tertera pada paket haji Plus.

  1. Pengeluaran Pribadi

Pengeluaran pribadi tentu saja bukan menjadi tanggung jawab pihak agen travel. Sehingga, sahabat haji plus tentunya menyediakan uang saku untuk pengeluaran pribadi selama berada di tanah suci.

  1. Pembuatan Paspor

Meskipun pengurusan dokumen visa dan surat rekomendasi keberangkatan menjadi include dalam paket haji plus, akan tetapi untuk pengurusan pembuatan paspor tidak termasuk dalam include. Sehingga sahabat Haji Plus tentunya mengurus paspor dengan biaya pribadi.

  1. Sewa Kursi Dorong dan Pendorong

Bagi sahabat haji plus yang membutuhkan kursi dorong perlu diketahui bahwa untuk menyewa kursi dorong maupun pendorongnya tak termasuk dalam include paket haji plus. Oleh karena itu, sahabat haji plus dimohon untuk menyiapkan dana untuk menyewanya, karena hal tersebut menjadi tanggung jawab pribadi.

  1. Transportasi Menuju bandara Pemberangkatan

Bagi sahabat Haji Plus sekalian yang sudah terdaftar menjadi calon jamaah haji plus baiknya perlu memahami terkait include maupun exclude yang tercantum. Meskipun tiket pesawat merupakan include dari paket haji plus, akan tetapi transportasi menuju bandara pemberangkatan tidak termasuk include dan menjadi tanggung jawab pribadi.

  1. Vaksin Meningitis dan Biometrik

Untuk vaksin sebelum keberangkatan, ini bukan termasuk salah satu include yang tertera. Karena vaksin yang dilakukan sebelum keberangkatan merupakan tanggung jawab sahabat haji plus masing – masing.

  1. Pembayaran DAM dan Hadyu

Pembayaran DAM dan Hadyu tidak termasuk dalam include paket haji plus. Sehingga, sahabat haji plus sekalian harus menyediakan dana khusus. Karena pembayaran DAM, Hadyu dan qurban menjadi tanggung jawab tiap individu.

  1. Biaya Qurban

Perlu diketahui bahwa biaya qurban tak termasuk dalam include. Sehingga, sahabat haji plus yang menjadi jamaah program haji plus diharapkan menyiapkan dana pribadi untuk biaya qurban. Karena hal tersebut termasuk dalam tanggungan pribadi.

  1. Kelebihan Bagasi Pesawat

Apabila sahabat haji plus mengalami kelebihan bagasi pesawat, tambahan biaya yang dikenakan bukan menjadi tanggung jawab pihak travel. karena hal tersebut tidak termasuk dalam include. Sehingga ketika sahabat haji plus mengalami kelebihan bagasi pesawat, maka biaya ditanggung sendiri.

Persiapan Kesehatan Menjelang Haji

Kesehatan merupakan salah satu hal penting untuk diperhatikan, terlebih pada saat menjelang keberangkatan ibadah haji. Nah, bagi Sahabat Haji Plus pastinya juga ingin selalu dalam kondisi prima saat ibadah haji bukan? Oleh karena itulah, ikuti tips dibawah ini.

  1. Melakukan Cek Kesehatan

Perlu Sahabat Haji Plus ketahui bahwasannya melakukan cek kesehatan adalah salah satu persiapan utama yang hendaknya dilakukan sebelum Sahabat Haji Plus melakukan keberangkatan ke Tanah Suci. Hal ini dikarenakan kesehatan amatlah penting dilakukan guna mengetahui apakah kondisi tubuh Sahabat Haji Plus benar – benar dalam keadaan sehat ataukah tidak sebelum berangkat ibadah Haji. Dengan Sahabat Haji Plus melakukan medical check up, maka Sahabat Haji Plus akan melakukan pemeriksaan yang meliputi pemeriksaan gula darah, pemeriksaan Tensi Darah, Rekam Jantung, Rontgen dan sebagainya. Dengan Sahabat Haji Plus melakukan General Check Up sebelum berangkat Haji maka Sahabat Haji Plus dapat mencegah,mendeteksi, mengobati serta mengantisipasi secara dini beragam penyakit yang bisa saja timbul dari tubuh Sahabat Haji Plus sendiri. Dengan begitu, Sahabat Haji Plus tak khawatir sewaktu menjalankan ibadah haji di Tanah Suci.

  1. Vaksinasi

Tentu Sahabat Haji Plus begitu memhami bahwa Iklim Indonesia dengan Arab Saudi cukup berbeda jauh. Oleh karena itu, tak heran apabila terkadang tubuh merasa kaget karena harus menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru. Ini tentunya akan berjamaah bagi tubuh jamaah, karena tubuh tak bisa langsung beradaptasi dengan iklam yang ada di Arab Saudi. Belum lagi jika disana terdapat jutaan Jamaah haji yang berasal dari berbagai negara, sehingga tingkat resiko penularan penyakit tentunya amatlah tinggi. Oleh karena itulah, tak heran apabila banyak Jamaah haji yang secara langsung terserang penyakit terlebih jika kondisi tubuh jamaah tersebut sedang melemah. Oleh karena itulah sangat penting bagi jamaah haji untuk melakukan vaksinasi terlebih dahulu sebelum berangkat menunaikan Ibadah Haji. Sebelum menjelang keberangkatan jamaah haji, biasanya terdapat anjuran untuk melakukan beberapa jenis vaksin. Jenis vaksin yang biasanya dianjurkan untuk dilakukan ialah vaksin meningitis, vaksin influenza dan vaksin lainnya.

  1. Tinggalkan Pola Hidup yang Tidak Sehat

Pastinya Sahabat Haji Plus mengerti bahwasannya pola hidup yang sehat amatlah penting.  Hal ini dikarenakan pola hidup yang sehat sangat mempengaruhi kondisi tubuh Sahabat Haji Plus sekalian. Terlebih saat Sahabat Haji Plus hendak merencanakan untuk melakukan keberangkatan ibadah haji dalam waktu dekat. Hendaknya Sahabat Haji Plus menerapkan pola hidup sehat yang meliputi menjaga makanan, melakukan aktivitas fisik seperi olahraga, dll. Bagi Sahabat Haji Plus yang memiliki kebiasaan tak sehat, hendaknya untuk menguranginya. Contohnya seperti memiliki kebiasaan merokok, usahakan untuk berhenti merokok sebelum berangkat melaksanakan ibadh haji. Hal ini dikarenakan dengan berhenti merokok paru – paru dan sistem pernafasan Sahabat Haji Plus akan ringan dan siap untuk beradaptasi dengan cuaca ekstrem yang ada di Tanah Suci.

  1. Olahraga

Karena Sahabat Haji Plus saat sebelum berangkat ke Tanah Suci harus memiliki kondisi tubuh yang fit, maka Sahabat Haji Plus harus mempersiapkannya dengan cara olahraga. Persiapan yang satu ini memang membutuhkan konsiistensi untuk dilakukan. Tujuannya ialah agar badan Sahabat Haji Plus terlatih dengan aktivitas fisik yang lebih berat dari biasanya. Seperti yang diketahui bahwa di Tanah Suci Sahabat Haji Plus akan menjalani serangkaian kegiatan yang cukup menguras tenaga. Sehingga, Sahabat Haji Plus hendaknya emempersiapkannya dengan koondisi fisik yang prima. Sahabat Haji Plus dapat memulai olahraga ini dengan beberapa hal yang cukup melatih tubuh Sahabat Haji Plus, seperti jogging, bersepeda dan lain sebagainya.

  1. Konsultasikan dengan dokter pendamping

Apabila Sahabat Haji Plus mengetahui bahwa mempunyai beberapa penyakit, maka Sahabat Haji Plus hendaknya berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter seusai medical check up.  Konnsultasi ini sebaiknya dilakukan sebelum memulai keberangkatan ke Tanah Suci. Dengan Sahabat Haji Plus berkonsultasi kepada dokter pendamping, maka Sahabat Haji Plus akan tahu tentang apa saja yang tak boleh dilakukan dan yang boleh dilakukan. Tak hanya itu saja, hendaknya Sahabat Haji Plus membawa selalu obat – obatan pribadi yang seketika dibutuhkan sesuai penyakit yang sedang derita. Selain itu tanyakan pula terkait kemungkinan timbulnya penyakit yang timbul ketika Sahabat Haji Plus berada di Tanah Suci dan bagaimana cara mencegahnya.

  1. Hindari Stress

Perlu Sahabat Haji Plus ketahui bahwa stress tentunya akan membuat tekanan jasmani dan rohani bagi tubuh Sahabat Haji Plus sekalian. Sebelum dan selama berada di Tanah Suci, hendaknya Sahabat Haji Plus sekalian hendaknya menghindari kegiatan – kegiatan yang tak perlu dan tak wajib untuk dilakukan. Jangan sampai ketika Sahabat Haji Plus menjalankan ibadah di tanah suci justru terbebani berbagai masalah. Karena Sahabat Haji Plus perlu mengetahui bahwasannya stress yang berlebih ini akan merugikan diri sendiri baik fisik maupun psikis serta bisa pula menimbulkan penyakit baru.

Demikianlah ulasan singkat terkait Informasi Lengkap Paket Haji Plus. Sahabat Haji Plus dapat selalu membaca informasi lengkapnya di hajiplus.id. Dengan Sahabat Haji Plus membaca informasi seputar haji dengan lengkap, tentunya akan menambah pengetahuan Sahabat Haji Plus dalam memeprsiapkan pelaksanaan ibadah haji.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *