Berapa biaya Haji ONH Plus 2021

Berapa biaya Haji ONH Plus 2021

Tahukah Sahabat Haji Plus bahwa seiring berjalannya waktu, minat masyarakat Indonesia untuk melaksanakan ibadah haji semakin meningkat. Hal inilah yang membuat haji di Indonesia memiliki waktu tunggu keberangkatan yang cukup lama. Haji yang diselenggarakan pemerintah ini merupakan program Haji Reguler yang memiliki waktu tunggu keberangkatan mulai dari belasan tahun hingga diperkirakan sekitar 20 tahun. Namun, saat ini hadir pula program haji yang menawarkan waktu tunggu keberangkatan yang lebih cepat dibandingkan dengan Haji Reguler. Program haji yang menawarkan waktu tunggu keberangkatan lebih cepat ini salah stunya ialah Haji Plus. Karena waktu tunggu keberangkatannya lebih cepat dari Haji Reguler, maka tentunya program Haji Plus memiliki perbedaan dalam segi biaya. Biaya Haji Haji Plus dibandrol dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan Haji Reguler. Untuk sahabat Haji Plus yang ingin melaksanakan ibadah haji namun enggan untuk menunggu waktu tunggu yang lama, terdapat program haji yang lebih cepat waktu keberangkatannya daripada Haji Reguler. Haji Plus memiliki waktu tunggu keberangkatan lebih cepat dari Haji Reguler yakni sekitar 6 hingga 8 tahun. Bagi Sahabat Haji Plus yang tertarik dengan paket Haji Plus dan berencana untuk mendaftar haji di tahun berikutnya, yuk daftar haji plus saja. Informasi terkait Berapa biaya Haji ONH Plus 2021, simak informasi berikut ini.

Apakah Yang Membedakan Haji Plus Dengan Haji Selainnya?

Sahabat Haji Plus perlu mengetahui bahwasannya ada beberapa perbedaan yang hendaknya diketahui yakni antara Haji Reguler, Haji plus dan Haji Furoda. Meskipun sama – sama bertujuan untuk melaksanakan ibadah haji, akan tetapi ada beberapa hal yang membuat berbeda. Apa saja perbedaannya? Yuk simak informasi di bawah ini.

  1. Biaya Yang Dipersiapkan

Dari beberapa program Haji yang ada di Indonesia, pastinya memiliki kisaran biaya yang berbeda. Sehingga, budget yang dimiliki Sahabat Haji Plus pun dapat disesuaikan dengan biaya yang dibutuhkan sesuai dengan program haji yang dipilih. Hal ini dikarenakan mencakup waktu tunggu yang berbeda, seperti yang diulas sebelumnya. Haji reguler memiliki peminat yang cukup banyak, dikarenakan biaya nya lebih murah ketimbang Haji Plus ataupun Haji furoda. Haji Reguler dipatok dengan harga sekitar 25 juta per orang. Berbeda pula dengan harga Haji Plus dan haji Furoda yang dikenal lebih mahal ketimbang Haji Reguler. Ini dikarenakan waktu tunggu keberangkatan Haji Plus dan Haji Furoda lebih cepat dibandingkan dengan waktu tunggu keberangkatan Haji Reguler. Biaya untuk Haji Plus Bersama Annur Maarif dibandrol dengan harga 9000 USD. Sedangkan, untuk Haji Furoda dibandrol dengan harga 17.500 USD.

  1. Fasilitas Yang Didapatkan

Fasilitas yang disediakan tentunya memiliki perbedaan. Haji Plus memiliki pelayanan fasilitas yang exclusive sama halnya dengan haji furoda. Namun berbeda dengan fasilitas haji regular. Sehingga tak heran apabila Haji Plus maupun Haji Furoda memiliki harga yang lebih mahal ketimbang Haji Reguler. Karena selain waktu tunggu keberangkatan yang lebih cepat, fasilitas yang disediakan pun exclusive. Sehingga sangat menunjang kenyamanan jamaah haji selama proses ibadah haji berlangsung. Bagi Sahabat Haji Plus yang hendak mendaftarkan diri sebagai calon jamaah Haji Plus, Annur Maarif merupakan rekomendasi yang tepat. Karena segala fasilitas dan pelayanan yang diberikan sangat mengutamakan kenyamanan jamaah haji untuk mendukung proses terlaksananya ibadah haji dengan lancar.

  1. Pihak Penyelenggara Ibadah Haji

Bagi Sahabat Haji Plus tentunya bukan menjadi hal yang asing perihal penyelenggara Haji reguler yakni yang diadakan oleh pemerintah Indonesia melalui Kementrian agama dengan kuota yang telah ditetapkan. Berbeda hal nya dengan Haji Plus dan Haji Furoda. Haji Plus dan Haji furoda diselenggrakan oleh pihak swasta seperti travel agen atau biro perjalanan.

  1. Perihal Waktu Tunggu Keberangkatan

Hal selanjutnya yang menjadi perbedaan antara Haji Reguler, Haji Plus dengan Haji Furoda ialah terkait waktu tunggu keberangkatan. Sahabat Haji Plus pastinya telah mengerti bahwa waktu tunggu keberangkatan Haji Reguler dikenal cukup lama. Waktu keberangkatan Haji Reguler berkisar  belasan tahun. Lama sekali bukan?

Berbeda pula dengan Haji Plus dan Haji Furoda. Haji Plus ini menawarkan waktu keberangkatan yang lebih cepat dibandingkan dengan waktu tunggu keberangkatan Haji reguler, waktu tunggu Haji Plus yang ditawarkan mulai dari 5 – 7 tahun. Dan yang terakhir ialah Haji Furoda yang waktu tunggunya tanpa antri, sehingga tak perlu menunggu waktu yang lama seperti halnya program haji reguler. Bagi Sahabat Haji Plus yang memiliki rezeki lebih dan enggan untuk menunggu waktu keberangkatan yang cukup lama, Haji Plus ataupun haji furoda ini merupakan solusi yang tepat. Karena program haji tersebut merupakan ibadah haji yang dilakukan tanpa menunggu waktu keberangkatan yang cukup lama. Sehingga, Sahabat Haji Plus sekalian tak perlu menunggu waktu yang lama seperti Haji reguler untuk keberangkatannya.

Cara Memilih Jasa Travel Haji Plus Terpercaya

Bagi Sahabat Haji Plus yang hendak melaksanakan ibadah haji hendaknya perlu untuk membekali diri dengan beberapa informasi yang sebisa mungkin diterapkan sebelum memutuskan untuk mendaftar ibadah haji. Hal ini bertujuan agar Sahabat Haji Plus terhindar dari penipuan yang bisa saja dilakukan oleh pihak jasa travel. Oleh karena itulah, hendaknya sahabat Haji Plus berhati – hati dalam memilih jasa travel untuk melaksanakan ibadah haji ke tanah suci. Berikut ini ada beberapa tips yang dapat Sahabat Haji Plus terapkan sebelum mendaftarkan diri sebagai calon jamaah haji pada pihak jasa travel. Apa saja tipsnya? Yuk simak informasi di bawah ini.

  1. Periksa Alamat Kantor Travel

Sebelum Sahabat Haji Plus memutuskan untuk menggunakan jasa travel yang hendak digunakan, sebaiknya lakukan survei terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar Sahabat Haji Plus dapat mengetahui kebenarannya terkait jasa travel yang diketahui tersebut. Salah satu survei yang bisa dilakukan ialah dengan memeriksa alamat kantor travel yang tertera pada website resmi. Sahabat Haji Plus dapat memastikan kebenarannya bahwa kantor travel tersebut memanglah ada wujudnya dan meyakinkan. Bagi sahabat Haji Plus sekalian yang ingin survei terkait jasa travel yang amanah, Annur Maarif adalah referensi yang tepat. Karena Annur Maarif tentunya tak diragukan karena telah memiliki alamat kantor yang jelas, berwujud dan memiliki cabang. Selain cabang pusat yang berada di Jakarta, Annur Maarif memiliki cabang yang berada di kota Surabaya. Hal ini membuktikan bahwa  merupakan jasa travel yang telah terpercaya dan amanah.

  1. Pilihlah Travel Haji Yang Telah Memiliki Ijin Resmi

       Langkah pertama yang hendaknya diperhatikan sebelum memilih jasa travel yang hendak dipercaya ialah dengan memperhatikan ijin resmi pihak travel sebagai penyelenggara haji dari kantor departemen agama. Hal ini dikarenakan untuk memastikan bahwa jasa travel tersebut memang berhak untuk memberangkatkan jamaah haji serta telah terverifikasi. Dengan begitu, jasa travel tersebut dapat dikatakan aman untuk digunakan apabila telah terdaftar resmi sebagai penyelenggara haji dari kantor departemen agama. Dengan mengetahui kejelasan terkait jasa travel perihal ijin resminya, maka Sahabat Haji Plus akan terhindar dari kasus penipuan dana haji ataupun penggelapan dana haji oleh pihak travel. Bagi sahabat Haji Plus yang mencari jasa travel yang tepat dan terpercaya, Annur Maarif adalah solusinya. Karena paket haji yang disediakan Annur Maarif yakni Haji Plus dan Haji Plus telah legal dan terverifikasi. Oleh karena itulah, kepastian keberangkatan tentunya telah jelas dan tak perlu untuk diragukan lagi.

  1. Perhatikan fasilitas Yang Diberikan

Fasilitas merupakan penunjang kenyamanan. Oleh karena itulah, sudah selayaknya pihak travel menyediakan fasilitas yang senyaman mungkin bagi para jamaah Haji Plus. Terlebih, Haji Plus ini merupakan haji yang dikenal dengan harga yang cukup lumayan tinggi. Sehingga sudah sepantasnya apabila Sahabat Haji Plus mendapatkan fasilitas exclusive yang sebanding dengan harga yang telah dibayarkan. Bagi sahabat Haji Plus yang telah terdaftar sebagai calon jamaah Haji Plus tentunya akan mendapatkan kualitas yang demikian. Kualitas yang terbaik serta jasa pelayanan yang terbaik pula akan menemani para jamaah Haji Plus selama proses pelaksanaan ibadah haji.

  1. Jangan Tergiur Harga Yang Murah

Seringkali seseorang mencari harga yang seminimal mungkin, termasuk dalam hal harga untuk pelaksanaan ibadah Haji. Namun tahukah sahabat Haji Plus? Bahwa tak selalu penawaran yang murah memberikan hasil yang memuaskan. Hal ini telah dibuktikan oleh beberapa orang yang telah kecewa karena salah memilih jasa travel diakibatkan tergiur oleh harga yang murah. Oleh karena itulah, hendaknya Sahabat Haji Plus sebaiknya tak langsung tergiur apabila terdapat penawaran terkait pelaksanaan haji dengan biaya yang cukup murah, terlebih dengan harga yang tak masuk akal. Bagi sahabat Haji Plus sebaiknya memilih harga standard yakni tak terlampau murah. Apabila sahabat Haji Plus ingin mendapatkan biaya Haji Plus dengan harga yang standard dengan didampingi fasilitas yang exclusive, sahabat Haji Plus dapat memeprolehnya di Annur Maarif. Karena di Annur Maarif menawarkan biaya Haji Plus dengan harga yang terbaik serta fasiitas yang terbaik pula. Dengan tersedianya fasilitas yang terbaik tentunya akan membuat jamaah Haji Plus merasa nyaman dalam proses pelaksanaan ibadah haji berlangsung.

  1. Cek Cara Pembayaran

Untuk melihat bahwa jasa travel memang meyakinkan, sahabat Haji Plus dapat melihat dari cara pembayarannya pula. jasa travel yang resmi pada umumnya menggunakan jasa perbankan untuk transaksi pembayarannya. Pastikan bahwa jasa travel tersebut memiliki rekening atas nama perusahaan, bukan atas nama pribadi. Selain itu, hindari jasa travel yang meminta pelunasan pembayaran di awal pedaftaran. Hal ini dilakukan agar Sahabat Haji Plus tak mengalami penipuan yang bisa saja terjadi.

Berapakah Biaya Haji ONH Plus 2021?

Bagi Sahabat Haji Plus yang hendak mendaftar sebagai jamaah haji di tahun berikutnya mungkin sedang bertanya – tanya terkait berapakah dana yang harus dipersiapkan untuk mendaftar? Tentunya, hal ini menjadi sebuah pertanyaan yang wajar dan sangat umum untuk dipertanyakan sebelum mendaftar ke pihak jasa travel. Memang informasi terkait biaya sangatlah penting bagi Sahabat Haji Plus yang hendak mendaftar. Pasalnya dengan mengetahui besaran biaya yang perlu dipersiapkan, Sahabat Haji Plus akan terpacu semangatnya dalam rangka mengupayakan pengumpulan budget agar segera menunaikan ibadah haji. Apabila Sahabat Haji Plus memutuskan untuk melakukan ibadah haji dengan menggunakan paket Haji Plus Bersama Annur Maarif, maka besaran biaya yang hendaknya dipersiapkan ialah sebesar 9000 USD. Tak perlu khawatir terkait harga tersebut, karena Sahabat Haji Plus tak akan dikecewakan dengan segala pelayanan dan kualitasnya. Dengan besaran biaya yang dibayarkan tersebut, Sahabat Haji Plus akan mendapatkan dan disuguhkan dengan fasilitas terbaik disertai pelayanan yang terbaik pula. Tentunya fasilitas yang terbaik dan pelayanan yang terbaik akan menunjang terlaksananya ibadah haji Sahabat Haji Plus berjalan dengan lancar.

Perubahan Makam Ibrahim Dari Masa ke Masa di Tanah Suci

Seperti yang diketahui bahwa makam Nabi Ibrahim merupakan peninggalan bersejarah yang akan Sahabat Haji Plus temui pada saat berkunjung ke Ka’bah. Peninggalan bersejarah inilah yang menjadi saksi bagaimana Nabi Ibrahim As membangun Ka’bah. Di atas batu berwarna kehitam – hitaman tersebut Nabi Ibrahim As memijakan kakinya saat membangun ka’bah. Oleh karena itu, apabila Sahabat Haji Plus mengira bahwa makam Nabi Ibrahim As adalah tempat dimakamkannya Nabi Ibrahim As maka Sahabat Haji Plus tentunya keliru. Sebab, Makam yang dimaksud ialah memiliki arti tempat. Telah diketahui bahwa sudah sedari dulu Makam Ibrahim itu ada. Pastinya Makam Ibrahim mengalami pembaharuan dari masa ke masa. Diketahui pada mulanya hanya berupa bebatuan, kemudian ditambahi dengan hiasan dan pelindung. Hingga adanya perintah untuk menghilangkan semua hiasan yang terdapat pada makam tersebut karena alasan tertentu. Terdapat alasan yang melatar belakangi perubahan makam Ibrahim dan alasan penghilangan hiasannya.

Pada mulanya memang Makam Ibrahim ini tersusun atas bebatuan yang terdapat hiasannya. Kemudian terdapat salah satu tokoh yang bernama Khalifah Al-Mahdi Al-Abbasi yakni orang pertama yang tercatat dalam sejarah melakukan penghiasan pada makam tersebut. Alasan kenapa Khalifah Al – Mahdi Al – Abbasi memiliki ide menghiasinya ialah karena batu makam tersebut terbuat dari jenis batu yang rapuh. Dengan alasan supaya tak hancur, beliau berinisiatif menghiasi makam tersebut. Bahkan tak tanggung – tanggung, beliau mengalokasikan dana sebesar seribu dinar untuk pemeliharaannya. Dengan dana tersebut, Makam Nabi Ibrahim menjadi lebih kuat muai dari bagian bawah hingga atas.Pada saat khalifah selanjutnya, yakni Khalifah Al – Mutawakkil diketahui terdapat perbaikan makam Ibrahim. Tak hanya itu, Khalifah Al – Mutawakkil ini juga menambahkan aksen emas serta perak pada hiasan Makam Nabi Ibrahim. Setelah diperbaharui, ditambah pula sebanyak dua bingkai yang terbuat dari emas serta perak dan jadilah hiasan yang tampak lebih kuat. Akan tetapi sangat disayangkan karena timbul masalah yakni lama – lama pengunjung Ka’bah semakin banyak. Adanya kubah makam yang bertopang pada empat buah tiang cukup memakan tempat membuat aktivitas tawaf yang harus dilakukan jamaah haji jadi terganggu. Itulah mengapa pada akhirnya kubah di Makam Ibrahim dihilangkan. Terkait proses penghilangannya tentu tak mudah, karena harus melalui perdebatan terlebih dahulu. Ada yang setuju untuk menghilangkannya dan ada yang menentang.

Pada akhirnya, perdebatan yang terjadi telah mereda setelah keluarnya keputusan Rabithah Alam Islam (RAI) pada 25 Dzulhijah 1384 H atau 26 April 1965 M pada suatu pertemuan. Keputusan tersebut berisi perintah untuk menghilangkan semua tambahan yang ada di Maam Ibrahim. Makam tetap ada di tempatnya dengan dibuatkan kotak kristal yang tebal dan kuat untuk menghindari injakan jamaah saat tawaf. Masalah pun terselesaikan. Keputusan tersebut juga mendapat persetujuan dari Raja Arab Saudi saat itu yakni Faizal bin Abdul Aziz. Setelah keputusan tersebut dilaksanakan dan dilakukan pembaharuan, jamaah haji pun lebih leluasa saat tawaf dan tidak berdesak-desakan lagi.

Beberapa Tempat Yang Dapat Dikunjungi Saat di Tanah Suci

  1. Pabrik Al Kiswah

Banyak yang tak mengetahui perihal kain hitam menjuntai yang menutupi Ka’bah ini bernama Kiswah. Kain ini umumnya selalu diganti setiap tanggal 9 Dzulhijjah ketika jamaah haji beribadah di Bukit Arafah. Nah, tentu kain Kiswah yang diganti setiap tahun itu memiliki pabrik di mana kain itu dibuat. Pabrik Kiswah yang terdapat di Kota Mekkah, berlokasi di Old Mekah Jeddah Road dan buka pada Sabtu, Senin, dan Rabu mulai jam 9 hingga 12 siang. Di dalamnya Sahabat Haji Plus sekalian dapat melihat proses kain Kiswah diproduksi mulai dari kain diwarnai, ditenun, didesain, dicetak, disulam, hingga masuk laboratorium dan Kiswa dirakit.

  1. Menara Abraj Al Bait

Menara Abraj Al Bait merupakan sebuah bangunan yang terletak di Kota Mekkah yang juga merupakan menara jam yang terdapat di Kompleks Abraj Al Bait. Menara ini memiliki tinggi 601 meter yang dipasang jutaan kaca mozaik dan terpancar keseluruh penjuru Mekkah. Menara Abraj Al Bait dikenal dengan Museum Menara Jam yang berisi edukasi mengenai alam semesta, galaksi, Matahari, Bulan juga Bumi serta metode menentukan waktu.

  1. Hijr Ismail

Hijr Ismail merupakan tempat bersejarah di Mekkah yang menyimpan berbagai sejarah beserta maknanya. Banyak orang menyebut Hijr Ismail dengan bangunan tembok setengah lingkaran setinggi pundak. Hijr Ismail terletak di sebelah utara Ka’bah.Bangunan ini dibangun oleh orang Quraisy untuk merenovasi Ka’bah yang rusak dengan dana yang besar. Renovasi inilah yang menjadikan luas Ka’bah berkurang sementara luas Hijr Ismail bertambah. Salah satu keistimewaan Hijr Ismail adalah merupakan salah satu tempat mustajab untuk memanjatkan doa. Hal ini ditandai meski tak masuk ke dalam rukun haji, namun banyak orang yang berdoa di Hijr Ismail.

  1. Jabal Nur

Terletak di Kota Mekah, Jabal Nur merupakan salah satu tempat bersejarah di Mekkah yang sangat populer. Jabal Nur atau Gunung Cahaya ini memiliki sejarah Islam yang terkenal dalam gunung ini. Di puncak Jabal Nur, terdapat Gua Hira yang merupakan tempat Nabi Muhammad menerima wahyu dari Malaikat Jibril untuk pertama kalinya. Untuk mencapai Gua Hira, Sahabat Haji Plus yang ingin mengunjungi situs bersejarah ini harus jalan kaki atau hiking karena jalanan yang berbatu dan cukup kecil ukurannya.

  1. Jabal Tsur

Jabal Tsur atau Gunung Tsur ini juga dijadikan tempat bersejarah di Mekkah. Tentunya jabal Tsur ini sudah tidak asing lagi bukan di telinga sahabat haji plus sekalian? tentu saja tidak asing karena Jabal Tsur ini lekat sekali dengan sejarahnya yang selalu dikenang oleh umat muslim. Gunung setinggi 458 meter ini berada di selatan Kota Mekkah. Di puncak Gunung Tsur, terdapat Gua Tsur yang digunakan oleh Nabi Muhammad bersama Abu Bakar As – Shiddiq untuk bersembunyi dari kejaran kaum Quraisy selama perjalanan hijrah ke Madinah. Nah, Jabal Tsur ini ialah jadi salah satu lokasi yang dapat Sahabat Haji Plus kunjungi saat berada di Tanah Suci.

Itulah sekilas informasi mengenai Berapa biaya Haji ONH Plus 2021. Semoga ulasan informasi yang disuguhkan dapat memberi kemudahan bagi Sahabat Haji Plus yang sedang mempersiapkan pelaksanaan ibadah haji.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *