ONH Plus 2022 DEPAG

ONH Plus 2022 DEPAG

Ibadah haji merupakan ibadah istimewa yang memberi pengalaman tersendiri bagi siapa saja yang mampu melaksanakannya. Akan tetapi, sayangnya tak semua orang mendapatkan kesempatan yang sama. Karena tak hanya dari segi materi saja yang diperhatikan. Namun, dibutuhkan pula kondisi fisik yang prima. Bagi Sahabat Haji Plus yang hendak berencana untuk melaksanakan ibadah haji, hendaknya tak mempersiapkan biaya saja. Akan tetapi, Sahabat Haji Plus juga perlu untuk mempersiapkan kesehatan agar dapat melaksanakan ibadah haji dengan kondisi tubuh yang prima. Sahabat Haji Plus dapat menjaga kesehatan mulai dari berolahraga, menjaga pola makan, makan yang seimbang hingga beristirahat dengan cukup. Dengan begitu, maka akan dipastikan bahwa Sahabat Haji Plus akan memiliki kesehatan yang terjaga. Untuk pelaksanaan ibadah haji, salah satu hal yang tentunya tak terlewatkan untuk dipersiapkan ialah terkait biaya yang dibutuhkan. Sahabat Haji Plus hendaknya mempersiapkannya bisa dengan cara menabung terlebih dahulu untuk mengumpulkan biaya mendaftar haji. Bagi Sahabat Haji Plus yang hendak mendaftar sebagai calon jamaah ONH Plus, maka hendaknya Sahabat Haji Plus menyiapkan biaya sebesar 9000 USD. Dengan biaya tersebut, Sahabat Haji Plus telah mendapatkan fasilitas, akomodasi serta pelayanan yang exclusive. Teruntuk Sahabat Haji Plus yang hendak mengetahui informasi seputar ONH Plus 2022 DEPAG, yuk simak informasi berikut ini.

Cara Mengatur Keuangan Untuk Pelaksanaan Ibadah Haji

Sahabat Haji Plus tentunya ingin menunaikan ibadah haji bukan? Nah, apabila Sahabat Haji Plus berniat untuk menunaikan ibadah haji dan berencana untuk berangkat di tahun berikutnya, hendaknya Sahabat Haji Plus tak melewatkan persiapannya yakni mengatur keuangan. Bagi Sahabat Haji Plus yang sedang merencanakan untuk melaksanakan ibadah haji, sebaiknya sebisa mungkin untuk mengatur keuangan tiap bulannya secara terarah. Hal ini tentunya bertujuan agar Sahabat Haji Plus dapat segera mengumpulkan biaya untuk mendaftar haji. Bagaimana caranya? Berikut lebih jelasnya.

  1. Teguhkan Niat dan Buatlah Komitmen

Salah satu yang hendaknya Sahabat Haji Plus lakukan pertama kali agar konsisten mengatur keuangan ialah menata niat dalam hati. Menata niat dalam hati ini bertujuan agar Sahabat Haji Plus dapat dengan lancar mengatur keuangan. Karena tanpa disertai dengan niat dalam hati yang kuat dan sebuah komitmen, maka dampaknya akan tak berjalan sesuai rencana. Tentunya apabila rencana tak berjalan sesuai rencana pastinya Sahabat Haji Plus tak segera menunaikan ibadah haji bukan? Terkait pentingnya niat serta pentingnya sebuah komitmen, Nabi Muhammad Saw pernah bersabda :

“Sesungguhnya setiap perbuatan tergantung niatnya. Dan setiap orang akan mendapatkan sesuai dengan apa yang ia niatkan. Maka barang siapa hijrahnya kepada Allah dan rasul-Nya, maka hijrahnya kepada Allah dan rasul-Nya. Dan barang siapa hijrahnya karena dunia yang ingin ia dapatkan, maka hijrahnya kepada apa yang ia inginkan itu.” (HR. Bukhari)

  1. Tak Henti Memanjatkan Doa

Tentunya Sahabat Haji Plus memahami bahwasannya sebuah usaha tak lengkap apabila tak disertai dengan berdoa. Bagi Sahabat Haji Plus yang berkeinginan untuk melaksanakan ibadah haji hendaknya selalu berdoa dan meminta petunjuk dari Allah Swt agar dimudahkan langkah memenuhi panggilanNya ke Tanah Suci. Karena berdoa merupakan bagian yang tak terpisahkan dari berhasilnya suatu keinginan yang Sahabat Haji Plus dambakan. Dengan berdoa dan disertai usaha yang maksimal, percayalah bahwa Allah Swt pasti mendengar segala keinginan hambaNya. Terkait doa, Allah Swt berfirman:

“Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka jahannam dalam keadaan hina dina.” (QS. Ghafir: 60)

  1. Rajin Bersedekah

Tahukah Sahabat Haji Pus bahwa dengan bersedekah, maka harta yang Sahabat Haji Plus sedekahkan tak akan habis. Malah sebenarnya, dengan bersedekah Sahabat Haji Plus sekalian akan memperoleh pahala yang istimewa serta harta yang telah dikeluarkan akan diganti Allah dengan yang lebih banyak. Tentunya istimewa sekali bukan? Hendaknya Sahabat Haji Plus tak perhitungan terkait harta hanya dengan matematika seperti kebanyakan orang pada umumnya. Percayalah bahwa terdapat kuasa Allah Swt yang bekerja, termasuk dalam memenuhi kebutuhan dan memudahkan jalan dalam pelaksanaan ibadah haji. Dikutip dalam Suart At – Thalaq ayat 2 – 3 Allah Swt berfirman :

“Barangsiapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dia memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka, dan barangsiapa yang bertawakal kepada-Nya, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya.” 

  1. Update Informasi Haji

Bagi Sahabat Haji Plus yang berkeinginan untuk melaksanakan ibadah haji hendaknya untuk selalu mencari informasi sebanyak dan selengkap mungkin. Selain itu, pastikan bahwa Sahabat Haji Plus emmilih jasa travel yang terbaik dan terpercaya. Hendaknya Sahabat Haji Plus mendaftarkan diri ke jasa travel yang telah legal dan memiliki rekam jejak yang baik. Selain itu hendaknya Sahabat Haji Plus selalu memantau biaya yang dibutuhkan untuk mendaftar program haji yang Sahabat Haji Plus pilih. Dengan Sahabat Haji Plus mencari informasi sedetail mungkin, maka Sahabat Haji Plus sekalian akan mudah dalam mempersiapkan segala sesuatunya terkait keberangkatan ibadah haji. Sebisa mungkin Sahabat Haji Plus dapat merawat niat, komitmen, dan semangat untuk bisa turut pergi ke Tanah Suci. Akan tetapi, ada sebuah catatan penting yakni dalam rangka mencari lembaga keuangan untuk menabung maupun mencari jasa travel haji, sebisa mungkin Sahabat Haji Plus tak gampang tergiur dengan tawaran-tawaran yang cenderung tak masuk akal. Perlu diketahui bahwa sudah banyak sekali peristiwa penipuan.

  1. Menetapkan Anggaran Tiap Bulan

Tahukah Sahabat Haji Plus bahwa cara menabung pertama yang dapat Sahabat Haji Plus coba iaalah dengan menetapkan target. Target yang dimaksud di sini adalah target budget atau target tabungan yang ingin Sahabat Haji Plus kumpulkan untuk biaya pelaksanaan ibadah haji. Tentukan juga jangka waktu untuk mengumpulkan tabungan tersebut. Nah, dengan adanya target tersebut tentunya akan memudahkan Sahabat Haji Plus dalam mempersiapkan biaya yang diperlukan. Contohnya Sahabat Haji Plus hendak menabung selama setahun dengan ketentuan presentase  tabungan untuk liburan sebesar 300% dari pendapatan tiap bulannya. Sahabat Haji Plus tinggal menyisihkan saja sebesar 30% dari gaji yang Sahabat Haji Plus miliki. Selanjutnya ialah dengan cara menganggarkannya. menganggarkan ini ialah dengan cara mengalokasikan gaji atau pendapatan Sahabat Haji Plus tiap bulannya. Yang penting diingat dari cara menabung ini adalah Sahabat Haji Plus harus langsung mengalokasikan gaji atau pendapatan setelah  mendapatkan uangnya. Jadi, menabungnya bukan dari sisa dari pengeluaran gaji atau pendapatan Sahabat Haji Plus sekalian. Sahabat Haji Plus juga dapat memanfaatkan fitur auto debit agar langsung terpotong tiap bulannya.

  1. Persiapan Perlengkapan Secukupnya

Sebelum berangkat untuk menunaikan ibadah haji tentunya harus melakukan persiapan yang harus dilakukan. Mulai dari menabung, berinvestasi hingga menyiapkan perlengkapan selama di Tanah Suci nanti. Tak ada salahnya apabila sahabat haji plus menyiapkan perlengkapan ibadah haji dari jauh – jauh hari, tetapi perhatikan jenis perlengkapan yang akan  dibeli. Pastikan jangan sampai boros dan berakhir mubadzir. Pastinya sayang sekali bukan? Diantara waktu yang senggang, sahabat haji plus dapat meluangkan waktu untuk mencatat apa saja perlengkapan yang dibutuhkan selama ibadah haji berlangsung di Tanah Suci. Setelah sudah terkumpu list apa saja barang yang dibutuhkan, sahabat haji plus bisa pergi ke pusat perbelanjaan untuk membeli guna mencari perlengkapan ibadah haji dengan harga yang terjangkau. Manfaatkan berbagai promo yang tersedia untuk memangkas pengelaran yang berlebih. Sebisa mungkin sahabat haji plus menghindari untuk membeli barang – barang yang baru apabila barang – barang yang lama masih dapat diapakai untuk bertamu ke tanah suci. 

  1. Tidak Konsumtif

Bagi Sahabat Haji Plus yang hendak merencanakan untuk mempersiapkan budget liburan, terleih liburan ke luar negeri hendaknya mengurangi gaya hidup yang konsumtif. Sahabat Haji Plus dapat membawa bekal saat berpergian keluar agar lebih menghemat pengeluaran. Jangan lupa untuk membatasi pengeluaran-pengeluaran seperti nongkrong di cafe ataupun berburu promo cashback dengan aplikasi uang digital. Hal seperti ini mungkin terasa kecil karena disuguhi dengan promo yang besar-besaran. Namun jika Sahabat Haji Plus melakukannya hampir tiap hari, tentunya pengeluaran  akan menjadi membengkak. Oleh karena itulah, sebaiknya hindari gaya hidup konsumtif agar budget menabung untuk liburan bisa maksimal. Selanjutnya yang paling penting dan sebisa mungkin diterapkan oleh Sahabat Haji Plus yang memang ingin mengumpulkan uang untuk melaksanakan ibadah haji adalah dengan berkomitmen. Semua cara di atas tidak akan bisa bekerja dengan baik apabila Sahabat Haji Plus tidak dapat berkomitmen dalam menabung. Jangan sampai Sahabat Haji Plushanya semangat melakukan cara-cara menabung di atas di awal saja dan mulai lagi kembali ke kebiasaan lama setelah melakukannya beberapa kali.

Persyaratan Daftar Haji ONH Plus 2022

Mendaftarkan diri sebagai calon jamaah haji merupakan suatu hal yang sangat dinanti. Karena memang ibadah haji merupakan impian bagi setiap umat muslim. Untuk pendaftaran haji ada beberapa program yang bisa dipilih yakni Haji Reguler, Haji Plus ataupun Haji Furoda. Sahabat Haji Plus dapat memilih sesuai dengan budget yang sudah dipersiapkan. Untuk sahabat Haji Plus yang hendak merencanakan untuk mendaftar sebagai calon jamaah Haji ONH Plus ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, salah satunya ialah cara mendaftar Haji ONH Plus tahun ini. Bagaimana caranya? Yuk simak informasi di bawah ini.

  1. Mengisi Formulir Pendaftaran Haji

Pertama kali yang dilakukan untuk mendaftarkan diri sebagai calon jamaah Haji Plus ini ialah dengan cara mengisi formulir pendaftaran Haji. Dengan sahabat Haji Plus mengisi formulir pendaftaran haji berarti sahabat Haji Plus telah siap untuk menjadi jamaah Haji dan melaksanakan ibadah haji yang telah menjadi kewajiban umat islam bagi yang mampu. Pastikan Sahabat Haji Plus mengisi formulir dengan tepat ya. Karena formulir tersebut berisi identitas diri yang tentunya penting bagi sahabat Haji Plus yang hendak melaksanakan ibadah haji.

  1. Membayar Uang Muka Pendaftaran ONH Plus sebesar 5000 USD

Setelah mengisi formulir pendaftaran haji yang menandakan bahwa Sahabat Haji Plus telah siap untuk menjadi jamaah Haji Plus, langkah selanjutnya yang dilakukan ialah dengan membayar uang muka pendaftaran haji sebesar 5000 USD untuk mendapatkan nomor porsi. Mengapa demikian? Dengan membayar biaya penyelenggaraan ibadah haji melallui bank penerima setoran haji, ini menandakan bahwa sahabat Haji Plus memang sungguh untuk berangkat ke tanah suci untuk melaksanakan ibadah haji. Selain itu, sahabat Haji Plus tentunya sudah mengerti bahwa Haji Plus memerlukan visa khusus, oleh karena itulah membutuhkan biaya yang lebih ketimbang Haji reguler. Sehingga untuk mengurus visa tersebut uang muka yang disetorkan Sahabat Haji Plus sebagai jaminan bahwa Sahabat Haji Plus memang sungguh dan tak main – main. Teruntuk sahabat Haji Plus yang ingin segera menunaikan ibadah haji, hendaknya segera melakukan dan menyelesaikan persyaratan saat pendaftaran.

  1. Pelunasan Paket Haji Sebelum 1 Ramadhan

Tahap selanjutnya setelah membayar uang muka pendaftaran ialah melunasi paket haji sebelum 1 ramadhan. Hal ini dikarenakan, ketika visa telah selesai di urus ini menandakan bahwa calon jamaah Haji Plus dapat segera berangkat ke tanah suci untuk melakukan ibadah haji yang telah di nanti – nanti. Oleh karena itu, apabila visa Haji plus telah keluar diharapkan calon jamaah Haji plus segera melunasinya. Agar Sahabat Haji Plus dapat segera menunaikan ibadah haji.

  1. Menyertakan Surat Keterangan Sehat dari puskesmas setempat dan hasil pemeriksaan laboratorium serta hasil pemeriksaan Rontgen dari rumah sakit atau klinik

Sebelum melaksanakan ibadah haji pastinya sahabat Haji plus memastikan bahwa kondisi tubuh dalam keadaan sehat. Memastikan tubuh agar tetap sehat ini dengan cara melakukan check up kesehatan di rumah sakit. Setelah melakukan check up, sahabat Haji Plus dapat menyertakan hasil check up yakni berupa surat keterangan sehat dari rumah sakit. Tujuan dari pelaksanaan check up kesehatan sebelum berangkat ke tanah suci ialah supaya tubuh dapat dipastikan sehat agar selama proses pelaksanaan ibadah haji berlangsung dapat berjalan dengan lancar dan tanpa hambatan karena adanya penyakit yang sedang di derita.

  1. Menyerahkan Fotokopi KTP, Surat nikah dan Kartu Keluarga

Penyerahan data – data penting seperti fotokopi KTP, surat nikah dan kartu keluarga ini merupakan hal yang penting. Karena data – data tersebut berfungsi untuk kelengkapan data diri yang digunakan untuk mengurus surat – surat penting seperti surat rekomendasi keberangkatan ataupun dokumen lain seperti visa.

  1. Menyerahkan pas foto berwarna 2 x 3 = 5 lembar, 3 x 4 = 5 lembar, 4 x 6 = 10 lembar

Selain menyerahkan fotokopi KTP, surat nikah dan kartu keluarga. Penyerahan foto juga diperlukan untuk melengkapi data diri yang tercantum. Sebaiknya sahabat Haji Plus melengkapi data – data penting yang dibutuhkan dengan baik.

  1. Copy Pasport

Syarat pendaftaran yang terakhir adalah menyerahkan fotokopi passport untuk melengkapi berkas berkas sahabat Haji Plus sekalian.

Mempersiapkan Keberangkatan Ibadah Haji

Ibadah haji merupakan menjadi ibadah yang istimewa, sehingga keberangkatan dalam pelaksanaan ibadah haji memerlukan persiapan yang cukup matang. Tahukah apa saja yang perlu dipersiapkan menjelang keberangkatan? Berikut lebih jelasnya.

  1. Membekali Diri Dengan Pengetahuan Terkait Haji

Sebelum Sahabat Haji Plus melaksanakan ibadah haji ke Tanah Suci, hendaknya Sahabat Haji Plus perlu untuk membekali diri dengan pengetahuan terkait haji. Sahabat Haji Plus dapat membekali pengetahuan terkait haji dengan membaca dan memperdalam buku terkait pelaksanaan ibadah haji. Hendaknya Sahabat Haji Plus jangan cukup puas dengan informasi yang diperoleh dari bimbingan haji ataupun dari manasik haji saja. Sebisa mungkin buku panduan Haji dari Departemen Agama  dibaca seluruhnya  sebelum keberangkatan pelaksanaan ibadah haji dan hendaknya jangan baru dibaca setelah sampai di Tanah Suci. Hal ini dikarenakan agar Sahabat Haji Plus dapat melaksanakan ibadah haji dengan lancar. Bagi Sahabat Haji Plus yang masih bingung terkait hal – hal yang masih menjadi pertanyaan atau meragukan tentang pelaksanaan ibadah haji, sebisa mungkin didapatkan jawabannya sebelum berangkat ke Tanah Suci. Sebaiknya jangan dipendam dan baru ditanyakan setelah berada di Tanah Suci, karena pasti akan mengalami kebingungan. Perlu diingat bahwa pada saat di Tanah Suci pembimbing ibadah haji tak setiap waktu akan menemani Sahabat Haji Plus sekalian. Akan tetapi, pembimbing haji akan menemani pada saat waktu – waktu tertentu saja. Oleh karena itu, waktu yang tersisa ialah terserah aktivitas yang Sahabat Haji Plus rencanakan sendiri.

  1. Perbanyak Ibadah

Saat Sahabat Haji Plus akan segera melaksanakan ibadah haji, salah satu hal yang hendaknya diperhatikan ialah perbanyak ibadah. Sebelum keberangkatan sebisa mungkin Sahabat Haji Plus memperbanyak sholat taubat, sholat tahajjud, sholat dhuha serta sholat sunnah lainnya. Selain itu memohon agar segala dosa dan aib yang dimiliki diampuni oleh Allah Swt. Dengan memperbanyak ibadah serta melakukan sholat taubat, setidaknya Sahabat Haji Plus menyiapkan diri apabila berangkat dan tak kembali. Karena Sahabat Haji Plus tak pernah tahu kapan maut akan menjemput. Selain itu, Sahabat Haji Plus juga bisa menuliskan wasiat yang bertujuan menyampaikan pesan terakhir kepada keluarga terdekat. Hal ini bertujuan agar pesan terakhir Sahabat Haji Plus tersampaikan apabila Sahabat haji Plus tak ditakdirkan untuk kembali ke Tanah Air dan tak ada lagi kesempatan untuk menghirup udara segar di dunia ini

  1. Mempersiapkan Perbekalan

Tahukah Sahabat Haji Plus bahwasannya tak hanya biaya saja yang perlu dipersiapkan, akan tetapi kondisi fisik juga memerlukan persiapan yang tak kalah penting. Bagi Sahabat Haji Plus yang hendak melaksanakan ibadah haji jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan dengan cara olahraga dipagi hari secara teratur. Hal ini diperlukan karena pada saat pelaksanaan ibadah haji di Tanah Suci banyak aktivitas perjalanan jauh yang dilakukan dengan berjalan kaki disana, hal ini tentunya membutuhkan fisik yang kuat, pola makan yang seimbang serta istirahat yang cukup. Selain persiapan kesehatan, ada pula persiapan lain yang hendaknya diperhatikan yakni pakaian dan makanan. Sebisa mungkin Sahabat Haji Plus jangan terlalu banyak membawa pakaian. Sebaiknya pakaian yang hendak dibawa sekedarnya saja dan pertimbangkan jika nanti mau beli oleh-oleh saat kembali ke tanah air. Perlu diingat bahwa berat bawaan terdapat batas maksimum. Tak hanya itu, bekal yang sealnjutnya dalam bentuk bahan makanan sebaiknya makanan langsung habis dimakan dan perbanyak makanan kering yang sudah masak seperti rempeyek, dendeng, indomie, rendang, keripik kentang. Selin itu, Sahabat Haji Plus juga perlu membawa obat – obatan pribadi. Obat – obatan sangat perlu untuk dibawa, karena mengantisipasi bahwa apabila penyakit Sahabat Haji Plus kambuh. Selain itu bawalah lotion kulit anti cuaca panas udara kering. Obat-obatan bagi penyakit tertentu hendaknya perlu disiapkan dari tanah air selengkap mungkin.

Inilah sekilas informasi terkait ONH Plus 2022 DEPAG. Sahabat Haji Plus dapat memantau informasi lebih lengkap seputar ibadah haji di website resmi hajiplus.id. Semoga informasi yang disuguhkan membantu persiapan Sahabat Haji Plus dalam pelaksanaan ibadah haji di tahun berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *