Biaya Haji plus 2022 Kemenag

Biaya Haji plus 2022 Kemenag

Menunaikan ibadah haii menjadi salah satu hal yang dinanti oleh umat muslim di penjuru dunia. Karena itulah, tak heran apabila kini telah banyak sekali yang mengantri untuk menunggu waktu keberangkatan ibadah haji. Tak lain tak bukan ialah karena tingginya minat jamaah haji di Indonesia yang semakin meningkat tiap tahunnya. Ini dibuktikan dengan bertambah panjangnya antrian yang membuat semakin lama pula waktu tunggunya. Mungkin Sebagian Sahabat Haji Plus agak merasa resah, pasalnya membutuhkan waktu tunggu keberangkatan yang cukup lama. Terlebih, sebagai manusia Sahabat Haji Plus sekalian takt ahu kapan maut akan datang menghampiri. Apabila umur sudah renta, lalu harus mennunggu waktu tunggu keberangkatan haji hingga puluhan tahun tentu akan terasa berat sekali bukan? Tapi Sahabat Haji Plus tak perlu khawatir, pasalnya waktu tunggu keberangkatan yang amat lama tersebut hanya berlaku Ketika Sahabat Haji Plus mendaftar sebagai jamaah program Haji Reguler. Bagi Sahabat Haji Plus yang ingin segera menunaikan ibadah haji tanpa menunggu waktu tunggu keberangkatan yang amat lama, Sahabat Haji Plus dapat mendaftar program Haji plus. Dengan mendaftar sebagai calon jamaah Haji Plus, maka Sahabat Haji Plus akan memiliki waktu tunggu keberangkatan yang lebih cepat dibandingkan dengan program Haji Reguler. Untuk informasi terkait biaya maupun Biaya Haji plus 2022 Kemenag, yuk simak informasi lebih lengkapnya di bawah ini.

Pesan Penting Pelaksanaan Ibadah Haji

Sahabat Haji Plus pastinya telah memahami bahwasannya pelaksanaan ibadah haji ini sangat istimewa di mata umat muslim di penjuru dunia. Karena istimewanya, pelaksanaan ibadah haji tentunya tak lepas dari makna – makna yang terkandung di setiap rangkaian ibadah yang dilakukan. Dari setiap rangkaian ibadah yang dilakukan tentu memiliki pesan dan kesan. Apakah Sahabat Haji Plus mengetahuinya? Jika Sahabat Haji Plus belum mengetahuinya, berikut lebih jelasnya.

  1. Fitrah Manusia

Tahukah Sahabat Haji Plus bahwa rangkaian pertama kegiatan pelaksanaan ibadah haji yakni Ihram mengandung pesan penting, yang meliputi pengakuan akan eksistensi fitrah (kesucian) manusia yang hendaknya tak dihilangkan dan harus dipertahankan. Fitrah merupakan kunci utama dalam kehidupan manusia. Karena apabila fitrah manusia telah dikalahkan oleh egois serta hawa nafsunya, maka hal ini menimbulkan berbagai kerusakan yang terjadi di dalam kehidupannya.

  1. Risalah Tauhid

Yang kedua pesan pentingnya ialah risalah tauhid. Perlu dikatahui bahwasannya manusia terlahir di muka bumi bukan berarti tak ada tujuan, melainkan memiliki sebuah tujuan yang universal. Tujuan itu yakni dengan melakukan pengabdian total kepada Allah Swt. Pengabdian yang dilakukan secara total inidapat terekspresikan dalam berbagai bentuk pengabdian manusia. Namun kesimpulannya, segala hal  yang dilakukan oleh manusia hendaknya dipahami sebagai bentuk pengabdian kepada Allah Swt. Pengabdian ang dilakukan secara total inilah yang sebut dengan ibadah. Akan tetapi, pada kenyataannya karena kelalaian inilah menjadikan banyak manusia yang tidak sadar bahwa kehidupannya atau bahkan matinya sekaligus tak lain ialah hanya sebagai pengabdian kepada Allah Swt. Karena kelalaian yang dieprbuat manusia inilah, yang menjadikan manusia menjalani hidupnya dengan berbagai kondisi yang hanya memenuhi hasrat hawa nafsunya.

Di sinilah peran pelaksanaan haji yang mengingatkan manusia dalam pengakuan lisan yang pertama dalam ibadah haji yang  berbunyi “Labbaika allahumma labbaik, labbaika laa syaraiika laka labbaik” dst. Hal ini menandakan bahwa kedatangan haji ke tanah suci tujuannya ialah guna melakukan komitmen baru atau sumpah baru bahwa kehidupannya ialah untuk datang memenuhi ajakan ilahi dalam mengabdi kepadaNya. Pengabdian totalitas kepada Allah Swt ini yang disebut dalam agama Islam dengan sebutan Tauhid. Tauhid ialah sebuah konsep yang memahami bahwa Tuhan merupakan pusat kehidupan. Karena sebagai pusat kehidupan, maka segala hal yang berkaitan dengan kehidupan manusia semuanya dan secara totalitas ditujukan sebagai pengabdian kepada Allah Swt.

  1. Risalah Kehidupan

Pesan penting pelaksanaan ibadah haji yang selanjutnya ialah sebagai risalah kehidupan. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan semua manusia yang terlahir di muka bumi ini tentunya akan menjalani kehidupan dengan tujuan yang telah ditentukan. Manusia sesungguhnya sedang dalam perjalanan (haji secara kata berarti perjalanan ke tujuan yang jauh) dari satu titik poin ke titik poin yang sama. Perjalan yang dimaksud dalam filsafat hidup seorang Muslim yakni Inna lillahi wa inna ilaihi rajiun yang artinya sesungguhnya kami adalah milik Allah dan sesungguhnya kami akan kembali kepadaNya. Pelaksanaan ibadah haji merupakan suatu gambaran perjalanan tersebut. Segala yang telah tergambarkan dalam perjalanan tersebut terilustrasikan dalam berbagai amalan ritual haji. Contohnya ialah persiapan pelaksanaan ibadah haji. Persiapan yang dilakukan hendaknya harus totalitas yakni yang meliputi fisik, akal serta ruh. Perjalanan hidup manusia juga tak mungkin akan dijalani secara maksimal dan utuh tanpa persiapan totalitas tersebut. Manusia hanya bisa menjadi manusia dengan ketiga aspek kehidupan yang tidak terpisahkan yakni Jasad, akal serta ruh. Contoh pesan penting dalam rangkaian pelaksanaan ibadah haji antara lain :

  • Tawaf

Tawaf merupakan rangkaian ibadah haji yang mengandung pesan penting makna kehidupan yang memang berputar. Maknanya ialah bahwa hidup itu tak kemana-mana. Yang dimaksud tak kemana – mana ialah batas kemampuan manusia hanya berputar di sekitar itu dan juga batas kehidupannya juga tak jauh dari perputarannya. Dalam batas-batas yang telah ditentukan ialah meliputi jodoh, umur, rezeki dan maut. Akan tetapi, terapat satu hal yang perlu diingat yakni segala sesuatu yang terjadi dalam perputaran tersebut hendaknya jangan melupakan Ka’bah yang harus tetap menjadi sentra kehidupan.

  • Sa’i

Demikian juga Sa’i. Sa’i juga mengandung pesan penting yakni tak ada yang gratis dalam hidup ini. Yang dimaksud tak ada yang gratis di hidup ini ialah bahwa hidup membutuhkan kerja keras. Hal ini contohnya seperti ikhtiar ataupun usaha yang pernah dilakukan oleh Ibu Nabi Ismail yakni Siti Hajar yang mencari air demi kelanjutan hidupnya dan anaknya. Akan tetapi, segala sesuatu usaha yang dilakukan dalam hidup ini, perlu diyakini bahwa sumber segala sesuatu hanyalah Allah Swt. Oleh karena itulah, dengan sekuat tenaga ibu Nabi Ismail yakni SIti Hajar mencari air yang bermula dari tempat yang dia yakininya sebagai sumber air itu dan pada kenyataannya Allah yang menentukan sumber tersebut.

  1. Sebagai Pengenalan

Pesan penting pelaksanaan ibadah haji yang selanjutnya ialah pengenalan, yakni makna sari salah satu rangaian ibadah haji yang dilakukan di Padang Arafah. Proses pengenalan kembali ini merupakan tuntutan mendasar dalam menghadapi hidup yang dipenuhi dengan berbagai hal ini. Dalam proses kehidupan manusia, ternyata banyak yang lupa bahwa hakikatya sebagai manusia dan sebagai kosekuensinya juga lupa akan Penciptanya. Sebab itulah, proses pengenalan yang dilakukan di Padang Arafah ini menuju pengenalan kepada Allah yakni terkait risalah terpenting dari pelaksanaan ibadah haji. Di sinilah wukuf di Arafah menjadi puncak pelaksanaan haji yang menjadi bagian dari rangakain kegiatan pelaksanaan ibadah haji. Di wukuf Arafah inilah jamaah haji mengagungkan keesaan Allah Swt dengan dzikir yang paling utama yang berbunyi “Laa ilaaha illallah wahdahu laa syariika lah lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa alaa kulli syaein qadir”. Dzikir ini menjadi pengakuan keesaan Allah Swt kembali setelah tertimbun dalam keangkuhan dan sikap egois manusia. Berdzikir tak hanya sekedar mengucapkan bacaan tertentu. Akan tetapi, dzikir merupakan bentuk introspekasi diri atau yang biasa disebut muhasabah. Karena hanya dengan muhasabah inilah Sahabat Haji Plus akan mampu memperbaiki kerusakan hati atau jiwa yang akan berpegaruh dalam prilaku dan sifat pribadi seorang umat muslim.

  1. Menghadapi Tantangan

Tahukah Sahabat Haji Plus bahwa ternyata risalah atau yang biasa pesan hidup mengajarkan bahwasannya dalam hidup tak selamanya Sahabat Haji Plus berjalan dengan lancar. Akan tetapi, hidup yang dijalani tentunya penuh dengan godaan serta rintangan yang menyertai. Karena itulah, kesadaran mengajarkan bahwa Sahabat Haji Plus harus siap menghadapi tantangan-tantangan tersebut. Selama Sahabat Haji Plus masih menghembuskan nafas, maka tentunya Sahabat Haji Plus tak akan bisa lari dari tantangan hidup yang selalu menyertai tersebut. Di sinilah pelaksanaan ibadah haji mengandung pesan penting terkait persiapan dalam menghadapi tantangan, godaan maupun kesulitan hidup. Mabit di Muzdalifah merupakan simbol dari persiapan lahir serta batin dalam menghadapi segala tantangan dalam hidup. Saat para jamaah haji menginap atau mabit selama tiga malam di Mina untuk melempar jumrah, ini adalah simboli dari keseriusan menghadapi segala tantangan yang ada di hidup ini. Yang memberi arti bahwa segala tantangan yang terjadi di kehidupan ini sifatnya abadi dan nyata dalam kehidupan manusia.

  1. Sebagai Akhir Perjalanan

Tahukah Sahabat Haji Plus bahwa pesan penting ibadah haji yang selanjutnya ialah sebagai akhir perjalanan. Semua umat muslim meyakini bahwasannya pada akhirnya di penghujung perjalanan suci yakni melakukan ibadah, manusia akan meninggalkan tanah haram atau tanah suci. Meninggalkan tanah suci bagi umat muslim tentunya tak lebih dari meninggalkan medan perjuangan terhadap pengabdian kepada Allah Swt di dunia. Sebab itulah, terdapat satu hal yang perlu dipastikan bahwa sebelum Sahabat Haji Plus meninggalkan tanah suci hendaknya Sahabat Haji Plus perlu melaksanakan tawaf yakni tawaf wada. Tawaf wada menjadi simboli kepastian pengabdian kepada Allah Swt dalam menghadap kepadaNya. Pengabdian dalam perjalanan menghadap kepadaNya inilah yang dikenal dengan husnul khatimah atau yang berarti akhir yang baik.

  1. Memupuk Persaudaraan

Tahukah Sahabat Haji Plus bahwa pesan penting yang terakhir dalam pelaksanaan ibadah haji ialah melahirkan komitmen persaudaraan sesama manusia yang terbentuk atas dasar kekeluargaan. Perlu diketahui bahwasannya seluruh manusia itu bersaudara karena memang tercipta dari seorang bapak dan seorang ibu yang sama yakni Adam dan Hawa. Manusia yang berkumpul di sebuah padang luas di Arafah dengan latar belakang yang sangat beragam, akan tetapi dalam satu hati dan pikiran dan menghamba kepada sang Pencipta juga menggambarkan pesan ini. Bahwa seluruh manusia berada dalam posisi yang sama walaupun memiliki latar belakang yang berbeda. Pesan penting ini juga pernah disampaikan oleh Rasulullah Saw saat menyampaikan khutbah di padang Arafah yang lebih dikenal dengan khutbatul wada atau yang berarti khutbah perpisahan. Di khutbah tersebut Nabi Muhammad Saw menegaskan bahwasannya Tuhan kalian Satu, ayah dan ibu kalian juga satu. Semua kalian berasal dari Adam (keturunan Adam) dan Adam tercipta dari tanah. Tak ada suatu apapun yang membedakan antara manusia yang satu dengan yang lainnnya, seperti ras, warna kulit, jabatan dan lain sebagainya.

Berapakah Budget Pelaksanaan Haji Plus 2022?

Tentunya Sahabat Haji Plus menyadari bahwasannya terdapat perbedaan biaya yang dipersiapkan antara program haji regular dengan program haji plus. Salah satu factor yang menyebabkan ialah karena waktu tunggu keberangkatan yang berbeda antara program haji regular dan haji plus. Untuk haji regular, pastinya sahabat Haji Plus sudah tak asing lagi bahwa program haji regular ini memiliki waktu tunggu keberangkatan yang cukup lama hingga puluhan tahun, sedangkan untuk waktu tunggu keberangkatan haji plus diketahui lebih singkat dibandingkan haji regular yakni hanya sekitar 5 hingga 7 tahun saja. Tentunya dengan memilih paket haji plus Sahabat Haji Plus dapat melaksanakan pelaksanaan ibadah haji dengan cepat bukan? Bagi Sahabat Haji Plus yang hendak menunaikan pelaksanaan ibadah haji dengan segera dan memutuskan untuk mendaftar sebagai calon jamaah haji Plus, Sahabat Haji Plus dapat memeprsiapkan biayanya sebesar 9000 USD. Harga yang cukup lumayan ini tentunya disertai dengan fasilitas yang sepadan pula. Sehingga, sahabat haji plus tentu tak perlu meragukan lagi terkait fasilitas yang akan diberikan demi kenyamanan jamaah sahabat haji plus sekalian. Karena segala fasilitas, akomodasi serta pelayanan terbaik akan menyertai perjalanan dan pelaksanaan ibadah haji Sahabat Haji Plus sekalian.

Tips Sehat Saat Ibadah Haji

Tahukah Sahabat Haji Plus bahwa kesehatan menjadi salah satu faktor penting yang hendaknya diperhatikan bahkan sebelum keberangkatan ibadah haji. Hal ini tentu bertujuan agar pada pelaksanaan ibadah haji, Sahabat Haji Plus tetap terjaga kesehatannya serta dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan ibadah haji dengan lancar. Karena kondisi tubuh yang sehat tentunya tak akan menghambat sahabat Haji Plus dalam menjalankan serangkaian aktivitas dalam proses ibadah haji. Ada beberapa persiapan kesehatan yang hendaknya dilakukan oleh para calon jamaah haji. Apa saja persiapannya? Yuk simak informasi di bawah ini.

  1. Melakukan Vaksin

Seperti yang telah diketahui bahwa melaksanakan vaksin ialah hal wajib yang harus dilakukan sebelum berangkat ke tanah suci. Vaksin yang wajib dilakukan adalah vaksinasi meningitis untuk menghindari penyakit meningitis sebagai syarat mendapatkan visa haji. Selain vaksin meningitis, ada vaksin tambahan yang juga dianjurkan sebelum berangkat ke tanah suci antara lain vaksin influenza, vaksin hepatitis A dan B, vaksin tifoid dan pneumokokus. Untuk pelaksanaan semua vaksin ini dilakukan minimal 2 minggu sebelum keberangkatan.

  1. Melakukan Medical Check Up Sebelum Berangkat Haji

Persiapan dalam hal kesehatan yang hendaknya dilakukan oleh calon jamaah haji ialah dengan mengecek kesehatan sebelum berangkat haji. Hal ini bertujuan untuk mengetahui kondisi kesehatan jamaah haji secara menyeluruh. Dengan melakukan pengecekan kesehatan, apabila sahabat Haji Plus memiliki penyakit tertentu, sahabat Haji Plus dapat berkonsultasi dengan dokter perihal penyakit yang di deritanya tersebut. Mengecek kesehatan ini merupakan salah satu upaya untuk mengantisipasi penyakit yang bisa datang kapan saja. Dengan mengetahui kondisi di awal bahwa tubuh dalam keadaan sehat, maka sebisa mungkin sahabat Haji Plus juga dapat mempertahankan tubuh agar senantiasa tetap sehat.

  1. Menggunakan Masker

Sahabat Haji Plus pastinya sudah mengerti bahwa aktivitas yang berada di luar ruangkan tentu mengandung banyak debu yang bertebaran. Agar sahabat Haji Plus tetap dalam kondisi sehat pada saat proses pelaksanaan ibadah haji sebaiknya gunakan masker. Karena dengan menggunakan masker maka sahabat Haji Plus akan terhindar dari debu dan kotoran yang dapat memicu penyakit flu dan lain sebagainya. Hal ini bertujuan untuk upaya perlindungan diri agar tubuh tetap sehat. Karena sahabat Haji Plus tak menegrti dengan pasti perihal kualitas udara yang ada disekitar, terlebih banyak sekali jamaah yang datang dari penjuru dunia yang berkumpul jadi satu untuk melaksanakan ibadah haji.

  1. Membawa Obat pribadi

Sebaiknya, saat berada diluar rumah terutama dalam jangka waktu yang cukup lama hendaknya membawa obat pribadi. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi apabila sewaktu – waktu Riwayat penyakit yang pernah di derita dapat kambuh. Karena, hanya diri sendirilah yang mengetahui kondisi kesehatan. Sehingga, sangat penting untuk diperhatikan terkait membawa obat pribadi yang cukup selama pelaksanaan ibadah haji. Dan yang terpenting, jangan lupa untuk konsultasi dengan dokter terkait Riwayat penyakit yang sedang di derita. Oleh sebab itu, check up kesehatan di awal sangat penting, seperti yang diulas pada poin satu tersebut.

  1. Menjaga Kebersihan Diri

Agar tubuh senantiasa sehat, sudah selayaknya sahabat Haji Plus menjaga kebersihan diri dengan cara rutin bersih diri selepas selesai melakukan aktivitas luar ruangan serta rajin mencuci tangan. Dengan rutib bersih diri selepas melakukan aktivitas luar ruangan, maka bakteri dan kuman yang menempel pada tubuh akan hilang. Selain itu, dengan rajin mencuci tangan juga mencegah bakteri ataupun kuman yang dapat menyebabkan penyakit. Seperti yang sahabat Haji Plus ketahui bahwa tangan merupakan sarang kuman dan bakteri. Karena tangan merupakan bagian tubuh yang memang digunaakn untuk menyentuh segala sesuatu. Oleh karena itu, tak heran apabila tangan menjadi salah satu sarang kuman dan bakteri yang dapat menyebabkan penyakit. Untuk mencegah penyakit yang ditimbulakan dari bakteri dan kuman yang berasal dari tangan, sahabat Haji Plus dapat mencegahnya dengan cara rajin mencuci tangan dengan menggunakan cairan pembersih tangan antiseptic.

  1. Memperhatikan Dalam Hal Mengonsumsi Makanan

Makanan merupakan salah satu hal yang dapat menentukan tubuh menjadi sehat atau sakit. Makanan yang sehat seprti sayur, buah dan lain sebagainya tentunya akan membuat tubuh memperoleh nutrisi yang cukup dan tetap terjaga kesehatannya. Berbeda pula dengan makanan yang tidak sehat yang akan menyebabkan tubuh menjadi rentan terserang oleh penyakit. Bagi sahabat Haji Plus ketika melakukan proses ibadah haji, agar tetap sehat tentunya harus memperhatikan konsumsi majkannya. Misalnya dengan cara mencuci buah yang hendak dikonsumsi. Kemudian menghindari makanan yang mentah ataupun makanan yang setegah matang untuk menghindari penyakit gangguan pencernaan.

  1. Mengonsumsi Air Yang Cukup

Air merupakan unsur yang pentig bagi tubuh. Oleh karena itu, sebisa mungkin tubuh jangan sampai kurang dalam mengonsumsi cairan. Terlebih dalam cuaca panas yang terik, karena cuasa yang panas dapat menyebabkan tubuh menjadi dehidrasi. Sehingga, bagi Sahabat Haji Plus yang ingin terjaga kesehatannya dan terhindar dari dehidrasi sebaiknya minumlah air putih dengan cukup. Agar Sahabat Haji Plus dapat selalu minum air dengan cukup, sebaiknya bawalah botol minum sendiri. Sehingga ketika air dalam botol tersebut habis, dapat diisi ulang kembali. Dengan begitu, sahabat Haji Plus akan terhindar dari dehidrasi yang tentunya akan membawa dampa yang negatif untuk tubuh.

Itulah sekilas informasi yang dapat Sahabat Haji Plus jadikan bekal sebelum berangkat ke Tanah Suci. Semoga informasi terkait Biaya Haji Plus 2022 Kemenag ini dapat memacu semangat Sahabat Haji Plus untuk mempersiapkan biaya ibadah haji.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *