Biaya Haji plus 2022 Depag

Biaya Haji plus 2022 Depag

Seperti yang diketahui bahwa melaksanakan ibadah haji memiliki arti penting bagi umat muslim yang ada di penjuru dunia. Ibadah haji merupakan salah satu sarana komunikasi dan informasi yang terpenting bagi seluruh umat muslim yang berada di seluruh dunia. Haji merupakan rukun islam yang kelima setelah syahadat, shalat, zakat dan puasa. Melaksanakan ibadah haji adalah rutinitas tahunan yang dilaksanakan secara serentak oleh umat islam yang berada di penjuru dunia di bawah naungan kota suci Mekkah. Kegiatan inti dari ibadah haji dimulai dengan bermalam di Mina pada tanggal 8 Dzulhijjah. Dilanjutkan dengan berdiam diri di Padang Arafah keesokan harinya, disusul dengan bermalam di Muzdalifah. Rangkaian kegiatan ibadah haji ini diakhiri dengan melempar jumrah pada tanggal 10, 11 dan 12 Dzulhijjah. Ibadah haji ini memiliki beberapa program haji yang dapat dipilih oleh sahabat Haji Plus. Apabila Sahabat Haji Plus memilih harga yang paling terjangkau, maka program haji yang cocok ialah Haji Reguler. Namun, kekurangan dari Haji Reguler ini adalah memiliki masa tunggu keberangkatan yang lama yakni sekitar 20 tahun. Bagi sahabat Haji Plus yang tak ingin menunggu waktu yang lama, Sahabat Haji Plus dapat memilih Haji Plus. Karena waktu tunggu keberangkatan Haji Plus tak selama Haji Reguler. Masa tunggu Haji Plus hanya sekiatr 5 – 7 tahun saja. Akan tetapi, biaya yang dkeluarkan sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan Haji Reguler. Bagi Sahabat Haji Plus yang ingin melaksanakan ibadah Haji namun enggan untuk antri, sahabat Haji Plus dapat memilih Haji Plus sebagai pilihan yang tepat. Untuk informasi terkait Biaya Haji Plus 2022 Depag, simak informasi di bawah ini.

Alasan Mekkah Sebagai Tempat Terbaik di Bumi

Tahukah Sahabat Haji Plus dimanakah tempat terbaik yang ada di bumi? Tentunya Umat muslim banyak yang mengatakan bahwa tempat itu adalah Mekkah Al Mukarommah. Hal ini memang benar adanya, karena tak ada lagi tempat yang lebih baik daripada kota Mekkah di muka bumi ini. Terkait Antusiasme umat muslim juga terbilang sangatlah tinggi untuk mengunjungi kota ini. Bagaimana tidak, banyak keutamaan ibadah yang bisa dicapai di tanah suci ini. Karena itulah, banyak sekali jasa travel yang menyediakan aneka ragam paket ibadah haji untuk Sahabat Haji Plus sekalian.  Di Mekkah inilah terdapat Ka’bah yang di dalamnya adalah kiblat dari umat muslim di seluruh penjuru dunia. Di sinilah tempat dilahirkannya Nabi Muhammad Saw. Di kota Mekkah pula inilah penyebaran agama islam dimulai. Sebab itulah, kota ini memiliki sejarah yang sangat dirindukan bagi seluruh umat islam. Terlebih terkait kisah dan sejarah tentang Rasulullah Saw yang banyak terukir disini.  Secara geografis letak kota Mekkah berjarak sekitar 600 Km dari kota Madinah.  Tepat di sebelah timur laut, kota ini berbatasan dengan kota Jeddah yang jaraknya kurang lebih 200 Km. Selain itu, kota ini juga dikelilingi oleh 2 gunung, yaitu gunung Aqu Qubais dan gunung Qa’qa’an. Dapat dikatakan bahwa kota Mekkah ini terletak di sebuah lembah yang tidak terlalu luas.

  1. Seluk beluk dan Keutamaan Kota Mekkah

Tak bisa dipungkiri bahwa kota Mekkah tentunya memiliki banyak keutamaan. Sebagai kota yang menjadi kiblat peradaban umat muslim di seluruh dunia, kota Mekkah pastinya memiliki banyak keistimewaan. Beribadah di tanah suci tentunya berbeda dengan beribadah di tempat lain. Karena saat Sahabat Haji Plus melaksanakan ibadah di Tanah Suci, maka akan banyak sekali keistimewaan yang Sahabat Haji Plus dapatkan. Tak hanya suasananya saja, melainkan lokasi yang ada sangat mendukung untuk melakukan ibadah lebih khusyuk. Keistimewaan dan pahala berlipat tersebut bisa Sahabat Haji Plus dapatkan ketika melakukan ibadah di kota ini. Tahukah Sahabat Haji Plus bahwa banyak sekali keutamaan lain di kota Mekkah, antara lain Negeri yang paling dicintai oelh Allah Swt, kota yang selalu dilindungi serta diberkahi oleh Allah Swt, dipilihnya kota Mekkah untuk diletakkannya Ka’bah, tak dapat dimasuki oleh Dajjal, Saat melakukan shalat di Masjidil Haram pahalanya setara dengan 100.000 kali sholat di tempat lain serta diperbolehkan untuk sholat dan thawaf di Masjidil Haram kapanpun. Kurang lebih seperti itulah keutamaan di kota Mekkah. Sahabat Haji Plus dapat membayangkan apabila melakukan sholat berjamaah di Masjidil Haram. Tentunya pahala yang akan di dapatkan oleh Sahabat Haji Plus berkali – kali lipat lebih banyak dari tempat lain. Masyaallah..

  1. Lebih Dekat Dengan Mekkah dan Sejarahnya

Melihat sekilas terkait sejarah Kota Mekkah dapat dipastikan bahwa Sahabat Haji Plus akan memulainya dengan membahas tentang sejarah Nabi Ibrahim AS. Diceritakan dari berbagai sumber bahwa Nabi Ibrahim AS melakukan perjalanan dari Syam ke sebuah tanah gersang yang tidak ditumbuhi tanaman. Disinilah Nabi Ibrahim AS memulai dakwah tauhid dan menyebarkan ajaran agama islam. Disini pula lahir keturunan dari beliau. Meskipun berada di tanah gersang, tempat ini selalu dirindukan seluruh umat muslim dan menjadi dambaan. Bisa jadi karena Allah menurunkan berkah atas doa dari Nabi Ibrahim AS seperti berikut ini.

“Ya Tuhan kami, sesungguhnya aku telah menempatkan sebahagian keturunanku di lembah yang tidak mempunyai tanam-tanaman di dekat rumah Engkau (Baitullah) yang dihormati, ya Tuhan kami (yang demikian itu) agar mereka mendirikan shalat, maka jadikanlah hati sebagian manusia cenderung kepada mereka dan beri rezekilah mereka dari buah-buahan, mudah-mudahan mereka bersyukur.” (QS. Ibrahim: 37)

Selepas Nabi Ibrahim AS melaksanakan perintah dari Allah untuk menetap dan berdakwah di dalam tanah suci ini. Kepengurusannya pada kota Mekkah pada akhirnya diserahkan kepada sang anaknya yakni Nabi Ismail AS. Nabi Ismail yang mempunyai 12 orang anak juga memerintahkan semuanya untuk merawat Ka’bah, mengajari manasik haji serta membimbing para jamaah dengan ajaran tauhid. Hingga saat ini, Mekkah masih menjadi pusat peribadatan umat muslim di seluruh dunia. Sebagai kiblat umat muslim,  ada beberapa fakta menarik terkait kota Mekkah. Fakta yang menarik ini salah satunya ialah sebuah penemuan yang digagas oleh Prof. Hussain Kamel, Kepala Bagian Ilmu Ukur Bumi di Universitas Riyadh Saudi Arabia.  Beliau menemukan bahwa ternyata Mekkah adalah sebenar – benarnya pusat dari bumi. Dengan melakukan pengkuran terhadap ketujuh benua terhadap kota Mekkah, Prof. Hussain menemukan bahwa Mekkah terletak di pusat bumi. Bahkan jarak antara kutub utara dan selatan dengan kota ini pun sama persis. Tak hanya itu, ditemukan pula lempengan – lempengan bumi  bergerak mengelilingi kota Mekkah. Seolah lempengan – lempengan ini terus menunjuk ke Mekkah. Luar biasa sekali bukan?

Berapakah Biaya Haji Plus 2022?

Bagi Sahabat Haji Plus yang bertanya – tanya terkait biaya haji plus tentunya menjadi hal yang lumrah. Pasalnya Sahabat Haji Plus tentunya hendak mempersiapkan semuanya bukan? Agar Sahabat Haji Plus dapat segera menunaikan ibadah haji, tentu Sahabat Haji Plus diharap untuk segera mendaftar. Akan tetapi, bagi Sahabat Haji Plus masih tak memahami terkait berapakah biaya yang hendaknya dipersiapkan. Bagi Sahabat Haji Plus yang hendak melaksanakan Haji Plus, biaya yang hendaknya dipersiapkan ialah 9000 USD. Cukup terjangkau bukan? Dengan harga tersebut, Sahabat Haji Plus telah menikmati segala fasilitas dan pelayanan yang terbaik. Oleh karena itu, Sahabat Haji Plus hendaknya segera mempersiapkan agar dapat segera menunaikan ibadah haji.

Oleh – Oleh Khas Ibadah Haji

Selesai menunaikan ibadah haji, pastinya sahabat haji plus sekalian ingin membawakan buah tangan untuk keluarga maupun kerabat yang berada di Tanah air. Tenang dan tak perlu bingung. Sahabat Haji Plus dapat membawakan oleh – oleh khas dari Tanah Suci seperti berikut ini :

  1. Siwak

Tahukah Sahabat Haji Plus? Bahwa Siwak merupakan salah satu buah tangan yang dapat dibawa pulang ke tanah air. Dahan pohon Salvadora ini biasa dikenakan untuk membersihkan gusi dan gigi. Terpercaya sejak jaman dahulu dikenakan untuk bersiwak. Jika sahabat haji plus hendak mencari siwak untuk buah tangan para kerabat dan keluarga, sahabat haji plus tinggal kunjungi Souq Gaza yang mana merupakan pasar besar Mekkah. Disana dijual beragam oleh-oleh termasuk juga siwak ini. Kunjungi juga super market Bin Dwood. Mudah ditemukan di Madinah dan Mekah. Di sana ada beragam kebutuhan yang harganya bersaing dengan harga pasar.

  1. Gelang Tasbih

Gelang tasbih merupakan salah satu oleh-oleh khas Tanah Suci. Gelang tasbih ini berbahan dasar kayu kokka. Meski kini karena kesulitan proses pembuatan, gelang tasbih banyak dibuat dari buah kokka. Beraroma khas kokka, biji ini bila ditenggelamkan akan terlihat sedikit berminyak dan tak mengambang. Tahukah Sahabat Haji Plus? Bahwa gelang tasbih kokka banyak khasiatnya. Oleh sebab itu dipergunakan sebagai bahan dasar pembuatan tasbih. Air rendaman kayu kokka bisa meredakan sakit gigi, keracunan dan meredakan demam. Sementara saat kayu kokka dikenakan sebagai gelang bisa menolak gigitan hewan berbisa. Bagaimana? keren bukan?

Apabila Sahabat Haji Plus tertarik, Sahabat Haji Plus bisa dapat membeli gelang tasbih kokka ini sebagai oleh-oleh haji. Dengan warna khas cokelat kayu, produk ini tentunya menjadi buah tangan keren. Jika ingin langsung membelinya di tanah suci, Sahabat Haji Plus dapat mengunjungi Pasar Balad yang biasa jadi surga belanja para jamaah haji. Disana harganya juga pasti murah sehingga Sahabat Haji Plus tak perlu khawatir lagi. Bisa juga membeli di Pasar Haraj. Disana ada los pasar yang banyak menjual barang pecah belah juga. Tapi sedikit hati-hati dan harus pandai menawar ya.

  1. Ma’moul

Ma’moul adalah salah satu makanan khas Tanah Suci yang dapat Sahabat Haji Plus jadikan buah tangan bagi Kerabat dan Keluarga di Tanah Air. Ma’moul berupa roti yang biasa disantap saat idul fitri di Arab. Roti ini juga bisa dijumpai di beberapa pasar di Mekah. Berisi kurma, roti kering ini kadang berisi campuran walnut serta orange blossom water. Berbahan campuran terigu dan tepung semolina roti ini cara pembuatannya dioven hingga kering. Jika Sahabat Haji Plus berkeinginan untuk menjadikan Ma’moul menjadi buah tangan, sahabat haji plus dapat mengunjungi toko yang berlokasi di Suhaifa di ujung kota Jeddah. Pasarnya buka pagi namun akan segera tutup saat dzuhur. Bisa juga membelinya di pasar Ukaz. Pasar tersebut merupakan tempat pusat dagang Mekkah yang paling ramai.

  1. Buah Tin

Buah Tin menjadi salah satu buah yang sangat diminati. Apalagi kalau bukan karena khasiatnya yang luar biasa. Kaya akan gizi mineral dan juga vitamin. Kandungan nutrisi dalam buah tin juga baik untuk kesehatan dan mampu memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Buah ini anti virus dan bakteri, cocok pula bagi mereka yang tengah diet karena bisa memperlancar pencernaan. Buah ini juga mengandung omega 3 yang tinggi dan juga kalsium yang baik untuk pertumbuhan anak. Menjaga tekanan darah tetap stabil, memperkuat tulang sendi hingga meningkatkan kesuburan pria.Karena manfaat yang tak terhitung jumlahnya, buah ini pasti jadi oleh-oleh favorit.  Apabila Sahabat Haji Plus ingin membeli, Sahabat Haji Plus bisa beli di Tamimi Market yang ada di stasiun King Abdul Aziz. Berlokasi di jalan Anas bin Malik toko ini buka 24 jam. Supermarket satu ini juga memiliki cabang lain di Mekah. Selain itu bisa juga ke Bindawood Superstores. Toko ini lengkap dan menyediakan banyak oleh-oleh juga. Bisa kunjungi jalan Heraa di Jeddah Saudi Arabia.

  1. Madu Khasmir

Madu Khasmir merupakan madu yang berasal dari Pegunungan Himalaya, namun sangat populer di Tanah Suci. Karena itulah, banyak pedagang yang menjajakan madu Khasmir sebagai salah satu oleh-oleh khas haji maupun umroh. Bagi penduduk Arab, madu biasa dijadikan sebagai bahan pelengkap makanan karena dipercaya memiliki khasiat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Harga madu khasmir yang dijual di Arab lebih murah jika dibandingkan dengan harga madu khasmir di Tanah Air. Ini tepat sekali bagi sahabat Haji Plus yang ingin memberi oleh – oleh yang bermanfaat. 

  1. Abaya

Gamis memang banyak diminati saat ini. Nah jika Sahabat Haji Plus pergi ke Mekkah, tak salah jika Sahabat Haji Plus membeli gamis Abaya ini disana untuk buah tangan. Selain berkesan, si penerima oleh-oleh juga pasti sangat senang. Abaya ini merupakan gamis yang berlengan panjang, baju ini berwarna kasual. Sangat nyaman dikenakan karena tidak panas di kulit. Pasar Jakfariah menyediakan banyak abaya dengan beragam motif. Mereka juga menjual secara grosir . Berlokasi dekat Masjidil Haram. Ada juga segala keperluan ibadah yang bisa Sahabat Haji Plus beli disini. Selain itu ada Tahlia Street. Lokasinya di tengah kota Jeddah. Butik ini menjual aneka fashion dan juga aneka barang elektronik.

Tips Berbelanja Oleh – Oleh di Tanah Suci

Oleh – oleh merupakan menjadi buah tangan yang pada umumnya tak pernah dilewatkan bagi jamaah haji sebelum pulang ke kampung halaman. Sperti yang diketahui, bahwa terkadang Sahabat Haji Plus membeli oleh – oleh dengan tujuan untuk dibagian kepada keluarga maupun kerabat yang berada di Tanah Air. Akan tetapi, Tahukah Sahabat Haji Plus bahwa berbelanja untuk oleh – oleh ada tipsnya loh. Ada beberapa tips yang dapat Sahabat Haji Plus terapkan saat berbelanja di Tanah Suci. Apa saja tipsnya? Berikut lebih jelasnya.

  1. Buatlah Perencanaan

Hal pertama kali yang hendaknya Sahabat Haji Plus lakuakn sebelum berbelanja oleh – oleh ialah membuat perencanaan. Sahabat Haji Plus hendaknya membuat daftar barang yang perlu dibeli dan barang tersebut tergolong yang dibutuhkan. Perencanaan ini bertujuan agar Sahabat Haji Plus tak berlebihan pada saat berbelanja dan dapat disesuaikan juga dengan budget yang ada. Apabila terdapat barang – barang yang dapat dibeli di Tanah Air dan bisa jadi harganya terbilang lebih murah. Maka, Sahabat Haji Plus dapat membelinya di Tanah Air saja, yakni khusus took – toko yang menyediakan oleh – oleh selepas ibadah haji.

  1. Atur Waktu Yang Sesuai

Bagi Sahabat Haji Plus yang berencana untuk berbelanja oleh – oleh untuk buah tangan para keluarga dan kerabat di Tanah Suci, hendaknya Sahabat Haji Plus merencanakan untuk berbelanja di waktu yang tepat. Jangan sampai Sahabat Haji Plus berbelanja disaat yang lain sedang menunaikan ibadah. Pastikan bahwa Sahabat Haji Plus tetap memprioritaskan ibadah terlebih dahulu, ketimbang berbelanja oleh – oleh. Sahabat Haji Plus dapat berbelanja oleh – oleh Ketika Sahabat Haji Plus telah melakukan seluruh rangkaian ibadah pelaksanaan haji yang ada. Perlu diingat bahwa sesungguhnya tujuan utama Sahabat Haji Plus sekalian berkunjung ke Tanah Suci ialah dengan tujuan beribadah kepada Allah Swt, bukan untuk berbelanja.

  1. Mencari Pusat Perbelanjaan

Tahukah Sahabat Haji Plus bahwasannya sebelum memutuskan untuk berbelanja oleh – oleh, sebaiknya Sahabat Haji Plus mencari informasi terlebih dahulu terkait pusat perbelanjaan yang hendak dihampiri untuk membeli oleh – oleh. Bagi Sahabat Haji Plus yang ingin membeli oleh – leh dengan harga yang terjangkau, Sahabat Haji Plus dapa mengunjungi pasar – pasar yang berada di Tanah Suci. Misalnya Pasar Zakfariah. Selain itu di  Jeddah juga terdapat pasar Balad dan Bab Mekkah serta di Madinah terdapat pasar kurma dan pusat pertokoan di basement Taiba Arac Hotel. Namun, apabila Sahabat Haji Plus enggan untuk membeli oleh – oleh yang jauh dari lokasi yang jauh. Sahabat haji Plus dapat membeli oleh – oleh tersebut disekitar penginapan jamaah haji. Karena di sekitar penginapan jamaah haji juka terdapat penjual oleh – oleh dengan harga yang relatif sama.

  1. Siapkan Uang Riyal

Tentu hal yang satu ini bukan menjadi hal yang asing yakni menyiapkan uang riyal untuk bertransaksi di Tanah Suci. Sahabat Haji Plus dapat menukar uang tersebut dari Tanah Air atau bisa juga menukar uang rupiah tersebut di Money Changer yang banyak tersedia di pusat perbelanjaan. Menukar uang di Money Changer yang berada di pusat perbelanjaan tentu memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan di Tanah Air.

  1. Batas Maksimum Barang

Bagi Sahabat Haji Plus pada saat berbelanja oleh – oleh hendaknya memperhatikan batas maksimum barang. Sebisa mungkin jangan sampai berbelanja berlebihan yang dapat menyebabkan melebihi batas maksimum barang yang dibawa. Tahukah Sahabat Haji Plus bahwa seorang penumpang hanya memperoleh jatah bagasi sebesar 32 kg dan hanya sat utas kecil yang dapat dibawa ke dalam kabin pesawat. Apabila barang bawaan Sahabat Haji plus melebihi batas maksimum, maka Sahabat Haji Plus akan dikenakan biaya tambahan yang tidak sedikit atau terpaksa ada barang yang ditinggalkan. Apabila Sahabat Haji Plus mengalami kelebihan barang bawaan yang melebihi batas maksimum, maka Sahabat Haji Plus dapat mengirimkan melalui perusahaan jasa pengiriman barang yang banyak beroperasi. Pada umumnya, lama pengiriman barang dengan pesawat ialah selama dua minggu.

Itulah sekilas informasi terkait Biaya Haji Plus 2022 Depag. Semoga ulasan informasi yang disampaikan dapat bermanfaat bagi Sahabat Haji Plus yang melakukan persiapan. Jangan lupa untuk selalu memantau informasi terkini seputar Haji Plus di website resmi hajiplus.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *