Travel Haji Furoda 2022

Travel Haji Furoda 2022

Sebagai umat muslim, Sahabat Haji Plus tentunya telah begitu memahami terkait hukum ibadah haji yakni wajib pelaksanaannya bagi yang mampu. Ibadah haji yang dikenal istimewa ini memiliki serangkaian kegiatan yang penuh makna dan erat kaitannya dengan aktivitas sehari – hari. Oleh karena itu, tak heran apabila umat muslim sangat mendambakan agar bisa menunaikan ibadah yang satu ini. Untuk menunaikan ibadah haji diketahui membutuhkan biaya yang tak sedikit. Pasalnya, Sahabat Haji Plus harus melakukan perjalanan yang cukup jauh yakni di Tanah Suci. Sebab itulah, saat Sahabat Haji Plus memiliki niat untuk menunaikan ibadah haji di Tanah Suci jangan lupa untuk melakukan persiapan. Persiapan yang perlu dan salah satu yang harus dilakukan ialah persiapan dari segi biaya. Karena persiapan biaya ini penting sekali untuk mendaftar program haji. Sahabat Haji Plus dapat menyesuaikan budget yang dipersiapkan dengan program haji yang hendak di daftarkan. Di Indonesia terdapat beberapa program haji yang dapat Sahabat Haji Plus coba, antara lain program Haji Reguler, Haji Plus dan juga Haji Furoda. Dari ketiga jenis ibadah haji tersebut memiliki harga yang berbeda – beda. Bagi Sahabat Haji Plus yang memiliki budget terbatas, Sahabat Haji Plus dapat mendaftarkan diri pada program haji reguler. Akan tetapi, haji reguler ini terkenal akan lama waktu tunggunya yang mencapai hingga puluhan tahun. Namun, apabila Sahabat Haji Plus memiliki budget yang lebih dan enggan untuk menunggu waktu keberangkatan yang lama, Sahabat Haji Plus dapat mencoba program Haji Furoda. Karena Haji Furoda merupakan haji tanpa antri. Bagi Sahabat Haji Plus yang ingin mengetahui informasi terkait persiapan Travel Haji Furoda 2022, yuk simak informasi di bawah ini.

Mendaftar Paket Haji Furoda Tanpa Ribet

Sahabat Haji Plus tentunya sangat ingin segera menunaikan ibadah haji. dalam arti, Sahabat Haji Plus pasti tak ingin untuk menunggu waktu tunggu keberangkatan yang lama. Nah, apabila Sahabat Haji Plus merasa demikian dan memiliki budget yang lebih untuk melaksanakan ibadah haji, maka Sahabat Haji Plus alangkah lebih baiknya menggunakan program haji Furoda. Karena dengan Sahabat Haji Plus mendaftar sebagai jamaah Haji Furoda, Sahabat Haji Plus tak perlu untuk menunggu waktu tunggu keberangkatan yang lama. Hal ini demikian karena memang Haji Furoda merupakan haji tanpa antri. Haji Furoda ini adalah Haji mandiri yang diselenggarakan oleh pihak travel haji resmi dari kantor kementrian agama melalui undangan dari pemerintah kerajaan Saudi Arabia diluar kuota visa haji yang sudah dijatahkan pada kementrian agama RI. Sehingga, dari segi biaya antara Haji Furoda dengan haji pada umumnya memiliki harga yang berbeda. Hal ini dikarenakan visa yang digunakan juga berbeda.

Selain visa, perbedaan selanjutnya ialah Haji Furoda tak perlu menunggu waktu yang lama untuk melaksanakan ibadah haji. Berbeda halnya dengan Haji Reguler yang identik dengan waktu tunggu keberangkatan yang lama hingga satuan tahun bahkan puluhan tahun. Fasilitas yang tersedia antara Haji Reguler dan Haji Furoda pun tentunya berbeda. Untuk Fasilitas Haji Furoda, fasilitas yang di dapatkan merupakan fasilitas yang exclusive. Sehingga, Sahabat Haji Plus pun dapat memahami bahwa harga yang lebih tentu akan memberikan fasilitas yang setara pula. Bagi sahabat Haji Plus yang berminat untuk mendaftarkan diri sebagai calon jamaah Haji Furoda, sahabat Haji Plus dapat mendaftarkan diri ke Annur Maarif. Perihal kenyamanan, tentu tak usah diragukan lagi. Pelayanan jasa yang diberikan tentunya mengutamakan kenyamanan jamaah Haji Furoda. Untuk sahabat Haji Plus yang hendak merencanakan untuk mendaftar sebagai calon jamaah Haji Furoda ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, salah satunya ialah cara mendaftar Haji Furoda tahun ini. Bagaimana caranya? Yuk simak informasi di bawah ini.

  1. Mengisi Formulir Pendaftaran Haji

Pertama kali yang hendaknya Sahabat Haji Plus lakukan untuk mendaftarkan diri sebagai calon jamaah Haji Furoda ini adalah dengan cara mengisi formulir pendaftaran Haji. Dengan sahabat Haji Plus mengisi formulir pendaftaran haji, ini menandakan bahwa sahabat Haji Plus telah siap untuk menjadi jamaah Haji dan melaksanakan ibadah haji yang telah menjadi kewajiban umat islam bagi yang mampu. Terlebih dahulu pastikan Sahabat Haji Plus mengisi formulir dengan tepat ya. Karena formulir tersebut berisi identitas diri yang tentunya penting bagi sahabat Haji Plus yang hendak melaksanakan ibadah haji. Bagi Sahabat Haji Plus yang hendak mendaftarkan diri sebagai calon jamaah haji, hendaknya menyelesaikan step satu ini terlebih dahulu.

  1. Membayar Uang Muka Pendaftaran Visa Haji Mujamalah Sebesar 5000 USD/orang

Setelah mengisi formulir pendaftaran haji yang menandakan bahwa Sahabat Haji Plus telah siap untuk menjadi jamaah Haji Furoda, langkah selanjutnya yang dilakukan ialah dengan membayar uang muka pendaftaran visa Haji mujamalah. Mengapa demikian? Dengan membayar uang muka pendaftaran visa haji mujamalah, ini menandakan bahwa sahabat Haji Plus memang sungguh berkeinginan untuk berangkat ke tanah suci guna melaksanakan ibadah haji. Selain itu, sahabat Haji Plus tentunya sudah mengerti bahwa Haji Furoda memerlukan visa khusus, oleh karena itulah membutuhkan biaya yang lebih ketimbang Haji reguler. Sehingga untuk mengurus visa tersebut uang muka yang disetorkan Sahabat Haji Plus sebagai jaminan bahwa Sahabat Haji Plus memang sungguh dan tak main – main. Perhatikan dengan betul terkait poin ini, agar Sahabat Haji Plus dapat segera menunaikan ibadah haji. Bagaimana? apakah Sahabat Haji Plus sudah memahami?

  1. Pelunasan Setelah Visa Keluar, Wajib Melunasi Sesuai Paket Masing – masing

Tahap selanjutnya setelah membayar uang muka pendaftaran adalah melunasi paket haji setelah visa keluar. Hal ini dikarenakan, ketika visa Furoda telah selesai di urus ini menandakan bahwa calon jamaah Haji Furoda dapat segera berangkat ke tanah suci untuk melakukan ibadah haji yang telah di nanti – nanti. Oleh karena itu, apabila visa Haji furoda telah keluar diharapkan calon jamaah Haji Furoda segera melunasinya. Agar Sahabat Haji Plus dapat segera menunaikan ibadah haji. Tentunya Sahabat Haji Plus juga berharap segera menunaikan ibadah haji di Tanah Suci bukan? Oleh karena itulah, segera penuhi persyaratan yang dibutuhkan.

  1. Menyerahkan Fotokopi KTP, Surat Nikah, Kartu Keluarga, Akte Lahir(bagi anak/jika berangkat tanpa muhrim) dan Paspor Serta Foto dan Kartu Kuning

Setelah melunasi uang pendaftaran Haji Furoda ada tahap berikutnya sebagai akhir dari syarat pendaftaran sebagai calon jamaah haji yakni melengkapi data pribadi. Data – data pribadi yang harus diserahkan ialah meliputi fotokopi KTP, surat nikah, kartu keluarga, akte lahir (bagi anak/jika berangkat tanpa muhrim) dan paspor. Hal ini tentunya harus dilengkapi karena itu merupakan data – data penting yang mencakup identitas diri. Selain itu, data penting lainnya yang harus dilengkapi ialah menyerahkan Pas Foto 4X6 = 10 lembar dengan background putih, close up 80% dan khusus wanita berjilbab serta menyerahkan kartu Kuning atau bukti suntik meningitis. Hendaknya Sahabat Haji Plus segera melengkapi persyaratan pendaftaran yang terakhir ini agar Sahabat Haji Plus dapat segera berangkat ke Tanah Suci.

Rukun Ibadah Haji

Sahabat Haji Plus tentunya telah mengerti bahwasannya ibadah haji merupakan ibadah wajib untuk dilakukan bagi siapa saja yang mampu dan termasuk ke dalam rukun islam ke lima. Tahukah Sahabat Haji Plus bahwa ibadah haji ini memiliki beberapa rukun jako yang terbagi menjadi 5 tahapan. Apa saja? berikut lebih jelasnya.

  1. Ihram

Perlu diketahui Sahabat Haji Plus sekalian bahwa Ihram dilakukan dengan cara mengucapkan niat ketika hendak melaksanakan manasik haji. Niat ibadah haji ini sama dengan niat shalat. Wajib ihram meliputi ihram dari miqot yang menggunakan kain panjang untuk menutupi tubuh untuk jamaah pria, dilarang menggunakan pakaian yang memperlihatkan bentuk tubuh serta dilarang menggunakan  niqob (penutup wajah) dan sarung tangan untuk jamaah wanita. Selain itu, jamaah haji diwajibkan untuk membaca bacaan talbiyah.

Sunnah ihram antara lain mencakup  mandi, menggunakan wewangian khususnya aroma bunga kasturi. Kemudian dilanjut dengan memotong kuku, bulu kemaluan, bulu ketiak, memangkas/merapikan kumis/brewok. Bagi jamaah haji baik laki – laki maupun perempuan diperkenankan untuk menggunakan izar (sarung tangan) dan rida’ (kain atasan) yang berwarna putih dan bersih serta dapat pula menggunakan sandal. Selanjutnya ialah melaksanakan shakat dua rakaat, mengucapkan ihram setelah melakukan shalat dan yang terakhir ialah memperbanyak bacaan talbiyah.

  1. Wuquf di Arafah

Tahukah Sahabat Haji Plus bahwa wuquf memiliki arti berada dan berdoa di Arafah. Arafah memiliki lokasi yang luas, sehingga bisa dijadikan sebagai tempat berdoa dan berdzikir oleh para jamaah haji. Jamaah yang sudah sampai di Padang Arafah dapat pula menggunakannya sebagai tempat beristirahat.  Untuk waktu Pelaksanaan melakukan wuquf di Arafah yakni pada waktu zawal yakni pada saat matahari tergelincir atau pada saat senja yang dilakukan pada 9 Dzulhijah hingga terbit fajar pada 10 Dzulhijah. Sahabat Haji Plus dapat melaksanakan wuquf pada waktu siang sampai setelah maghrib. Jika melakukan wuquf diluar waktu tersebut, maka ibadah wuquf yang dilakukan dianggap tidak sah. Nah, hendaknya Sahabat Haji Plus memperhatikan rukun haji yang satu ini ya.

  1. Thawaf Ifadhah

Selepas Sahabat Haji Plus melakukan wuquf di Arafah, hal selanjutnya Sahabat Haji PLys akan melakukan thawaf di Masjidil Haram. Thawaf dilakukan mulai dari Hadjar Aswad atau jika Sahabat Haji Plus tak bisa mendekatinya, maka bisa dilakukan dengan mulai berjalan searah garis lurus dari Hadjar Aswad. Berjalan mengelilingi Hadjar Aswad dilakukan sebanyak tujuh kali putaran penuh dan berjalan memutar melawan arah jarum jam. Sahabat Haji Plus perlu mengingat bahwa dalam melakukan ibadah haji, thawaf dari Hadjar Aswad hukumnya adalah wajib. Oleh karena itu, hendaknya Sahabat Haji Plus tak melewatkan momen ini. Karena apabila pelaksanaan ini terlewat, maka hukum haji yang Sahabat Haji Pus lakukan dianggap tidak sah. Tentunya tak menginginkan yang demikian bukan?

  1. Sa’i

Bagi Sahabat Haji Plus yang hendak menunaikan ibadah haji, hendaknya mempersiapkannya dengan cara membekali diri dengan ilmu – ilmu terkait ibadah haji. salah satunya ialah rukun haji. rukun haji selanjutnya yang hendaknya dilakukan ialah Sa’i. Sa’i merupakan berjalan antara bukit Shafa dan Marwa. Sa’i ini dilakukan dimulai dari berjalan tujuh kali, yang dimulai dari bukit Shafa menuju bukit Marwa. Sa’i ini wajib untuk dilakukan setelah melaksanakan thawaf ifadhah. Syarat – syarat melakukan sa’i yakni membaca niat dengan khusyuk. Kemudian melakukan sa’i hingga tujuh putran. Selain itu, syarat yang terakhir ialah dilakukan secara berturut- turut diantara setiap putaran.

  1. Tahalul

Tahukah Sahabat Haji Plus bahwa rukun haji yang terakhir merupakan tahalul yang berarti mencukur rambut kepala setelah selesai berhaji. Waktu untuk pelaksanaan tahalul ini biasanya sampai hari Nahr yakni pada tanggal 10 Dzulhijah. Tahalul yang dilakukan oleh jamaah haji ini merupakan bukti dari tunduknya jamaah  haji sebagai manusia yang lemah di hadapan Allah Swt. Bagi jamaah laki – laki pada umumnya akan dicukur rambut kepalanya hingga sangat tipis. Sedangkan bagi jamaah perempuan, tahalul ini dilaksanakan dengan cara menggunting sedikit ujung rambut. Inilah rukun haji yang hendaknya Sahabat Haji Plus lakukan dengan semestinya.

Visa Bagi Jamaah Haji Furoda

Bagi Sahabat Haji Plus yang telah mendaftar sebagai calon jamaah Haji Furoda, Tahukaha Sahabat Haji Plus bahwa visa yang diperuntukkan bagi jamaah Haji Furoda memiliki perbedaan dengan visa Haji Rehuler. Visa untuk Haji Furoda adalah visa haji yang diberikan oleh pemerintah kerajaan Arab Saudi melalui kedutaan besarnya di setiap negara yang bertujuan untuk melaksanakan ibadah haji di tahun yang sama tanpa menunggu waktu tunggu keberangkatan yang cukup lama. Visa Haji Furoda ini pada umumnya disebut juga dengan Visa Mujamalah. Teruntuk Sahabat Haji Plus mungkin tak merasa asing lagi terkait Visa Haji Furoda yang memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan visa Haji Reguler. Kelebihan yang terdapat pada Visa Haji Furoda selain waktu tunggu yang terbilang lebih cepat dibanding Haji Reguler, kelebihan lain yang menyertai adalah Sahabat Haji Plus akan memperoleh fasilitas yang exclusive. Sehingga dalam pelaksanaan Haji berjalan dengan nyaman.

Ibadah Haji yang dilakukan dengan menggunakan Visa Haji Furoda ini adalah ibadah haji yang diselenggarakan oleh pihak swasta bukan pemerintahan. Oleh karena itulah, waktu tunggu keberangkatan serta fasilitas yang disediakan pun berbeda pada haji pada umumnya. Fasilitas yang disuguhkan tentunya telah sesuai dengan biaya yang telah dikeluarkan. Meskipun pelaksanaan ibadah haji menggunakan Visa Haji Furoda ini terbilang membutuhkan dana yang lebih besar dari haji pada umumnya yakni haji regular. Akan tetapi, apa yang didapatkan tak akan mengecewakan Sahabat Haji Plus sekalian. Untuk sahabat Haji Plus yang berencana untuk menjalankan Haji dan berniat untuk mendaftarkan diri sebagai calon jamaah Haji Furoda, hendaknya sahabat Haji Plus memilih jasa travel yang tepat. Hal ini dikarenakan agar Sahabat Haji Plus tak tertipu oleh jasa travel gadungan. Teruntuk Sahabat Haji Plus yang mencari referensi jasa travel terpercaya, Hajiplus.id adalah pilihan yang tepat. Karena, hajiplus.id telah berpengalaman serta amanah dalam pemberangkataan jamaah Haji.

Keistimewaan Ibadah Haji

  1. Menjauhkan Kefakiran serta Menghapus Dosa

Keistimewaan selanjutnya terkait ibadah pelaksanaan ibadah haji yang dapat diambil bagi yang melaksankan haji adalah dapat menjauhkan kefakiran. Selain kefakiran, ibadah haji ini juga dapat menjadi penebus dosa bagi Sahabat Haji Plus sekalian. Tak ada ibadah yang lebih berharga dari yang menjanjikan dihapuskannya dosa – dosa. Dan tak ada pula seorang pun yang luput dari dosa di dunia ini. Pengampunan dosa adalah peristiwa yang paling eksentrik dan dramatic. Bagaimana tidak, seseorang telah melakukan dosa entah meninggalkan kewajiban atau melanggar larangan dari Allah Swt. Kemudian kesalahan yang melahirkan dosa tersebut diampuni oleh Allah. Pastinya, dosa – dosa yang dimaksud ialah sebatas dosa – dosa yang kecil. Untuk dosa yang termasuk dosa besar tentunya tidak hilang begitu saja dengan pergi ke tanah suci untuk melaksanakan ibadah haji. Dosa – dosa besar tersebut membutuhkan taubat dalam arti sesungguhnya. Sehingga bukan hanya dengan beristighfar atau mengerjakan ibadah tertentu bisa hilang begitu saja.

  1. Pahalanya Sebanding Dengan Jihad

Tahukah Sahabat Haji Plus bahwa ibadah haji memiliki pahala yang sebanding dengan jihad. Bagu Sahabat Haji Plus tentunya juga telah mengerti bahwa jihad menjadi salah satu ibadah yang memiliki ganjaran yang besar. Akan tetapi, memang wajar apabila seseorang berjihad dan medapatkan karunia dan balasan yang amat besar. Karena memang berjihad ini sangatlah berat. Selain harus meninggalkan kampung halaman, jauh dari keluarga, untuk berjihad pun membutuhkan kekuatan, keterampilan, kemampuan serta membutuhkan harta yang cukup banyak. Sehingga banyak sahabat Rasulullah Saw yang menangis dengan bercucuran air mata saat dinyatakan tidak layak dalam mengikuti jihad. Maka Allah Swt memberikan salah satu keringanan berupa ibadah haji yakni yang memiliki pahala setara dengan berjihad di jalan Allah. Luar biasa bukan?

  1. Menghapus Dosa Seperti Baru Dilahirkan

Tahukah Sahabat Haji Plus bahwasannya ibadah haji ini memiliki keistimewaan dapat menghapus dosa seperti bayi yang baru dilahirkan. Bayi yang baru lahir sudah dipastikan masih suci dan tak memiliki dosa. Sehingga, apabila bayi ini seketika dipanggil oleh Allah, maka sudah dijamin bayi ini akan masuk ke surga. Bagi sahabat Haji Plus yang melaksanakan ibadah haji maka pasti akan disebutkan sebagai orang yang tidak memiliki dosa, bagai baru pertama kali dilahirkan. Ini terdapat pada sabda rasulullah : “ Barangsiapa yang pergi haji ke rumah ini (Baitullah) dengan tidak mengucapkan kata – kata kotor dan tidak berbuat kefasikan, amka ia pulang seperti saat ia dilahirkan oleh ibunya (tidak berdosa). “ ( HR. Bukhori dan Muslim)

  1. Jamaah Haji Sebagai Tamu Allah

Keistimewaan selanjutnya terkait pelaksanaan ibadah haji ialah sebagai tamu Allah. Sebagai salah satu tamu Allah merupakan suatu kehormatan yang Allah berikan kepada para jamaah Haji. Dalam syariat islam, tamu memiliki kedudukan yang istimewa. Orang melayu pun mengatakan bahwasannya tamu adalah raja, sehingga berhak mendapatkan segala layanan dari tuan rumah tersebut. Apabila jamaah Haji dianggap sebagai tamu Alah, pastinya mereka akan mendapatkan semua pelayanan yang istimewa dari Allah. Pelayanan istimewa ini terkait Hajat atau keinginan yang diharapkan insyaallah akan diijabah oleh Allah. Oleh karena itu, jamaah haji adalah orang – orang yang memiliki fasilitas khusus yakni bisa meminta pada tuan rumah, yaitu Allah. Dan jikalau sang tamu meminta diampuni, sudah jelas sekali Allah akan meluluskan hajat sang tamu yakni mengampuni semua dosa – dosa yang lalu. Tentunya sangat istimewa sekali bukan?

Demikianlah informasi terkait Travel Haji Furoda 2022 teruntuk Sahabat Haji Plus yang sedang mempersiapkannya. Semoga ulasan informasi ini membantu Sahabat Haji Plus sekalian. Jangan lupa untuk selalu memantau informasi di website resmi hajiplus.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *