Haji Furoda 2022

Haji Furoda 2022

Sahabat Haji Plus mungkin telah mengetahui bahwa saat ini terdapat beberapa program haji yang dapat Sahabat Haji Plus pilih. Akan tetapi, Sahabat Haji Plus tetap menyesuaikan dengan budget yang telah dipersiapkan. Karena beberapa program haji yang tersedia dibandrol dengan harga yang berbeda. Hal ini dikarenakan program haji yang tersedia memiliki kekurangan dan kelebihan di tiap masing – masing programnya. Hal inilah yang membedakan berdasarkan harga yang ditawarkan. Program haji ini ada 3 jenis yakni Haji Reguler, Haji Plus dan Haji Furoda. Ketiga jenis program haji ini yang satu dengan yang lain memiliki beberapa perbedaan terkait waktu tunggu keberangkatan, fasilitas yang diberikan dan lain – lain. Dari ketiga jenis program haji tersebut memiliki patokan harga yang berbeda – beda. Program haji yang paling banyak peminat ialah program Haji Reguler, dikarenakan harganya yang lebih terjangkau dibandingkan Haji Plus dan Haji Furoda. Namun, kekurangannya ialah pada waktu tunggu keberangkatannya yang sangat lama, yakni bisa mencapai belasan tahun. Untuk harga Haji plus sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan Haji Reguler. Hal ini dikarenakan Haji Plus memiliki waktu tunggu keberangkatan yang lebih cepat dibandingkan dengan program Haji Reguler. Pada Haji Plus waktu tunggu keberangkatan hanya 5 – 7 tahun. Dan yang terakhir ialah Haji Furoda. Haji Furoda ini dikenal dengan haji non kuota yakni ibadah haji yang dilaksanakan tanpa antri. Akan tetapi, biaya yang dibutuhkan untuk mendaftar sebagai calon jamaah Haji Furoda ini cukup lumayan. Annur Maarif menawarkan biaya Haji Furoda dengan harga terbaik yakni senilai 17.500 USD per orang. Bagi sahabat Haji Plus yang ingin mendafatarkan diri sebagai calon jamaah Haji Furoda Bersama Annur Maarif, silahkan hubungi kontak yang telah tertera di website resmi hajiplus.id. Dan bagi sahabat Haji Plus yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut seputar Haji Furoda 2022, yuk simak informasi di bawah ini.

Mempersiapkan Budget Haji Furoda

Bukan hal yang asing lagi perihal biaya haji furoda yang dikenal lebih mahal dibandingkan dengan haji reguler. Hal ini wajar, dikarenakan Haji Furoda dengan Haji Reguler memiliki perbedaan yang sangat mencolok. Perbedaan yang ada diantara Haji Furoda dengan Haji Reguler meliputi waktu keberangkatan, fasilitas dan akomodasi serta pelayanan yang diberikan. Namun, harga yang mahal bukanah suatu permasalahan bagi sebagian Sahabat Haji Plus. Karena memang dengan memilih Haji Furoda, Sahabat Haji Plus dapat berangkat lebih cepat dan tak perlu banyak waktu untuk menunggu. Nah bagi Sahabat Haji Plus yang hendak mendaftar Haji Furoda dan sedang mempersiapkan budgetnya, apa saja sih yang harus dipersiapkan? Berikut lebih jelasnya.

  1. Buka Tabungan Khusus Haji

Salah satu cara agar Sahabat Haji Plus dapat mengumpulkan budget untuk biaya Haji Furoda ialah dengan cara membuka tabungan khusus. Hal ini bertujuan agar Sahabat Haji Plus dapat memantau berapa rupiah yang sudah terkumpul untuk biaya ibadah haji, sebaiknya buka lah tabungan khusus yang diperuntukkan bagi ibadah haji. Hal ini tnentu sangat memudahkan sahabat Haji Plus sekalian dalam menabung untuk biaya ibadah haji. Daripada terlalu lama menabung namun tak kunjung membuahkan hasil karena terkadang terpakai kerperluan yang lain. Tabungan Haji bisa sahabat Haji Plus dapatkan di bank syariah. Namun, untuk beberapa bank konvensional yang ada di Indonesia juga telah menyediakan tabungan ini. Tabungan haji sama seperti program cicilan. Perbedaannya hanya pada besar cicilan yang dibayarkan tergantung kemampuan finanasial sahabat haji plus sekalian. Contohnya pada bulan pertama 1 juta, sedangkan bulan berikutnya bisa lebih dari itu. Tergantung pada kemampuan sahabat haji plus sekalian. Besarnya cicilan yang dibayarkan tergantung jenis bank yang dipilih. Sebaiknya atur jumlah setoran yang dibayarkan. Karena dengan egitu tabungan haji akan cepat lunas dan sahabat haji plus dapat segera menunaikan ibadah haji.

  1. Beli Perlengkapan Haji Secukupnya

Sebelum berangkat untuk menunaikan ibadah haji tentunya harus melakukan persiapan yang harus dilakukan. Mulai dari menabung, berinvestasi hingga menyiapkan perlengkapan selama di Tanah Suci nanti. Tak ada salahnya apabila sahabat haji plus menyiapkan perlengkapan ibadah haji dari jauh – jauh hari, tetapi perhatikan jenis perlengkapan yang akan  dibeli. Pastikan jangan sampai boros dan berakhir mubadzir. Pastinya sayang sekali bukan? Diantara waktu yang senggang, sahabat haji plus dapat meluangkan waktu untuk mencatat apa saja perlengkapan yang dibutuhkan selama ibadah haji berlangsung di Tanah Suci. Setelah sudah terkumpu list apa saja barang yang dibutuhkan, sahabat haji plus bisa pergi ke pusat perbelanjaan untuk membeli guna mencari perlengkapan ibadah haji dengan harga yang terjangkau. Manfaatkan berbagai promo yang tersedia untuk memangkas pengelaran yang berlebih. Sebisa mungkin sahabat haji plus menghindari untuk membeli barang – barang yang baru apabila barang – barang yang lama masih dapat diapakai untuk bertamu ke tanah suci.

  1. Bangun Komitmen Pada Diri Sendiri

Agar tujuan Sahabat Haji Plus dalam rangka dapat menunaikan ibadah haji di Tanah Suci dapat segera terlaksana, pastikan Sahabat Haji Plus membangun dan membentuk komitmen dalam diri sendiri. Karena dengan adanya komitmen yang melekat dalam diri sahabat Haji Plus terkait tujuan yang harus segera terlaksana, maka itu akan menjadi energy positif yang selalu membawa Sahabat Haji Plus dalam memperjuangkan tujuan yang hendak dicapai tersebut. Sehingga, selama komitmen tersebut masih berada dalam diri Sahabat Haji Plus sekalian, insyaallah tujuan yang hendak tercapai akan segera terlaksana. Kuncinya ialah tetap berusaha, berdoa, kerja keras dan percaya bahwa tujuan tersebut akan segera terlaksana. Mulai dari sekarang upayakan untuk berkomitmen kepada diri sendiri. Sebisa mungkin batasi pengeluaran yang tidak perlu dan tingkatkan kedisiplinan untuk megisi tabungan haji.

Tidak Termasuk Dalam Paket Haji Furoda

  1. Transportasi Menuju bandara Pemberangkatan

Bagi sahabat Haji Plus sekalian yang sudah terdaftar menjadi calon jamaah haji Furoda sebaiknya perlu memahami terkait include maupun exclude yang tercantum. Meskipun tiket pesawat merupakan include dari paket haji Furoda, akan tetapi transportasi menuju bandara pemberangkatan tidak termasuk include dan menjadi tanggung jawab pribadi.

  1. Biaya Upgrade Bussines Class

Teruntuk sahabat Haji Plus yang hendak mengupgrade bussines class, maka tidak termasuk ke dalam biaya paket haji plus akan tetapi menjadi tanggung jawab pribadi. Karena biaya untuk upgrade bussines class tidak termasuk ke dalam list include yang tertera pada paket haji Furoda.

  1. Pengeluaran Pribadi

Pengeluaran pribadi tentu saja bukan menjadi tanggung jawab pihak agen travel. Sehingga, sahabat haji plus tentunya menyediakan uang saku untuk pengeluaran pribadi selama berada di tanah suci.

  1. Pembuatan Paspor

Meskipun pengurusan dokumen visa dan surat rekomendasi keberangkatan menjadi include dalam paket haji plus, akan tetapi untuk pengurusan pembuatan paspor tidak termasuk dalam include. Sehingga sahabat Haji Plus tentunya mengurus paspor dengan biaya pribadi.

  1. Meningitis dan Biometrik

Tahukah Sahabat Haji Plus bahwasannya sebelum berangkat ke Tanah Suci untuk menunaikan ibadah haji diharuskan untuk melakukan vaksin terlebih dahulu. Namun, perlu diketahui bahwa pelaksanaan vaksin ini bukan termasuk salah satu include yang tertera. Karena vaksin yang dilakukan sebelum keberangkatan merupakan tanggung jawab sahabat haji plus masing – masing.

  1. Pembayaran DAM, Hadyu dan Qurban

Pembayaran DAM, Hadyu dan Qurban tidak termasuk dalam include paket haji Furoda. Sehingga, sahabat haji plus sekalian harus menyediakan dana khusus. Karena pembayaran DAM, Hadyu dan qurban menjadi tanggung jawab tiap individu.

  1. Sewa Kursi Dorong dan Pendorong

Bagi sahabat haji plus yang membutuhkan kursi dorong perlu diketahui bahwa untuk menyewa kursi dorong maupun pendorongnya tak termasuk dalam include paket haji Furoda. Oleh karena itu, sahabat haji plus dimohon untuk menyiapkan dana untuk menyewanya, karena hal tersebut menjadi tanggung jawab pribadi.

  1. Ziarah di Luar Program

Meskipun dalam paket haji Furoda sudah include ziarah di Makkah/ Madinah/ Jeddah. Namun, apabila sahabat haji plus hendak ziarah di luar program, maka hal tersebut tidak menjadi tanggung jawab agen travel.

  1. Kelebihan Bagasi Pesawat

Tahukah Sahabat Haji Plus bahwa apabila sahabat haji plus mengalami kelebihan bagasi pesawat, maka tambahan biaya yang dikenakan bukan menjadi tanggung jawab pihak travel. karena hal tersebut tidak termasuk dalam include. Sehingga ketika sahabat haji plus mengalami kelebihan bagasi pesawat, maka biaya menjadi tanggung jawab pribadi.

  1. Biaya Qurban

Perlu diketahui bahwasannya biaya qurban tak termasuk dalam include Paket Haji Furoda. Oleh karena itu, sahabat haji plus yang menjadi jamaah program haji Furoda diharapkan menyiapkan dana pribadi untuk biaya qurban. Karena hal tersebut termasuk dalam tanggungan pribadi.

Bagian Bersejarah di Tanah Suci

Seluruh umat muslim di penjuru dunia telah memeprcayai bahwasannya Tanah Suci merupakan tanah yang penuh sejarah akan makna. Karena penuh sejarah serta makna yang terkandung, pastinya tak lepas dari bagian yang bersejarah pada masa lampau. Di Tanah Suci ini terdapat bagian bersejarah yang tentunya sangat istimewa bagi setiap umat muslim yang melihatnya. Apa saja bagian bersejarah yang mengandung makna yang dalam bagi umat muslim? Yuk simak informasi di bawah ini.

  1. Perpustakaan Mekkah Al – Mukarrammah

Tahukah Sahabat Haji Plus bahwa di Mekkah terdapat perpustakaan yang dikenal cukup istimewa. Pasalnya, perpustakaan ini tak sekedar bangunan perpustakaan pada umumnya. Melainkan, di balik bangunan perpustakaan ini menyimpan sejarah yang bermakna di masa lampau. Perpustakaan ini bernama Perpustakaan Mekkah Al – Mukarrommah yakni tempat bersejarah di Mekkah. Lokasi perpusatkaan Mekkah Al- Mukarrommah ini terletak di sebelah timur Masjidil Haram. Perpustakaan ini spesifiknya tepat di sebelah timur area Sa’i. Pada bangunan perpustakaan tersebut tertulis Maktabah Makkah Al Mukarammah yang berarti Perpustakaan Mekkah Al Mukarramah. Bangunan perpustakaan ini dipercaya sebagai tempat tinggal Nabi Muhammad SAW. Penampakan dari luar gedung terdapat foto-foto yang menggambarkan suasana dan kondisi di dalam perpustakaan. Tentunya perpustakaan ini tak jauh berbeda pada perpustakaan pada umumnya. Hanya saja, perpustakaan Al – Mukarrommah ini menyimpan sejarah yang tak dimiliki oleh perpustakaan lain. Nah, karena perpustakaan ini berbeda dengan perpustakaan pada umumnya, Sahabat Haji Plus bisa coba untuk berkunjung pada saat berada di Tanah Suci.

  1. Masjid Jawatha

Bagian bersejarah di Mekkah selanjutnya ialah Masjid Jawatha. Masjid Jawatha berada di desa Al-Kilabiyah tepatnya di sebelah timur laut provinsi Jautha, Saudi Arabia. Meskipun jauh dari lokasi Tanah Suci, akan tetapi Masjid Jawatha ini memiliki keistimewaan. Masjid Jawatha ini telah  dikenal bersejarah karena pernah dijadikan tempat menyimpan Hajar Aswad. Pada waktu itu, Hajar Aswad pernah dicuri dari Mekkah oleh Kaum Qarmatians. Setelah Hajar Aswad didapatkan kembali oleh kaum Muslimin, batu tersebut akhirnya disimpan selama 22 tahun di Masjid Jawatha. Hal tersebutlah yang menjadi latar belakang masjid Jawatha ini menjadi bagian bersejarah umat muslim. Saat ini, meski struktur asli bangunan ini sudah rapuh, namun masih banyak jamaah yang berkunjung ke sana.

  1. Menara Abraj Al Bait

Menara Abraj Al Bait merupakan sebuah bangunan yang terletak di Kota Mekkah yang juga merupakan menara jam yang terdapat di Kompleks Abraj Al Bait. Menara ini memiliki tinggi 601 meter yang dipasang jutaan kaca mozaik dan terpancar keseluruh penjuru Mekkah. Menara Abraj Al Bait dikenal dengan Museum Menara Jam yang berisi edukasi mengenai alam semesta, galaksi, Matahari, Bulan juga Bumi serta metode menentukan waktu. Bagi Sahabat Haji Plus yang berencana untuk berangkat ke Tanah Suci, saat berada disana cobalah untuk mampir ke Menara Abraj Al Bait.

  1. Hijr Ismail

Hijr Ismail ialah bagian bersejarah yang terletak di Mekkah, tentunya hijr Ismail ini menyimpan sejarah beserta makna yang dalam. Banyak yang menyebut Hijr Ismail dengan bangunan tembok setengah lingkaran setinggi pundak. Hijr Ismail ini terletak di sebelah utara Ka’bah. Bangunan ini dibangun oleh orang Quraisy untuk merenovasi Ka’bah yang rusak dengan dana yang besar. Renovasi inilah yang menjadikan luas Ka’bah berkurang sementara luas Hijr Ismail bertambah. Tahukah Sahabat Haji Plus bahwa Hijr Ismail ini memiliki keistimewaan. Salah satu keistimewaan Hijr Ismail merupakan salah satu tempat yang mustajab untuk memanjatkan doa. Hal ini ditandai meski tak masuk ke dalam rukun haji, namun banyak orang yang berdoa di Hijr Ismail. Oleh karena itu, saat Sahabat Haji Plus sudah berada di Tanah Suci untuk menunaikan ibadah haji, jangan lewatkan momen ini. Karena momen berdoa di Hijr Ismail ini memiliki keistimewaan tersendiri.

  1. Masjid Quba

Bagi sebagian Sahabat Haji Plus tentunya tak asing lagi perihal Masjid Quba. Masjid Quba adalah tempat ibadah pertama umat Islam yang dibangun Nabi Muhammad saat beliau hijrah ke Madinah. Masjid Quba dibangun pada 1 Hijriah atau 622 Masehi di atas kebun kurma seluas 1200 meter persegi. Masjid Quba memiliki 3 pintu utama, dua pintu untuk masuk jamaah laki-laki, dan satu pintu untuk jamaah perempuan. Tempat ini memiliki keutamaan yakni siapapun yang mendatangi masjid ini dan salat di dalamnya, maka pahalanya sama seperti menjalankan ibadah umroh. Wah, luar biasa sekali bukan? Oleh karena itu, Saat Sahabat Haji Plus berkunjung ke Tanah Suci jangan lupa untuk mampir ke Masjid Quba ini.

  1. Makam Al Baqi

Tempat bersejarah di Mekkah berikutnya ialah Makam Al-Baqi. Makam Al-Baqi ini adalah pemakaman bersejarah yang terletak di Madinah. Al-Baqi sendiri secara harfiah memiliki arti kebun pohon. Tempat ini mendapat banyak perhatian karena merupakan tempat dimakamkannya anak Nabi Muhammad bernama Ibrahim juga para sahabat nabi yang telah gugur. Makam Al-Baqi ini sudah mengalami dua kali pembongkaran yaitu pada 1806 dan 1926. Pembongkaran ini diprotes oleh Muslim Sunni dan Syiah sehingga diadakan rapat setiap tahun dan hari pembongkaran ini diperingati sebagai hari kesedihan bagi kaum Syiah.

  1. Masjid Bilal bin Rabbah

Tempat bersejarah di Mekkah yang juga tidak boleh terlewatkan adalah Masjid Bilal bin Rabbah. Masjid Bilal bin Rabbah ini merupakan salah satu objek ziarah yang letaknya sangat dekat dengan Masjid Nabawi. Dinamakan Masjid Bilal bin Rabbah adalah karena konon katanya ini merupakan masjid yang menjadi tempat tinggal Bilal bin Rabbah selama di Madinah. Bilal bin Rabbah adalah Muadzin pertama yang memiliki kisah keteladanan tentang suatu perjuangan seorang budak pada zaman Nabi yang menjaga aqidah walau harus mempertaruhkan nyawa. Tentunya Sahabat Haji Plus tak asing bukan dengan Bilal Bin Rabbah? Seperti yang Sahabat Haji Plus ketahui bahwa Bilal Bin Rabbah ini dikenal dengan suara merdunya saat mengumandangkan Adzan. Oleh karena itulah, Bilal merupakan salah satu sosok yang dikenal istimewa dalam sejarah umat islam.

  1. Pabrik Al Kiswah

Banyak yang tak mengetahui terkait kain hitam menjuntai yang menutupi Ka’bah ini bernama Kiswah. Kain ini umumnya selalu diganti setiap tanggal 9 Dzulhijjah ketika jamaah haji beribadah di Bukit Arafah. Nah, tentu kain Kiswah yang diganti setiap tahun itu memiliki pabrik di mana kain itu dibuat. Pabrik Kiswah yang terdapat di Kota Mekkah, berlokasi di Old Mekah Jeddah Road dan buka pada Sabtu, Senin, dan Rabu mulai jam 9 hingga 12 siang. Di dalamnya Sahabat Haji Plus sekalian dapat melihat proses kain Kiswah diproduksi mulai dari kain diwarnai, ditenun, didesain, dicetak, disulam, hingga masuk laboratorium dan Kiswa dirakit. Tertarik untuk mengunjunginya?

  1. Jabal Nur

Terletak di Kota Mekah, Jabal Nur merupakan salah satu tempat bersejarah di Mekkah yang sangat populer. Jabal Nur atau Gunung Cahaya ini memiliki sejarah Islam yang terkenal dalam gunung ini. Di puncak Jabal Nur, terdapat Gua Hira yang merupakan tempat Nabi Muhammad menerima wahyu dari Malaikat Jibril untuk pertama kalinya. Untuk mencapai Gua Hira, Sahabat Haji Plus yang ingin mengunjungi situs bersejarah ini harus jalan kaki atau hiking karena jalanan yang berbatu dan cukup kecil ukurannya. Wah, gimana nih Sahabat Haji Plus? Sudah mempersiapkannya belum? Oleh karena itulah, sebelum berangkat ibadah haji, Sahabat Haji Plus hendaknya sering berolahraga. Hal ini bertujuan agar tubuh Sahabat Haji Plus tidak kaget saat menjalani beberapa aktivitas fisik yang berat selama berada di Tanah Suci, Salah satunya saat mengunjungi Jabal Nur ini.

  1. Jabal Tsur

Selain Jabal Nur, di Tanah Suci juga terdapat pula Jabal Tsur atau Gunung Tsur. Jabal Tsur ini juga dijadikan tempat bersejarah di Mekkah. Tentunya jabal Tsur ini sudah tidak asing lagi bukan di telinga sahabat haji plus sekalian? tentu saja tidak asing karena Jabal Tsur ini lekat sekali dengan sejarahnya yang selalu dikenang oleh umat muslim. Gunung setinggi 458 meter ini berada di selatan Kota Mekkah. Di puncak Gunung Tsur, terdapat Gua Tsur yang digunakan oleh Nabi Muhammad bersama Abu Bakar As-Shiddiq untuk bersembunyi dari kejaran kaum Quraisy selama perjalanan hijrah ke Madinah.

Demikianlah informasi bagi Sahabat Haji Plus yang hendak mempersiapkan dan berencana untuk mendaftar Haji Furoda 2022. Sahabat Haji Plus dapat selalu memantau informasinya di website resmi hajiplus.id. Semoga informasi ini membantu Sahabat Haji Plus sekalian yang sedang mempersiapkan pendaftaran Haji Furoda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *