Daftar Haji Plus 2021

Daftar Haji Plus 2021

Pelaksanaan ibadah haji adalah paripurnanya rukun islam yang kelima. Ibadah haji bisa dibilang ibadah jasmani maupun rohani, sehingga menjadi momen yang sempurna. Jika shalat merupakan ibadah jasmani dengan melakukan sesuatu, puasa ialah ibadah yang meninggalkan sesuatu dan zakat adalah ibadah dengan mengeluarkan sesuatu. Maka ibadah haji adalah ibadah yang mencakup semua itu yakni melakukan, meninggalkan dan mengeluarkan sesuatu. Tahukah Sahabat Haji Plus? Bahwa keutamaan ibadah haji dinyatakan sendiri oleh Allah SWT yang dituangkan penuh satu surat dalam Al – Quran yakni surat Al Hajj. Oleh karena itulah, karena istimewanya maka tak heran apabila seluruh umat muslim sangat mengharapkan menjadi tamu di Tanah Suci. Beruntunglah bagi Sahabat Haji Plus yang mendapat kesempatan menjadi tamu Allah. Panggilan dari Allah SWT sudah tertulis dalam Al – Qur’an, hanya saja Allah akan benar – benar memampukan orang – orang yang bertekad untuk berangkat dengan segera. Para jamaah haji akan merasakan haru, bahagia karena sudah terpilih menjadi tamu Allah SWT. Teruntuk Sahabat Haji Plus yang hendak mennaikan ibadah haji dan berkeinginan untuk Daftar Haji Plus 2021, yuk simak informasi di bawah ini.

Pentingnya Vaksin Untuk Calon Jamaah Haji

Kesehatan merupakan modal utama untuk dapat melakukan segaal sesuatu dengan lancar salah satunya melaksanakan ibadah haji. Untuk itulah, agar tubuh tak dapat dengan mudah terserang penyakit, tubuh memerlukan vaksin untuk menangkal bakteri dan virus yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Semua calon jamaah haji juga diwajibkan memiliki sertifikat yang menyatakan bahwa telah melakukan vaksin. Ada beberapa jenis vaksin yang harus dilakukan oleh para calon jamaah haji sebelum berangkat ke tanah suci. Terdapat 3 vaksin yang diberikan kepada calon jamah haji. Satu vaksin yang wajib, sedangkan dua vaksin lainnya ialah vaksin yang disarankan. Apa saja jenis vaksin yang hendaknya dilakukan? Berikut lebih jelasnya.

  1. Vaksin Meningitis

Vaksin meningitis merupakan salah satu vaksin yang diwajibkan untuk dilakukan. Hal ini dikarenakan penularan infeksinya yang cukup beresiko. Meningitis merupakan infeksi yang menyebabkan inflamasi pada selaput yang melindungi otak dan sumsum tulang belakang. Penyakit meningitis ini memiliki risiko yang tinggi terjadi di bagian tertentu di dunia, terutama negara Arab Saudi sebagai tempat umat muslim menunaikan ibadah haji. Karena, penularan infeksi meningitis cukup berisiko, apalagi ketika dalam kondisi penuh sesak pada puncak haji, pengurusan akomodasi, dan ketika dalam transportasi umum. Untuk mencegahnya, vaksin meningitis menjadi imunisasi yang diwajibkan oleh Kementerian Kesehatan Arab Saudi. Sertifikat yang menyatakan bahwa mereka telah mendapat imunisasi meningitis menjadi syarat bagi calon haji untuk mendapatkan visa.

Untuk gejalanya, gejala meningitis ini dapat menyebar dengan cepat. meyeramkan bukan? Gejala meningitis yang utama adalah nyeri kepala, leher kaku, kulit kemerahan, kesadaran menurun dan kejang-kejang. Pada mulanya penyakit ini hanya menimbulkan gejala ringan mirip flu namun dengan cepat bisa menjadi berat. Vaksinasi meningitis sebaiknya dilakukan minimal 10 hari sebelum keberangkatan. Karena apabila kurang dari itu sistem antibodi tidak bisa terbentuk sempurna. Vaksin meningitis ini sebenarnya tidak menimbulkan efek samping. Kalau pun ada hanya pada beberapa orang saja yang akan merasakan rasa sakit dan ruam di sekitar bagian yang disuntik paling lama dua hari. Selain kewajiban atas pemberian vaksin meningitis, Kementerian Kesehatan Arab Saudi juga menyarankan calon haji untuk mendapatkan vaksin influenza dan pneumonia sebelum berangkat.

  1. Vaksin Influenza

Vaksin influenza merupakan vaksin yang dianjurkan bagi jamah yang memiliki penyakit yang kronis. Jenis virus yang menyebabkan influenza berbeda-beda pada tiap tahunnya, sehingga vaksin yang diberikan pun disesuaikan dengan tipe tersebut. Vaksin influenza dianjurkan terutama untuk jamaah haji yang mengidap pengidap penyakit kronis seperti gangguan ginjal, sakit jantung, gangguan pernapasan, diabetes, dan gangguan sistem saraf. Pasien imunodefisiensi, pengidap penyakit metabolik, pengidap obesitas dan wanita hamil. Vaksin ini memiliki daya tahan selama satu tahun. Nah.. pahami baik baik ya teruntuk sahabat Haji Plus yang hendak berangkat ibadah haji.

  1. Vaksin Pneumonia

Vaksin Penumonia merupakan vaksin yang dianjurkan untuk calon jamaah yang berusia diatas 50 tahun. Penyakit yang umumnya disebabkan infeksi bakteri Streptococcus pneumoniae ini dapat dicegah dengan pemberian vaksin. Vaksin penumonia ini dianjurkan bagi calon jamaah haji dengan kondisi orang dewasa berusia 50 tahun ke atas, anak-anak dan orang dewasa pengidap penyakit kronis, seperti diabetes, asma, gangguan ginjal atau penyakit jantung. Vaksin ini memiliki daya tahan hingga 5 tahun. Ketiga vaksin ini (meningitis, influenze dan pneumonia) tidak boleh diberikan sekaligus. Dimana untuk vaksin meningingis dan influenza bisa diberikan dalam waktu bersamaan sedangkan vaksin pneumonia baru bisa diberikan sepekan setelah pemberian vaksin meningitis dan influenza.

Oleh – Oleh Haji Selepas Dari Tanah Suci

Selepas beribadah haji, pastinya sahabat haji plus sekalian ingin membawakan buah tangan untuk keluarga maupun kerabat yang berada di Tanah air. Tenang dan tak perlu bingung. Sahabat Haji Plus dapat membawakan oleh – oleh khas dari Tanah Suci seperti berikut ini :

  1. Gelang Tasbih

Gelang tasbih merupakan salah satu oleh-oleh khas Tanah Suci. Gelang tasbih ini berbahan dasar kayu kokka. Meski kini karena kesulitan proses pembuatan, gelang tasbih banyak dibuat dari buah kokka. Beraroma khas kokka, biji ini bila ditenggelamkan akan terlihat sedikit berminyak dan tak mengambang. Tahukah Sahabat Haji Plus? Bahwa gelang tasbih kokka banyak khasiatnya. Oleh sebab itu dipergunakan sebagai bahan dasar pembuatan tasbih. Air rendaman kayu kokka bisa meredakan sakit gigi, keracunan dan meredakan demam. Sementara saat kayu kokka dikenakan sebagai gelang bisa menolak gigitan hewan berbisa. Bagaimana? keren bukan?

Apabila Sahabat Haji Plus tertarik, Sahabat Haji Plus bisa dapat membeli gelang tasbih kokka ini sebagai oleh-oleh haji. Dengan warna khas cokelat kayu, produk ini tentunya menjadi buah tangan keren. Jika ingin langsung membelinya di tanah suci, Sahabat Haji Plus dapat mengunjungi Pasar Balad yang biasa jadi surga belanja para jamaah haji. Disana harganya juga pasti murah sehingga Sahabat Haji Plus tak perlu khawatir lagi. Bisa juga membeli di Pasar Haraj. Disana ada los pasar yang banyak menjual barang pecah belah juga. Tapi sedikit hati-hati dan harus pandai menawar ya.

  1. Siwak

Tahukah Sahabat Haji Plus? Bahwa Siwak merupakan salah satu buah tangan yang dapat dibawa pulang ke tanah air. Dahan pohon Salvadora ini biasa dikenakan untuk membersihkan gusi dan gigi. Terpercaya sejak jaman dahulu dikenakan untuk bersiwak. Jika sahabat haji plus hendak mencari siwak untuk buah tangan para kerabat dan keluarga, sahabat haji plus tinggal kunjungi Souq Gaza yang mana merupakan pasar besar Mekkah. Disana dijual beragam oleh-oleh termasuk juga siwak ini. Kunjungi juga super market Bin Dwood. Mudah ditemukan di Madinah dan Mekah. Di sana ada beragam kebutuhan yang harganya bersaing dengan harga pasar.

  1. Ma’moul

Ma’moul adalah salah satu makanan khas Tanah Suci yang dapat Sahabat Haji Plus jadikan buah tangan bagi Kerabat dan Keluarga di Tanah Air. Ma’moul berupa roti yang biasa disantap saat idul fitri di Arab. Roti ini juga bisa dijumpai di beberapa pasar di Mekah. Berisi kurma, roti kering ini kadang berisi campuran walnut serta orange blossom water. Berbahan campuran terigu dan tepung semolina roti ini cara pembuatannya dioven hingga kering. Jika Sahabat Haji Plus berkeinginan untuk menjadikan Ma’moul menjadi buah tangan, sahabat haji plus dapat mengunjungi toko yang berlokasi di Suhaifa di ujung kota Jeddah. Pasarnya buka pagi namun akan segera tutup saat dzuhur. Bisa juga membelinya di pasar Ukaz. Pasar tersebut merupakan tempat pusat dagang Mekkah yang paling ramai.

  1. Buah Tin

Buah Tin menjadi salah satu buah yang sangat diminati. Apalagi kalau bukan karena khasiatnya yang luar biasa. Kaya akan gizi mineral dan juga vitamin. Kandungan nutrisi dalam buah tin juga baik untuk kesehatan dan mampu memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Buah ini anti virus dan bakteri, cocok pula bagi mereka yang tengah diet karena bisa memperlancar pencernaan. Buah ini juga mengandung omega 3 yang tinggi dan juga kalsium yang baik untuk pertumbuhan anak. Menjaga tekanan darah tetap stabil, memperkuat tulang sendi hingga meningkatkan kesuburan pria.Karena manfaat yang tak terhitung jumlahnya, buah ini pasti jadi oleh-oleh favorit.  Apabila Sahabat Haji Plus ingin membeli, Sahabat Haji Plus bisa beli di Tamimi Market yang ada di stasiun King Abdul Aziz. Berlokasi di jalan Anas bin Malik toko ini buka 24 jam. Supermarket satu ini juga memiliki cabang lain di Mekah. Selain itu bisa juga ke Bindawood Superstores. Toko ini lengkap dan menyediakan banyak oleh-oleh juga. Bisa kunjungi jalan Heraa di Jeddah Saudi Arabia.

  1. Abaya

Gamis memang banyak diminati saat ini. Nah jika Sahabat Haji Plus pergi ke Mekkah, tak salah jika Sahabat Haji Plus membeli gamis Abaya ini disana untuk buah tangan. Selain berkesan, si penerima oleh-oleh juga pasti sangat senang. Abaya ini merupakan gamis yang berlengan panjang, baju ini berwarna kasual. Sangat nyaman dikenakan karena tidak panas di kulit. Pasar Jakfariah menyediakan banyak abaya dengan beragam motif. Mereka juga menjual secara grosir . Berlokasi dekat Masjidil Haram. Ada juga segala keperluan ibadah yang bisa Sahabat Haji Plus beli disini. Selain itu ada Tahlia Street. Lokasinya di tengah kota Jeddah. Butik ini menjual aneka fashion dan juga aneka barang elektronik. 

  1. Madu Khasmir

Madu Khasmir merupakan madu yang berasal dari Pegunungan Himalaya, namun sangat populer di Tanah Suci. Karena itulah, banyak pedagang yang menjajakan madu Khasmir sebagai salah satu oleh-oleh khas haji maupun umroh. Bagi penduduk Arab, madu biasa dijadikan sebagai bahan pelengkap makanan karena dipercaya memiliki khasiat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Harga madu khasmir yang dijual di Arab lebih murah jika dibandingkan dengan harga madu khasmir di Tanah Air. Ini tepat sekali bagi sahabat Haji Plus yang ingin memberi oleh – oleh yang bermanfaat.

Situs Bersejarah di Tanah Suci

Tahukah Sahabat Haji Plus? Bahwa terdapat banyak sekali situs bersejarah di Tanah Suci yang tentunya menyimpan berbagai cerita pada masa lampau. Dibalik berdirinya sebuah bangunan tersebut, ada sejarah yang menarik. Apa saja situs yang bersejarah? Yuk simak informasi dibawah ini.

  1. Hijr Ismail

Hijr Ismail merupakan tempat bersejarah di Mekkah yang menyimpan berbagai sejarah beserta maknanya. Banyak orang menyebut Hijr Ismail dengan bangunan tembok setengah lingkaran setinggi pundak. Hijr Ismail terletak di sebelah utara Ka’bah.Bangunan ini dibangun oleh orang Quraisy untuk merenovasi Ka’bah yang rusak dengan dana yang besar. Renovasi inilah yang menjadikan luas Ka’bah berkurang sementara luas Hijr Ismail bertambah. Salah satu keistimewaan Hijr Ismail adalah merupakan salah satu tempat mustajab untuk memanjatkan doa. Hal ini ditandai meski tak masuk ke dalam rukun haji, namun banyak orang yang berdoa di Hijr Ismail.

  1. Perpustakaan Mekkah Al – Mukarrammah

Perpustakaan Mekkah Al – Mukarrommah ialah tempat bersejarah di Mekkah. Lokasi perpusatkaan Mekkah Al- Mukarrommah ini berada di sebelah timur Masjidil Haram. Perpustakaan ini letaknya tepat di sebelah timur area Sa’i. Pada bangunan perpustakaan tersebut tertulis Maktabah Makkah Al Mukarammah yang berarti Perpustakaan Mekkah Al Mukarramah. Bangunan perpustakaan ini dipercaya sebagai tempat tinggal Nabi Muhammad SAW. Penampakan dari luar gedung terdapat foto-foto yang menggambarkan suasana dan kondisi di dalam perpustakaan. Tentunya perpustakaan ini tak jauh berbeda pada perpustakaan pada umumnya. Hanya saja, perpustakaan Al – Mukarrommah ini menyimpan sejarah yang tak dimiliki oleh perpustakaan lain.

  1. Pabrik Al Kiswah

Banyak yang tak mengetahui perihal kain hitam menjuntai yang menutupi Ka’bah ini bernama Kiswah. Kain ini umumnya selalu diganti setiap tanggal 9 Dzulhijjah ketika jamaah haji beribadah di Bukit Arafah. Nah, tentu kain Kiswah yang diganti setiap tahun itu memiliki pabrik di mana kain itu dibuat. Pabrik Kiswah yang terdapat di Kota Mekkah, berlokasi di Old Mekah Jeddah Road dan buka pada Sabtu, Senin, dan Rabu mulai jam 9 hingga 12 siang. Di dalamnya Sahabat Haji Plus sekalian dapat melihat proses kain Kiswah diproduksi mulai dari kain diwarnai, ditenun, didesain, dicetak, disulam, hingga masuk laboratorium dan Kiswa dirakit.

  1. Masjid Jawatha

Tempat bersejarah di Mekkah lainnya adalah Masjid Jawatha. Masjid Jawatha terletak di desa Al-Kilabiyah tepatnya di sebelah timur laut provinsi Jautha, Saudi Arabia. Meski jauh dari lokasi Tanah Suci, namun Masjid Jawatha memiliki keistimewaan .Masjid ini dikenal bersejarah karena pernah dijadikan tempat menyimpan Hajar Aswad. Pada waktu itu, Hajar Aswad pernah dicuri dari Mekkah oleh Kaum Qarmatians. Setelah Hajar Aswad didapatkan kembali oleh kaum Muslimin, batu tersebut akhirnya disimpan selama 22 tahun di Masjid Jawatha. Saat ini, meski struktur asli bangunan ini sudah rapuh, namun masih banyak jamaah yang berkunjung ke sana.

  1. Menara Abraj Al Bait

Menara Abraj Al Bait merupakan sebuah bangunan yang terletak di Kota Mekkah yang juga merupakan menara jam yang terdapat di Kompleks Abraj Al Bait. Menara ini memiliki tinggi 601 meter yang dipasang jutaan kaca mozaik dan terpancar keseluruh penjuru Mekkah. Menara Abraj Al Bait dikenal dengan Museum Menara Jam yang berisi edukasi mengenai alam semesta, galaksi, Matahari, Bulan juga Bumi serta metode menentukan waktu.

  1. Masjid Quba

Masjid Quba adalah lokasi ibadah pertama umat Islam yang dibangun Nabi Muhammad saat beliau hijrah ke Madinah. Masjid Quba dibangun pada 1 Hijriah atau 622 Masehi di atas kebun kurma seluas 1200 meter persegi. Masjid Quba memiliki 3 pintu utama, dua pintu untuk masuk jamaah laki-laki, dan satu pintu untuk jamaah perempuan. Tempat ini memiliki keutamaan yakni siapapun yang mendatangi masjid ini dan salat di dalamnya, maka pahalanya sama seperti menjalankan ibadah umroh.

  1. Makam Al Baqi

Tempat bersejarah di Mekkah berikutnya adalah Makam Al-Baqi. Makam Al-Baqi ini merupakan pemakaman bersejarah yang terletak di Madinah. Al-Baqi sendiri secara harfiah berarti kebun pohon. Tempat ini mendapat banyak perhatian karena merupakan tempat dimakamkannya anak Nabi Muhammad bernama Ibrahim juga para sahabat nabi yang telah gugur. Makam Al-Baqi ini sudah mengalami dua kali pembongkaran yaitu pada 1806 dan 1926. Pembongkaran ini diprotes oleh Muslim Sunni dan Syiah sehingga diadakan rapat setiap tahun dan hari pembongkaran ini diperingati sebagai hari kesedihan bagi kaum Syiah.

  1. Jabal Nur

Terletak di Kota Mekah, Jabal Nur merupakan salah satu tempat bersejarah di Mekkah yang sangat populer. Jabal Nur atau Gunung Cahaya ini memiliki sejarah Islam yang terkenal dalam gunung ini. Di puncak Jabal Nur, terdapat Gua Hira yang merupakan tempat Nabi Muhammad menerima wahyu dari Malaikat Jibril untuk pertama kalinya. Untuk mencapai Gua Hira, Sahabat Haji Plus yang ingin mengunjungi situs bersejarah ini harus jalan kaki atau hiking karena jalanan yang berbatu dan cukup kecil ukurannya.

  1. Jabal Tsur

Jabal Tsur atau Gunung Tsur ini juga dijadikan tempat bersejarah di Mekkah. Tentunya jabal Tsur ini sudah tidak asing lagi bukan di telinga sahabat haji plus sekalian? tentu saja tidak asing karena Jabal Tsur ini lekat sekali dengan sejarahnya yang selalu dikenang oleh umat muslim. Gunung setinggi 458 meter ini berada di selatan Kota Mekkah. Di puncak Gunung Tsur, terdapat Gua Tsur yang digunakan oleh Nabi Muhammad bersama Abu Bakar As-Shiddiq untuk bersembunyi dari kejaran kaum Quraisy selama perjalanan hijrah ke Madinah.

  1. Masjid Bilal bin Rabbah

Tempat bersejarah di Mekkah yang juga tidak boleh terlewatkan adalah Masjid Bilal bin Rabbah. Masjid Bilal bin Rabbah ini merupakan salah satu objek ziarah yang letaknya sangat dekat dengan Masjid Nabawi. Dinamakan Masjid Bilal bin Rabbah adalah karena konon katanya ini merupakan masjid yang menjadi tempat tinggal Bilal bin Rabbah selama di Madinah. Bilal bin Rabbah adalah Muadzin pertama yang memiliki kisah keteladanan tentang suatu perjuangan seorang budak pada zaman Nabi yang menjaga aqidah walau harus mempertaruhkan nyawa.

Nah.. Bagaimana nih Sahabat Haji Plus? Sudah siapkah untuk Daftar Haji Plus 2021 dan menjadi calon jamaah haji di tahun berikutnya? Yuk mulai mempersiapkan diri mulai sekarang teruntuk Sahabat Haji Plus yang berencana menunaikan ibadah haji di tahun depan. Demikianlah informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat bagi Sahabat Haji Plus yang sedang mempersiapkan keberangkatan. Apabila ingin membaca informasi lain seputar haji beserta tips – tips lainnya, Sahabat Haji Plus bisa mampir ke hajiplus.id. Semoga bermanfaat.

Keywords : Travel Haji Plus, Paket Haji Plus, Biaya Haji Plus, Haji Plus Jakarta, Haji Plus Surabaya, Haji Plus 2021, Paket Haji Plus dari Jakarta, Haji Plus Terlengkap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *