Biaya Haji Plus 2021 dalam Rupiah

Biaya Haji Plus 2021 dalam Rupiah

Sahabat haji plus dimanapun berada, seperti yang kita ketahaui bersama agama islam merupakan agama yang menghadirkan rahmatan lil alamin, memberi kebahagian bagi pemeluknya, memberi arah bagi yang bimbang. Kehadiran islam di nusantara sendiri judah sejak lama, pada mulanya disyiarkan oleh pedagang dari jazirah arab yang niat awalnya berdagang ketika saat ada momen senggang para pedagang ini sedikit demi sedikit mengenalkan ajaran islam, karena fokus utamanya adalah berdagang maka penyebaran islamnya kurang sistematis. Pada abad ke 12 gerakan yang lebih sistematis untuk mengajarkan islam di bumi nusantara mulai terbentuk, yang dikoordinir oleh walisongo. Dengan gaya penyampaian yang pas, menyesuaikan budaya setempat maka dakwah islam di nusantara dengan segera merambah luas, bermula dari kalangan menengah bawah, tidak lama kemudian kalangan kerajaan mengikuti memeluk agama islam tanpa paksaan. Kesuksesan dakwah walisongo ini terlihat dari secara jumlah banyak penduduk Indonesia yang memeluknya, saat ini jumlah penduduk indonesia yang beragama islam mencapai 90% lebih dari penduduk indonesia total sekitar 270 juta an. Bukan hanya segi jumlah saja yang menakjubkan, melainkan secara kualitas banyak penduduk indonesia yang berupaya menyempurnakan rukun Iman. Hal ini terlihat dari banyaknya penduduk indonesia yang daftar dan mengantri untuk pergi ke tanah suci Mekkah ingin melaksanakan Ibadah Haji. Jika melihat data resmi kementerian departemen agama, antrian untuk berangkat haji reguler di beberapa kota ada yang menunggu hingga tahun 2051 jika sahabat haji plus daftar sekarang. Tentu itu waktu yang sangat lama, jika sahabat haji plus ingin mempercepat keberangkatan bisa mengambil paket Haji Plus, untuk Biaya Haji Plus 2021 dalam Rupiah kisaran 135 juta jika kurs per USD 15.000 rupiah, jika ekonomi indonesia membaik kurs rupiah 12.000 maka biaya haji bisa mencapai 108 juta. Apakah Mahal ? tentu tidak jika melihat perbandingan waktunya. Gimana ? menarik bukan. Biaya Haji plus 2021 dalam rupiah tergolong terjangkau untuk sahabat haji plus dan sangat menyenangkan karena waktunya selisih bisa 4 kali lipat namun biayanya cukup 2 kali lipat.

Sahabat haji plus yang dimanapun berada, sebelum melaksanakan ibadah haji, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan diantaranya persiapan secara fisik, persiapan seacara metal & pengetahuan dan persiapan secara administrasi. Disini penulis hendak berbagi pengetahuan tersebut agar sahabat ketika hendak berangkat mak sahabat tidak perlu bingung apalagi yang akan dipersiapkan. Mari kita simak selengkapnya,

Persiapan Administrasi yang Perlu disiapkan

Persiapan adminitrasi menjalankan Ibadah Haji juga perlu menjadi perhatian khusus, mengingat banyaknya dokumen yang perlu disiapkan oleh jamaah haji. Tentu ini tidak sesederhana dalam bepergian dalam negeri sendiri.

1. Dokumen

Bagi yang sudah pernah berangkat umroh, mungkin ini terlihat sepele karena hamper sama. Ada beberapa dokumen yang perlu disiapkan untuk pemenuhan administrasi Pendaftaran Haji diantaranya.

2. Visa

Jika merujuk pada sumber terpercaya kita mendapati informasi bahwasannya Visa adalah sebuah dokumen izin masuk seseorang ke suatu negara yang bisa diperoleh di kedutaan dimana negara tersebut mempunyai Konsulat Jenderal atau kedutaan asing. Visa adalah tanda bukti ‘boleh berkunjung’ yang diberikan pada penduduk suatu negara jika memasuki wilayah negara lain yang mempersyaratkan adanya izin masuk. Bisa berbentuk stiker visa yang dapat diapply di kedutaan negara yang akan dikunjungi atau berbentuk stempel pada paspor di negara tertentu. Visa adalah sebuah dokumen resmi yang Anda perlukan untuk masuk ke negara tujuan dalam periode waktu tertentu. Visa asli yang biasanya di stempel di paspor penerima sangat diperlukan jika Anda hendak berkunjung ke suatu negara tertentu. Harap diperhatikan bahwa Visa kedatangan hanya dapat diperpanjang atas persetujuan Direktur Jenderal Imigrasi Republik Indonesia dalam hal bencana alam, sakit atau kecelakaan, tidak dapat dialihkan ke jenis visa lain. Pelancong yang melewati waktu yang telah ditentukan akan dikenakan denda sebesar US $ 20.- per hari / orang (untuk tinggal di bawah 60 hari) sedangkan lebih dari 60 hari tinggal akan menjalani 5 (lima) tahun hukuman penjara atau denda IDR 25.000.000 (mata uang lokal). Visa adalah tanda bukti ‘boleh berkunjung’ yang diberikan pada penduduk suatu negara jika memasuki wilayah negara lain yang mempersyaratkan adanya izin masuk. Bisa berbentuk stiker visa yang dapat diapply di kedutaan negara yang akan dikunjungi atau berbentuk stempel pada paspor pada negara tertentu. Jika pemerintah telah mengadakan perjanjian dengan suatu negara agar penduduk negaranya bebas berkunjung ke suatu negara lain, maka jika Anda bepergian ke negara itu, Anda tidak memerlukan izin masuk ke negara itu atau dengan kata lain ‘bebas visa’ untuk pemegang paspor Indonesia. Paspor akan diberi stempel di imigrasi saat Anda sampai dan Anda akan langsung diperbolehkan masuk. (sumber : Wikipedia)

3. Paspor

Dari beberapa sumber kita mendapat informasi bahwa Paspor adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang dari suatu negara yang memuat identitas pemegangnya dan berlaku untuk melakukan perjalanan antar negara. Paspor berisi biodata pemegangnya yang meliputi antara lain foto pemegang, tanda tangan, tempat dan tanggal kelahiran, informasi kebangsaan dan kadang-kadang juga beberapa informasi lain mengenai identifikasi individual. Adakalanya pula sebuah paspor mencantumkan daftar negara yang tidak boleh dimasuki oleh si pemegang paspor itu. Sebagai contoh, dahulu pemegang paspor Indonesia sempat dilarang berkunjung ke negara Israel dan Taiwan. Saat ini beberapa negara telah mengeluarkan apa yang disebut e-paspor atau elektronik paspor. E-paspor merupakan pengembangan dari paspor kovensional saat ini di mana pada paspor tersebut telah ditanamkan sebuah chip yang berisikan biodata pemegangnya beserta data biometrik-nya.Data biometrik ini disimpan dengan maksud untuk lebih meyakinkan bahwa orang yang memegang paspor adalah benar orang yang memiliki dan berhak atas paspor tersebut. Paspor biasanya diperlukan untuk perjalanan internasional karena harus ditunjukkan ketika memasuki perbatasan suatu negara, walaupun di negara tertentu ada beberapa perjanjian di mana warga suatu negara tertentu dapat memasuki negara lain dengan dokumen selain paspor. Paspor akan diberi cap (stempel) atau disegel dengan visa yang dilakukan oleh petugas negara tempat kedatangan. Beberapa pemerintahan berusaha mengontrol pergerakan warganya dan warga asing di negara mereka dengan menerbitkan “paspor internal”. Misalnya di bekas negara Uni Soviet, untuk setiap warganegaranya diterbitkan sebuah “propiska” untuk mengontrol pergerakan mereka di seluruh wilayah negara tersebut. Sistem ini sebagiannya masih diterapkan di Rusia. (sumber Wikipedia)

4.  Permeriksaan Kesehatan

Kenapa pemeriksaan keshatan ini sangat ditekankan bahkan lebih ketat daripad ibadah UMroh hal ini Mengingat padatnya aktivitas saat menjalankan Ibadah Haji maka syarat ketat kesehatan menjadi hal yang difokusi pemerintah agar setiap calon jamaah haji dari Indonesia bisa berangkat dan pulang dengan kondisi selamat, sehat wal afiyah. Adapun hal – hal yang di soroti adalah

5. Cakupan pemeriksaan kesehatan

Pada tahap ini sahabat Haji Plus akan diperiksa secara menyeluruh kondisi kesehatannya, melalui laboratorium lengkap. Jika sahabat haji plus bisa lolos maka akan mendapat surat izin rekomendasi mendaftar Haji ONH Plus. Namun apabila belum lolos maka akan diberi rekomendasi penyembuhan terlebih dahulu.

6. Konsultasi dengan dokter

Bagi calon jamaah haji selalu disarankan untuk konsultasi dengan dokter mengenai kendala gangguan fisik yang berpotensi mengganggu kelancaran pelaksanaan Ibadah Haji, seperti adanya alergi tertentu atau maag, dst. Sahabat haji plus akan diberi rekomendasi untuk mengatasinya.

7. Kondisi sedang tidak hamil

Bagi calon jamaah haji perempuan yang sudah menikah dan kondisi subur perlu dilakukan tes kehamilan. Untuk semua perempuan yang hamil dan belum divaksin meningitis tidak diperbolehkan berangkat.

8. Pemberian vaksi meningitis

Vaksin meningitis mengandung antigen, yaitu zat yang merangsang sistem kekebalan tubuh untuk membentuk antibodi dan melawan bakteri penyebab meningitis.Vaksin MCV4 disarankan diberikan kepada anak usia 11 – 12 tahun, yang akan ditambahkan (booster) pada sekitar usia 16 – 18 tahun. Remaja yang divaksin pertama kali pada usia 13 – 15 juga perlu mendapat booster vaksin saat memasuki usia 16 – 18 tahun. Seseorang divaksin pertama kali di usia 16 tahun ke atas tidak lagi memerlukan booster. Booster diperlukan karena sebuah vaksin diperkirakan hanya dapat melindungi remaja selama setidaknya 5 tahun. Penggunaan vaksin ini sangat direkomendasikan bagi calon jamaah haji dank an diberikan di Indonesia. (sumber alodoc)

Persiapan Fisik

Persiapan fisik ini perlu dilakukan agar  sahabat haji plus tetap prima dan bisa menuntaskan ibadah haji dengan baik. Sejak kapan persiapan ini perlu dilakukan ? baiknya memang dilakukan tiap hari agar hari hari sahabat haji plus tetap sehat wal afiyat, namun jika sangat terbatas waktunya sahabat haji plus bisa memulai persiapannya di tahun keberangkatan. Misal bulan agustus tahun 2021 berangkat maka bisa dibiasakan latihan sejak awal tahun 2021. Apa saja olahraga yang cocok untuk orang dewasa / lansia dan tidak terlalu berat ? berikut yang kami rangkum dari sumber yang membahas olahraga yang baik, salah satu sumbernya dari cnn.

  1. Jalan kaki

Olahraga yang paling ringan Berjalan kaki adalah jenis olahraga yang paling sederhana dan efektif untuk orang tua. Australian Physical Activity and Sedentary Behaviour Guidelines menyebut lansia yang berjalan kaki setidaknya 30 menit setiap hari dapat mengurangi risiko penyakit jantung hingga 40 persen. Membayangkan berjalan kaki selama 30 menit mungkin akan menjadi aktivitas yang berat bagi lansia yang memiliki kendala kesehatan pada kaki.Namun cobalah berjalan dengan lambat sembari berkeliling di sekitar perumahan dan menghirup udara segar yang dapat memperbaiki kondisi fisik maupun psikologis.

  1. Yoga

Yoga berarti “penyatuan”, yang bermakna “penyatuan dengan alam” atau “penyatuan dengan Sang Pencipta”. Yoga merupakan salah satu dari enam ajaran dalam filsafat Hindu, yang menitikberatkan pada aktivitas meditasi atau tapa di mana seseorang memusatkan seluruh pikiran untuk mengontrol panca indranya dan tubuhnya secara keseluruhan. Masyarakat global umumnya mengenal Yoga sebagai aktivitas latihan utamanya asana (postur) bagian dari Hatta Yoga. Yoga juga digunakan sebagai salah satu pengobatan alternatif, biasanya hal ini dilakukan dengan latihan pernapasan, olah tubuh dan meditasi, yang telah dikenal dan dipraktikkan selama lebih dari 5000 tahun.[1][2] Orang yang melakukan tapa yoga disebut yogis, yogin bagi praktisi pria dan yogini bagi praktisi wanita. Sastra Hindu yang memuat ajaran Yoga, di antaranya adalah Upanisad, Bhagavad Gita, Yogasutra, Hatta Yoga serta beberapa sastra lainnya. Klasifikasi ajaran Yoga tertuang dalam Bhagavad Gita, diantaranya adalah Karma Yoga/Marga, Jnana Yoga/Marga, Bakti Yoga/Marga, Raja Yoga/Marga. Sumber ( wikipedia) Olahraga ini cocok untuk orang dewasa atau usia lanjut. Jadi sahabat haji plus bisa mencoba melakukan olahraga ini.

  1. Bersepeda

Salah satu olahraga yang ringan lainnya adalah Bersepeda, salah satu olahraga terbaik bagi tubuh yang semakin menua yang minim risiko keseleo karena tak memberikan banyak tekanan pada lutut, sendi, maupun pergelangan kaki.  Ketika mengayuh pedal, kaki menciptakan gerakan halus, stabil, dan mantap. Tak hanya direkomendasikan bagi orang tua, bersepeda juga menjadi olahraga yang sempurna bagi orang yang baru pulih dari cedera. Rutin bersepeda membantu meningkatkan sistem kerja kardiovaskular, memperkuat jantung dan paru-paru, melemaskan otot, serta mengurangi ketegangan pada persendian sahabat haji plus semua.

  1. Senam

Olahraga yang lagi rame dimana mana, tidak sulit menemukan olahraga ini di kota kota, bahkan sejumlah mall atau pertokoan besar kerap mengadakan di akhir pecan pagi hari. Dilansir dari cnn, Senam melibatkan gerak aktif seluruh anggota badan, serta melatih kekuatan dan keseimbangan tubuh. Senam juga telah terbukti menjadi cara yang efektif untuk meningkatkan kekuatan pada lansia karena terdapat gerakan-gerakan yang dinamis. Ada banyak jenis senam yang diperuntukkan bagi lansia seperti senam aerobik, salsa, chairs, hingga senam jazz yang bermanfaat menjaga massa otot dan meningkatkan kekuatan tulang. Senam bagi lansia juga dapat mengurangi risiko tekanan darah tinggi, penyakit jantung, serta diabetes. Bahkan menurut American Council on Exercise, senam dapat memperlambat demensia pada orang tua. Melansir LiveStrong, lansia bisa melakukan senam aerobik setidaknya 30 menit setiap hari. Cukup siapkan video latihan senam di rumah atau kunjungi komunitas senam lansia untuk segera memulai olahraga senam.

  1. Jalan Cepat

Hamper sama dengan jalan kaki biasa,  dilansir dari cnn, jalan cepat  Bagi lansia yang kondisi fisiknya lebih prima, bisa mencoba meningkatkan intensitas berjalan kaki dengan lebih cepat (treadmill walking). Serupa dengan aerobik, olahraga satu ini bermanfaat untuk meningkatkan detak jantung dan otot tubuh. Berbeda dengan jogging, jalan cepat menjadi latihan fisik yang berpotensi lebih kecil mengalami cedera sendi. Namun, tak banyak yang tahu bahwa olahraga jalan cepat tak sembarang ‘berjalan dengan cepat’. Jalan cepat memiliki teknik agar manfaatnya yang dirasakan tubuh menjadi maksimal. Tidak seperti olahraga berjalan pada umumnya, jalan cepat cukup meningkatkan gaya berjalan dengan memperhatikan kecepatan pergantian kaki yang stabil dan konsisten, serta agak sedikit mengayunkan pinggul di setiap melangkah. Jalan cepat berfungsi melatih kekuatan tubuh dan mempertahankan postur yang baik sebab punggung dalam kondisi tegap dan bahu dalam posisi lurus.

  1. Berenang

Orang Dewasa lanjut usia sangat rentan terjatuh dan cedera. Sebenarnya olahraga disarankan untuk melatih kebugaran dan otot lansia sehingga mereka tak gampang jatuh. Meski begitu, tidak semua olahraga bisa dilakukan para lansia. Salah satu olahraga yang dianggap aman dan baik bagi lansia adalah berenang. Tim peneliti di Australia mengamati sekitar 1.700 pria berusia 70 tahun ke atas dan membandingkan jenis olahraga yang mereka lakukan serta kemungkinannya jatuh selama empat tahun. Dalam kurun waktu penelitian itu sekitar 2.700 pria terjatuh. Jatuh adalah masalah kesehatan yang utama pada orang tua. Jatuh dapat menyebabkan patah tulang, trauma kepala dan luka berat lainnya. Bahkan jatuh yang tak terlalu serius dapat menurunkan mobilitas selama mereka dalam pemulihan, dan menyebabkan masalah lain. Satu dari tiga orang berusia 65 tahun atau lebih pernah jatuh setiap tahunnya. Untuk mengatasi itu, inilah olahraga yang disarankan bagi lansia: renang ( sumber natgeo) Jadi sahabat haji plus bisa mencoba melakukan olahraga ini.

  1. Angkat Beban

Kaget ya ? kenapa angkat beban ? Tak perlu risau, sebenarnya angkat beban adalah jenis olahraga yang aman bagi lansia untuk melatih kekuatan otot bisep. Berdasarkan riset dari Penn State College of Medicine, latihan kekuatan seperti angkat beban dapat mengurangi risiko kematian dini, terutama pada mereka yang lanjut usia. Namun, perlu dicatat baik-baik oleh sahabat haji plus bahwa angkat beban bagi lansia harus disesuaikan dengan kondisi tubuh dan kebiasaan. Jika seorang lansia telah lama tidak aktif melakukan olahraga, sebaiknya didampingi instruktur olahraga atau mulailah dari benda yang paling ringan kemudian tingkatkan bebannya secara bertahap. Bagi lansia yang ingin memulai angkat beban, bisa melakukannya dalam posisi duduk atau berdiri. Caranya, pegang beban dengan posisi tangan ke bawah, tepat di sisi tubuh dengan telapak tangan menghadap ke atas dan posisi siku menghadap badan. Lalu mulai tekuk siku dan angkat beban ke arah dada. Tahan setiap pengulangan dalam beberapa detik, lalu perlahan-lahan turunkan lengan. Lakukan selama 10 kali, dengan disisipi istirahat saat akan melakukan pengulangan.

Berikut beberapa hal hal yang perlu dipersiapkan oleh untuk Sahabat Haji Plus yang hendak Menunaikan Ibadah Haji. Bagi sahabat Haji Plus yang ingin mendaftarkan diri sebagai jamaah Haji Plus atau masih ingin mencari wawasan mengenai Biaya Haji Plus 2021, tidak perlu terlalu pusing untuk mencari informasi sendiri. Karena cara pendaftarannya cukup mudah. Terlebih ketika Sahabat Haji Plus mendaftarkan diri ke Satutours Travel, tentu akan sangat mudahkan sahabat sekalian. Hal ini dikarenakan pengurusan dokumen visa dan surat rekomendasi keberangkatan telah menjadi tanggung jawab travel. Sehingga Sahabat Haji Plus tak perlu repot untuk mengurusi dokumen penting tersebut. Bukan hanya itu, sahabat akan diberi informasi lengkap, dibimbing tiap tahunya sebelum keberangkatan dengan berbagai fasilitas yang memuaskan dan menjadikan ibadah haji lebih maksimal, khusuk, inshaallah. Bagaimana? Cukup mudah bukan? Bagi sahabat Haji plus yang hendak Daftar Haji Plus, Satutours Travel telah hadir untuk Sahabat Haji plus sekalian. Apabila sahabat Haji plus berniat untuk mendaftarkan diri silahkan chat pada kontak yang tertera pada website https://www.hajiplus.id/  dapatkan harga yang sesuai dengan harapan sahabat haji plus serta fasilitas yang begitu maksimal. Itulah beberapa ulasan singkat terkait informasi Haji Plus. Bagi sahabat Haji Plus yang masih ingin membaca informasi penting lainnya terkait Haji Plus, sahabat Haji Plus dapat mengikuti dan membaca  informasi selainnya di postingan artikel website resmi hajiplus.id. Begitu banyak informasi yang bisa sahabat Haji Plus jangkau secara gratis, up to date dan yang pastinya dapat menambah pengetahuan sahabat Haji Plus.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *