Biaya ONH Plus 2021

Biaya ONH Plus 2021

Ibadah merupakan bentuk ketakwaan seorang hamba yang diperuntukkan bagi Rabbnya. Dalam islam, selain shalat masih ada ibadah lain yang tak kalah istimewa. Ibadah yang dianggap istimewa bagi semua umat muslim ialah ibadah haji. Ibadah haji dikatakan ibadah yang istimewa karena banyak sekali keutamaannya. Menurut Al – Qur’an, ibadah haji merupakan syariat umat terdahulu yang sampai kini masih terus dilaksanakan oleh generasi – generasi umat muslim selanjutnya. Telah menjadi rutinitas tahunan yang diselenggarakan, sehingga banyak sekali umat muslim yang berbondong – bondong untuk mengantri menjadi tamu Allah di Tanah Suci. Namun sayangnya, di Indonesia untuk keberangkatan jamaah ke Tanah Suci membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Pasalnya, banyak sekali yang mengantri demi bisa berangkat ke Tanah Suci. Tak tanggung – tanggung, Waktu tunggu dapat mencapai hingga puluhan tahun. Sangat lama sekali bukan? Namun, teruntuk Sahabat Haji Plus yang ingin segera menunaikan pelaksanaan ibadah haji tanpa menunggu waktu yang lama tentu saja bisa. Akan tetapi, Sahabat Haji Plus perlu menyiapkan dana yang lebih dari program haji regular. Program haji tanpa menunggu waktu yang lama ini ialah Paket Haji Plus. Bagi Sahabat Haji Plus yang ingin mengetahui seputar Haji Plus, Biaya ONH Plus 2021 dan lain sebagainya seputar haji, simak terus informasi dibawah ini.

Mempersiapkan Biaya ONH Plus

Bagi Sahabat Haji Plus sekalian yang berkeinginan segera menunaikan ibadah haji, hal pertama yang hendaknya dilakukan ialah mempersiapkan biaya haji. Dengan mempersiapkan biaya haji, Sahabat Haji Plus sekalian dapat dengan segera mendaftarkan diri ke jasa travel haji. Teruntuk Sahabat Haji Plus yang memilih program Haji Plus dikarenakan tak ingin memiliki waktu tunggu yang lama, Biaya yang perlu dipersiapkan ialah sekitar 2 hingga 3 kali lipat dari biaya haji regular. Bagi Sahabat Haji Plus yang mendaftar paket Haji Plus di Satutours Travel, Biaya yang dibutuhkan sekitar 9000 USD. Dengan harga tersebut, Sahabat Haji Plus telah mendapatkan fasilitas yang exclusive dan dipastikan nyaman dengan segala fasilitas yang telah disuguhkan. Ini juga dapat menjadi bekal teruntuk Sahabat Haji Plus yang hendak mempersiapkan Biaya ONH Plus 2021.

Persiapan Fisik Sebelum Keberangkatan Haji

Sebelum Sahabat Haji Plus meninggalkan Tanah Air dan berangkat ke Tanah Suci untuk melaksanakan ibadah haji, alangkah lebih baiknya Sahabat Haji Plus sekalian menyiapkan fisik agar tetap prima saat ibadah haji. Ada beberapa persiapan fisik yang hendaknya dipersiapkan dengan baik. Hal ini tentunya akan berguna bagi kelancaran ibadah haji yang Sahabat Haji Plus jalankan. Apa saja persiapan fisik yang hendaknya dilakukan? Berikut lebih jelasnya.

  1. Menjaga Pola Makan

Tahukah Sahabat Haji Plus? Bahwasannya makanan yang dikonsumsi akan mempengaruhi Kesehatan tubuh secara jangka Panjang. Apabila pola makannya baik dan seimbang, maka tentu saja Kesehatan orang tersebut akan terjaga. Akan berbanding terbalik apabila tak menjalankan pola makan yang baik. Karena sesungguhnya ada istilah yang mengatakan “ Kamu adalah apa yang kamu makan” sehingga, kalimat tersebut cukup menggambarkan betapa pentingnya peranan makanan bagi tubuh. Perihal pola makan, jamaah haji  harus menerapkan pola makan yang sehat dengan tujuan memenuhi asupan gizi sesuai dengan kebutuhan tubuh. Teruntuk calon jamaah yang hendak menunaikan ibadah haji di Tanah Suci, hendaknya membiasakan diri untuk makan dengan lauk pauk lengkap yang mengandung protein tinggi, cukup karbohidrat, lemak serta buah dan sayur – mayur. Buah dan sayuran hendaknya menjadi asupan yang tak terlupakan tiap harinya, karena kaya akan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Cukupi juga kebutuhan cairan yang harus terpenuhi yakni setidaknya 2 liter per hari. Ada beberapa tips yang dapat Sahabat Haji Plus lakukan dalam mengatur porsi makan, antara lain :

  • Berhenti makan Ketika sudah merasa cukup
  • Kunyah makanan dengan perlahan yakni tidak terburu – buru
  • Ketika makan, hendaknya tak diiringi melakukan aktivitas selainnya
  • Perbanyak asupan protein dan juga sayur serta buah
  • Batasi makanan olahan, gorengan serta makanan siap saji
  • Batasi makanan yang mengandung kadar gula tinggi, seperti cokelat, minuman bersoda dan lain sebagainya
  1. Memahami Aktivitas Fisik

Tahukah Sahabat Haji Plus sekalian? Bahwa aktivitas fisik tak selalu tentang olahraga. Aktivitas fisik yang dimaksud ialah kegiatan sehari – hari yang biasa dilakukan. Aktivitas fisik ini memiliki tingkat golongan yakni ringan, sedang dan berat. Contohnya mengepel lantai, menejmur baju dan lain sebagainya. Untuk mendapatkan manfaat terbaik dari aktivitas fisik, hendaknya kegiatan yang dilakukan haruslah rutin. Badan Kesehatan dunia merekomendasikan bahwa setiap orang dewasa termasuk lansia dapat melakukan 150 menit aktivitas fisik intensitas rendah hingga sedang. 75 menit per minggu untuk aktivitas fisik intensitas berat atau kombinasi dari keduanya. Jumlah durasi tersebut dapat dibagi menjadi 3 hingga 5 kali olahraga dalam seminggu. Dengan memahami aktivitas fisik, Sahabat Haji Plus juga dapat menyesuaikan porsi makan yang dibutuhkan oleh tubuh. Apabila Sahabat Haji Plus sama sekali tak memiliki waktu untuk melakukan pekerjaan rumah ataupun olahraga, maka cara terbaik untuk meningkatkan aktivitas fisik adalah dengan cara mengubah kebiasaan. Seperti mengurangi penggunaan jasa delivery dan lebih memilih membeli ke outletnya sendiri, lebih memilih naik tangga dibandingkan lift dan lain sebagainya. Hal ini tentunya juga guna mendapatkan tubuh yang fit saat melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci.

  1. Istirahat Yang Cukup

Bagi Sahabat Haji Plus yang hendak menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci, hal selanjutnya yang berperan dalam rangka menjaga tubuh agar tetap optimal adalah isirahat yang cukup. Sahabat Haji Plus yang hendak menjalankan ibadah haji hendaknya memiliki kualitas serta kuantitas tidur yang baik. Hal ini dikarenakan pada saat proses pelaksanaan ibadah haji, tentunya sangat menguras tenaga. Waktu tidur yang ideal ialah sekiat 6 hingga 8 jam.

Cara Menerapkan Nilai – Nilai Ibadah Haji

  1. Menanggalkan semua hal yang menyangkut kecintaan pada duniawi dengan mengenakan ihram kesucian. Ihram menjadi penghalang bagi kita untuk mulai terlarang melakukan hal-hal yang sebelumnya diperbolehkan. Pakaian putih seperti kain kafan yang mengingatkan kita akan kematian.
  2. Menguatkan aqidah.
  3. Kecintaan pada Allah, disiplin, dan pengabdian yang murni sebagai nilai dari simbol bergerak teratur dan searah melalui tawaf.
  4. Bersikap jujur, kasih sayang, berani, tulus, dan sabar yang merupakan akhlak-akhlak terpuji yang disimbolkan melalui perjuangan ibunda Ismail saat melakukan sai di antara Shafa dan Marwa.
  5. Mengenal diri sebagai hamba yang taat dan tidak menanamkan sifat lawan dari taat, sehingga keangkuhan diri akan sirna sebagai nilai penting saat bergerak menuju dan berkumpul di padang Arafah, kemudian ke Masy’ar dan akhirnya bermalam di Mina dalam kumpulan kafilah manusia. Perjalanan ini, menjadi simbol untuk menggapai puncak keyakinan tertinggi dari ilmu al-yaqin, ainal yaqin hingga haqqul yaqin.
  6. Melawan segala bentuk kezaliman baik yang datang dari diri sendiri maupun dari orang lain. Nilai ini terlihat dalam ritual melempar jumroh yang merupakan lambang kebohongan dan kezaliman.
  7. Ikhlas dan takwa dalam melayani manusia melalui penyembelihan qurban. Dengan ini kita membuang semua sifat kebinatangan dalam diri kita dan menyerap sifat-sifat Allah yang mulia.
  8. Menyingkirkan kotoran-kotoran diri yang tersisa melalui symbol pelaksanaan tahallul (mencukur rambut semua atau sebagiannya).

Langkah Aman Mendaftar Haji Plus

            Tak bisa dipungkiri bahwa saat ini banyak sekali jasa travel yang menawarkan berbagai tawaran yang menarik. Namun, dengan adanya berbagai tawaran menarik tersebut tak menutup kemungkinan terdapat aksi penipuan yang dilakukan oleh oknum tak bertanggung jawab. Agar rencana Sahabat Haji Plus terkait menunaikan ibadah haji berjalan dengan lancar, sebisa mungkin Sahabat Haji Plus berhati – hati dalam memilih jasa travel. Ada beberapa Langkah yang dapat Sahabat Haji Plus coba pada saat hendak mendaftar haji plus. Apa saja langkahnya? Yuk simak informasi di bawah ini.

  1. Memilih Jasa Travel Yang Mengantongi Ijin Resmi

            Langkah pertama yang hendaknya diperhatikan sebelum memilih jasa travel yang hendak dipercaya ialah dengan memperhatikan ijin resmi pihak travel sebagai penyelenggara haji dari kantor departemen agama. Hal ini dikarenakan untuk memastikan bahwa jasa travel tersebut memang berhak untuk memberangkatkan jamaah haji serta telah terverifikasi. Dengan begitu, jasa travel tersebut dapat dikatakan aman untuk digunakan apabila telah terdaftar resmi sebagai penyelenggara haji dari kantor departemen agama. Dengan mengetahui kejelasan terkait jasa travel perihal ijin resminya, maka Sahabat Haji Plus akan terhindar dari kasus penipuan dana haji ataupun penggelapan dana haji oleh pihak travel. Bagi sahabat Haji Plus yang mencari jasa travel yang tepat dan terpercaya, Satutours Travel adalah solusinya. Karena paket haji yang disediakan Satutours Travel yakni Haji Plus dan Haji Plus telah legal dan terverifikasi. Oleh karena itulah, kepastian keberangkatan tentunya telah jelas dan tak perlu untuk diragukan lagi.

  1. Memastikan Alamat Kantor Dengan Benar

Sebelum Sahabat Haji Plus memutuskan untuk menggunakan jasa travel yang hendak digunakan, sebaiknya lakukan survei terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar Sahabat Haji Plus dapat mengetahui kebenarannya terkait jasa travel yang diketahui tersebut. Salah satu survei yang bisa dilakukan ialah dengan memeriksa alamat kantor travel yang tertera pada website resmi. Sahabat Haji Plus dapat memastikan kebenarannya bahwa kantor travel tersebut memanglah ada wujudnya dan meyakinkan. Bagi sahabat Haji Plus sekalian yang ingin survei terkait jasa travel yang amanah, Satutours Travel adalah referensi yang tepat. Karena Satutours Travel tentunya tak diragukan karena telah memiliki alamat kantor yang jelas, berwujud dan memiliki cabang. Selain cabang pusat yang berada di Jakarta, Satutours Travel memiliki cabang yang berada di kota Surabaya. Hal ini membuktikan bahwa Satutours Travel merupakan jasa travel yang telah terpercaya dan amanah.

  1. Harga Yang Rasional

Seringkali seseorang mencari harga yang seminimal mungkin, termasuk dalam hal harga untuk pelaksanaan ibadah Haji. Namun tahukah sahabat Haji Plus? Bahwa tak selalu penawaran yang murah memberikan hasil yang memuaskan. Hal ini telah dibuktikan oleh beberapa orang yang telah kecewa karena salah memilih jasa travel diakibatkan tergiur oleh harga yang murah. Oleh karena itulah, hendaknya Sahabat Haji Plus sebaiknya tak langsung tergiur apabila terdapat penawaran terkait pelaksanaan haji dengan biaya yang cukup murah, terlebih dengan harga yang tak masuk akal. Bagi sahabat Haji Plus sebaiknya memilih harga standard yakni tak terlampau murah. Apabila sahabat Haji Plus ingin mendapatkan biaya Haji Plus dengan harga yang standard dengan didampingi fasilitas yang exclusive, sahabat Haji Plus dapat memeprolehnya di Satutours Travel. Karena di Satutours Travel menawarkan biaya Haji Plus dengan harga yang terbaik serta fasiitas yang terbaik pula. Dengan tersedianya fasilitas yang terbaik tentunya akan membuat jamaah Haji Plus merasa nyaman dalam proses pelaksanaan ibadah haji berlangsung.

  1. Lihatlah Metode Pembayarannya

Untuk melihat bahwa jasa travel memang meyakinkan, sahabat Haji Plus dapat melihat dari cara pembayarannya pula. jasa travel yang resmi pada umumnya menggunakan jasa perbankan untuk transaksi pembayarannya. Pastikan bahwa jasa travel tersebut memiliki rekening atas nama perusahaan, bukan atas nama pribadi. Selain itu, hindari jasa travel yang meminta pelunasan pembayaran di awal pedaftaran. Hal ini dilakukan agar Sahabat Haji Plus tak mengalami penipuan yang bisa saja terjadi.

  1. Mengecek Keseuaian Fasilitas

Fasilitas merupakan penunjang kenyamanan. Oleh karena itulah, sudah selayaknya pihak travel menyediakan fasilitas yang senyaman mungkin bagi para jamaah Haji Plus. Terlebih, Haji Plus ini merupakan haji yang dikenal dengan harga yang cukup lumayan tinggi. Sehingga sudah sepantasnya apabila Sahabat Haji Plus mendapatkan fasilitas exclusive yang sebanding dengan harga yang telah dibayarkan. Bagi sahabat Haji Plus yang telah terdaftar sebagai calon jamaah Haji Plus tentunya akan mendapatkan kualitas yang demikian. Kualitas yang terbaik serta jasa pelayanan yang terbaik pula akan menemani para jamaah Haji Plus selama proses pelaksanaan ibadah haji.

Barang Yang Perlu Dibawa Saat Haji

Sebelum berangkat untuk melaksanakan ibadah haji, hendaknya sahabat Haji Plus mempersiapkan perlengkapan yang akan dibawa berdasarkan jenisnya. Perlengkapan yang dibawa antara laki – laki dan perempuan yakni hampir sama. Namun, ada beberapa yang memang berbeda seperti halnya kain ihram. Kain ihram dibawa oleh kaum adam sedangkan yang kaum hawa membawa baju muslim seperti gamis. Daftar perlengkapan yang akan dibawa dan dibutuhkan biasanya akan diberikan oleh pihak travel. Pihak travel biasanya akan memberikan daftar perlengkapan apa saja yang hendaknya dibawa dan dibutuhkan, yang harus dimasukkan ke dalam koper besae serta perlengkapan mana yang hendak dimasukkan ke dalam tas kecil. Apabila seulurh perlengkapan yang hendak dibawa sudah lengkap, langak selanjutnya yang hendaknya dilakukan oleh sahabat Haji Plus ialah mengelompokkan jenis perlengkapan yang dibawa. Sebaiknya kelompokkan barang bawaan sesuai dengan fungsinya yakni memilah manakah yang akan sering digunakan dan manakah yang tidak sering digunakan. Berikut ini adalah pengelompokanya :

  1. Perlengkapan Yang langsung Dipakai

  • Tas Selempang atau tas pinggang

Tas selempang ataupun tas pinggang berfungsi untuk menyimpan barang yang berharga, seperti handpohe dan dompet. Hendaknya sahabat Haji Plus menggunakan tas pinggang yang memungkinkan sahabat Haji Plus untuk tetap memakainya kapanpun, bahkan pada saat sholat. Untuk penggunaannya, sebaiknya simpanlah tas pinggang di balik kain ihram terkhusus jamaah laki – laki dan di balik bergo khusus untuk perempuan. Yang perlu diperhatikan ialah jangan pernah meletakkan tas pinggang ataupun tas selempang secara semabarangan.

  • Sandal atau Sepatu

Untuk penggunaan sandal atau sepatu hendaknya gunakanlah yang nyaman dan aman saat digunakan. Hal ini menghindari lecet pada kaki akibat penggunaan sandal ataupun sepatu yang tak nyaman pada kaki. Untuk penggunaan sandal atau sepatu hendaknya tak perlu mahal, yang terutama ialah nyaman untuk dipakai.

  • Handphone

Pada saat berada di Tanah Suci hendaknya sahabat Haji Plus menggunakan kartu yang memberikan tawaran tarif roaming international khusus haji, baik untuk data maupun telepon. Sahabat Haji Plus dapat membeli kartu perdana lokal di bandara King Abdul Aziz yang berada di Jeddah. Apabila sahabat sahabat Haji Plus sudah mendapatkan dan memiliki nomor lokal, segeralah informasikan kepada keluarga yang berada di Indonesia.

  • Buku Catatan Kecil serta Pulpen

Buku catatan kecil dan pulpen berfungsi untuk menulis serta mencatat nomor telepon teman, nomor telepon hotel, nomor kamar tempat menginap dan lain sebagainya. Ini merupakan hal yang cukup membantu sahabat Haji Plus sekalian pada saat sahabat Haji Plus tertinggal ataupun terpisah dari rombongan.

  1. Perlengkapan Yang Masuk Bagasi

  • Perlengkapan Untuk Laki – Laki

  1. Kain Ihram 1 Set, namun sediakan pula cadangan
  2. Sandal dan tas plastik yang akan digunakan untuk menyimpan sandal saat di dalam masjid
  3. Kacamata hitam ( bisa digunakan pada saat ziarah ataupun tour)
  4. Sabuk yang ada dompetnya
  5. Celana berbahan kain (sebaiknya hindari celana yang berbahan jeans)
  6. Baju Koko warna putih dan baju batik (biasanya telah disediakan oleh pihak travel)
  7. Beberapa pakaian yang digunakan saat tour
  8. Sarung (apabila diperlukan)
  9. Pakaian dalam secukupnya
  10. Pelembab kulit agar kulit tidak kering
  11. Jaket atau sweater
  12. Sajadah tipis
  13. Perlengkapan mandi
  14. Kamera pocket
  15. Masker hidung
  16. Kaus kaki tebal
  17. Obat – obatan pribadi
  • Perlengkapan Untuk Perempuan

  1. Gamis, rok ataupun kulot lebar (disarankan warna putih atau berwarna lembut)
  2. Bergo seragam ( pada umumnya telah disediakan oleh pihak travel)
  3. Mukena atasan
  4. Sandal dan tas plastic yang akan digunakan untuk menyimpan sandal pada saat masuk masjid
  5. Kacamata hitam ( bisa digunakan pada saat ziarah ataupun tour)
  6. Pakaian tidur untuk di hotel
  7. Pakaian dalam secukupnya (disesuaikan dengan jumlah hari)
  8. Pelembab kulit seperti handbody agar kulit tidak kering
  9. Sajadah tipis
  10. Jaket atau sweater
  11. Perlengkapan mandi secukupnya
  12. Kaos kaki tebal
  13. Perlengkapan gadget
  14. Masker hidung
  15. Obat – obatan pribadi
  • Perlengkapan Saat di Pesawat

Selain tas pinggang ataupun tas selempang, sahabat Haji Plus hendaknya juga membawa tas jinjing kecil yang berguna untuk membawa berbagai barang yang diperlukan baik saat di pesawat ataupun pada saat turun dari pesawat (di bandara Jeddah). Perlengkapan yang harus ada dalam tas jinjing kecil itu antara lain :

  1. Al – Qur’an dan buku doa
  2. Dompet yang berisi uang tunai secukupnya
  3. Handphone
  4. Makanan ringan secukupnya
  5. Peralatan sholat
  6. Obat – obatan pribadi
  7. Minuman untuk diminum saat menunggu di bandara
  8. Perlengkapan mandi

Nah Itulah sekilas informasi tentang Biaya ONH Plus 2021. Semoga informasi yang telah diulas dapat menjadi bekal Sahabat Haji Plus untuk mempersiapkan diri sebelum berangkat ke tanah suci. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *