Haji ONH Plus

Haji ONH Plus

Ibadah Haji merupakan sebagian rukun islam, yang ke lima. Bagi tiap muslim yang sudah mampu secara keaadaan sangat diwajibkan untuk melaksanakannya. Ibadah Haji termasuk salah satu bentuk metode spiritual dalam agama islam dimana secara aktivitas lahiriyah umat islam mengunjungi tanah suci Mekkah namun secara dhahiriyah merupakan penggambaran maupun simbol pemenuhan panggilan dari Allah SWT untuk pulang menghadap – Nya selain daripada itu dalam prosesi Ibadah Haji disana akan melaksanakan penyembelihan Hewan Qurban sebagai symbol perlawanan ataupun penyembelihan hawa nafsu kita. Olehkarenanya Betapa dalamnya perjalanan spiritual yang didapat ketika melaksanakan Ibadah Haji dan betapa beruntungnya Sahabat Haji plus yang bisa melaksananyakan, baiknya tiap umat islam yang sudah memiliki kemampuan, baiknya dengan segera melaksanakan karena kita sebagai manusia  tidak tau nasib apa yang akan terjadi kedepannya. Jika Berbicara tentang ibadah haji esensi kegiatannya sama. Namun dalam fasilitas pelaksanaan ada beberapa perbedaan, diantaranya adalah berkaitan erat dengan waktu keberangkatan. Saat ini setidaknya ada 3 ragam pilihan paket keberangkatan Haji, diantaranya adalah Haji ONH plus, Haji regular, Haji Furoda. Masa tunggu Haji ONH Plus hanya sekiatr 5 – 7 tahun saja. Akan tetapi, biaya yang dkeluarkan sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan Haji Reguler. Bagi sahabat Haji Plus yang ingin melaksanakan ibadah Haji namun enggan untuk antri dalam waktu yang sampai belasan maupun menyentuh angka dua puluh tahun, sahabat Haji Plus dapat memilih Haji Plus sebagai pilihan yang tepat. Haji ONH plus adalah ibadah haji yang diberangkatkan tanpa antri lama lama karena memiliki jalur khusus yang bisa memangkas penantian keberangkatanya dengan harga yang lebih terjangkau ketimbang haji Furoda. Bagi sahabat Haji Plus yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai Biaya Haji furoda dan haji Plus Terlengkap, silahkan simak terus informasi di Link Info Haji Plus https://www.hajiplus.id/haji-plus/. Untuk informasi Perlengkapan apa saja yang perlu dibawah untuk Berangkat Haji akan kami informasikan dibawah ini.

Perlengkapan Yang Perlu Dibawa Saat Haji

            Sudahkah sahabat Haji Plus mengerti perlengkapan apa saja yang hendaknya dibawa? Sebelum melaksanakan ibadah haji sudah seharusnya sahabat Haji Plus menyiapkan segala sesuatunya dengan lengkap dan sebaik mungkin agar tidak kebingungan ketika sudah di kota Suci Mekkah. Apa saja perlengkapan yang harus dibawa? Tentunya Harus sesuai keadaan di lapangan, Yuk simak informasi dibawah ini.

  1. Perhatikan Musim pada Saat Pelaksanaan Haji

Pertama kali yang hendaknya sahabat Haji Plus perhatikan ialah musim yang sedang terjadi pada saat pelaksanaan haji. Hendaknya perhatikan apakah pelaksanaan haji sahabat Haji Plus pada musim panas ataukah dingin. Sehingga dengan mengetahui musim yang sedang terjadi, sahabat Haji Plus tak perlu repot – repot untuk membawa perlengkapan yang tak seharusnya dibawa.

  1. Kelompokkan Berdasarkan Jenisnya

Sebelum berangkat untuk melaksanakan ibadah haji, hendaknya sahabat Haji Plus mempersiapkan perlengkapan yang akan dibawa berdasarkan jenisnya. Perlengkapan yang dibawa antara laki – laki dan perempuan yakni hampir sama. Namun, ada beberapa yang memang berbeda seperti halnya kain ihram. Kain ihram dibawa oleh kaum adam sedangkan yang kaum hawa membawa baju muslim seperti gamis. Daftar perlengkapan yang akan dibawa dan dibutuhkan biasanya akan diberikan oleh pihak travel. Pihak travel biasanya akan memberikan daftar perlengkapan apa saja yang hendaknya dibawa dan dibutuhkan, yang harus dimasukkan ke dalam koper besae serta perlengkapan mana yang hendak dimasukkan ke dalam tas kecil. Apabila seulurh perlengkapan yang hendak dibawa sudah lengkap, langak selanjutnya yang hendaknya dilakukan oleh sahabat Haji Plus ialah mengelompokkan jenis perlengkapan yang dibawa. Sebaiknya kelompokkan barang bawaan sesuai dengan fungsinya yakni memilah manakah yang akan sering digunakan dan manakah yang tidak sering digunakan. Berikut ini adalah pengelompokanya :

  • Perlengkapan Yang langsung Dipakai

  • Tas Selempang atau tas pinggang

Tas selempang ataupun tas pinggang berfungsi untuk menyimpan barang yang berharga, seperti handpohe dan dompet. Hendaknya sahabat Haji Plus menggunakan tas pinggang yang memungkinkan sahabat Haji Plus untuk tetap memakainya kapanpun, bahkan pada saat sholat. Untuk penggunaannya, sebaiknya simpanlah tas pinggang di balik kain ihram terkhusus jamaah laki – laki dan di balik bergo khusus untuk perempuan. Yang perlu diperhatikan ialah jangan pernah meletakkan tas pinggang ataupun tas selempang secara semabarangan.

  • Sandal atau Sepatu

Untuk penggunaan sandal atau sepatu hendaknya gunakanlah yang nyaman dan aman saat digunakan. Hal ini menghindari lecet pada kaki akibat penggunaan sandal ataupun sepatu yang tak nyaman pada kaki. Untuk penggunaan sandal atau sepatu hendaknya tak perlu mahal, yang terutama ialah nyaman untuk dipakai.

  • Handphone

Pada saat berada di Tanah Suci hendaknya sahabat Haji Plus menggunakan kartu yang memberikan tawaran tarif roaming international khusus haji, baik untuk data maupun telepon. Sahabat Haji Plus dapat membeli kartu perdana lokal di bandara King Abdul Aziz yang berada di Jeddah. Apabila sahabat sahabat Haji Plus sudah mendapatkan dan memiliki nomor lokal, segeralah informasikan kepada keluarga yang berada di Indonesia.

  • Buku Catatan Kecil serta Pulpen

Buku catatan kecil dan pulpen berfungsi untuk menulis serta mencatat nomor telepon teman, nomor telepon hotel, nomor kamar tempat menginap dan lain sebagainya. Ini merupakan hal yang cukup membantu sahabat Haji Plus sekalian pada saat sahabat Haji Plus tertinggal ataupun terpisah dari rombongan.

  • Perlengkapan Yang Masuk Bagasi

  • Perlengkapan Untuk Laki – Laki

  1. Kain Ihram 1 Set, namun sediakan pula cadangan
  2. Sandal dan tas plastik yang akan digunakan untuk menyimpan sandal saat di dalam masjid
  3. Kacamata hitam ( bisa digunakan pada saat ziarah ataupun tour)
  4. Sabuk yang ada dompetnya
  5. Celana berbahan kain (sebaiknya hindari celana yang berbahan jeans)
  6. Baju Koko warna putih dan baju batik (biasanya telah disediakan oleh pihak travel)
  7. Beberapa pakaian yang digunakan saat tour
  8. Sarung (apabila diperlukan)
  9. Pakaian dalam secukupnya
  10. Pelembab kulit agar kulit tidak kering
  11. Jaket atau sweater
  12. Sajadah tipis
  13. Perlengkapan mandi
  14. Kamera pocket
  15. Masker hidung
  16. Kaus kaki tebal
  17. Obat – obatan pribadi
  • Perlengkapan Untuk Perempuan

  1. Gamis, rok ataupun kulot lebar (disarankan warna putih atau berwarna lembut)
  2. Bergo seragam ( pada umumnya telah disediakan oleh pihak travel)
  3. Mukena atasan
  4. Sandal dan tas plastic yang akan digunakan untuk menyimpan sandal pada saat masuk masjid
  5. Kacamata hitam ( bisa digunakan pada saat ziarah ataupun tour)
  6. Pakaian tidur untuk di hotel
  7. Pakaian dalam secukupnya (disesuaikan dengan jumlah hari)
  8. Pelembab kulit seperti handbody agar kulit tidak kering
  9. Sajadah tipis
  10. Jaket atau sweater
  11. Perlengkapan mandi secukupnya
  12. Kaos kaki tebal
  13. Perlengkapan gadget
  14. Masker hidung
  15. Obat – obatan pribadi
  • Perlengkapan Saat di Pesawat

Selain tas pinggang ataupun tas selempang, sahabat Haji Plus hendaknya juga membawa tas jinjing kecil yang berguna untuk membawa berbagai barang yang diperlukan baik saat di pesawat ataupun pada saat turun dari pesawat (di bandara Jeddah). Perlengkapan yang harus ada dalam tas jinjing kecil itu antara lain :

  1. Al – Qur’an dan buku doa
  2. Dompet yang berisi uang tunai secukupnya
  3. Handphone
  4. Makanan ringan secukupnya
  5. Peralatan sholat
  6. Obat – obatan pribadi
  7. Minuman untuk diminum saat menunggu di bandara
  8. Perlengkapan mandi

Aneka Jenis Visa Untuk Ibadah Haji

Tahukah Sahabat Haji Plus? Ternyata untuk melaksanakan ibadah haji tak hanya ada satu jenis visa saja. Melainkan, terdapat beberapa jenis visa yang dapat digunakan untuk berangkat ke tanah suci. Agar sahabat Haji Plus dapat berangkat ke tanah suci untuk melaksanakan ibadah haji tentunya sahabat Haji Plus harus memiliki visa yang resmi. Jenis visa yang dapat digunakan untuk berangkat haji ada 3 jenis yakni haji yang melalui kuota reguler, kuota khusus atau kuota furoda/muajamlah.

  1. Visa Haji Reguler

Visa Haji Reguler merupakan visa haji yang diberikan oleh pemerintah Indonesia melalui Kementrian Agama. Cara mendapatkan visa Haji Reguler agar dapat berangkat ke tanah suci dalam rangka melaksanakan ibadah haji ialah dengan cara mendaftarkan diri ke bank yang telah dirujuk pemerintah dan membayar Biaya Penyelenggraaan Ibadah Haji (BPIH). Setelah itu calon jamaahhaji akan memperoleh nomor proxy haji. Namun, seperti yang telah diketahui bahwa kekurangan dari Haji reguler ini memiliki waktu tunggu yang cukup lama. Waktu tunggu yang cukup lama ini ialah dengan mengatre kurang lebih selama 20 tahun.

  1. Visa Haji Khusus atau Haji ONH Plus

Visa haji khusus merupakan visa haji yang memiliki jumlah sebesar 8 persen dari kuota Haji Reguler atau kurang lebihnya sekitar 18 – 19 ribu orang. Calon jamaah dari kuota haji khusus akan mendaftar melalui pihak jasa travel. Calon jamaah haji ini memiliki waktu tunggu keberangkatan yang lebih cepat dibandingkan dengan visa haji reguler yakni maksimal 7 tahun. Ada hal penting yang hendaknya diketahui oleh jamaah haji yakni terkait kepengurusan visa. Visa ini gratis dan diurus oleh pihak jasa travel. Sehingga bagi para calon jamaah haji tak perlu repot untuk mengurus visa ibadah haji.

  1. Visa Haji Furoda atau Mujamalah

Visa Haji Furoda atau Mujamalah merupakan visa khusus yang merupakan undangan dari pemerintah kerajaan Arab Saudi di luar kuota visa haji yang sudah dijatahkan kepada Kementrian Agama Republik Indonesia. Jadi, melalui visa furoda inilah jamaah haji furoda tak perlu menunggu antrian yang cukup lama untuk berangkat ke tanah suci dalam rangka melaksanakan ibadah haji. Untuk visa furoda ini siapapun boleh mendapatkan kuota tersebut yang peraturannya telah diatur dalam Undang – Undang nomor 8 tahun 2019 tentang Penyelenggraan Haji dan Umroh. Berbeda hal nya dengan visa Haji Reguler dan Haji Khusus, Visa Furoda ini merupakan visa yang tidak gratis. Akan tetapi, cara mendapatkannya dengan cara harus membayar. Oleh karena itulah, Haji Furoda merupakan program haji yang paling mahal. Karena memang visa yang dipakai ialah visa khusus. Namun, disisi lain kelebihan visa furoda adalah calon jamaah dapat berangkat lebih cepat.

Persiapan Pemberangkatan Ibadah Haji

Sebelum berangkat ke tanah suci untuk melaksanakan ibadah haji, sudah selayaknya persiapan telah dilakukan semaksimal mungkin. Persiapan sebelum berangkat menuju tanah suci dianjurkan agar diri lebih siap dalam menjalankan serangkaian kegiatan yang akan dilakukan dalam proses pelaksanaan ibadah haji. Persiapan apa saja yang hendaknya diperhatikan? yuk simak informasi di bawah ini.

1. Persiapan Mental Dan Spiritual

2. Niat Semata – mata ibadah karena Allah SWT

Persiapan yang paling utama ialah mempersiapkan niat untuk melakukan ibadah haji semata – mata ibadah karena Allah Swt. Pastikan niat tersebut telah benar dalam diri sahabat Haji Plus sekalian. Jangan sampai niat yang timbul tersebut malah justru niat untuk pamer kepada teman atau keluarga bahwa sahabat Haji Plus memang mampu untuk melakukannya. Jika dalam diri sahabat Haji Plus timbul niat hanya karena ingin pamer, segeralah istighfar dan niatlah hanya karena Allah Swt.

3. Bertaubat dan mohon bimbingan dari Allah SWT

Persiapan seusai niat karena Allah selanjutnya ialah beratubat dan mohon bimbingan dari Allah Swt. Tentunya sahabat Haji Plus sebagai manusia pastinya tak luput dari salah. Oleh karena itulah, sebelum berangkat dan menunaikan ibadah haji sebaiknya bertaubat terlebih dahulu dan memohon bimbingan kepada Allah Swt agar ibadah haji yang akan dilakukan berjalan dengan lancar dan tidak ada hambatan apapun.

4. Selesaikan Masalah Keluarga, Pekerjaan, dll.

Sebelum berangkat ke tanah suci untuk melaksanakan ibadah haji, apabila sahabat Haji Plus memiliki permasalahan dengan keluarga maupun pekerjaan sebaiknya selesaikan terlebih dahulu. Hendaknya sahabat Haji Plus menyekesaikan segala masalah yang timbul. Agar ketika sahabat Haji Plus melaksanakan ibadah haji, pelaksanaannya menajdi lancar dan tidak terganggu.

5. Silaturahmi dengan banyak pihak dan mohon do’a restu

Persiapan yang selanjutnya ialah dengan menjalin silaturahmi dengan banyak pihak serta memohon doa restu. Hal ini bertujuan agar ketika sahabat Haji Plus dalam proses pelaksanaan ibadah haji, proses pelaksanaan ibadah haji tersebut berlangsung dengan lancar dan tanpa hambatan. Oleh karena itulah, hendaknya sebelum berangkat ke tanah suci sahabat Haji Plus memohon doa restu kepada teman, keluarga dan pihak lainnya.

6. Persiapan Material

7. Mempersiapkan bekal secukupnya, termasuk untuk yang dittinggalkan

Selain persiapan mental spiritual, ada pula persiapan material yang tentunya tak kalah pentingnya. Persiapan material dengan mempersiapkan bekal secukupnya, termasuk untuk yang ditinggalkan ialah bertujuan agar merasa cukup dan tidak kekurangan. Bekal yang cukup untuk yang hendak meninggalkan rumah dan bekal yang cukup pula bagi yang ditinggalkan.

8. Membawa Persiapan ke tanah suci. Contohnya : pakaian, dll

Material lain yang tentunya membutuhkan persiapan ialah berupa kebutuhan seperti pakaian. Jangan sampai lupa bagi sahabat Haji Plus dalam mempersiapkan barang bawaan yang dirasa penting tersebut.

Lokasi Ibadah Haji

Mungkin sebagian besar dari sahabat Haji Plus mengerti bahwa lokasi Ibadah Haji tak hanya dilakukan di satu tempat saja. Akan tetapi, lokasi ibadah haji berada di beberapa tempat. Beberapa tempat yang digunakan sebagai lokasi penyelenggaraan haji di Tanah Suci antara lain :

  1. Makkah Al Mukarommah

Tahukah Sahabat Haji Plus? Bahwa di kota Makkah inilah berdiri pusat ibadah umat Islam sedunia, Ka’bah, yang berada di pusat Masjidil Haram. Dalam rangakaian ibadah haji, Makkah menjadi tempat pembuka dan penutup ibadah ini ketika jamaah diwajibkan melaksanakan niat dan thawaf haji.

  1. Arafah

Arafah ini merupakan kota yang terletak di sebelah timur Makkah. Arafah juga dikenal sebagai tempat pusat pelaksanaan ibadah haji yaitu tempat untuk melaksanakan kegiatan wukuf yang selalu dilaksanakan pada tanggal 9 Dzulhijjah tiap tahunnya. Arafah ini merupakan daerah berbentuk padang luas ini adalah tempat berkumpulnya sekitar dua juta jamaah haji dari seluruh dunia. Di luar musim haji, Arafah ini tidak dipakai sehingga sangat sepi.

  1. Muzdalifah

Muzdalifah merupakan tempat yang berada di dekat Mina dan Arafah. Muzdalifah ini dikenal sebagai tempat jamaah haji melakukan mabit (bermalam) dan mengumpulkan bebatuan untuk melaksanakan ibadah jumrah di Mina.

  1. Mina

Mina merupakan tempat berdirinya tugu jumrah yakni tempat pelaksanaan kegiatan melontarkan batu ke tugu jumrah sebagai simbolisasi tindakan nabi Ibrahim ketika mengusir setan. Di masing-masing tempat itu berdiri tugu yang digunakan untuk pelaksanaan: Jumrah Aqabah, Jumrah Ula dan Jumrah Wustha. Di tempat ini jamaah juga diwajibkan untuk menginap satu malam.

  1. Madinah

Madinah merupakan kota suci kedua umat Islam. Di tempat inilah panutan umat Islam, Nabi Muhammad SAW dimakamkan di Masjid Nabawi. Tempat ini sebenarnya tidak masuk ke dalam ritual ibadah haji, namun jamaah haji dari seluruh dunia biasanya menyempatkan diri berkunjung ke kota yang letaknya kurang lebih 330 km (450 km melalui transportasi darat) utara Makkah ini untuk berziarah dan melaksanakan salat di masjidnya Nabi.

Budget Pelaksanaan Haji ONH Plus

Haji ONH Plus

Haji Plus merupakan salah satu program haji yang tersedia di Indonesia yang memiliki waktu tunggu keberangkatan lebih cepat daripada waktu tunggu keberangkatan Haji Reguler. Haji Plus memiliki waktu tunggu yang relative lebih cepat yakni hanya memerlukan waktu tunggu sekitar 5 – 7 tahun saja. Perihal biaya memang Haji Plus ini sedikit memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan Haji Reguler. Namun, memang sebanding dengan waktu tunggu keberangkatannya serta fasilitas yang diberikan kepada para jamaah. Bagi sahabat Haji Plus yang ingin mendaftar sebagai calon jamaah Haji Plus, sahabat Haji Plus dapat mendaftarkan diri pada Satutours Travel. Karena di Satutours Travel menyediakan harga yang terbaik serta jasa pelayanan yang terbaik pula untuk para calon jamaah haji. Harga Haji Plus yang tersedia terdapat 2 macam, yakni Haji Plus dan Haji Plus VIP. Perbedaan antara keduanya tersebut terkait prioritas keberangkatan serta fasilitas yang diberikan pula. Tak perlu dipertanyakan lagi perihal fasilitas yang diberikan. Karena segala fasilitas yang diberikan merupakan selalu mengutamakan kenyamanan para jamaah haji. Oleh karena itu sebisa mungkin fasilitas yang disediakan merupakan fasilitas yang menunjang kenyamanan jamaah haji. Terkait perbedaan biaya antara Haji Plus dengan Haji Plus VIP ialah hanya berbeda sedikit saja. Untuk harga Haji Plus dibandrol dengan harga $9000 sedangkan untuk biaya Haji Plus VIP dibandrol dengan harga $11,000. Bagi sahabat Haji Plus dapat memilih program Haji Plus yang mana yang akan digunakan sebagai sarana dalam proses pelaksanaan ibadah haji. Tentunya dalam memilih program Haji Plus ini uga disesuaikan dengan budget yang telah dipersiapkan oleh sahabat Haji Plus sekalian. Bagi sahabat Haji Plus yang hendak melaksanakan Haji Plus, berikut inilah informasi lengkap terkait Haji Plus yang ada di Satutours Travel.

Demikianlah informasi terkait haji ONH Plus Terlengkap. Semoga sahabat Haji Plus dapat Segera bisa mengunjungi Tanah suci mekkah untuk menyempurnakan rukun Islam. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat sahabat Haji Plus jadikan bekal untuk mempersiapkan ibadah haji.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *