ONH Plus

ONH Plus

Ibadah Haji bagi umat muslim merupakan sebuah perjalanan jasmani dan rohani seorang muslim yang termasuk dalam rukun islam yang kelima. Sahabat Haji Plus tentunya telah mengerti bahwasannya hukum dalam pelaksanaannya ialah wajib bagi setiap orang yang beragama islam dan mempunyai kesanggupan. Oleh Karena itulah, setiap orang yang akan menjalaninya perlu memiliki persiapan yang cukup, baik persiapan mental maupun persiapan fisik dan materi. Menunaikan ibadah haji telah menjadi agenda tahunan yang selalu dilaksanakan secara serentak oleh umat islam di seluruh dunia di bawah naungan kota suci mekkah. Namun, kebanyakan orang beranggapan bahwa untuk melaksanakan ibadah haji membutuhkan waktu yang cukup lama terkait waktu tunggu keberangkatannya. Hal ini sudah menjadi berita lama yang beredar bahwa butuh waktu yang cukup lama untuk menunggu antrian keberangkatan. Lama waktu untuk menunggunya pun tak tanggung – tanggung, mulai dari satuan tahun, belasan tahun hingga puluhan tahun. Jika itu menjadi salah satu masalah sahabat Haji Plus, sebaiknya tenang dan tak perlu khawatir. Karena, Sahabat Haji Plus dapat menunaikan ibadah haji tanpa perlu menunggu waktu yang lama. Bagaimana caranya? Yuk simak secara lengkap mengenai Program Haji ONH Plus.

Apa Itu ONH Plus?

Sebagian dari Sahabat Haji Plus mungkin telah bertanya – Tanya dalam hati terkait apa itu ONH Plus? Nah, yang perlu sahabat  Haji Plus ketahui ialah bahwa ONH merupakan singkatan dari Ongkos Naik Haji. Di Indonesia calon jamaah haji dibedakan menjadi dua bagian yaitu Ongkos Naik Haji Reguler (ONH Reguler) dan Ongkos Naik Haji Plus (ONH Plus). Perbedaab haji regular dan haji plus ini terletak pad acara pendaftaran, besarnya biaya yang dikeluarkan serta fasilitas dan pelyanan yang didapat. Karena ONH Plus memiliki biaya yang lebih mahal dibandingkan dengan ONH regular, maka ada beberapa kelebihan yang bisa di dapat oleh calon jamaah haji plus selama pelaksanaan ibadah haji di tanah suci. Meskipun ONH regular dan ONH Plus bisa masuk dalam daftar tunggu keberangkatan ibadah haji, waktu tunggu calon jamaah haji plus relative lebih singkat dibandingkan dengan jamaah haji regular. Perbedaan ONH Plus dan ONH regular juga bisa dilihat dari tempat menginap yang diperuntukkan bagi jamaah haji. Jamaah Haji Plus biasanya akan menginap di hotel yang lebih lengkap fasilitasnya dan lebih dekat ke lokasi prosesi haji misalnya dekat dengan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Sedangkan Haji Reguler biasanya disediakan penginapan yang telah ditentukan pemerintah dan telah dibagi sesuai dengan wilayah dan kloter dengan jarak hotel ke masjidil Haram sekitar 3 – 5 km.

Jamaah yang memilih haji plus pastinya akan mendapat bimbingan ibadah haji yang lebih eksklusif. Hal ini dikarenakan jumlah anggota pada rombongan Haji Plus lebih sedikit dibandingkat jumlah anggota rombongan jamaah Haji Reguler. Perbedaan lain yang dapat ditemui antara Haji Reguler dan Haji Plus ialah terletak pada lamanya waktu pelaksanaan ibadah haji. Untuk lama pelaksanaan ibadah haji regular berkisar sekitar 40 hari yang dihitung dari waktu keberangkatan sampai pulang ke tanah air dan dibagi menjadi dua gelombang yaitu antara Mekkah dan Madinah. Sedangkan Haji Plus biasanya memakan waktu yang relative lebih cepat dan dibagi menjadi dua kelompok yaitu Arbain di Masjid Nabawi dengan lama pelaksanaan sekitar 26 hari dan Non Arbain dengan waktu lebih singkat yaitu 15 hingga 19 hari.

Syarat Pelaksanaan Haji

Dalam proses pelaksanaan Haji tentunya terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi. Sehingga proses pelaksanaan ibadah haji ini tentunya tak serta merta dilakukan tanpa syarat. Akan tetapi ada beberapa syarat yang hendaknya harus dipenuhi. Hal yang dimaksud dengan syarat ibadah haji ialah sesuatu yang apabila seseorang telah memenuhi atau memiliki sesuatu tersebut, maka wajiblah baginya untuk melakukan haji satu kali dalam seumur hidupnya. Berikut inilah persyaratan yang menjadi latar belakang seseorang wajib melaksanakan ibadah haji

  1. Beragama Islam

Syarat Wajib yang pertama harus dipenuhi Sahabat Haji Plus untuk pelaksanaan ibadah haji ialah beragama islam. Hal ini berarti apabila terdapat seseorang yang beragama islam dan telah memenuhi syarat wajib haji yang lainnya serta belum pernah melaksanakan ibadah haji, maka ia wajib melaksanakan haji. Namun, apabila seseorang yang telah menunaikan syarat wajib haji tetapi ia bukan orang islam, maka ia tidaklah wajib menunaikan ibadah haji.

  1. Baligh (Dewasa)

Syarat Wajib yang kedua ialah baligh atau dewasa. Apabila terdapat seorang muslim yang melaksanakan ibadah haji namun belum baligh, maka hajinya tidak sah. Hanya saja ketika ia dewasa nanti, maka haji masih tetap menjadi kewajiban yang harus ditunaikan jika syarat lainnya terpenuhi. Hal ini berarti, ibadah haji yang dilakukan pada usia belum baligh tidak akan menggugurkan kewajibannya untuk melaksanakan ibadah haji saat ia telah dewasa.

  1. Berakal

Syarat ketiga yang harus dipenuhi ialah berakal. Berakal disini memiliki arti seseorang telah mencapai usia baligh dan mampu secara materi untuk melaksanakan ibadah haji. Apabila terdapat seseorang yang mengalami masalah dengan batin dan akalnya, maka kewajiban ini sudah sirna. Karena, dapat dipastikan orang yang mengalami gangguan kejiwaan akan susah dan tidak dapat mengerti serta memahami terkait pelaksanaan rukun dan kewajiban haji yang akan dilaksanakan.

  1. Merdeka

Syarat keempat yang harus dipenuhi ialah merdeka. Merdeka yang dimaksud ialah memiliki kuasa atas dirinya sendiri yakni tidak berada dalam kekuasaan seseorang seperti budak dan hamba sahaya. Bagi seseorang yang tidak merdeka tetapi memiliki kesempatan untuk menunaikan ibadah haji, maka hukum hajinya sama dengan anak yang belum baligh. Akan tetapi sah dan harus mengulangi Kembali ketika ia sudah merdeka dan mencukupi syarat untuk melaksanakannya.

  1. Mampu

Syarat kelima ini adalah mampu. Mampu yang dimaksud ialah tak hanya dari segi biaya saja namun kesehatan fisik dan mental juga. Selain itu, mampu juga bermakna jika empat syarat yang diulas di atas telah terpenuhi, akan tetapi ia belum mampu. Maka, menunaikan ibadah haji tidak wajib baginya. 

Berapa Biaya Haji ONH Plus?

Sahabat Haji Plus pastinya sudah mengerti bahwasannya biaya yang disiapkan untuk mendaftar Haji Plus lebih banyak ketimbang Haji Reguler. Hal ini salah satunya ialah dikarenakan waktu tunggu keberangkatan yang berbeda yakni Haji Plus yang memiliki waktu tunggu keberangkatan lebih cepat dibanding Haji Reguler. Oleh karena itulah, Haji ONH Plus memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan Haji Reguler. Selain itu, seperti yang disebutkan sebelumnya yakni biaya dari program haji regular denga Haji ONH Plus memiliki selisih yang cukup banyak dikarenakan program haji regular adalah program haji yang biayanya mendapatkan subsidi dari pemerintah. Subsidi yang diberikan bisa sangat besar bahkan bisa mencapai angka 50% dari biaya total yang seharusnya. Hal inilah yang menjadi latar belakang biaya haji regular yang lebih terjangkau dibandingkan haji ONH Plus. Karena haji regular biayanya lebih terjangkau, tak heran apabila banyak orang yang lebih memilih haji regular dan rela mengantri lama agar bisa menunaikan ibadah haji dengan subsidi pemerintah. Hal ini tentunya berbeda dengan Haji ONH Plus. Haji ONH Plus ialah salah satu program haji yang dilakukan dengan menggunakan biaya mandiri dari peserta jamaah haji. Karena dibayar secara penuh oleh jamaah haji, maka biaya dari program ONH Haji Plus ini tentunya memiliki harga yang tinggi. Harganya bisa mencapai 2 kali lipat dari harga program haji regular. Meskipun harga program haji ONH Plus begitu mahal, akan tetapi program ONH Haji Plus ini masih memiliki banyak peminat. Dengan membayar penuh secara mandiri bukan berarti program Haji ONH Plus ini tanpa kuota. Akan tetapi, program Haji ONH Plus ini juga membatasi kuota. Sehingga, program Haji ONH Plus juga memiliki waktu tunggu tertentu. Bagi Sahabat Haji Plus yang bertanya – Tanya terkait biaya program haji ONH Plus ialah sekitar 9.000 USD. Nah bagaimana? Tertarik untuk mendaftar program haji ONH Plus?

Bagaimana Cara Mendaftar Haji ONH Plus?

Setelah melakukan persiapan dari segi biaya dan dirasa cukup untuk biaya ibadah haji, sudah saatnya langkah selanjutnya yang dilakukan ialah mendaftarkan diri sebagai calon jamaah haji. Mendaftarkan diri sebagai calon jamaah haji merupakan suatu hal yang sangat dinanti. Karena memang ibadah haji merupakan impian bagi setiap umat muslim. Untuk pendaftaran haji ada beberapa program yang bisa dipilih yakni Haji Reguler, Haji Plus ataupun Haji Furoda. Sahabat Haji Plus dapat memilih sesuai dengan budget yang sudah dipersiapkan. Haji Reguler dengan Haji Plus memiliki perbedaan. Haji reguler merupakan haji yang diselenggarakan langsung oleh pemerintah melalui kementrian agama, sedangkan Haji Plus merupakan Haji mandiri yang diselenggarakan oleh pihak travel haji resmi dari kantor kementrian agama. Sehingga, dari segi biaya antara Haji Reguler dan Haji Plus memiliki tarif yang berbeda. Hal ini dikarenakan visa yang digunakan juga berbeda. Selain visa, perbedaan selanjutnya ialah Haji Plus tak perlu menunggu waktu yang lama untuk melaksanakan ibadah haji. Berbeda halnya dengan Haji Reguler yang identik dengan waktu tunggu keberangkatan yang lama hingga satuan tahun bahkan puluhan tahun. Fasilitas yang tersedia antara Haji Reguler dan Haji Plus pun tentunya berbeda. Untuk Fasilitas Haji ONH Plus, fasilitas yang di dapatkan merupakan fasilitas yang exclusive. Sehingga, Sahabat Haji Plus pun dapat memahami bahwa harga yang lebih tentu akan memberikan fasilitas yang setara pula. Bagi sahabat Haji Plus yang berminat untuk mendaftarkan diri sebagai calon jamaah Haji Plus, sahabat Haji Plus dapat mendaftarkan diri ke Satutours Travel. Perihal kenyamanan, tentu tak usah diragukan lagi. Pelayanan jasa yang diberikan tentunya mengutamakan kenyamanan jamaah Haji ONH Plus. Untuk sahabat Haji Plus yang hendak merencanakan untuk mendaftar sebagai calon jamaah Haji ONH Plus ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, salah satunya ialah cara mendaftar Haji ONH Plus tahun ini. Bagaimana caranya? Yuk simak informasi di bawah ini.

  1. Mengisi Formulir Pendaftaran Haji

Pertama kali yang dilakukan untuk mendaftarkan diri sebagai calon jamaah Haji Plus ini ialah dengan cara mengisi formulir pendaftaran Haji. Dengan sahabat Haji Plus mengisi formulir pendaftaran haji berarti sahabat Haji Plus telah siap untuk menjadi jamaah Haji dan melaksanakan ibadah haji yang telah menjadi kewajiban umat islam bagi yang mampu. Pastikan Sahabat Haji Plus mengisi formulir dengan tepat ya. Karena formulir tersebut berisi identitas diri yang tentunya penting bagi sahabat Haji Plus yang hendak melaksanakan ibadah haji.

  1. Membayar Biaya Penyelenggaraan Sebesar 4000 USD/orang

Setelah mengisi formulir pendaftaran haji yang menandakan bahwa Sahabat Haji Plus telah siap untuk menjadi jamaah Haji Plus, langkah selanjutnya yang dilakukan ialah dengan membayar biaya penyelenggaraan ibadah haji melalui bank penerima setoran haji sebesar 4000 USD untuk mendapatkan nomor porsi. Mengapa demikian? Dengan membayar biaya penyelenggaraan ibadah haji melallui bank penerima setoran haji, ini menandakan bahwa sahabat Haji Plus memang sungguh untuk berangkat ke tanah suci untuk melaksanakan ibadah haji. Selain itu, sahabat Haji Plus tentunya sudah mengerti bahwa Haji Plus memerlukan visa khusus, oleh karena itulah membutuhkan biaya yang lebih ketimbang Haji reguler. Sehingga untuk mengurus visa tersebut uang muka yang disetorkan Sahabat Haji Plus sebagai jaminan bahwa Sahabat Haji Plus memang sungguh dan tak main – main.

  1. Membayar Uang Muka Pendaftaran ONH Plus sebesar 1000 USD

Tak berhenti sampai membayar penyelenggaraan saja, akan tetapi ada tahap selanjutnya yang hendak diselesaikan juga. Tahap selanjutnya ialah membayar uang muka pendaftaran ONH Plus melalui Kas Travel atau Bank Transfer sebesar 1000 USD. Teruntuk sahabat Haji Plus yang ingin segera menunaikan ibadah haji, hendaknya segera melakukan dan menyelesaikan persyaratan saat pendaftaran

  1. Pelunasan Paket Haji Sebelum 1 Ramadhan

Tahap selanjutnya setelah membayar uang muka pendaftaran ialah melunasi paket haji sebelum 1 ramadhan. Hal ini dikarenakan, ketika visa telah selesai di urus ini menandakan bahwa calon jamaah Haji Plus dapat segera berangkat ke tanah suci untuk melakukan ibadah haji yang telah di nanti – nanti. Oleh karena itu, apabila visa Haji plus telah keluar diharapkan calon jamaah Haji plus segera melunasinya. Agar Sahabat Haji Plus dapat segera menunaikan ibadah haji.

  1. Menyertakan Surat Keterangan Sehat dari puskesmas setempat dan hasil pemeriksaan laboratorium serta hasil pemeriksaan Rontgen dari rumah sakit atau klinik

Sebelum melaksanakan ibadah haji pastinya sahabat Haji plus memastikan bahwa kondisi tubuh dalam keadaan sehat. Memastikan tubuh agar tetap sehat ini dengan cara melakukan check up kesehatan di rumah sakit. Setelah melakukan check up, sahabat Haji Plus dapat menyertakan hasil check up yakni berupa surat keterangan sehat dari rumah sakit. Tujuan dari pelaksanaan check up kesehatan sebelum berangkat ke tanah suci ialah supaya tubuh dapat dipastikan sehat agar selama proses pelaksanaan ibadah haji berlangsung dapat berjalan dengan lancar dan tanpa hambatan karena adanya penyakit yang sedang di derita.

  1. Menyerahkan Fotokopi KTP, Surat nikah dan Kartu Keluarga

Penyerahan data – data penting seperti fotokopi KTP, surat nikah dan kartu keluarga ini merupakan hal yang penting. Karena data – data tersebut berfungsi untuk kelengkapan data diri yang digunakan untuk mengurus surat – surat penting seperti surat rekomendasi keberangkatan ataupun dokumen lain seperti visa.

  1. Menyerahkan pas foto berwarna 2 x 3 = 5 lembar, 3 x 4 = 5 lembar, 4 x 6 = 10 lembar

Selain menyerahkan fotokopi KTP, surat nikah dan kartu keluarga. Penyerahan foto juga diperlukan untuk melengkapi data diri yang tercantum. Sebaiknya sahabat Haji Plus melengkapi data – data penting yang dibutuhkan dengan baik.

  1. Copy Pasport

Syarat pendaftaran yang terakhir adalah menyerahkan fotokopi passport untuk melengkapi berkas berkas sahabat Haji Plus sekalian.

Pelakasanaan Haji Plus

Haji Plus merupakan salah satu program haji yang tersedia di Indonesia yang memiliki waktu tunggu keberangkatan lebih cepat daripada waktu tunggu keberangkatan Haji Reguler. Jika untuk menunggu waktu keberangkatan Haji Reguler memerlukan waktu hingga 20 tahun, maka berbeda hal nya dengan Haji Plus. Haji Plus memiliki waktu tunggu yang relative lebih cepat yakni hanya memerlukan waktu tunggu sekitar 5 – 7 tahun saja. Sehingga ini merupakan sebuah solusi bagi sahabat Haji Plus yang hendak melaksanakan ibadah haji namun tak ingin menunggu dengan waktu tunggu keberangkatan yang lama. Perihal biaya memang Haji Plus ini sedikit memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan Haji Reguler. Namun, memang sebanding dengan waktu tunggu keberangkatannya serta fasilitas yang diberikan kepada para jamaah. Oleh karena itulah, tak heran apabila harga Haji Plus ini lebih tinggi karena perbedaan dengan Haji Reguler cukup terlihat. Bagi sahabat Haji Plus yang ingin mendaftar sebagai calon jamaah Haji Plus, sahabat Haji Plus dapat mendaftarkan diri pada Satutours Travel. Karena di Satutours Travel menyediakan harga yang terbaik serta jasa pelayanan yang terbaik pula untuk para calon jamaah haji. Harga Haji Plus yang tersedia terdapat 2 macam, yakni Haji Plus dan Haji Plus VIP. Perbedaan antara keduanya tersebut terkait prioritas keberangkatan serta fasilitas yang diberikan pula. Tak perlu dipertanyakan lagi perihaal fasilitas yang diberikan. Karena segaal fasilitas yang diberikan merupakan selalu mengutamakan kenyamanan para jamaah haji. Oleh karena itu sebisa mungkin fasilitas yang disediakan merupakan fasilitas yang menunjang kenyamanan jamaah haji. Terkait perbedaan biaya antara Haji Plus dengan Haji Plus VIP ialah hanya berbeda sedikit saja. Untuk harga Haji Plus dibandrol dengan harga $9000 sedangkan untuk biaya Haji Plus VIP dibandrol dengan harga $11,000. Bagi sahabat Haji Plus dapat memilih program Haji Plus yang mana yang akan digunakan sebagai sarana dalam proses pelaksanaan ibadah haji. Tentunya dalam memilih program Haji Plus ini uga disesuaikan dengan budget yang telah dipersiapkan oleh sahabat Haji Plus sekalian. Bagi sahabat Haji Plus yang hendak melaksanakan Haji Plus, berikut inilah informasi lengkap terkait Haji Plus yang ada di Satutours Travel.

Keuntungan Haji ONH Plus

Bagi sahabat Haji Plus yang bertanya – Tanya apakah ada  keuntungan dari Haji ONH Plus jawabannya ialah tentu saja ada. Keuntungan yang sahabat Haji Plus dapatkan apabila mendaftar sebagai jamaah Haji ONH Plus adalah waktu tunggu keberangkatan yang relative lebih cepat dibandingkan dengan program haji regular. Apabila program haji regular memiliki waktu tunggu yang cukup lama yakni mulai dari belasan hingga puluhan tahun berbeda halnya dengan program haji ONH Plus. Dengan mendaftar sebagai jamaah haji ONH Plus, waktu tunggu keberangkatannya hanya sekitar 7 tahun saja. Tentu saja lebih cepat dibandingkan dengan haji regular. Terkait fasilitas yang diberikan untuk jamaah haji ONH Plus tentu lebih spesial dibandingkan dengan jamaah haji regular. Keuntungan lain yang di dapat pada saat Sahabat Haji Plus mendaftar sebagai jamah Haji ONH Plus ialah dapat melakukan wisata setelah melakukan ibadah haji. Tentu sangat menyenangkan bukan?  Demikian dengan fasilitas yang diberikan pada program haji ONH Plus. Jamaah program haji ONH Plus mendapatkan fasilitas serta akomodasi yang nyaman dan tentunya dapat menunjang kelancaraan sahabat Haji Plus pada saat melaksanakan ibadah haji. Beberapa hal itulah yang membuat program Haji ONH Plus menjadi salah satu program haji yang menguntungkan meskipun harganya terbilang cukup mahal. Sejauh ini tentu terlihat mana yang lebih cocok untuk menjadi pilihan sahabat Haji Plus sekalian.

 

Demikianlah ulasan mengenai program Haji ONH Plus. Semoga ulasan ini dapat menambah informasi bagi sahabat Haji Plus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *