Haji Furoda Sesuai Sunnah di Jakarta dan Surabaya

Haji Furoda Sesuai Sunnah di Jakarta dan Surabaya

Sahabat Haji Furoda pastinya telah mengerti bahwa haji merupakan termasuk dalam rukun islam yang kelima. Pelaksanaan ibadah haji ini dilaksanakan pada waktu tertentu yakni antara tanggal 8 sampai dengan 13 Dzulhijjah setiap tahunnya. Rangkaian kegiatan yang terdapat dalam ibadah haji baik berupa rukun maupun wajib haji seluruhnya dilakukan di tempat – tempat yang telah ditetapkan oleh syariat agama antara lain Mekkah, Arafah, Mina dan Muzdalifah. Termasuk juga ziarah ke makam Nabi Muhammad SAW yang berada di Madinah. Melaksanakan Ibadah Haji ini ialah kewajiban yang harus ditunaikan bagi setiap umat muslim yang mampu serta mengerjakannya sekali seumur hidup. Kemampuan yang hendaknya dipenuhi dalam rangka melaksanakan ibadah haji dapat diartikan dalam 2 pengertian yaitu :

  1. Kemampuan Personal

Kemampuan personal yang hendaknya dipenuhi oleh masing – masing individu antara lain kesehatan jasmani serta rohani, kemampuan dari segi ekonomi yang cukup baik bagi dirinya sendiri maupun bagi keluarga yang ditinggalkan serta didukung dengan pengetahuan agama yang cukup khususnya terkait manasik haji yang digunakan sebagai bekal untuk melaksanakan ibadah haji.

  1. Kemampuan Umum Yang Bersifat Eksternal

Kemampuan umum yang bersifat eksternal yang hendaknya harus dipenuhi oleh lingkungan negara dan pemerintah ialah mencakup antara lain peraturan perundang – undangan yang berlaku, keamanan dalam perjalanan, fasilitas, transportasi dan hubungan antar negara baik multilateral maupun bilateral antara pemerintah Indonesia dengan kerajaan Arab Saudi. Dengan terpenuhinya kemampuan personal dan kemampuan umum yang bersifat eksternal, maka perjalanan untuk menunaikan ibadah haji dapat terlaksana dengan lancar.

Bagi sahabat Haji Furoda yang merasa mampu hendaknya segera menunaikan ibadah haji dalam rangka melaksanakan kewajiban. Ada beberapa program Haji yang bisa sahabat Haji Furoda pilih sesuai biaya yang telah dipersiapkan. Bagi sahabat Haji Furoda yang ingin segera menunaikan ibadah haji namun tanpa melalui antri yang cukup lama maka program Haji Plus atau Haji Furoda adalah solusinya. Program Haji Plus diperuntukkan bagi sahabat Haji Furoda yang tak ingin menunggu waktu yang lama dalam hal keberangkatan. Haji Plus memiliki waktu tunggu yang relative lebih singkat dibandingkan dengan Haji Reguler, yakni masa tunggunya hanya 5 – 7 tahun saja. Namun, untuk program Haji Furoda merupakan program haji tanpa antri, sehingga program Haji Furoda ini memiliki waktu tunggu keberangkatan yang paling cepat dari Haji Plus dan Haji Reguler. Namun, untuk Haji Furoda ini dibandrol dengan harga yang lebih tinggi yakni $17,500. Untuk sahabat Haji Furoda yang ingin mendaftarkan diri sebagai calon jamaah Haji Furoda, sahabat Haji Furoda dapat mendaftarkan diri ke Satutours Travel. Karena Satutours Travel telah dipercaya dalam pemberangkatan calon jamaah haji dalam pelaksanaan ibadah haji. Sealin itu fasilitas serta pelayanan yang diberikan merupakan kualitas yang terbaik. Di Satutours Travel, Haji Furoda Sesuai Sunnah di Jakarta dan Surabaya. 

Rukun Ibadah Haji

Rukun dalam ibadah haji merupakan suatu hal yang sama sekali tidak boleh tertinggal. Sehingga ketika rukun haji ini ditinggalkan, maka hajinya akan batal dan oleh harus diulang pada tahun berikutnya. Rukun – rukun haji antara lain :

  1. Ihram

Rukun haji yang pertama adalah berihram. Pakaian ihram yang berwarna putih memiliki makna yang bersih yang berarti mengajarkan kepada seluruh umat manusia untuk mengubur pandangan yang mengukur keunggulan manusia dari status sosial, pangkat, kedudukan dan keturunan. Setelah mengenakan pakaian ihram, maka terdapat beberapa larangan yang hendaknya harus dihindari antara lain tidak membunuh, tidak menyakiti binatang, memakai wangi – wangian, berhias dan lain – lain. Selama rangkaian ibadah haji berlangsung yang pada umumnya sekitar 5 hari, jamaah haji harus dalam keadaan selalu berihram. Dan apabila itu dilanggar, maka terdapat denda – denda yang wajib ditunaikan.

  1. Wuquf

Wuquf di Aradah adalah rukun dalam ibadah haji yang paling utama diantara serangkaian rangkaian ibadah haji lainnya. Karena serangkaian ibadah haji akan menjadi percuma, tak bermakna, tidak sah dan sia sia, apabila wuquf ini tak dilaksanakan. Ibadah wuquf yang dilaksanakan di Arafah ini hanya dilakukan sekali dalam setahun, yaki setiap tanggal 9 bulan Dzulhijjah. Dan pada saat diluar tanggal 9 Dzulhijjah, maka tidak ada wuquf di Arafah. Arafah tersebut merupakan padang pasir yang luas.

  1. Thawaf

Thawaf merupakan salah satu rangkaian dalam ibadah haji yang gerakannya dengan cara berputar mengelilingi Ka’bah yang diawali dari hajar aswad dan diakhiri di hajar aswas pula setelah melakukan 7 kali putaran. Saat melakukan putaran tersebut dengan menjadikan bagian kanan tubuhnya menghadap ke ka’bah. Thawaf memiliki beberapa jenis, Adapun thawaf yang termasuk dalam ibadah haji ialah Thawaf Ifadhah. Pengertian terkait thowaf ifadah ialah sebagai berikut :

  • Thawaf ifadhah merupakan thawaf yang dikerjakan oleh jamaah haji selepas kembali dari mengerjakan wuquf di padang Arafah dan bermalam di Muzdalifah
  • Thawaf ifadhah ini termasuk hal yang dpat ditinggalkan. Sehingga rangkaian ibadah haji tidak sah dan tidak bisa digantikan oleh orang lain
  • Thawaf ifadhah biasanya disebut juga dengan thawaf ziarah, thawaf rukun serta disebut juga sebagai Thawaf Fardhu

Kemudian untuk jenis – jenis thawaf antara lain :

  • Thawaf Qudum merupakan thawaf kedatangan pada saat pertama kali di kota Mekkah dan Thawaf Qudum ini wajib dikerjakan oleh selain penduduk Mekkah. Hukum thawaf qudum ini adalah sunnah
  • Thawaf Wada’ merupakan thawaf yang dikerjakan pada saat jamaah haji akan meninggalkan kota suci Mekkah. Pelaksanaan Thawaf Wada’ ini hukumnya ialah sunnah
  • Thawaf Tahiyatul Masjid merupakan thawaf yang dilakukan setiap orang yang masuk ke dalam masjid Al – Haram Mekkah, sebagai pengganti dari shalat tahiyatul masjid. Hukum Thawaf Tahiyatul masjid ini ialah sunnah
  1. Sa’i

Sa’I merupakan berjalan tujuh kali antara bukit shafa dan marwah. Bila seseorang yang melaksanakan ibadah haji  ini belum menjalankan ketujuh putaran itu, maka sa’I dianggap tidak sah. Sehingga, apabila sa’I ini ditinggalkan, maka harus dikerjakan kembali dari putaran yang pertama. Ketika belum melaksanakan sa’I, maka tahallul tak dapat dilakukan 

Haji Furoda Program Haji Tanpa Antri

Tahukah sahabat Haji Furoda? Bahwa saat ini terdapat program haji yang tak perlu menunggu waktu yang lama dalam hal keberangkatannya. Seperti yang sahabat Haji Furoda ketahui, bahwa saat ini untuk melaksanakan ibadah haji harus menunggu dengan waktu tunggu yang cukup lama. hal ini dikarenakan setiap tahunnya peminat ibadah haji meningkat dengan signifikan. Oleh sebab itu, saat ini antri untuk menunggu keberangkatan ibadah haji membutuhkan waktu yang cukup lama yakni sekitar belasan bahkan puluhan tahun. Padahal tak semua orang betah untuk menunggu selama belasan bahkan puluhan tahun. Bagi sebagian orang mungkin berfikir adakah haji yang keberangkatannya tanpa menunggu antri yang lama? dan jawabannya ialah ada. Untuk sahabat Haji Furoda yang ingin melaksanakan ibadah haji tanpa menunggu waktu yang lama, sahabat Haji Furoda dapat mendaftarkan diri sebagai calon jamaah Haji Furoda. Karena Haji Furoda merupakan program haji yang cocok bagi sahabat Haji Furoda yang ingin menunaikan ibadah haji tanpa menunnggu waktu yang lama. ini dikarenakan Haji Furoda merupakan satu – satunya program haji yang berangkat tanpa melalui antri. Haji Furoda dapat berangkat tanpa melalui antri karena para jamaah Haji Furoda memiliki visa khusus yakni visa Furoda. Visa Furoda inilah merupakan visa khusus yang dikeluarkan oleh pemerintah kerajaan Arab Saudi. Sehingga, untuk mengurus visa Furoda ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Maka tak heran apabila Haji Furoda memiliki selisih harga yang cukup lumayan dengan Haji Reguler. Hal ini dikarenakan dari segi waktu tunggu keberangkatan hingga fasilitas memiliki perbedaan yang cukup terlihat. Karena itulah, wajar apabila Haji Furoda memiliki harga yang lebih tinggi. Untuk Biaya Haji Furoda di Satutours Travel dibandrol dengan harga $17,500. Dengan harga tersebut, sahabat Haji Furoda sekalian telah mendapatka fasilitas yang exclusive. Sehingga, sahabat Haji Furoda dijamin kenyamanannya terlebih pada saat proses pelaksanaan ibadah haji. Apabila sahabat Haji Furoda mencari jasa Travel Haji Furoda yang amanah dan berkualitas, Satutours Travel adalah pilihan yang tepat. Karena sudah berpengalaman dalam pemberangkatan jamaah haji serta penyediaan fasilitas yang terbaik untuk jamaah Haji Furoda sekalian.

  • Fasilitas Yang Disediakan

  • Tiket Pesawat Kelas Ekonomi

Tiket pesawat yang disediakan merupakan tiket pesawat pulang pergi. Pesawat yang digunakan merupaka pesawat Saudi/ Etihad/ Qatar. Pesawat yang digunakan merupakan dilengkapi dengan fasilitas yang tentunya menunjang kenyamanan jamaah Haji Furoda selama menuju ke Tanah Suci.

  • Pengurusan Dokumen Visa & Surat Rekomendasi Keberangkatan

Bagi sahabat Haji Furoda yang mendaftarkan diri sebagai calon jamah Haji Furoda di Satutours Travel, tak perlu bingung perihal kepengurusan dokume visa dan surat rekomendasi keberangkatan. Karena, pengurusan dokumen visa dan surat rekomendasi keberangkatan telah menjadi tanggung jawab pihak travel. Sehingga, sahabat Haji Furoda tak perlu repot – repot dalam mengurus surat tersebut.

  • Tenda Haji Furoda

Tenda haji merupakan sesuatu yang penting bagi jamaah haji. Khusus Haji Furoda, tenda haji yang disediakan merupakan tenda yang ber AC. Sehingga, para jamaah Haji Furoda merasa nyaman.

  • Akomodasi Hotel Transit, Mekkah dan Madinah

Hotel merupakan penginapa yang dibutuhkan untuk bermalam bagi para jamaah Haji Furoda. Sahabat Haji Furoda tak perlu khawatir perihal fasilitas hotel yang diberikan, karena hotel yang disediakan ialah hotel bintang lima.

  • Ziarah Mekkah/ Madinah/ Jeddah

Bagi sahabat Haji Furoda, saat menjadi jamaah Haji Furoda di Satutours Travel maka sahabat Haji Furoda sekalian mendapatkan fasilitas dapat berziarah ke Mekkah/ Madinah/ Jeddah.

  • Makan 3 Kali Buffet Menu Indonesia

Untuk sahabat Haji Furoda yang menjadi jamaah Haji Furoda tak perlu bingun perihal makanan yang hendak dimakan pada saat ibadah haji. Karena menu makanan yang disediakan telah disesuaikan dengan lidah orang Indonesia yakni dengan menyediakan buffet menu Indonesia. Sehingga, jamaah Haji Furoda tak perlu bingung perihal makanan.

  • Tour Leader/ Tour Guide/ Pembimbing/ Manasik Haji

Tour Leader berfungsi untuk memberitahu kepada jamaah Haji Furoda terkait kegiatan apa saja yang aka dilakukan, berada di tempat maan saja dan lain lain yang berkaitan dengan pelaksanaan ibadah haji.

  • Perlengkapan Ibadah Haji

Di Satutours Travel para jamaah haji akan diberikan perlengkapan ibadah haji. Sehingga bagi sahabat Haji Furoda yang menjadi bagian dari jamaah Haji Furoda di Satutours Travel, tak perlu khawatir.

  • Bus AC

Sarana transportasi yang disediakan bagi jamaah Haji Furoda merupakan fasilitas yang disediakan dengan sebaik mungkin. Salah satunya ialah bus ber AC, yang membuat para jamaah Haji Furoda agar tidak merasa gerah.

  • Air zam – zam 5 Liter

Tahukah sahabat Haji Furoda? Bahwa di Satutours Travel memberikan fasilitas air zam – zam sebanyak 5 liter.

  • Persyaratan Pendaftaran Visa Haji Furoda
  • Mengisi formulir pendaftaran Haji
  • Membayar Uang Muka Pendaftaran Visa Haji Mujamalah sebesar 5000 USD / orang
  • Pelunasan setelah visa keluar, wajib melunasi sesuai paket masing masing
  • Menyerahkan
  • Fotokopi KTP, surat nikah, Kartu Keluarga, Akte Lahir(bagi anak/jika berangkat tanpa muhrim), & paspor.
  • pas foto 4×6 = 10 lembar (Background Putih, close up 80% & khusus wanita berjilbab
  • kartu kuning / bukti suntuk meningitis
  • Persyaratan Khusus Haji Furoda
  • Bagi yang berusia 70 keatas dan atau berkebutuhan khusus diwajibkan menggunakan jasa guide khusus berbayar.
  • Bagi peserta yang berangkat sendiri pengaturan kamar akan disesuaikan dengan jamaah lain, dan jika tidak ada teman sekamar sampai batas waktu yang telah ditentukan maka wajib memilih Single Room harga paket akan dihitung ulang.
  • Ketentuan Pembatalan Haji Furoda
  • Calon jamaah yang membatalkan keberangkatan dikarenakn suatu hal dengan alasan sendiri atau pindah travel sesuai keinginan sendiri dikenakan biaya pembatalan 20% dari deposit awal.
  • 35% dari harga paket sejak Deposit awal sampai kurang dari 5 bulan sebelum Keberangkatan
  • 50% dari harga paket sampai 3 bulan sebelum keberangkatan
  • 100% dari harga paket sampai 1 bulan sebelum keberangkatan
  • Jika pembatalan disebabkan oleh suatu hal yang sifatnya dari travel agent (kuota tidak terpenuhi/gagal visa) maka dana yang sudah disetorkan akan dikembalikan sepenuhnya.

Keutamaan Melaksanakan Ibadah Haji

Sahabat Haji Furoda tentunya sudah mengerti bahwa haji memiliki beberapa keutamaan jika dilaksanakan. Apa saja keutamaannya? Yuk simak informasi di bawah ini.

  1. Menjauhkan Kefakiran dan Menghapus Dosa

Salah satu hikmah yang dapat diambil bagi yang melaksankan haji ialah dapat melenyapkan kefakiran. Selain kefakiran, ibadah haji juga menjadi penebus dosa bagi pelakunya. Tidak ada ibadah yang lebih berharga dari yang menjanjikan dihapuskannya dosa – dosa. Dan tidak ada pula seorang pun yang luput dari dosa di dunia ini. pengampunan dosa adalah peristiwa yang paling eksentrik dan dramatic. Bagaimana tidak, seseorang telah melakukan dosa entah meninggalkan kewajiban atau melanggar larangan dari Allah Swt. Kemudian kesalahan yang melahirkan dosa tersebut diampuni oleh Allah. Pastinya, dosa – dosa yang dimaksud ialah sebatas dosa – dosa yang kecil. Untuk dosa yang termasuk dosa besar tentunya tidak hilang begitu saja dengan pergi ke tanah suci untuk melaksanakan ibadah haji. Dosa – dosa besar tersebut membutuhkan taubat dalam arti sesungguhnya. Sehingga bukan hanya dengan beristighfar atau mengerjakan ibadah tertentu bisa hilang begitu saja.

  1. Pahalanya Sebanding Dengan Jihad di Jalan Allah

Tentu sahabat Haji Furoda telah mengetahui bahwa jihad merupakan salah satu ibadah yang memiliki pahala yang besar. Namun, memang wajar apabila seseorang berjihad dan medapatkan karunia dan balasan yang amat besar, karena memang berjihad itu sangat berat. Selain harus meninggalkan kampung halaman, jauh dari keluarga, untuk berjihad pun membutuhkan kekuatan, keterampilan, kemampuan serta membutuhkan harta yang cukup banyak. Sehingga banyak sahabat Rasulullah Saw yang menangis dengan bercucuran air mata saat dinyatakan tidak layak dalam mengikuti jihad. Maka Allah Swt memberikan salah satu keringanan berupa ibadah haji yakni yang memiliki pahala setara dengan berjihad di jalan Allah.

  1. Menghapus Dosa Seperti Baru Dilahirkan

Bayi yang baru lahir pastinya masih suci dan tidak memiliki dosa. Sehingga, apabila bayi ini seketika dipanggil oleh Allah, maka sudah dijamin bayi ini akan masuk ke surga. Bagi sahabat Haji Furoda yang melaksanakan ibadah haji maka pasti akan disebutkan sebagai orang yang tidak memiliki dosa, bagai baru pertama kali dilahirkan. Ini terdapat pada sabda rasulullah :

“ Barangsiapa yang pergi haji ke rumah ini (Baitullah) dengan tidak mengucapkan kata – kata kotor dan tidak berbuat kefasikan, amka ia pulang seperti saat ia dilahirkan oleh ibunya (tidak berdosa). “ ( HR. Bukhori dan Muslim)

  1. Allah Membanggakan di Depan Malaikat

Keutamaan lain melaksanakan ibadah haji ialah Allah akan membanggakan di depan malaikat. Dari Aisyah radhiyallahuanha bahwa Rasulullah SAW bersabda :

“ Tidak ada hari dimana Allah membebaskan hambanya dari api neraka kecuali hari Arafah. Dan sesungguhnya Allah condong kepada jamaah haji dan membanggakan mereka di depan para malaikat “ ( HR. Muslim)

Pastinya, menjadi orang yang dibanggakan Allah di depan malaikat itu selain anugerah juga merupakan tanggung jawab sekaligus. Jangan sampai ketika sudah melaksanakan haji dan selepas pulang ke tanah air, masih saja melakukan perbuatan yang kurang terpuji. Tentunya sangat sayang sekali bukan?

  1. Jamaah Haji Sebagai Tamu Allah

Sebagai salah satu tamu Allah merupakan suatu kehormatan yang Allah berikan kepada para jamaah Haji. Dalam syariat islam, tamu memiliki kedudukan yang istimewa. Orang melayu pun mengatakan bahwasannya tamu adalah raja, sehingga berhak mendapatkan segala layanan dari tuan rumah tersebut. Apabila jamaah Haji dianggap sebagai tamu Alah, pastinya mereka akan mendapatkan semua pelayanan yang istimewa dari Allah. Pelayanan istimewa ini terkait Hajat atau keinginan yang diharapkan insyaallah akan diijabah oleh Allah. Oleh karena itu, jamaah haji adalah orang – orang yang memiliki fasilitas khusus yakni bisa meminta pada tuan rumah, yaitu Allah. Dan jikalau sang tamu meminta diampuni, sudah jelas sekali Allah akan meluluskan hajat sang tamu yakni mengampuni semua dosa – dosa yang lalu.

Itulah sekilas informasi terkait Haji Furoda Sesuai Sunnah di Jakarta dan Surabaya. Sudahkah sahabat Haji Furoda menyiapkan segala sesuatu untuk pelaksanaan Haji? Semoga informasi yang disampaikan dapat bermanfaat bagi sahabat Haji Furoda sekalian dalam mempersiapkan proses pelaksanaan ibadah haji. Bagi sahabat Haji Furoda yang hendak melaksanakan Haji Furoda, sahabat Haji Furoda dapat memilih Satutours Travel sebagai jasa Travel Haji Furoda yang terpercaya. Semoga sahabat Haji Furoda dapat berkesempatan sebagai tamu Allah di Tanah Suci. Semoga nama sahabat Haji Furoda dapat terdaftar di daftar calon jamaah Haji Furoda 2021 2022 maupun tahun berikutnya. Untuk informasi lebih lengkap terkait Haji Furoda, sahabat Haji Furoda dapat melihat di website resmi hajiplus.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *