Berapakah Biaya Haji Furoda 2021 dan Tahun 2022

Berapakah Biaya Haji Furoda 2021 dan Tahun 2022

Ibadah Haji merupakan aktivitas suci yang dalam pelaksanaannya memiliki hukum yang wajib bagi seluruh umat muslim yang mampu. Seluruh rangkaian kegiataan ibadah haji tentu memiliki makna yang dalam yang erat kaitannya dengan aktivitas sehari – hari. Karena itulah, ibadah haji merupakan ibadah terfavorit yang pelaksanaannya selalu di dambakan oleh setiap umat muslim. Indonesia sebagai negara dengan penduduk mayoritas muslim, maka tak heran apabila setiap tahunnya terdapat ribuan jamaah haji diberangkatkan dari Indonesia menuju ke Tanah Suci untuk melaksanakan ibadah Haji. Setiap tahun, peningkatan pendaftaran jamaah haji dari tahun ke tahun bertambah pesat. Angka pendaftar calon jamaah haji yang mengalami peningkatan setiap tahunnya membuat adanya pembatasan quota jamaah haji yang berangkat ke Tanah Suci yang menyebabkan penumpukan calon jamaah haji yang semakin menambah panjang antrian keberangkatan. Hal inilah yang membuat waktu tunggu keberangkatan pelaksanaan ibadah haji dari tahun ke tahun menjadi semakin lama, yakni dari belasan tahun hingga puluhan tahun. Waktu tunggu keberangkatan pelaksanaan ibadah haji dari tahun ke tahun yang telah mencapai waktu tunggu keberangkatan hingga puluhan tahun tentunya membuat jamaah haji resah. Karena harus menunggu waktu keberangkatan pelaksanaan haji dengan waktu yang lama. Waktu tunggu keberangkatan yang lama inilah yang disebut dengan program Haji Reguler. Program Haji Reguler memiliki waktu yang lama terkait waktu tunggu keberangkatan. Akan tetapi, Haji reguler ini lebih memiliki banyak peminat karena harganya relatif lebih rendah ketimbang program haji lainnya.

Di Indonesia terdapat tawaran beberapa program haji yang dapat disesuaikan dengan budget Sahabat Haji Furoda sekalian. Dari beberapa program haji yang tersedia, tentunya dalam masing – masing program tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan. Apabila Sahabat Haji Furoda mencari budget Haji dengan biaya paling murah diantara program haji yang ada ialah program Haji reguler. Kelebihannya biaya yang dibandrol tidak terlalu tinggi, kekurangannya ialah memiliki waktu tunggu keberangkatan pelaksanaan haji yang cukup lama yakni sekitar 20 tahun. Program haji selanjutnya ialah Haji Plus. Haji Plus memiliki biaya yang sedikit lebih tinggi dibanding Haji reguler. Hal ini dikarenakan Haji Plus memiliki waktu tunggu yang relatif lebih singkat dibandingkan dengan Haji Reguler, yakni hanya sekitar 5 – 7 tahun saja. Sedangkan program haji yang terakhir ialah Haji Furoda. Haji Furoda merupakan ibadah haji tanpa antri, sehingga memiliki waktu tunggu keberangkatan yang paling cepat. Untuk kekurangannya ialah dari segi biaya memang lebih tinggi dibandingkan dengan Haji Reguler dan Haji Plus. Biaya Haji Furoda ini dibandrol dengan harag sejumlah $17,500. Bagi Sahabat Haji Furoda yang bertanya – tanya mengenai Berapakah Biaya Haji Furoda 2021 dan Tahun 2022? Silahkan simak terus informasi di bawah ini.

Perkembangan Haji Dari Masa Ke Masa

Sahabat Haji Furoda tentunya sudah mengerti bahwa Indonesia merupakan peminat ibadah haji terbesar di penjuru dunia. Oleh karena itulah, pada saat musim haji selalu ditemui riuhnya jamaah haji yang berada di tanah suci. Karena memang sudah menjadi rutinitas ibadah tahunan yang sealu ditunaikan secara bergantian oleh jamaah haji yang ada di Indonesia. Bahkan jumlah jamaah haji di Indonesia semakin meningkat seiring bertambahnya tahun. Karena, pelaksanaan ibadah haji saat ini berbeda dengan jaman dahulu yang harus ditempuh dengan berbulan – bulan dengan menggunakan jalur transportasi laut. Kini, seiring dengan perkembangan teknologi melaksanakan ibadah haji tak lagi menggunakan jalur laut akan tetapi telah menggunakan jalur udara yang jarak tempuhnya dari segi waktu lebih singkat. Pelaksanaan ibadah haji ini dari masa ke masa telah mengalami berbagai macam fase. Untuk sekarang ini, proses pelaksanaan dalam hal menunaikan ibadah haji cukup mudah. Hal ini dikarenakan karena adanya dukungan dari pemerintah serta tersedianya layanan transportasi yang mendukung. Bagi sahabat Haji Furoda yang ingin mengetahui perkembangan pelaksanaan ibadah haji dari masa ke masa, yuk simak informasi di bawah ini.

  1. Dekade Pertama Penyebaran Islam

Tahukah sahabat Haji Furoda? Bahwa Indoneisa telah mengerti perihal kewajiban pelaksanaan ibadah haji sejak dekade pertama saat penyebaran agama islam di Pulau Jawa dan Sumatera. Sejak saat itulah, pemeluk agama islam pada saat itu telah memahami perihal kewajiban dalam rukun islam yang kelima tersebut. Pada saat itu, bagi yang telah mampu dalam segi biaya, maka akan melaksanakan ibadah haji dengan menggunakan alat transportasi kapal dagang dari  Cina, India, Timur Tengah dan Arab untuk mengarungi laut selama berbulan – bulan lamanya menuju Jeddah untuk melaksanakan ibadah haji. Butuh waktu yang cukup lama dalam perjalanan proses melaksanakan ibadah haji.

  1. Abad Ke- 18

Pada saat abad ke 18, masyarakat Indonesia telah mengetahui dan memahami dengan betul terkait perlaksanaan ibadah haji yang termasuk dalam kewajiban bagi yang mampu. Sehingga pada saat itu, sebagian besar dari mereka memiliki tujuan untuk bisa berkunjung ke Tanah Suci. Namun, tak hanya melaksanakan ibadah haji saja. Ada pula yang berkunjung kesana dengan tujuan berdagang dan memperdalam ilmu agama.

  1. Tahun 1825

Pada tahun 1825, saat itu pemerintah colonial belanda mengeluarkan sebuah peraturan yang terkait dengan haji. Peraturan yang dikeluarkan tersebut yakni peraturan yang mengharuskan jamaah haji yang berasal dari pulau jawa harus membayar sejumlah uang untuk mendapatkan izin berangkat haji. Tak hanya itu, pemberangkatan pun harus dilakukan dengan menggunakan kapal Belanda. Setelah itu, pada tahun 1831, peraturan terkait ibadah haji mengalami perubahan. Perubahan peraturan terkait ibadah haji ini berisi bahwa calon jamaah haji yang tidak membayar uang jalan akan dikenakan biaya dua kali lipat pada saat kembali ke Indonesia.

  1. Tahun 1852

Pada tahun 1852, peraturan terkait haji pun diubah kembali. Peraturan terkait haji yang terbaru ialah surat izin atau paspor haji masih diwajibkan akan tetapi gratis serta taka da denda pajak. Namun, pada saat itu gubernur pemerintah Belanda menginstruksikan untuk meningkatkan pengawasan menajdi lebih ketat bagi para jamaah haji.

  1. Tahun 1947

Pada tahun 1947 berdasarkan fatwa yang dikeluarkan oleh pimpinan Majelis Syuro Muslimin Indonesia (MASYUMI) ibadah haji untuk jamaah Indonesia diberhentikan. Hal ini dikarenakan pada saat itu situasi di Indonesia masih genting karena pasca kemerdekaan.

  1. Tahun 1948

Kemudian selanjutnya, pada tahun 1948 suasana Indonesia sudah tak seperti sebelumnya. Karena suasana pada tahun ini sudah lebih baik dari tahun sebelumnya. Sehingga, K.H Moh. Adnan selaku delegasi Indonesia bertemu dengan Raja Arab Saudi yakni Ibnu Saud untuk membicarakan terkait proses penyelenggaraan haji. Setelah itu, penyelenggaran haji di Indonesia resmi kembali untuk dilaksanakan oleh Pemerintah Republik Indonesia.

  1. Tahun 1952

Pada tahun 1952, Pemerintah Republik Indonesia melalui Menteri Agama membentuk perusahaan Pelayaran Muslim yang bertujuan untuk memfasilitasi transportasi umat islam yang hendak melaksanakan ibadah haji. Di tahun 1952 ini juga, telah resmi terbuka akses transportasi jalur udara dari Indonesia menuju Tanah Suci.

  1. Tahun 1964

Pada tahun 1964 telah terbentuk perusahaan pelayaran yakni PT Arafat. Perusahaan pelayaran tersebut ialah satu – satunya transportasi laut yang dimiliki pemerintah dalam hal menangani masalah angkutan jamaah haji. Pada saat itu penggunaan kapal laut lebih mendominasi ketimbang menggunakan pesawat. Hal ini dikarenakan biaya yang dikeluarkan untuk penggunaan kapal laut lebih terjangkau dibandingkan dengan penggunaan pesawat. Selanjutnya, pada tahun 1969 pemerintah mengambil ali semua hal terkait penanganan penyelenggaraan ibadah haji berdasarkan keputusan presiden nomor 22 tahun 1969.

  1. Tahun 1970 sampai tahun 1999

Pada tahun 1970, kapal laut tak lagi menjadi peminat untuk menjadi sarana transportasi untuk menuju ke tanah suci. Pada saat itu, pesawat udara lebih memiliki banyak peminat. Hal ini dikarenakan biayanya sudah tak lagi memiliki selisih yang jauh. Oleh karena itu, banyak yang lebih memilih menggunakan saraana transportasi pesawat ketimbang kapal. Sehingga pada tahun 1979, Menteri perhubungan Indonesia telah menetapkan untuk meniadakan pengangkutan jamaah haji dengan menggunakan kapal laut dan menetapkan pesawat  sebagai sarana transportasi satu – satunya untuk menuju ke tanah suci. Selanjutnya pada tahun 1999, telah dikeluarkan undang – undang nomor 17 tahun 1999 yang berisi mengatur penyelenggaraan ibadah haji dalam hal perlindungan, pelayanan dan pembinaan jamaah haji. Sejak saat itulah, kuota keberangkatan jamaah haji di Indonesia semakin meningkat.

  1. Era Reformasi

Setelah berada pada era reformasi, segala pelayanan dan perlindungan untuk jamaah haji semakin mengalami perkembangan yang baik. Kredibilitas panitia haji pemerintah diuji pada tahun 2004 dan 2006. Segala perubahan dari masa ke masa tersebut membawa perbaikan yang lebih baik lagi bagi penyelenggraan ibadah haji di Indonesia. Saat ini, jamaah haji telah semakin mengalami perkembangan yang baik terkait pelayanan dan perlindungan.

Serba – Serbi Haji Furoda

Dengan meningkatnya peminat ibadah haji yang dari tahun ke tahun yang semakin bertambah, menyebabkan antri ataupun masa tunggu keberangkatan haji di Indonesia semakin lama. Program haji tersebut merupakan Haji Reguler yang banyak diminati oleh masyarakat karena harganya yang lebih terjangkau dibandingkan dengan program haji lainnya. Akan tetapi, kekurangannya pada waktu tunggu keberangkatan yang cukup lama yakni sekitar belasan hingga puluhan tahun. Namun, bagi sahabat Haji Furoda yang memiliki rezeki lebih dan ingin segera menunaikan kewajiban ibadah haji, sahabat Haji Furoda dapat mendaftar sebagai calon jamaah Haji Furoda. Bagi yang belum menegtahui terkait Haji Furoda, Haji Furoda merupakan program haji non kuota yang legal dan telah terigistrasi dalam kuota calon jamaah haji oleh pemerintah Kerajaan Arab Saudi. Haji Furoda ini merupakan haji tanpa antri, sehingga sahabat Haji Furoda sekaliam tak perlu menunggu waktu yang lama sekitar belasan tahun bahkan puluhan tahun untuk melaksanakan ibadah haji. Haji Furoda ini merupakan haji yang menggunakan visa khusus yakni visa Furoda yang diperuntukkan secara khusus bagi jamaah haji yang menggunakan kuota pemerintah kerajaan Arab Saudi. Sehingga, Haji Furoda ini merupakan program haji yang dilakuka tanpa mengurangi jatah kuota pemerintah Republik Indonesia. Hal ini dikarenakan Haji furoda merupakan program haji yang dikelola secara mandiri oleh pihak travel haji resmi dari kantor Kementrian Agama. Oleh karena itulah, dalam hal waktu tunggu keberangkatan Haji Furoda tentunya memiliki perbedaan dengan Haji reguler. Perbedaan ini ialah Haji Furoda tak perlu mengantri dalam hal keberangkatan. Sehingga program Haji Furoda merupakan solusi yang tepat bagi sahabat Haji Furoda yang tak ingin menunggu waktu yang lama untuk melaksanakan ibadah haji.

Teruntuk sahabat Haji Furoda yang hendak mencari jasa Travel Haji Furoda untuk mendaftarkan diri sebagai calon jamaah Haji Furoda, sahabat Haji Furoda dapat mempercayakannya pada Satutours Travel. Karena Satutours Travel menyediakan harga yang terbaik, amanah serta pelayanan yang dilakukan dengan terbaik. Sehingga tak perlu dipertanyakan lagi perihal kualitas dalam hal fasilitas dan pelayanan yang diberikan. Karena semuanya mengutamakan unsur kenyamanan jamaah Haji Furoda sekalian. Untuk biaya Haji Furoda memang dikenal lebih mahal dibandingkan dengan Haji Reguler. Namun, memang terdapat perbedaan dalam waktu tunggu yang cukup lumayan. Sehingga wajar apabila Haji Furoda memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan Haji Reguler. Haji Furoda memiliki harag yang lebih tinggi karena memang visa yang digunakan ialah visa khusus. Jadi, untuk mendapatkan visa tersebut memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Biaya Haji Furoda yang ditawarkan oleh Satutours Travel dibandrol dengan harga $17,500. Dengan biaya tersebut, fasilitas yang diberikan merupakan fasilitas yang exclusive. Sehingga fasilitas yang disediakan telah sebanding dengan biaya yang telah dibayarkan untuk melaksanakan ibadah haji. Fasilitas yang akan sahabat Haji Furoda dapatkan ketika menjadi jamaah Haji Furoda di Satutours antara lain Tiket pesawat ekonomi, Pengurusan dokumenvisa dan surat rekomendasi keberangkatan, tenda haji furoda, akomodasi hotel transit di Mekkah dan Madinah, ziarah makam, makan 3 kali buffet menu Indoneisa, tour leader/tourguide/pembimbing/manasik haji, perlengkapan ibadah haji, Bus ber AC serta air zam – zam 5 liter. Itulah fasilitas yang disediakan untuk para jamaah Haji Furoda yang menjadi jamaah Haji Furoda. Pastikan nama sahabat Haji Furoda tercantum dalam daftar calon jamaah Haji Furoda 2021 2022 maupun tahun berikutnya.

Tips Memilih Jasa Travel Terpercaya

            Indonesia merupakan negara yang telah dikenal sebagai peminat ibadah haji paling tinggi. Hal ini dikarenakan Indonesia merupakan negara yang penduduknya mayoritas beragama islam dan menjadi penduduk beragama muslim terbesar di dunia. Sehingga seiring dengan tingginya minat masyarakat dalam hal pelaksanaan ibadah haji, berkembang pula jasa travel yang menyediakan untuk mempermudah niat sahabat Haji Furoda dalam melaksanakan ibadah haji. Tak bisa dipungkiri bahwa saat ini banyak sekali agent travel yang menawarkan dengan promo menarik. Akan tetapi, sebaiknya sahabat Haji Furoda tak mudah tergiur oleh tawaran yang ada. Karena ada beberapa hal penting yang patut diperhatikan. seperti pastikan bahwa agent travel tersebut telah terdaftar di departemen agama. Alasan memilih agen travel yang telah terdaftar di Departemen Agama ialah agar tak mengalami penipuan serta aman dalam proses pengurusa keberangkatan ke Tanah Suci. Ada beberapa tips dalam memilih jasa travel yang terpercaya. Apa saja? Berikut lebih jelasnya.

  1. Memiliki Website Resmi

Tahukah sahabat Haji Furoda? Bahwa website resmi memiliki peranan yang sangat penting. Selain dapat menjangkau pasar secara luas, dengan website resmi ini dapat memberikan informasi dengan mudah serta memastikan bahwa agent travel tesebut memiliki kredibilitas. Bagi sahabat Haji Furoda yang mencari agent Travel terpercaya dengan memiliki website resmi, SatuTours Travel adalah jawabannya. Karena Satutours Travel memiliki website resmi yang berisi informasi lengkap dan penting terkait travel yang disediakan. Selain itu, dalam website tersebut terdapat artikel yang berisi informasi dan tips – tips travel. Dengan mampir di website resmi Satutours Travel, sahabat Haji Furoda pastinya akan memiliki pengetahuan baru yang dapat sahabat Haji Furoda jadikan bekal.

  1. Memliki Kantor Yang Jelas Keberadaannya

Tak hanya website saja yang hendaknya harus dmiliki. Akan tetapi, kantor merupakan hal yang pentng ntuk dipertanyakan keberadaannya. Menjalankan bisnis agent travel melalui website, bukan berarti agent travel tersebut tak memiliki kantor resmi yang dapat didatangi. Salah satu cara agar sahabat Haji Furoda tak mengalami penipuan, sahabat Haji Furoda dapat meninjau kantor yang tercantum di website dengan alamat yang telah dicantumkan. Sahabat haji Furoda juga dapat mengecek kebenaran keberadaan kantornya secara offline atau dengan cara menggunakan google maps. Karena keberadaa kantor resmi ini cukup penting yakni untuk melakukan kegiatan operasional pengurusan keberangkatan sahabat Haji Furoda sekalian. seperti halnya Satutours Travel, Satutours Travel memiliki alamat kantor yang jelas keberadaannya dan memiliki 2 cabang yakni cabang pusat di Jakarta dan Cabang Surabaya.

  1. Menawarkan Harga Yang Wajar

Pada umumnya, harga yang dibandrol merupakan harga yang wajar yakni yang tak terlalu murah dan yang tak terlalu mahal pula. Apabila terdapat agent travel yang menawarkan harga di bawah standar, maka sahabat Haji Furoda perlu mencari tahu kebenarannya. Sahabat Haji Furoda juga dapat mengecek track record terkait agent travel tersebut. Hal ini bertujuan agar sahabat Haji Furoda tak mengalami penipuan karena tergiur dengan harga yang tak wajar. Karena saat ini sedang marak sekali penipuan yang terjadi akibat penawaran yang tak masuk akal. Niat hati ingin berangkat ke Tanah Suci untuk melaksanakan ibadah haji, namun pupus dikarenakan ditipu oleh agent travel yang abal – abal. Oleh karena itu, hendaknya sahabat Haji Furoda lebih selektif dalam memilih agent travel yang dipercaya untuk memberangkatkan sahabat Haji Furoda melaksanakan ibada haji.

  1. Pembayaran Bertahap serta Waktu Keberangkatan Yang Jelas

Salah satu hal penting yang hendaknya diperhatikan iala terkait dengan pembayaran. Hendaknya sahabat Haji Furoda menghindari agent travel yang meminta pelunasan di awal pendaftaran. Hal tersebut patut dicurigai, karena bisa jadi itu merupakan salah satu cara untuk menipu sahabat Haji Furoda sekalian. Karena pada umumnya pembayaran dilakukan secara bertahap yakni membayar uang dp terlebih dahulu dan hendaknya melakukan pelunasan saat hendak keberangkatan. Namun, tak hanya itu. Perihal penentuan waktu keberangkatan juga sangat penting. Karena dengan waktu keberangkatan yang jelas, maka jamaah haji dapat dengan pasti melaksanakan ibadah haji. Apabila waktu keberangkatan tak jelas dan selalu diundur – undur, wapadalah.

Demikianlah informasi bagi sahabat Haji Furoda yang bertanya – tanya perihal Berapakah Biaya Haji Furoda 2021 dan Tahun 2022. Semoga informasi diatas dapat membantu sahabat Haji Furoda sekalian dalam memeprsiapkan pelaksanaan ibadah haji. Bagi sahabat Haji Furoda yang berminat untuk mendaftarkan diri sebagai calon jamaah Haji Furoda, sahabat Haji Furoda dapat mendaftarkan diri di Satutours Travel. Untuk informasi lebih lanjut seputar Haji Furoda, cara pendaftarannya dan apa saja persyaratannya sahabat Haji furoda dapat mengunjungi website resmi hajiplus.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *