Travel Haji Furoda Terbaik di Surabaya

Travel Haji Furoda Terbaik di Surabaya

Haji adalah rukun Islam yang kelima setelah syahadat, salat, zakat dan puasa. Melaksanakan ibadah haji merupakan rutinitas tiap tahun yang ditunaikan oleh umat muslim di penjuru dunia yang mampu dari segi biaya, material maupun fisik dengan berkunjung dan melaksanakan beberapa kegiatan di beberapa tempat di Arab Saudi pada suatu waktu yang dikenal sebagai musim haji (bulan Zulhijah). Ibadah haji adalah salah satu ibadah yang diwajibkan bagi kaum muslim untuk dilaksanakan apabila telah memenuhi syarat. Ibadah haji ini rutin diadakan setiap tahunnya dan jumlahnya bertambah. Dalam praktiknya ibadah haji tidaklah mudah, karena kita harus memiliki cukup tenaga dan energi untuk dapat menjalankannya. Waktu ibadah haji dianjurkan selama satu bulan penuh, yakni tiga puluh hari lamanya. Dengan waktu yang lama maka setiap jemaah haji, istilah bagi peserta ibadah haji, wajib mengetahui kapan waktunya dalam menjalankan urutan ibadah yang wajib dan ibadah yang disunahkan(tidak diwajibkan). Jamaah haji sering kali kerepotan dalam mencari jadwal keberangkatan haji, urutan waktu apa yang harus dijalani, dan kapan memulai suatu waktu ibadah. Oleh karena itulah, hendaknya sahabat Haji Furoda selalu menanyakan perihal kejelasan jadwal keberangkatan. Bagi sahabat Haji Furoda yang mendaftar sebagai calon jamaah Haji Furoda di Satutours Travel, tak perlu bingung terkait jadwal keberangkatan. Karena di Satutours Travel jadwal keberangkatannya telah tercantum dengan jelas dan pasti. Selain itu, apabila sahaabt Haji Furoda masih bingung terkait tekni keberangkatan Haji Furoda, sahabat Haji Furoda dapat bertanya langsung untuk mengetahui dengan jelas perihal keberangkatan. Tentu asyik bukan? inilah yang membedakan antara Haji Furoda dengan Haji Reguler yang sudah tidak asing lagi. Bagi sahabat Haji Furoda yang ingin mengetahui informasi lengkap seputar haji, yuk simak informasi di bawah ini.

Hukum dan Waktu Ibadah Haji

Hukum ibadah haji adalah sekali seumur hidup bagi kaum muslimin.Lebih dari itu berarti sunah. Waktu untuk ibadah haji menurut para ulama dimulai dari tanggal 1 syawal sampai terbit fajar tanggal 10 Dzulhijah. Selain waktu tersebut maka disebut dengan ibadah umrah. Kegiatan utama dalam ibadah haji berdasarkan urutan waktu :

  1. Sebelum 8 (delapan) Zulhijah, umat Islam dari seluruh dunia mulai berbondong untuk melaksanakan Tawaf Haji di Masjid Al Haram, Makkah.
  2. Pada tanggal 8 Zulhijah, jamaah haji bermalam di Mina. Pada pagi 8 Zulhijah, semua umat Islam memakai pakaian Ihram (dua lembar kain tanpa jahitan sebagai pakaian haji), kemudian berniat haji, dan membaca bacaan Talbiyah. Jamaah kemudian berangkat menuju Mina, sehingga malam harinya semua jamaah haji harus bermalam di Mina.
  3. Pada tanggal 9 Zulhijah, pagi harinya semua jamaah haji pergi ke Arafah. Kemudian jamaah melaksanakan ibadah Wukuf, yaitu berdiam diri dan berdoa di padang luas ini hingga Maghrib datang. Ketika malam datang, jamaah segera menuju dan bermalam Muzdalifah.
  4. Pada tanggal 10 Zulhijah, setelah pagi di Muzdalifah, jamaah segera menuju Mina untuk melaksanakan ibadah Jumrah Aqabah, yaitu melempar batu sebanyak tujuh kali ke tugu pertama sebagai simbolisasi mengusir setan. Setelah mencukur rambut atau sebagian rambut, jamaah bisa Tawaf Haji (menyelesaikan Haji), atau bermalam di Mina dan melaksanakan jumrah sambungan (Ula dan Wustha).
  5. Pada tanggal 11 Zulhijah, melempar jumrah sambungan (Ula) di tugu pertama, tugu kedua, dan tugu ketiga.
  6. Pada tanggal 12 Zulhijah, melempar jumrah sambungan (Ula) di tugu pertama, tugu kedua, dan tugu ketiga. Sebelum pulang ke negara masing-masing, jamaah melaksanakan Thawaf Wada’ (thawaf perpisahan)

Kegiatan Jamaah di Tanah Suci

Dalam proses pelaksanaan ibadah haji di tanah suci, ada beberapa urutan kegiatan yang biasanya dilakukan. Urutan kegiatan yang dilakukan antara lain :

Bandar Udara King Abdul Aziz Jeddah

  1. Turun dari pesawat menuju ruang tunggu kemudian dilakukan pemeriksaan (pria dan wanita terpisah). Pemeriksaan paspor oleh petugas imigrasi, pemeriksaan badan dan barang oleh petugas bea cukai
  2. Istirahat 6 – 10 jam, menunggu ke beberangkatan ke Madinah (gelombang I) dank e Makkah (gelombang II), jamaah haji mendapatkan paket haji dan pembagian stiker nomer maktab.
  3. Jamaah haji gelombang II mendapat bimbingan umrah bagi yang haji tamattu.
  4. Perjalanan menuju Madinah (gelombang I) selama 6 – 8 jam dan perjalanan menuju Makkah (gelombang II). Sebelum berangkat jamaah diharuskan untuk bersuci, berpakaian ihram, sholat sunah ihram dan niat ihram umrah. Selama perjalanan menuju Makkah membaca bacaan bacaan Talbiyah.
  5. Sebelum sampai Makkah jamaah haji diantar ke maktab untuk beristirahat

Madinah

  1. Jamaah berjalan kaki menuju masjid Nabawi untuk melaksanakan sholat lima waktu, dilanjutkan ziarah ke tempat bersejarah.
  2. TPHI melakukan bimbingan dan ceramah di maktab
  3. Pembayaran dendam (dam) bagi jamaah haji tamattu di Bank ArRajhi
  4. Persiapan menuju Makkah, sebelum berangkat jamaah diharuskan untuk bersuci, berpakaian ihram, sholat sunah ihram dan niat ihram umrah. Selama perjalanan menuju Makkah (masjid Bir Ali) membaca bacaan bacaan Talbiyah

Makkah

  1. Jamaah haji gelombang I dan II melakukan ibadah umrah
  2. TPHI melakukan bimbingan dan ceramah di maktab (bila tersesat menuju maktab dapat meminta bantuan di kantor haji dekat masjid dengan tanda bendera Indonesia)
  3. TPHImengatur persiapan wukuf dan memberikan bimbingan pada jamah haji
  4. Jamaah haji berpakaian ihram dan berangkat menuju arafah dengan bus (bagi yang saki diatur dengan pola safari wukuf)

Arofah

  1. Saat menunggu pelaksanaan wukuf, jamaah haji melakukan bimbingan, memperbanyak membaca Al-Qur’an dan berdzikir di tenda – tenda maktab.
  2. TPHI berpidato menjelang wukuf, jamaah haji melakukan sholat fardhu dengan jama’ taqdim dan qasar
  3. Setelah wukuf selesai, kemudian berangkat menuju Muzdalifah (pemberangkatan dengan 2 tahap)

Muzdalifah

  1. Mencari kerikil untuk melempar jumrah, memperbanyak dzikir, istighfar, dan sholawat nabi
  2. Mabit dan berangkat menuju mina tengah malam

Mina

  1. Menuju Haratul Lisan yang berjarak 2,5 km dari tempat jumrah untuk melakukan mabit (pemusatan Muassasah Asia Tenggara)
  2. Berangkat melempar jumrah Aqobah sebanyak 7 kali kemudian melakukan tahallul awal
  3. Selama hari Tasyrik melakukan mabit untuk melempar jumrah. Menuju jamarat melalui 2 terowongan (berangkat dan pulang)
  4. Melemparkan 3 jumrah (Ula, Wustha, Aqobah) masing-masing sebanyak 7 kali
  5. Menuju pemondokan di Makkah (selama di Mina dapat thawaf ifadah ke Masjidil Haram dan kembali ke Mina untuk mabit)

Makkah setelah wukuf

  1. Bagi yang belum melakukan thawaf ifadah harus segera melakukan
  2. Saat menunggu diberangkatkan ke Madinah dilakukan bimbingan
  3. Jamaah melakukan thawaf wada sebelum meninggalkan Makkah (gelombang I menuju Madinnatul Hujjaj dan gelombang II menuju Madinah)

Madinah setelah wukuf

  1. Melakukan sholat Arba’ain di Masjid Nabawi, ziarah ke makam Rasulullah,masjid Quba, dan lain – lain selama ± 9 hari
  2. Bimbingan oleh TPHI
  3. Berangkat menuju Madinatul Hujjaj

Madinatul Hujjaj

  1. Istirahat selama 2 hari, pembinaan setelah selesai sholat fardhu di masjid.
  2. Berziarah ke Madinah bagi yang ingin
  3. Pembagian tiket pesawat dan PPH 6 jam sebelum keberangkatan, pemberian 2 liter air zam – zam dari penanggung jawab maktab
  4. Berangkat menuju Bandar udara King Abdul Aziz, setelah sampai dilakukan penimbangan dengan batas maksimal 30 kg, selebihnya membayar Rp. 30.000/kg
  5. Menunjukkan tiket pesawat dan PPH pada petugas imigrasi untuk menuju ruang tunggu.
  6. Dalam pesawat, TPHI menyobek PPH hal 33 – 34, petugas Garuda membagi custom declaration ( blangko jenis dan jumlah barang bawaan) pada jamaah haji untuk diisi dan nantinya akan diserahkan pada petugas bea cukai sewaktu pemeriksaan barang di asrama haji.

Cara Menjaga Kesehatan Selama Ibadah Haji

Saat melakukan ibadah Haji, tentunya fisik yang sehat harus menyertai. Agar semua rangkaian ibadah haji yang dijalankan berjalan dengan baik. Ada beberapa cara yang dilakukan agar Sahabat Haji Furoda tetap sehat dalam pelaksanaan ibada haji. Caranya antara lain :

  1. Pastikan Makan dan Istirahat Yang Cukup

Bagi Sahabat Haji Furoda tentunya mengerti bahwa beribadah ke Tanah Suci merupakan kesempatan yang sangat berarti. Oleh karena itulah, terkadang sahabat Haji Furoda tak ingin melewatkannya untuk menjelajahi setiap penjuru di sekitar tanah suci. Maka tak heran apabila sahabat Haji Furoda terkadang kurang waktu istirahat ataupun kurang dalam hal asupan makanan. Inilah yang terkadang membuat tubuh menjadi kurang sehat. Agar hal tersebut tak terjadi, sebaiknya sahabat Haji Furoda tetap memastikan cukup untuk asupan makanan serta memeproleh istirahat yang cukup. Pastikan bahwa tubuh tetap sehat sampai puncak haji berlangsung. Dan satu hal lagi, hendaknya sahabat Haji Furoda minum yang cukup agar tak mengalami dehidrasi. Karena di tanah suci pada saat siang memiliki cuaca yang panas. Oleh karena itu hendaknya perhatikan juga kebutuhan cairan dalam tubuh agar tubuh tak mengalami dehidrasi.

  1. Mengonsumsi Vitamin

Sahabat Haji Furoda tentunya tak asing lagi terkait manfaat vitamin dalam rangka menjaga tubuh agar tetap sehat. Oleh karena itulah, hendaknya sahabat Haji Furoda hendaknya rutin dalam mengonsumsi vitamin agar tubuh tetap terjaga kesehatannya. Sahabat Haji Furoda dapat mengonsumsi vitamin C atau bisa juga mengonsumsi madu untuk ketahanan tubuh. Karena vitamin sangat berperan penting untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah drop.

  1. Berolahraga

Olahraga merupakan menjadi salah satu upaya agar tubuh tetap terjaga kesehatannya. Olahraga yang dilakukan pun tak selalu harus olahraga yang berat. Akan tetapi, bisa juga dilakukan dengan cara yang ringan yakni seperti jogging, senam dan lain sebagainya. Sebisa mungkin sahabat Haji Furoda melakukan olahraga, agar badan tetap terjaga kesehatannya dan tidak mudah terserang penyakit. Sahabat Haji Furoda juga bisa melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki beberapa kilometer setiap harinya. Hal ini bertujuan untuk membiasakan sahabat Haji Furoda berjalan kaki. Agar pada saat proses pelaksanaan ibadah Haji sahabat Haji furoda dapat lebih siap dan tak merasa Lelah yang berlebih akibat tubuh telah dilatih lebih awal. Sehingga olahraga ini menunjang aktivitas fisik saat menjalani ibadah haji yang berlangsung cukup lama yakni lebih dari seminggu.

  1. Menjaga Pola Makan

Pola makan merupakan menjadi salah satu faktor untuk menjaga ketahanan tubuh agar tetap sehat terutama dikala pelaksanaan proses ibadah haji. Sebaiknya, beberapa bulan mejelang keberangkatan pelaksanaan ibadah haji hendaknya sahabat Haji Furoda menjaga pola makan. Hal ini bertujuan agar tubuh tidak mengalami drop pada saat proses pelaksanaan ibadah haji. Oleh karena itu, sebelum melakukan keberangkatan ke tanah suci sahabat Haji Furoda disarankan untuk melakukan medical check up. Hal ini bertujuan untuk memastikan kondisi tubuh sahabat Haji Furoda benar – benar sehat untuk dapat melaksanakan ibadah haji.

Program Haji Tanpa Antri

Haji Furoda merupakan ibadah haji yang dilakukan dengan program non kuota yang legal dan telah teregistrasi dalam kuota calon jamaah haji oleh pemerintah kerajaan Saudi Arabia. Visa yang digunakan pada Haji Furoda pun merupakan visa khusus yang disebut visa Furoda yang memang diperuntukkan secara khusus bagi jamaah haji yang menggunakan kuota pemerintah kerajaan Arab Saudi. Sehingga, Haji Furoda ini merupakan ibadah haji yang dilakukan tanpa mengurangi jatah kuota haji pemerintah RI. Hal ini dikarenakan Haji Furoda dikelola secara mandiri oleh pihak travel haji resmi dari kantor Kementrian agama. Oleh karena itu, keberangkatan untuk Haji furoda ini tak membutuhkan waktu yang lama seperti keberangkatan Haji Reguler. Itulah mengapa Haji Furoda disebut ibadah haji yang dilakukan tanpa antri. Visa furoda inilah yang membedakan antara  Haji Furoda dengan Haji yang lainnya.

Visa Haji Furoda atau Mujamalah merupakan visa khusus yang merupakan undangan dari pemerintah kerajaan Arab Saudi di luar kuota visa haji yang sudah dijatahkan kepada Kementrian Agama Republik Indonesia. Jadi, melalui visa furoda inilah jamaah haji furoda tak perlu menunggu antrian yang cukup lama untuk berangkat ke tanah suci dalam rangka melaksanakan ibadah haji. Untuk visa furoda ini siapapun boleh mendapatkan kuota tersebut yang peraturannya telah diatur dalam Undang – Undang nomor 8 tahun 2019 tentang Penyelenggraan Haji dan Umroh. Berbeda hal nya dengan visa Haji Reguler dan Haji Khusus, Visa Furoda ini merupakan visa yang tidak gratis. Akan tetapi, cara mendapatkannya dengan cara harus membayar. Oleh karena itulah, Haji Furoda merupakan program haji yang paling mahal. Karena memang visa yang dipakai ialah visa khusus. Namun, disisi lain kelebihan visa furoda adalah calon jamaah dapat berangkat lebih cepat. Keuntungan yang di dapatkan saat memilih program Haji Furoda ini antara lain :

  1. Berangkat Tanpa Antri

Memang kelebihan yang utama pada program Haji Furoda ini ialah terkait masa tunggu keberangkatan yang singkat yakni tanpa melalui antri. Oleh karena itulah, tak heran apabila tarif Haji Furoda ini berbeda dengan program haji jenis lainnya. Karena memang dalam hal waktu tunggu keberangkatan tak perlu memerlukan waktu yang lama seperti pada Haji Reguler. Hal ini juga dikarenakan jamaah Haji Furoda memiliki visa khusus yang bernama visa Furoda yang memeprmudah dalam hal proses pemberangkatan tanpa antri. Pemberangkatan tanpa antri ini bisa terjadi karena visa yang digunakan oleh jamaah Haji Furoda merupakan visa non kuota yakni undangan yang berasal dari kerajaan Saudi Arabia. Sehingga, tak perlu antri karena memang bukan termasuk kuota haji dalam pemerintah RI.

  1. Cara Pendaftaran Yang Mudah

Bagi sahabat Haji Furoda yang ingin mendaftarkan diri sebagai jamaah Haji Furoda, tak usah risau. Karena cara pendaftarannya cukup mudah. Terlebih Sahabat Haji Furoda mendaftarkan diri ke Satutours Travel, tentu akan sangat mudah. Hal ini dikarenakan pengurusan dokumen visa dan surat rekomendasi keberangkatan telah menjadi tanggung jawab travel. Sehingga Sahabat Haji Furoda tak perlu repot untuk mengurusi dokumen penting tersebut. Bagaimana? Cukup mudah bukan? Bagi sahabat Haji Furoda yang mencari jasa Travel Haji Furoda Terbaik di Surabaya, Satutours Travel telah hadir untuk Sahabat Haji Furoda sekalian. apabila sahabat Haji Furoda berniat untuk mendaftarkan diri silahkan chat pada kontak yang tertera pada website hajiplus.id

  1. Fasilitas Yang Exclusive

Bukan menjadi hal yang asing bahwa biaya yang mahal selalu disertai dengan fasilitas penunjang yang exclusive. Fasilitas yang disediakan tentunya mengutamakan kenyamanan para jamaah Haji Furoda selama melaksanakan proses ibadah haji. Bagi sahabat Haji Furoda yang hendak mendaftarkan diri sebagai calon jamaah Haji Furoda di Satutours Travel tak perlu ragu, karena fasilitas dan pelayanan yang diberikan telah menomorsatukan kenyamanan jamaah Haji Furoda sekalian.

  1. Kepastian Dalam Hal Keberangkatan

Bagi sahabat Haji Furoda yang mendaftarkan diri sebagai calon jamaah Haji Furoda hendaknya tak perlu khawatir perihal kepastian dalam hal keberangkatan. Karena Haji Furoda merupakan program haji tanpa antri, sehingga kepastian dalam hal keberangkatan itu pasti. Berbeda hal nya dengan Haji Reguler yang tidak terdapat kepastian dalam hal keberngkatan. Karena terkadang ada penambahan waktu tunggu, sehingga tidak pasti untuk keberangkatannya. Oleh karena itulah, Haji Furoda ini merupakan program haji yang cocok teruntuk Sahabat Haji Furoda yang mengutamakan kepastian dalam hal keberangkatan. Karena kepastian dalam hal keberangkatan juga menjadi salah satu acauan agar tak tertipu terjadinya pembatalan pemberangkatan.

  1. Jarak Hotel Dengan Masjidil Haram Yang dekat

Kelebihan bagi jamaah Haji Furoda yang menggunakan program Haji Furoda dalam pelaksanaan ibadah haji ialah jarak hotel yang relatif dekat dengan Masjidil Haram. Sehingga, untuk menuju ke Masjidil Haram, Sahabat Haji Furoda tinggal jalan kaki saja. Inilah kelebihan yang dirasakan para jamaah Haji Furoda yang tak dirasakan oleh program Haji Reguler. Dengan dekatnya jarak hotel dengan Masjidil Haram, maka akan semakin mudah pula dalam menunjang proses pelaksanaan ibadah haji para jamaah Haji Furoda sekalian.

Berikut adalah ulasan singkat terkait informasi seputar haji yang dapat dijadikan bekal Sahabat Haji Furoda. Dengan banyak membaca informasi seputar haji, tentunya akan membuat sahabat Haji Furoda sekalian lebih siap dalam mempersiapkan segala sesuatu untuk melaksanakan ibadah Haji. Bagi sahabat Haji Furoda yang mencari jasa Travel Haji Furoda Terbaik di Surabaya, Satutours Travel adalah pilihan yang tepat. Karena fasilitas dan jasa pelayanan yang diberikan merupakan kualitas yang terbaik. Selain itu, Biaya Haji Furoda yang ditawarkan pun merupakan harga yang terbaik. Sehingga bagi sahabat Haji Furoda yang mampu dan ingin melaksanakan haji tanpa meunggu waktu yang lama, Haji Furoda adalah solusinya. Bagi sahabat Haji Furoda yang ingin mendaftarkan diri sebagai calon jamaah Haji Furoda, silahkan hubungi kontak yang telah tertera di website resmi hajiplus.id. Semoga sahabat Haji Furoda yang berniat untuk melaksanakan ibadah Haji langkahnya dipermudah oleh Allah. Semoga sahabat Haji Furoda dapat menjadi calon jamaah Haji Furoda 2021 2022 ataupun di tahun berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *