Informasi lengkap Haji 2021 dan 2020

Informasi lengkap Haji 2021 dan 2020

Haji merupakan perjalanan tersendiri di dalam dunia travelling dan wisata. Seorang muslim dalam perjalanan itu berpindah dari negaranya menuju negeri yang aman. Islam menjadikannya sebagai lambang tauhid kepada Allah SWT dan kesatuan kaum muslimin. Oleh karena itu, diwajibkan atas seorang muslim untuk menghadap ke arah kiblat itu setiap hari dalam sholatnya. Kemudian diwajibkan pula mengelilinginya sekali dalam seumur hidup. Sahabat Haji furoda tentunya telah mengerti bahwa ibadah haji merupakan ibadah yang dilakukan pada waktu, tempat dan cara yang telah ditetapkan oleh Allah SWT. Hal ini menunjukkan adanya penentuan dalam konsep dan pelaksanaan ibadah haji untuk keragaman muslim dalam mengabdikan diri terhadap Allah SWT. Ibadah haji telah ditekankan kepada umat muslim yang mampu untuk menunaikan ibadah haji. Sebagaimana firman Allah SWT dalam Al – Qur’an surat Ali – Imran ayat 97 yang artinya “ Mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah. Barangsiapa mengingkari (kewajiban haji), maka sesunguhnya Allah Maha kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari semesta alam “

Pada umumnya melakukan amal ibadah merupakan kewajiban tetap dan tetap akan terus dilakukan sepanjang umur. Akan tetapi, khusus untuk ibadah haji kewajibannya hanya cukup sekali saja dalam seumur hidup. Tujuan diwajibkannya haji ialah dalam rangka memenuhi panggilan Alah untuk memperingati serangkaian kegiatan yang pernah dilakukan oleh Nabi Ibrahim sebagai penggangas syariat islam. Keinginan Nabi Ibrahim itulah ditanggapi Allah dengan menyuruh orang – orang untuk menziarahi tempat Nabi Ibrahim. Oleh karena itulah, melaksanakan ibadah di tanah suci merupakan menjadi impian bagi semua umat muslim. Sahabat Haji Furoda tentunya juga demikian bukan? Bagi Sahabat Haji Furoda yang berkeinginan untuk berangkat ke tanah suci dalam rangka melaksanakan ibadah haji semoga jalannya dipermudah oleh Allah. Untuk Sahabat Haji Furoda jangan lupa untuk selalu membekali diri dengan ilmu agar dapat lebih siap ketika menghadapi segala sesuatu. Jangan lupa untuk menabung juga agar keinginan untuk berangkat ke tanah suci dalam rangka melaksanakan ibadah haji dapat segera terlaksana. Agar Sahabat Haji Furoda dapat lebih siap dalam mempersiapkan ibadah haji, inilah Informasi Lengkap Haji 2021 dan 2020.

Persiapan Menjaga Kesehatan Pada Saat Ibadah Haji

Kesehatan merupakan salah satu faktor penting dalam menunjang terlaksananya ibadah haji dengan lancar. Kondisi tubuh yang sehat tentunya tak akan menghambat sahabat Haji Furoda dalam menjalankan serangkaian aktivitas dalam proses ibadah haji. Oleh karena itulah, sebelum berangkat ke tanah suci untuk melaksanakan ibadah haji sebaiknya Sahabat Haji Furoda melakukan pengecekan kesehatan. Hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah kondisi sahabat Haji Furoda tersebut sehat atau tidak. Ada beberapa persiapan kesehatan yang hendaknya dilakukan oleh para calon jamaah haji. Apa saja persiapannya? Yuk simak informasi di bawah ini.

  1. Mengecek Kesehatan Sebelum Berangkat Haji

Persiapan dalam hal kesehatan yang hendaknya dilakukan oleh calon jamaah haji ialah dengan mengecek kesehatan sebelum berangkat haji. Hal ini bertujuan untuk mengetahui kondisi kesehatan jamaah haji secara menyeluruh. Dengan melakukan pengecekan kesehatan, apabila sahabat Haji Furoda memiliki penyakit tertentu, sahabat Haji Furoda dapat berkonsultasi dengan dokter perihal penyakit yang di deritanya tersebut. Mengecek kesehatan ini merupakan salah satu upaya untuk mengantisipasi penyakit yang bisa datang kapan saja. Dengan mengetahui kondisi di awal bahwa tubuh dalam keadaan sehat, maka sebisa mungkin sahabat Haji Furoda juga dapat mempertahankan tubuh agar senantiasa tetap sehat.

  1. Melakukan Vaksin

Vaksin merupakan hal wajib yang hendaknya harus dilakukan sebelum berangkat ke tanah suci. Vaksi yang wajib dilakukan adalah vaksinasi meningitis untuk menghindari penyakit meningitis sebagai syarat mendapatkan visa haji. Selain vaksin meningitis, ada vaksin tambahan yang juga dianjurkan sebelum berangkat ke tanah suci antara lain vaksin influenza, vaksin hepatitis A dan B, vaksin tifoid dan pneumokokus. Untuk pelaksanaan semua vaksin ini dilakukan minimal 2 minggu sebelum keberangkatan.

  1. Menggunakan Masker

Sahabat Haji Furoda pastinya sudah mengerti bahwa aktivitas yang berada di luar ruangkan tentu mengandung banyak debu yang bertebaran. Agar sahabat Haji Furoda tetap dalam kondisi sehat pada saat proses pelaksanaan ibadah haji sebaiknya gunakan masker. Karena dengan menggunakan masker maka sahabat Haji Furoda akan terhindar dari debu dan kotoran yang dapat memicu penyakit flu dan lain sebagainya. Hal ini bertujuan untuk upaya perlindungan diri agar tubuh tetap sehat. Karena sahabat Haji Furoda tak menegrti dengan pasti perihal kualitas udara yang ada disekitar, terlebih banyak sekali jamaah yang datang dari penjuru dunia yang berkumpul jadi satu untuk melaksanakan ibadah haji.

  1. Membawa Obat pribadi

Sebaiknya, saat berada diluar rumah terutama dalam jangka waktu yang cukup lama hendaknya membawa obat pribadi. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi apabila sewaktu – waktu Riwayat penyakit yang pernah di derita dapat kambuh. Karena, hanya diri sendirilah yang mengetahui kondisi kesehatan. Sehingga, sangat penting untuk diperhatikan terkait membawa obat pribadi yang cukup selama pelaksanaan ibadah haji. Dan yang terpenting, jangan lupa untuk konsultasi dengan dokter terkait Riwayat penyakit yang sedang di derita. Oleh sebab itu, check up kesehatan di awal sangat penting, seperti yang diulas pada poin satu tersebut.

  1. Mengonsumsi Air Yang Cukup

Air merupakan unsur yang pentig bagi tubuh. Oleh karena itu, sebisa mungkin tubuh jangan sampai kurang dalam mengonsumsi cairan. Terlebih dalam cuaca panas yang terik, karena cuasa yang panas dapat menyebabkan tubuh menjadi dehidrasi. Sehingga, bagi Sahabat Haji Furoda yang ingin terjaga kesehatannya dan terhindar dari dehidrasi sebaiknya minumlah air putih dengan cukup. Agar Sahabat Haji Furoda dapat selalu minum air dengan cukup, sebaiknya bawalah botol minum sendiri. Sehingga ketika air dalam botol tersebut habis, dapat diisi ulang kembali. Dengan begitu, sahabat Haji Furoda akan terhindar dari dehidrasi yang tentunya akan membawa dampa yang negatif untuk tubuh.

  1. Menjaga Kebersihan Diri

Agar tubuh senantiasa sehat, sudah selayaknya sahabat Haji furoda menjaga kebersihan diri dengan cara rutin bersih diri selepas selesai melakukan aktivitas luar ruangan serta rajin mencuci tangan. Dengan rutib bersih diri selepas melakukan aktivitas luar ruangan, maka bakteri dan kuman yang menempel pada tubuh akan hilang. Selain itu, dengan rajin mencuci tangan juga mencegah bakteri ataupun kuman yang dapat menyebabkan penyakit. Seperti yang sahabat Haji furoda ketahui bahwa tangan merupakan sarang kuman dan bakteri. Karena tangan merupakan bagian tubuh yang memang digunaakn untuk menyentuh segala sesuatu. Oleh karena itu, tak heran apabila tangan menjadi salah satu sarang kuman dan bakteri yang dapat menyebabkan penyakit. Untuk mencegah penyakit yang ditimbulakan dari bakteri dan kuman yang berasal dari tangan, sahabat Haji Furoda dapat mencegahnya dengan cara rajin mencuci tangan dengan menggunakan cairan pembersih tangan antiseptic.

  1. Memperhatikan Dalam Hal Mengonsumsi Makanan

Makanan merupakan salah satu hal yang dapat menentukan tubuh menjadi sehat atau sakit. Makanan yang sehat seprti sayur, buah dan lain sebagainya tentunya akan membuat tubuh memperoleh nutrisi yang cukup dan tetap terjaga kesehatannya. Berbeda pula dengan makanan yang tidak sehat yang akan menyebabkan tubuh menjadi rentan terserang oleh penyakit. Bagi sahabat Haji Furoda ketika melakukan proses ibadah haji, agar tetap sehat tentunya harus memperhatikan konsumsi majkannya. Misalnya dengan cara mencuci buah yang hendak dikonsumsi. Kemudian menghindari makanan yang mentah ataupun makanan yang setegah matang untuk menghindari penyakit gangguan pencernaan.

 Aneka Jenis Visa Untuk Ibadah Haji

Tahukah Sahabat Haji Furoda? Ternyata untuk melaksanakan ibadah haji tak hanya ada satu jenis visa saja. Melainkan, terdapat beberapa jenis visa yang dapat digunakan untuk berangkat ke tanah suci. Agar sahabat Haji Furoda dapat berangkat ke tanah suci untuk melaksanakan ibadah haji tentunya sahabat Haji furoda harus memiliki visa yang resmi. Jenis visa yang dapat digunakan untuk berangkat haji ada 3 jenis yakni haji yang melalui kuota reguler, kuota khusus atau kuota furoda/muajamlah.

  1. Visa Haji Reguler

Visa Haji Reguler merupakan visa haji yang diberikan oleh pemerintah Indonesia melalui Kementrian Agama. Cara mendapatkan visa Haji Reguler agar dapat berangkat ke tanah suci dalam rangka melaksanakan ibadah haji ialah dengan cara mendaftarkan diri ke bank yang telah dirujuk pemerintah dan membayar Biaya Penyelenggraaan Ibadah Haji (BPIH). Setelah itu calon jamaahhaji akan memperoleh nomor proxy haji. Namun, seperti yang telah diketahui bahwa kekurangan dari Haji reguler ini memiliki waktu tunggu yang cukup lama. Waktu tunggu yang cukup lama ini ialah dengan mengatre kurang lebih selama 20 tahun.

  1. Visa Haji Khusus

Visa haji khusus merupakan visa haji yang memiliki jumlah sebesar 8 persen dari kuota Haji Reguler atau kurang lebihnya sekitar 18 – 19 ribu orang. Calon jamaah dari kuota haji khusus akan mendaftar melalui pihak jasa travel. Calon jamaah haji ini memiliki waktu tunggu keberangkatan yang lebih cepat dibandingkan dengan visa haji reguler yakni maksimal 7 tahun. Ada hal penting yang hendaknya diketahui oleh jamaah haji yakni terkait kepengurusan visa. Visa ini gratis dan diurus oleh pihak jasa travel. Sehingga bagi para calon jamaah haji tak perlu repot untuk mengurus visa ibadah haji.

  1. Visa Haji Furoda atau Mujamalah

Visa Haji Furoda atau Mujamalah merupakan visa khusus yang merupakan undangan dari pemerintah kerajaan Arab Saudi di luar kuota visa haji yang sudah dijatahkan kepada Kementrian Agama Republik Indonesia. Jadi, melalui visa furoda inilah jamaah haji furoda tak perlu menunggu antrian yang cukup lama untuk berangkat ke tanah suci dalam rangka melaksanakan ibadah haji. Untuk visa furoda ini siapapun boleh mendapatkan kuota tersebut yang peraturannya telah diatur dalam Undang – Undang nomor 8 tahun 2019 tentang Penyelenggraan Haji dan Umroh. Berbeda hal nya dengan visa Haji Reguler dan Haji Khusus, Visa Furoda ini merupakan visa yang tidak gratis. Akan tetapi, cara mendapatkannya dengan cara harus membayar. Oleh karena itulah, Haji Furoda merupakan program haji yang paling mahal. Karena memang visa yang dipakai ialah visa khusus. Namun, disisi lain kelebihan visa furoda adalah calon jamaah dapat berangkat lebih cepat.

Persiapan Pemberangkatan Ibadah Haji

Sebelum berangkat ke tanah suci untuk melaksanakan ibadah haji, sudah selayaknya persiapan telah dilakukan semaksimal mungkin. Persiapan sebelum berangkat menuju tanah suci dianjurkan agar diri lebih siap dalam menjalankan serangkaian kegiatan yang akan dilakukan dalam proses pelaksanaan ibadah haji. Persiapan apa saja yang hendaknya diperhatikan? yuk simak informasi di bawah ini.

1. Persiapan Mental Dan Spiritual

2. Niat Semata – mata ibadah karena Allah SWT

Persiapan yang paling utama ialah mempersiapkan niat untuk melakukan ibadah haji semata – mata ibadah karena Allah Swt. Pastikan niat tersebut telah benar dalam diri sahabat Haji Furoda sekalian. Jangan sampai niat yang timbul tersebut malah justru niat untuk pamer kepada teman atau keluarga bahwa sahabat Haji Furoda memang mampu untuk melakukannya. Jika dalam diri sahabat Haji furoda timbul niat hanya karena ingin pamer, segeralah istighfar dan niatlah hanya karena Allah Swt.

3. Bertaubat dan mohon bimbingan dari Allah SWT

Persiapan seusai niat karena Allah selanjutnya ialah beratubat dan mohon bimbingan dari Allah Swt. Tentunya sahabat Haji Furoda sebagai manusia pastinya tak luput dari salah. Oleh karena itulah, sebelum berangkat dan menunaikan ibadah haji sebaiknya bertaubat terlebih dahulu dan memohon bimbingan kepada Allah Swt agar ibadah haji yang akan dilakukan berjalan dengan lancar dan tidak ada hambatan apapun.

4. Selesaikan Masalah Keluarga, Pekerjaan, dll.

Sebelum berangkat ke tanah suci untuk melaksanakan ibadah haji, apabila sahabat Haji Furoda memiliki permasalahan dengan keluarga maupun pekerjaan sebaiknya selesaikan terlebih dahulu. Hendaknya sahabat Haji Furoda menyekesaikan segala masalah yang timbul. Agar ketika sahabat Haji Furoda melaksanakan ibadah haji, pelaksanaannya menajdi lancar dan tidak terganggu.

5. Silaturahmi dengan banyak pihak dan mohon do’a restu

Persiapan yang selanjutnya ialah dengan menjalin silaturahmi dengan banyak pihak serta memohon doa restu. Hal ini bertujuan agar ketika sahabat Haji Furoda dalam proses pelaksanaan ibadah haji, proses pelaksanaan ibadah haji tersebut berlangsung dengan lancar dan tanpa hambatan. Oleh karena itulah, hendaknya sebelum berangkat ke tanah suci sahabat Haji Furoda memohon doa restu kepada teman, keluarga dan pihak lainnya.

Persiapan Material

  1. Mempersiapkan bekal secukupnya, termasuk untuk yang dittinggalkan

Selain persiapan mental spiritual, ada pula persiapan material yang tentunya tak kalah pentingnya. Persiapan material dengan mempersiapkan bekal secukupnya, termasuk untuk yang ditinggalkan ialah bertujuan agar merasa cukup dan tidak kekurangan. Bekal yang cukup untuk yang hendak meninggalkan rumah dan bekal yang cukup pula bagi yang ditinggalkan.

2. Membawa Persiapan ke tanah suci. Contohnya : pakaian, dll

Material lain yang tentunya membutuhkan persiapan ialah berupa kebutuhan seperti pakaian. Jangan sampai lupa bagi sahabat Haji Furoda dalam mempersiapkan barang bawaan yang dirasa penting tersebut.

Fakta Haji Plus dan Haji Furoda

Ibadah haji merupakan dambaan setiap umat muslim yang selalu dinanti. Akan tetapi, tak semua umat muslim beruntung untuk menjalankan ibadah haji ini. hal ini dikarenakan biaya yang dibutuhkan untuk melaksanakan ibadah haji tidaklah sedikit. Oleh karena itulah, hanya yang mampu saja yang dapat berangkat ke tanah suci untuk melaksanakan ibadah haji. Di Indonesia sudah tak asing lagi perihal waktu tunggu keberangkatan ibadah haji yang cukup lama. Lamanya waktu tunggu ini hingga mencapai belasan tahun bahkan puluhan tahun. Haji yang ramai akan peminat ini ialah haji reguler. Meskipun memiliki waktu tunggu keberangkatan yang cukup lama, namun masyarakat tetap memilih program haji ini lantaran harganya yang paling terjangkau diantara program haji lainnya. Selain Haji Reguler, ada pula program haji lainnya yakni Haji Plus dan Haji Furoda. Perbedaan antara Haji Reguler dan Haji Plus serta Haji Furoda adalah terletak pada waktu tunggu keberangkatannya. Program haji yang memiliki waktu tunggu keberangkatan paling lama ialah Haji Reguler. Akan tetapi, program haji dengan waktu tunggu keberangkatan paling cepat ialah Haji Furoda.

Perbedaan terkait waktu tunggu keberangkatan ini tentunya juga mempengaruhi harga yang ditawarkan. Karena memiliki waktu tunggu yang lebih lama, maka Haji Reguler memiliki harga yang lebih rendah dibandingkan dengan harga Haji Plus dan Haji Furoda. Untuk Haji Plus, waktu tunggu keberangkatannya lebih cepat dibandingkan dengan Haji Reguler. Oleh karena itu, harga untuk Haji Plus ini sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan Haji Reguler. Sedangkan untuk Haji Furoda merupakan program haji yang memiliki waktu tunggu keberangkatan paling cepat. Hal ini dikarenakan Haji Furoda merupakan haji tanpa antri, sehingga tak perlu menunggu waktu yang lama perihal keberangkatan untuk melaksanakan ibadah haji ke tanah suci. Dari segi biaya, Haji Furoda memang mematok biaya yang lebih tinggi dibandingkan dengan biaya Haji Reguler dan Haji Plus. Karena memang Haji Furoda ini merupakan haji yang memberikan fasilitas yang exclusive. Maka tak heran apabila fasilitas yang disuguhkan sangat nyaman bagi jamaah Haji Furoda. Karena fasilitas yang diberikan sepadan dengan biaya yang dibayarkan. Harga Haji Furoda ini kurang lebihnya 3 kali lipat dari Haji Reguler. Untuk Sahabat Haji Furoda yang ingin melaksanakan ibadah haji, memiliki rezeki yang lebih serta tak ingin menunggu waktu keberangkatan yang lama, memilih program Travel Haji Furoda merupakan pilihan yang tepat. Sahabat Haji Furoda yang hendak mendaftarkan diri sebagai calon jamaah Haji Furoda, sahabat Haji Furoda dapat mendaftarkan diri ke Satutours Travel. Untuk informasi lebih lanjut, sahabat Haji Furoda dapat melihat informasinya pada laman website resmi hajiplus.id.

Berikut merupakan seputar Informasi Lengkap Haji 2021 dan 2020 yang mungkin bermanfaat bagi sahabat Haji Furoda sekalian. Bagi sahabat Haji Furoda yang berkeinginan untuk mendaftar sebagai calon jamaah Haji Furoda 2021 2022 ataupun di tahun selanjutnya, silahkan simak terus informasi yang diulas di tulisan – tulisan berikutnya. Sahabat Haji Furoda dapat menjadikan Satutours Travel sebagai pilihan yang tepat. Karena jasa pelayanan dan fasilitas yang diberikan sangat mengutamakan kenyamanan para jamaah haji. Selain itu, harga yang ditawarkan pun merupakan harga yang terbaik. Oleh karena itulah, apabila sahabat Haji Furoda berminat untuk mendaftarkan diri sebagai calon jamaah Haji Furoda, silahkan hubungi kontak yang telah tertera di website resmi hajplus.id. Bagi sahabat Haji Furoda yang masih penasaran perihal Haji Furoda, yang masih bertanya – tanya perihal keberangkatan dan masih ingin menggali informasi lebih dalam lagi seputar Haji Furoda ataupun Haji Plus, sahabat Haji Furoda dapat menghubungi pula pada kontak yang tertera pada website. Selain itu, sahabat Haji Furoda juga dapat membaca blog yang terdapat pada laman website. Semoga, segala informasi yang disampaikan dapat bermanfaat bagi sahabat Haji Furoda sekalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *