Haji Furoda Jakarta 2020

Haji Furoda Jakarta 2020

Haji Furoda Jakarta 2020

Haji Furoda Jakarta 2020
Haji Furoda Jakarta 2020

Ibadah haji merupakan kewajiban bagi umat Islam yang mampu. Hal ini dikarenakan ibadah haji termasuk rukun Islam dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Sehingga hanya yang mampu secara jasmani, rohani dan finansial yang diwajibkan untuk menjalankannya.

Seperti yang kita ketahui bahwa kuota haji mulai dibatasi. Hal ini dikarenakan umat muslim yang berminat untuk melaksanakan haji sangat tinggi. Sedangkan tempat ibadahnya cukup terbatas.

Oleh karena pembatasan kuota haji, kita tidak dapat langsung berangkat haji di tahun yang sama dengan saat mendaftar. Mau tahu lebih lanjut mengenai kuota haji dan semua yang berhubungan dengan haji? Yuk, simak ulasan berikut.

Kuota Haji

Kuota haji untuk Indonesia adalah sebanyak 221 ribu jemaah haji per tahun. Kementerian agama ( Kemenag ) membagi kuota itu ke dalam dua jalur haji, yaitu jalur haji reguler dan jalur khusus, yaitu jalur haji plus. Jalur haji reguler biasanya memiliki rentang kurun waktu tunggu selama kurang lebih 30 tahun. Sedangkan jalur khusus untuk haji plus memiliki kurun waktu tunggu selama 5 sampai 7 tahun. Namun tahukah kamu? Selain jalur haji reguler dan jalur haji plus, ada satu jalur khusus yang cukup menarik perhatian. Jalur khusus tersebut adalah jalur haji furoda.

Jalur haji furoda merupakan program haji non kuota yang legal dan terdaftar dalam kuota haji pemerintah Arab Saudi, tetapi tidak masuk dalam pendataan Indonesia. Sehingga kita dapat melakukan ibadah haji tanpa harus menunggu. Hal ini dikarenakan visa masuk untuk haji furoda berbeda dengan visa masuk haji reguler maupun haji plus. Jika jemaah haji reguler dan haji plus menggunakan visa haji untuk masuk ke tanah suci, jemaah haji furoda menggunakan visa khusus yang disebut haji visa furoda. Visa furoda dikeluarkan khusus untuk jemaah haji yang membeli kuota haji dari pemerintah Arab Saudi.

Perbedaan Haji Plus dan Haji Furoda

Meskipun sama-sama berada dalam jalur khusus untuk pemberangkatan haji, jalur haji plus dan jalur haji furoda memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Beberapa perbedaan yang terlihat mencolok adalah sebagai berikut.

  1. Kuota Penyelenggaraan

Kuota penyelenggaraan merupakan hal yang paling mencolok dari perbedaan jalur haji plus dan haji furoda. Untuk kuota jalur haji plus memiliki batas tertentu. Hal ini dikarenakan jalur haji plus, pada dasarnya menggunakan kuota pemerintah. Jadi pemerintah memberikan sebagian kuota haji pada pihak swasta, sebagai upaya untuk meringankan waktu tunggu jemaah haji. Sedangkan jalur haji furoda tidak mempunyai batas kuota. Oleh sebab itu jalur haji furoda lebih dikenal sebagai jalur haji non-kuota.

  1. Kurun Waktu Tunggu

Perbedaan kedua terletak pada lama waktu tunggu dalam pemberangkatan haji. Jalur haji furoda tidak membutuhkan waktu tunggu untuk pemberangkatan. Sedangkan  jalur haji plus membutuhkan waktu pemberangkatan antara lima sampai tujuh tahun setelah pendaftaran.

  1. Visa Masuk

Visa masuk untuk jalur haji plus menggunakan visa masuk haji seperti jalur reguler
Visa masuk untuk jalur haji plus menggunakan visa masuk haji seperti jalur reguler

Visa masuk untuk jalur haji plus menggunakan visa masuk haji seperti jalur reguler. Sedangkan visa masuk jalur haji furoda menggunakan visa khusus furoda. Visa furoda merupakan visa undangan yang disediakan oleh pemerintah Arab Saudi. Hal ini merupakan upaya pemerintah Arab Saudi untuk mendukung seluruh calon jamaah haji di seluruh dunia yang menggunakan kuota haji furoda.

  1. Harga

Harga yang ditawarkan oleh jalur haji plus dan jalur haji furoda memiliki perbedaan yang cukup banyak. Terutama di bagian harga visa haji dan harga haji visa furoda. Sehingga tak heran jika biaya haji furoda lebih mahal jika dibandingkan biaya haji plus maupun haji reguler.

Biaya Haji Furoda

Dikarenakan bukan merupakan jalur haji dari kuota pemerintah, maka tak heran jika biaya haji furoda cukup mahal. Sebagai contohnya, biaya haji furoda di Jakarta pada tahun 2019 sekitar 200 juta. Sedangkan biaya haji furoda Jakarta 2020 diperkirakan mencapai sekitar 200 juta ke atas. Perbedaan biaya ini menyesuaikan harga dollar, karena biasanya biaya haji furoda ditetapkan dengan dollar. Terakhir harga jalur haji furoda sebesar 14.444 USD.

Harga yang ditawarkan ini biasanya sudah mencakup seluruh fasilitas yang diperlukan saat ibadah haji. Fasilitas yang disediakan pun cukup lengkap, seperti penginapan, visa, makan serta transportasi saat ibadah haji. Selain itu untuk jalur haji furoda pemberian fasilitas sesuai dengan harga atau paket yang menjadi pilihan calon jemaah haji.

Kelebihan Haji Furoda

Sama halnya dengan jalur haji yang lain. Jalur haji furoda memiliki beberapa kelebihan, jika dibandingkan dengan jalur haji yang lain. Kelebihan dari jalur haji furoda adalah sebagai berikut.

  1. Waktu tunggu

Seperti yang telah dijelaskan, jalur haji furoda tidak membutuhkan waktu tunggu. Hal ini dikarenakan jalur haji furoda menggunakan kuota haji yang dibeli langsung dari negara Arab Saudi, sehingga memiliki kuota yang tidak terbatas. Ini menjadi sebuah keuntungan yang cukup menarik bagi para calon jemaah haji yang ingin melaksanakan ibadah haji tanpa menunggu lama dalam kurun waktu bertahun-tahun.

  1. Fasilitas yang didapat

Selain kurun waktu, kelebihan yang ditawarkan oleh jalur haji furoda adalah fasilitas. Fasilitas yang didapatkan untuk calon jemaah pada jalur haji furoda biasanya lebih lengkap dibandingkan jalur haji lain. Namun kelengkapan fasilitas ini hanya dapat diperoleh dari paket haji furoda yang memiliki fasilitas terbaik, serta paket haji furoda yang diberikan oleh agen perjalanan khusus haji yang telah terpercaya.

Kelemahan Haji Furoda

Kelemahan jalur furoda ini terletak pada biaya yang harus dikeluarkan.
Kelemahan jalur furoda ini terletak pada biaya yang harus dikeluarkan.

Dimana ada kelebihan pasti ada kelemahan. Begitu pula dengan jalur haji furoda. Dibalik tanpa waktu tunggu dan fasilitas yang cukup lengkap, jalur haji furoda memiliki kelemahan yang agak memberatkan sebagian masyarakat. Kelemahan jalur furoda ini terletak pada biaya yang harus dikeluarkan.

Biaya untuk menggunakan jalur haji furoda memang terkenal cukup mahal. Selain biaya yang mahal, jalur haji furoda juga rawan dengan penipuan. Banyaknya masyarakat yang ingin melaksanakan ibadah haji tanpa menunggu dalam waktu yang lama, membuat jalur haji furoda memiliki banyak peminat. Hal ini menyebabkan banyak orang yang tergiur dan melakukan penipuan menggunakan nama jalur haji furoda. Untuk itu pintar-pintarlah kita dalam memilih agen perjalanan haji yang terpercaya.

Itulah sekilas tentang ibadah haji. Apakah kamu tertarik untuk segera melakukan ibadah haji? Jika iya, kamu lebih memilih jalur haji yang mana? Jalur haji reguler, jalur haji plus atau bahkan jalur haji furoda. Untuk kamu yang memilih menggunakan jalur haji furoda Jakarta 2020, jangan lupa untuk mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan yang akan didapatkan. Begitu pula, jika memilih menggunakan jalur haji yang lain.

semoga dapat melaksanakan ibadah haji dengan jalur haji yang diinginkan. Jangan lupa selain memilih jalur haji yang diinginkan
semoga dapat melaksanakan ibadah haji dengan jalur haji yang diinginkan. Jangan lupa selain memilih jalur haji yang diinginkan

Akhir kata bagi seluruh umat muslim, semoga dapat melaksanakan ibadah haji dengan jalur haji yang diinginkan. Jangan lupa selain memilih jalur haji yang diinginkan, pilihlah agen perjalanan khusus haji yang dapat dipercaya dan memiliki penilaian kinerja yang baik. Jangan asal-asalan dalam memilih agen perjalanan untuk ibadah haji, mengingat ini merupakan salah satu perjalanan ke luar negeri.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *