Ruang Lingkup Pendaftaran Haji Plus di INDONESIA

Ruang Lingkup Pendaftaran Haji Plus di INDONESIA

2066
0
SHARE

Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan memilih haji plus, salah satunya adalah ruang lingkup pendaftaran haji plus yang lebih luas dibandingkan dengan haji regular. Pendaftaran Haji Plus / BPIH Khusus (Biaya Perjalanan Haji Khusus) sangat berbeda dengan pendaftaran Haji Reguler yang dibatasi pendafatran di tiap kota harus berdasarkan domisili calon jamaah haji tidak boleh berbeda Kota, sedangkan pendaftaran Haji Plus mencakup seluruh wilayah Indonesia dari Sabang sampai Merauke bahkan Penduduk Indonesia yang tinggal di luar negeripun bisa mendaftarkan diri dengan persyaratan copy KTP dan copy Passpor RI. Pendaftaran haji plus dilakukan sepanjang tahun dengan prinsip pelayanan keberangkatan sesuai dengan nomor urut pendaftaran (nomor porsi). Pendaftaran jemaah haji reguler dilakukan di Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota sesuai domisili calon jemaah haji.

Pendaftaran jemaah haji khusus dilakukan di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi. Dalam hal pendaftaran haji khusus belum/tidak dapat dilakukan di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi, pendaftaran dilakukan di Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah.

Calon jemaah haji harus memenuhi syarat pendaftaran sebagai berikut:

  1. beragama Islam;
  2. sehat jasmani dan rohani yang dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter;
  3. memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku;
  4. memiliki Kartu Keluarga;dan
  5. memiliki akte kelahiran atau surat kenal lahir atau buku nikah atau ijazah.

Dalam hal akte kelahiran atau surat kenal lahir atau buku nikah atau ijazah tidak dimiliki, dapat diganti dengan surat keterangan dari Camat. Bagi jemaah haji yang telah memiliki paspor yang masih berlaku, Kartu Keluarga, akte kelahiran atau surat kenal lahir atau buku nikah atau ijazah diganti dengan photo copy paspor dengan menunjukkan paspor aslinya. Bila diperlukan, gubernur dapat menetapkan surat keterangan domisili sebaqai syarat pendaftaran tambahan.

Mengapa Anda perlu mengetahui ruang lingkup pendaftaran haji plus? Sebab sesuatu hal yang wajar apabila banyak calon jamaah tidak begitu banyak mengetahui tata cara dan tempat pendaftaran Haji, baik pendafaran Haji Reguler maupun BPIH Khusus / ONH Plus ini bisa dipahami karena Ibadah Haji adalah ibadah yang diwajibkan (bagi yang mampu) satu kali seumur hidup dan tidak banyak umat muslim yang dapat menunaikan Ibadah haji lebih dari satu kali. Kadang kala ketidak tahuan masyarakat seringkali dimanfaatkan / disalahdigunakan oleh oknum penyelenggara (kenapa Oknum Penyelenggara ? karena penyelenggaraan Haji Indonesia harus mengikuti peraturan dan ketentuan pemerintah RI dan Saudi dalam hal ini Kementrian Agama R.I), calon jamaah haji yang tergiur disalurkan kepada Jalur penyelenggaraan haji yang lain yang menjanjikan lebih instant / bisa berangkat lebih cepat , Bahkan hanya menunggu satu tahun yang kadangkala malah berakhir dengan memberikan kekecewaan kepada calon jamaah haji baik TIDAK JADI BERANGKAT ataupun terlantar di Saudi.

Untuk pendaftaran haji plus yang terpercaya, pastikan Anda mendaftar di hajiplus.id, jasa travel haji plus paling popular di Bandung. Untuk mempersiapkan Keberangkatan Haji banyak hal dan persiapan yang harus dilakukan oleh calon jamaah baik dari persiapan Moril, Materil maupun persiapan fisik sebelum keberangkatan Haji (Kegiatan Pra-Haji). Kami sangat memahami bahwa mungkin saja calon jamaah belum pernah menunaikan Ibadah Haji karena Nabiyullah SAW mengajarkan kewajiban untuk menunaikan ibadah haji itu hanya satu kali (bagi yang mampu). Rihlah Tour Sepenuh Hati menemani dan mengawal anda calon Jamaah Haji untuk mempersiapkan segala sesuatunya dari mulai pendaftaran, Bimbingan ibadah haji,  Manasik dan Latihan / Manasik Haji, k persiapan perjalananan ibadah hingga layanan rangkaian perjalanan  Haji yang anda inginkan yang Insha Allah sesuai dengan tuntunan Rasul.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY