Bank Penerima Setoran Haji (BPIH)

Bank Penerima Setoran Haji (BPIH)

8036
0
SHARE

Daftar Bank Penerima Setoran HAJI (BPIH)

Tidak semua Bank yang anda di Indonesia dapat menerima setoran Haji dan tersambung ke SISKOKAT ( Sistem Komputer Haji Terpadu) yang dikelola oleh Kementrian Haji Indonesia, Setelah melalui proses seleksi yang sangat ketat , verifikasi, dan visitasi, Kementerian Agama Indonesia telah memilih dengan pertimbangan yang kuat serta telah menetapkan 17 Bank Penerima Setoran (BPS) Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPS-BPIH) 2014.

Kementrian Agama RI melalui Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Anggito Abimanyu telah menetapkan sebanyak tujuh belas BPS-BPIH, Bank Penerima Setoran Haji yang ditetapkan adalah tentunya merupakan bank yang berbadan hukum PT, serta telah berbentuk Bank Syariah atau Bank Umum Nasional yang memiliki layanan syariah.

Ketujuh belas bank yang telah ditetapkan tersebut merupakan hasil evaluasi dan verifikasi dari 30 berkas pendaftaran dari bank calon BPS yang telah diseleksi sejak Juni hingga November 2013.

Bank Penerima Setoran Haji – BPS-BPIH adalah bank yang berintegrasi dengan sistem layanan haji Kementerian Agama, memiliki kondisi kesehatan bank yang prima, melaksanakan program penjaminan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) atas dana setoran awal, dan tidak memberikan layanan dana talangan haji atau dana sejenisnya.

Ketujuh belas bank yang ditetapkan tersebut sebagai Bank Penrima Setoran Haji / BPS-BPIH itu seluruhnya terdiri dari enam Bank Umum Syariah dan sebelas Bank Umum Nasional yang mempunyai layanan syariah. Keenam Bank Umum Syariah adalah :

  1. Bank Mandiri Syariah
  2. Bank Muamalat
  3. Bank Mega Syariah
  4. Bank BNI Syariah
  5. Bank BRI Syariah
  6. Bank Panin Syariah.

Adapun sebelas Bank Umum Nasional yang mempunyai layanan syariah dan ditetapkan sebagai BPS-BPIH adalah :

  1. Bank BTN
  2. Bank Permata
  3. Bank CIMB-Niaga
  4. Bank Sumut
  5. Bank DKI
  6. Bank Jateng
  7. Bank Jatim
  8. Bank Kepri
  9. Bank Sumselbabel
  10. Bank Nagari
  11. Bank Aceh.

Bank Umum Nasional sebagai Bank Transito:

  1. Bank Mandiri
  2. Bank BRI
  3. Bank BNI

Penetapan bank transito yang bukan merupakan Bank Syariah adalah bertujuan untuk menutup kesenjangan persebaran wilayah layanan yang belum terakomodasi di penjuru Nustsatara oleh perbankan syariah. Dengan demikian terdapat 10 BPS lama dan calon BPS yang tidak memenuhi persyaratan.

Untuk mendapatkan informasi yang lebih jelas mengenai tatacara pendaftaran Haji reguler calon jamaah bisa menghubungi KEMENAG yang ada dikota masing – masing dan untunk proses pendaftaran Haji – Setoran Haji calon jamaah dapat menghubungi Bank Penerima Setoran Haji yang terdekat yang nama – namanya tercantum diatas di tempat calon Jamaah Haji tinggal.

Khusus untuk calon Jamaah Haji Plus / ONH Plus – BPIH Khusus calon jamaah Haji bisa mendapatkan informasi dari dari Biro Perjalanan Haji Khusus seperti Rihlah Tour baik dari mulai mempelajari program Perjalanan Haji yang ditawarkan dengan berkunjung ke situs Hajiplus.id atau datang langsung ke Kantor Rihlah Tour untuk berkonsultasi mengenai Jadwal dan Program Haji yang akan dilaksanakan.

Khusus Jamaah Haji Plus Semua proses pendafatran dari mulai permohonan SPPH ( Surat Pendaftaran Pergi Haji) pendaftaran ke Bank Penerima Setoran Haji , Pelunasan sebelum Masa keberangkatan ke KEMENAG semuanya dilakukan oleh pihak penyelenggara Haji.

 

 

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY